Connect with us

Gaming

Review Game Time Crisis, Nostalgia Masa Kejayaan Arcade Game

Published

on

GwiGwi.com – Tahun 1990-an adalah tahun saat mesin arcade berdatangan dan populer di Indonesia sebelum konsol Playstation ditemukan. Gwimin mengajak pembaca untuk bernostalgia tentang salah satu mesin arcade yang terkenal saat itu, yaitu Time Crisis 1. Saat itu, Time Crisis 1 merupakan salah satu game yang diminati banyak orang, sehingga cukup banyak yang mengantri sampai-sampai mengharapkan orang yang sedang bermain cepat kehabisan nyawa dan uangnya biar bisa gantian.

Time Crisis 1 diproduksi oleh Namco dan dirilis di Indonesia pertama kali sekitar tahun 1996 sebagai mesin arcade. Ada 2 jenis mesin arcade, yaitu ukuran besar dan kecil. Satu tahun setelahnya, Time Crisis 1 dirilis dalam platform PS 1. Pada mesin arcadeTime Crisis 1 hanya dimainkan dengan satu jalan cerita saja, sementara pada PS 1 ada jalan cerita tambahan (misi lain yang berbeda). Kali ini gwimin hanya akan membahas dari jalan cerita utama pada mesin arcade saja.

Mesin Time Crisis-Time Crisis 1-gwigwi

Berikut adalah karakter-karakter utama dari Time Crisis 1.

Richard Miller-Time Crisis 1-gwigwi

Rachel MacPherson-Time Crisis 1-gwigwi

Sherudo Garo-Time Crisis 1-gwigwi

Wild Dog-Time Crisis 1-gwigwi

Dikisahkan ada sebuah negara bernama Sercia. Sercia dipimpin oleh keluarga kekaisaran secara diktator oleh keluarga Garo dengan tangan besi dan kejam. Pada tahun 1996, rakyat Sercia berhasil menggulingkan pemerintahan kekaisaran diktator keluarga Garo. Rakyat Sercia mengubah bentuk pemerintahan menjadi republik dan memilih seorang presiden bernama MacPherson. Setelah itu, Sherudo Garo, anggota terakhir keluarga kerajaan, bekerja sama dengan organisasi teroris Wild Dog untuk membalas dendam.

Tidak lama setelah terpilihnya Presiden MacPherson, Wild Dog dan pasukannya menculik Rachel MacPherson, anak perempuan dari Presiden MacPherson atas perintah Sherudo. Wild Dog membawa Rachel ke sebuah kastil tempat tinggal Sherudo. Kastil tersebut terletak di sebuah pulau di barat laut Republik Sercia. Sherudo mengancam akan membunuh Rachel jika Presiden Macpherson tidak mengembalikan takhta kerajaan pada Sherudo dengan batas waktu saat matahari terbenam pada hari tersebut. Menyadari bahwa keadaan sebuah negara sedang dalam bahaya, Porter Davis, salah satu pimpinan V.S.S.E, mengutus Richard Miller, agen terbaik V.S.S.E saat itu, sebagai one man army dalam misi penyelamatan Rachel.

Intro-Time Crisis 1-gwigwi

Intro 2-Time Crisis 1-gwigwi

Intro 3-Time Crisis 1-gwigwi

Stage 1 dimulai dengan adegan Sherudo menodongkan pisau ke arah Rachel yang sedang diikat. Tiba-tiba, terdengar suara ledakan. Ledakan itu terjadi saat Richard melakukan infiltrasi ke kastil Sherudo. Wild Dog dengan yakin menjamin bahwa pasukannya akan menghabisi Richard. Area 1 dimulai saat Richard berada di ruangan dermaga kapal selam. Area 2 dimulai saat Richard berada di lift miring dan ruang istirahat tentara. Area 3 bertempat di lapangan kastil. Setelah menghabisi musuh di lapangan kastil, Richard menuju bagian kastil yang lain dan menemukan Rachel sedang terikat di kursi yang menempel di dinding. Saat ingin melepaskan Rachel, tiba-tiba dinding tempat Rachel terikat berputar dan membuat Rachel ke sisi ruangan yang berlawanan. Tiba-tiba muncul sepasukan ninja dengan cakar besi. Pasukan ninja itu dipimpin oleh Moz. Moz menggunakan pakaian berwarna kuning, sementara pakaian pasukan yang lain berwarna abu-abu. Moz berhasil dikalahkan oleh Richard dengan 3 kali tembakan. Setelah mengalahkan Moz, Richard mencari cara untuk ke ruangan di balik dinding tempat Rachel berada. Moz yang sekarat memberikan informasi terakhir bahwa Rachel berada di menara jam dan Rachel pasti sudah mati. Richard yang kesal meninju Moz sampai tak sadarkan diri, lalu pergi ke luar menuju menara jam. Sebelum keluar ruangan, jam menunjukkan pukul 16.45, sisa waktu sebelum matahari terbenam semakin sedikit.

