Connect with us

Cosplay

Inilah Para Pemenang Cosplay Contest Mangamon Ke-2

Published

on

GwiGwi.com – Gwiple sekalian pasti tau kan kalau tanggal 15 Februari lalu, Mangamon secara resmi menutup Lomba Cosplaynya yang ke 2! Nah, mungkin ada dari Gwiple yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut. Dan sekarang Mangamon telah mengumumkan pemenangnya! Sebanyak 328 suara diterima oleh Mangamon dan inilah kelima pemenangnya!

Juara 1:

Mikan – Shimakaze Damage Ver. (Kantai Collection)

mangamoncos1

Facebook – Mikan Cosplayer

Berikut komentar para juri mengenai Cosplay milik Mikan.

-Zhuge

Feel sebagai karakter Kantai Collection Shimakaze yang terkena damage, namun dengan ekspresi optimis meraih kemenangan ditampilkan dengan sangat baik oleh Mikan.


Kesan lincah Shimakaze sangat terasa plus terlihat sangat detail.


Kombinasi fotografi dengan lighting yang tepat dan editing tambahan seperti ombak dan laut, serta beberapa Rensouhou-chan yang mendampingi, membuat foto ini menjadi salah satu yang terbaik dari foto lainnya.

 

 

 

Juara 2:

Ingga Uchiha – Terrorblade Arcana (DOTA 2)

Facebook – Ingga Uchiha(Prince Ingga)

mangamoncos2

Berikut komentar Juri mengenai Cosplay milik Ingga:

-Aphin:
Apik! Mulai dari kostum, lighting, tone, lokasi, angle, lalu special effect yang senada semakin menonjolkan karakter DOTA2 ini. Kualitas yang memukau membuatnya terlihat seperti poster 3D atau action figure dari Terrorblade Arcana. Sungguh keren!


-Ikhwan:
Konsep menarik yang didukung dengan kostum dan properti membuat foto ini terlihat spesial.

Selain itu, lighting dan background pun membuat hasil dari foto semakin menonjolkan karakter dari game DOTA2 ini.

 

Juara 3:

Sandy Suwarman – Joker (Batman)

Facebook – Keita Le Ciel (Sandy Suwarman)

mangamoncos3

Berikut Komentar Juri mengenai Cosplay milik Sandy:

-Zhuge:
Ekspresi wajahnya yang lelah namun terlihat senyum memandang rendah membuat Sandy benar-benar mewujudkan Joker yang psikopat dengan pikiran yang random. Ditambah fokusnya yang dimainkan, lighting yang apik, cara duduk yang seenaknya sambil membawa senjata menimbulkan konsep “pemimpin kejahatan gila” semakin kuat. Seolah Joker ini tidak segan menembak hanya untuk membuatnya tertawa.


-Aphin:
Cosplay tidak harus terpaku pada karakter anime/manga. Terbukti dengan pemilihan kostum dan atribut yang tepat, karakter Joker ini patut diacungi jempol untuk kualitas kostum, make-up, dan fotografi secara keseluruhan. Bravo!

Juara 4:

Lochiel Angelo – Asuna Yuuki (Sword Art Online)

Facebook – Alochiel (Lochiel Angelo)

mangamoncos4

Berikut Komentar para juri mengenai Cosplay milik Lochiel:

-Ikhwan:
Ekspresi wajah yang pas sesuai dengan karakter Asuna didukung dengan pose dan framing photo yang baik. Lighting dan editing background membuat hasil foto semakin oke.


-Admin Mangamon

Admin pun merasa Asuna ini BENAR-BENAR ASUNA! Senyum khas Asuna yang feminin tapi tetap terlihat kuat dan tidak bisa diremehkan begitu saja! Latar belakang yang juga pas membuat karakter Asuna ini terasa semakin hidup

 

Juara 5:

Lasheli Dwitri W – Morgiana Magi (Magi: The Labyrinth Magic)

Facebook – Lasheli Dwitri

mangamoncos5

Berikut komentar para juri mengenai Cosplay milik Lasheli:

-Zhuge:
Morgiana yang terlihat simple, tapi tangguh menjadi terwujud seutuhnya dalam cosplay ini. Ditambah lokasi yang sangat natural dan mendekati setting asli manga. Kesan elegan dengan simplisitas yang diciptakan menjadi daya tarik tersendiri mencitrakan kesan ‘kuat' yang amat penting bagi karakter ini. Less is more!