Intro Stage 1-Time Crisis 1-gwigwi

Moz-Time Crisis 1-gwigwiMoz Death-Time Crisis 1-gwigwi

Stage 2 dimulai  setelah Richard pergi dari ruangan tempat ia bertempur dengan sepasukan ninja tadi. Area 1 bertempat saat Richard bertempur di koridor kastil sampai ke luar gedung kastil. Area 2 dimulai sekitar pukul 16.50, dan bertempat di galeri koleksi perhiasan dan barang antik. Area 3 bertempat di selasar kastil dan juga tangga menuju puncak menara jam. Sesampainya di ruangan yang terletak di puncak menara, Richard melihat Rachel sedang terikat di sana. Tiba-tiba 3 buah pisau meluncur ke arah pilar tempat Rachel terikat. Lalu muncul Sherudo memperkenalkan diri kepada Richard sebagai “pemimpin rakyat Sercia”. Sherudo menyambut dan melayani Richard sebagai tamu, serta memberikan hiburan kepada Richard dengan atraksi lemparan pisau. Sherudo mempunyai kemampuan knife throwing yang sangat baik, namun tetap tidak ada tandingannya jika dibandingkan dengan kemampuan Richard. Sherudo dan bodyguard-nya berhasil dihabisi oleh Richard di ruangan itu. Sherudo berhasil dikalahkan dengan 10 kali tembakan. Menyaksikan bosnya terbunuh, Wild Dog muncul dan menyandera Rachel. Wild Dog membawa Rachel pergi dan mengurung Richard di ruangan tersebut.

Cutscene Stage 2-Time Crisis 1-gwigwi

Sherudo Garo Death-Time Crisis 1-gwigwi

Intro Stage 3-Time Crisis 1-gwigwi
Stage
3 dimulai saat Richard keluar dari menara jam melalui balkon. Richard mengejar Wild Dog yang sedang kabur membawa Rachel. Area 1 bertempat di jembatan penghubung menara kastil. Di jembatan ini, Richard harus berhadapan dengan helikopter beserta anti aircraft berupa meriam dan gatling gun. Area 2 bertempat di dalam ruangan pabrik yang dipenuhi oleh crane dan mesin berjalan. Area 3 bertempat di ruang kontrol dan ruang singgasana Sherudo. Setelah menghabisi pasukan yang menghalangi di ruang singgasana, Richard mengejar Wild Dog yang berusaha melarikan diri ke helikopter di atap kastil. Di atap kastil, Wild Dog mengeluarkan detonator bom dan meledakkan menara jam di belakangnya. Wild Dog berencana untuk menghabisi Richard bersama dengan kastil Sherudo. Tiba-tiba, Rachel memberontak dan melepaskan diri dari Wild Dog. Wild Dog segera mengeluarkan Mauser C96 miliknya dan menembak Rachel di bagian bahu kanan, yang menyebabkan Rachel terjatuh dan pingsan karena shock. Dipenuhi dengan amarah setelah menyaksikan adegan tersebut, Richard pun bertarung dengan Wild Dog beserta pasukan terakhirnya. Wild Dog menggunakan berbagai senjata, yaitu dua buah Mauser C96, senapan mesin berat, granat, serta detonator bom. Pada akhirnya, tembakkan ke 20 dari Richard menyebabkan Wild Dog terpental, serta detonator yang dipegang Wild Dog terjatuh, dan mengaktifkan bom yang dipasang di sekitar Wild Dog. Wild Dog pun terlalap oleh ledakan tersebut.

Baca Juga:  Rayakan 35 Tahun Castlevania, Konami Meluncurkan NFT Collection

Intro Stage 3a-Time Crisis 1-gwigwi

Wild Dog Death-Time Crisis 1-gwigwi

Ending-Time Crisis 1-gwigwi

Akhirnya, Richard membawa Rachel pulang dengan helikopter yang ada di atap kastil. Dari helikopter, terlihat pemandangan kastil milik Sherudo hancur dilalap ledakan dan api dari bom-bom yang dipasang oleh Wild Dog. Berakhirlah sudah permainan Time Crisis 1.

Pada Time Crisis 1 ini ada beberapa jenis pasukan musuh beserta warna pakaiannya, yaitu (penamaan berdasarkan gwimin sendiri):

  1. Normal Soldiers (biru)
  2. Squad Leader (coklat tua)
  3. Sharpshooters (merah)
  4. Bonus Time Soldiers (oranye)
  5. Shield Wielders (ungu)
  6. Machine Gunners (hijau)
  7. Rocket Launcher Men (coklat muda)
  8. Grenadiers (kuning)
  9. Stick Fighters (kuning)
  10. Gray Ninjas (abu-abu)
  11. Bodyguards (putih)

Tips gwimin sendiri kalau bermain Time Crisis 1:

  1. Jika berhadapan dengan tipe sharpshooters, pilih antara cepat tembak atau cepat sembunyi, karena tembakan pertamanya pasti direct hit.
  2. Penilaian skor ranking berdasarkan skill point (jumlah bintang pada akhir), yang dinilai berdasarkan akurasi, jumlah hit ke arah musuh, jumlah nyawa yang berkurang, dan total waktu permainan.
  3. Hati-hati dengan tipe rocket launcher men, grenadiers, stick fighters, dan gray ninjas merupakan tipe penyerang yang setiap serangannya pasti direct hit.
  4. Pada akhir stage 2 dan pertengahan stage 3 bermunculan musuh tipe bodyguards, maka hati-hati karena mereka mempunyai senjata yang bervariasi dan mempunyai akurasi lebih hebat dari tipe squad leaders.
  5. Saat berhadapan dengan bos, serangan Moz dan Sherudo selalu direct hit, sementara serangan Wild Dog tidak selalu direct hit namun mempunyai persentase direct hit sangat tinggi.
  6. Waktu terbatas, sehingga gunakan waktu dengan bijaksana serta incar bonus time soldiers.
  7. Jika berhasil melakukan 40 hit pada sasaran (musuh atau objek untuk environment kill) secara berturut-turut tanpa putus, maka satu nyawa tambahan akan diberikan. Namun, hal ini sangat sulit dilakukan.

Time Crisis 1 ini adalah yang paling sulit untuk diselesaikan dalam satu kredit dibandingkan serial Time Crisis yang lain, karena tembakan musuh tidak dapat diprediksikan. Pada Time Crisis 2 sampai 5 tembakan musuh yang direct hit tampak jelas dengan lingkaran merah, sementara pada Time Crisis 1 tidak. Gwimin sendiri sudah menamatkan serial Time Crisis 2 sampai 5, namun hanya Time Crisis 1 yang masih belum. Hanya sebagaian orang saja yang sudah ahli dan bisa dikatakan “hafal” yang bisa menamatkan dalam satu kredit. Gwimin sendiri rasanya belum pernah menamatkan Time Crisis 1 dalam satu kredit.

Jika dibandingkan dengan Time Crisis serial lanjutannya, menurut gwimin lebih menarik sekuelnya. Hal ini disebabkan karena serial lanjutannya sudah menggunakan 2 karakter pemain dan juga sudah multi senjata.

Dari segi waktu permainan, waktu permainan ini cukup singkat, hanya sekitar 13 menit jika dihitung tanpa cutscene dan 20 menit jika dihitung dengan cutscene. Time Crisis 1 ini merupakan serial Time Crisis yang waktu permainannya paling singkat. Pada Time Crisis 1 durasi 13 menit ini sudah cukup lama, mengingat permainannya cukup sulit dan juga batasan dalam uang anda jika bermain di mesin arcade.

Dari segi grafik, permainan ini termasuk bagus pada masa dirilisnya. Jika dibandingkan dengan sekarang, tentu grafik permainan ini sudah sangat tertinggal. Namun untuk orang yang gemar bermain serial Time Crisis tentu saja tidak merasa hal ini menjadi masalah.

Akhir kata dari Gwimin, menurut Gwimin permainan ini cukup menarik, walaupun masih tetap tertinggal dari serial lanjutannya. Time Crisis 1 adalah yang paling sulit di antara serial lanjutannya. Gwimin sendiri ingin membalas dendam dan bermain lagi untuk menyelesaikannya dengan satu kredit. Namun sayangnya, gwimin sudah tidak punya konsol PS 1 dan guncon-nya, serta mesin ini sudah jarang ditemukan di game center mengingat usianya lebih tua dari gwimin sendiri.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Nintendo Console

‘Gal*Gun: Double Peace Shooter’ Versi Switch Tayangkan Film Pembuka

Published

on

GwiGwi.com – Inti Creates mulai menayangkan film pembuka pada hari Rabu untuk versi Nintendo Switch dari game Gal*Gun: Double Peace shooter. Film pembuka baru menampilkan lagu “Ai no Shooot!” oleh Emi Uema sebagai Shinobu Kamizono dan Chinami Hashimoto sebagai Maya Kamizono.

Game ini akan dirilis di Switch pada 17 Maret. PQube akan merilis game tersebut di Amerika Utara dan Eropa. Versi Switch akan menampilkan dukungan bahasa Inggris, Jepang, Cina Tradisional, dan Korea.

Game ini awalnya dikirim di Jepang pada Agustus 2015 untuk PlayStation 4 dan PlayStation Vita. PQube merilis game untuk sistem yang sama pada Juli 2016 di Eropa dan Agustus 2016 di Amerika Utara. PQube kemudian merilis game untuk PC melalui Steam pada bulan September 2016.

Baca Juga:  Review Film Peter Rabbit 2, Sajian Film Keluarga yang Apik

 

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Mobile Gaming

FIFA Mobile Baru Sudah Datang! Musim Baru di Tahun 2022 Hadirkan Pengalaman Bermain Sepak Bola yang Lebih Nyata

Published

on

By

GwiGwi.com – Musim baru di tahun 2022 dari EA SPORTS FIFA Mobile sudah dimulai pada 18 Januari 2022. Ada beragam update dan fitur baru yang ikut hadir dalam musim baru dari game mobile yang  mengangkat olahraga sepak bola ini.

Rilis perdana pada tahun 2016, pada update baru ini, FIFA Mobile akan mendapat perubahan yang signifikan, khususnya dari sisi grafis, visual, gameplay, dan audio sehingga meningkatkan otentisitasnya serta pengalaman bermain terbaik bagi gamer sekaligus para pecinta sepak bola di seluruh dunia.

“Hari ini menandai awal dari masa depan FIFA Mobile, memberikan puluhan juta pemain di seluruh dunia pengalaman sepak bola yang benar-benar revolusioner dan fleksibilitas untuk menikmati permainan dari berbagai perangkat,” kata Lawrence Koh, Head of EA SPORTS FIFA Mobile.

Game mobile yang  sudah mendapatkan lisensi dari klub dan para pemain papan atas dunia ini menawarkan pengalaman bermain sepak bola pada perangkat mobile yang autentik, mudah diakses dimana saja, dan aksi sepak bola yang imersif atau nyata.

Susun Ultimate Team™ milikmu, ajak teman-teman untuk bermain dan jadilah pemain favoritmu atau gunakan tim terkenal dunia. Main dalam liga papan atas dunia, seperti Premier League, LaLiga, Major League Soccer (MLS), Serie A, Bundesliga hingga Ligue 1.

Pilih tim terbaik dengan lebih dari 15.000 pemain. Tantang teman-temanmu dalam pertandingan real-time 11 lawan 11. Latih pemain bintangmu sendiri dan raih kemenangan!

Rasakan juga keseruan bertanding dalam kompetisi sepak bola bergengsi dalam melawan tim-tim terbaik dunia, yaitu UEFA Champions League dan UEFA Europa League

Baca Juga:  Game 'Ikai' Akan Diluncurkan 29 Maret

Peningkatan yang dilakukan pada FIFA Mobile, antara lain stadion baru dan pencahayaan di siang hari, audio komentator dengan banyak pilihan bahasa, dan suara efek stadion seperti keramaian hingga yel-yel atau keseruan penonton.

Didukung oleh engine game yang telah ditingkatkan, visual dari FIFA Mobile juga telah ditingkatkan sehingga memberikan lebih banyak detail kepada pemain melalui layar ponsel selama pertandingan.

Pemain yang menggunakan perangkat mobile high-end terbaru akan dapat menyesuaikan pengaturannya untuk merasakan pengalaman bermain dalam kualitas 60 FPS sehingga permainan akan tampil lebih halus dan responsif. Lihat spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk kualitas grafis terbaik DISINI.

Adapun fitur baru yang dihadirkan pada game mobile yang bisa dimainkan secara gratis di Google Play untuk perangkat Android dan App Store untuk iOS ini, yaitu mekanisme stamina dan pergantian pemain kunci, pengaturan tim serta perencanaan pemain kunci, dan lainnya.

“Pembaruan besar-besaran untuk FIFA Mobile telah dilakukan selama bertahun-tahun,” kata Jace Yang, General Manager EA China. “Kami telah mendengarkan feedback dari para pemain di seluruh dunia yang telah menginformasikan fitur dan peningkatan baru pada pengalaman bermain game, membantu kami menciptakan salah satu pengalaman sepak bola paling imersif dan autentik di perangkat mobile.”

Tinggalkan bukti tim terbaikmu pada buku sejarah sepak bola! Bangun tim yang penuh dengan legenda, dengan 100 pemain ikon terbesar sepak bola, mulai dari Pele dan Zidane hingga Maradona dan Paolo Maldini.

Ayo main FIFA Mobile sekarang! Untuk download silakan KLIK DISINI.

 

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

Karakter DLC Kurogiri diumumkan untuk ‘My Hero One’s Justice 2’

Published

on

GwiGwi.com – Penerbit Bandai Namco dan pengembang Byking telah mengumumkan karakter DLC My Hero One's Justice 2, Kurogiri. Tanggal rilis tidak diumumkan.

 

My Hero One's Justice 2 sekarang tersedia untuk PlayStation 4, Xbox One, Switch, dan PC melalui Steam.

Sumber: Gematsu

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x