-Admin Mangamon

Admin rasa, cosplay dalam foto tidak harus selalu dilihat dari rumitnya properti tapi bagaimana menyampaikan kesan karakter sehingga dia terlihat hidup seperti karakter Morgiana ini. Karena foto tidak bergerak, tidak mudah menyampaikan atmosfer karakter tersebut sehingga lebih hidup, namun Lasheli sanggup ‘menghidupkan' karakter Morgiana.

Dan itulah kelima pemenang Cosplay Contest Mangamon yang ke-2. Bagaimana menurut Gwiple sekalian? Gwimin sendiri sedikit tidak puas dengan urutan para pemenang tetapi semua Cosplay yang telah mereka hasilkan sungguhlah bagus dan pastinya membutuhkan banyak kerja keras.

Tapi masih ada satu juara lagi nih Gwiple! Yap, Pemenang dengan suara terbanyak yang telah diberikan para penggemar Cosplay se-Indonesia. Inilah dia!

Juara Poling:

Auryn Geraldine – Ciel (Black Butler) (31 Suara / 13.60%) Dengan jumlah vote 27 Suara!

Facebook – Auryn Geraldine

 

mangamoncosFav

 

Dan inilah komentar Juri terhadap Cosplay milik Auryn:


 

Selamat kepada Auryn Geraldin karena sudah terpilih sebagai Juara Favorit pilihan MangaMon User dengan jumlah perolehan suara sebanyak 31 (13,60%)!. Menurut Auryn, Ciel merupakan karakter yang kalem dan cool. Desain kostum yang tekesan rumit dan classy merupakan faktor yang mendorong Auryn untuk menjagokan foto ini untuk diikutkan lomba.

Sekali lagi, selamat, ya, untuk Auryn!


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dan itulah seluruh pemenangnya! Nantikan juga pemenang Lomba Cosplay Mangamon yang ke-3 Gwiple! Hasilnya sebentar lagi akan diumumkan loh jadi Stay tuned ya!

Advertisement

Cosplay

Menangkan Suara Juri, Ini Dia Cosplayers Terbaik UniPin SEACA Cosplay Competition 2022

Published

on

GwiGwi.com – Kompetisi cosplay se-Asia Tenggara garapan UniPin, UniPin SEACA Cosplay Competition, akhirnya telah mengumumkan para pemenang atas kompetisi ini. Sebagai salah satu rangkaian dari UniPin SEACA 2022, para cosplayers di seluruh Asia Tenggara menyambut hangat kompetisi yang diselenggarakan sejak 10 Oktober hingga 19 November ini.

Maaf Anda Melihat Iklan

Dilakukan seluruhnya secara daring, para peserta cukup mengirimkan foto cosplay mereka melalui form registrasi kompetisi. Foto-foto yang sudah masuk kemudian akan melewati tahap seleksi awal oleh tim komite internal UniPin. Selain seleksi komite internal, para peserta juga harus melalui penilaian oleh para juri dari tiga negara sekaligus yaitu John Switch (Indonesia), Ritheania (Singapura) dan Hakaosan (Filipina). Selanjutnya, 25 peserta terpilih dari Indonesia, Singapore, Malaysia, Filipina, dan Thailand, akan berpartisipasi dalam kompetisi cosplay ini untuk memperebutkan total prizepool sebesar Rp15.000.000.

Adapun penilaian para juri dalam kompetisi ini akan terdiri dari empat kategori:

1. Keakuratan kostum – Perhatian pada detail kostum seperti warna, aksesoris, penataan rambut, dan properti pelengkap lainnya

2. Penggambaran karakter – Penggambaran karakter baik melalui foto ataupun video yang sesuai dengan kepribadian tokoh/karakter cosplay

3. Kreativitas – Penambahan detail kostum dan karakter sesuai kreativitas peserta

4. Penilaian keseluruhan – Penilaian keseluruhan, detail visual, dan pembawaan karakter

Total 25 peserta yang lolos kualifikasi kemudian disaring menjadi 10 peserta terbaik. Pada akhirnya, hanya tiga pemenang yang menjadi pilihan juri. Alexander Bella yang mempertunjukkan cosplay sebagai Bloodhound dari Apex Legends keluar sebagai juara pertama, disusul Hera yang membawakan karakter Ahri dari League of Legends sebagai juara kedua, dan Ryouma Tetsu yang mengenakan kostum sebagai The Scarecrow, salah satu villain utama Batman, yang keluar sebagai juara ketiga. Ketiga juara yang berasal dari Indonesia ini berhasil mengalahkan cosplayer lainnya yang berasal dari negara-negara Asia Tenggara.

Selain karakter-karakter yang telah disebutkan, karakter lainnya yang turut memeriahkan SEACA Cosplay Competition adalah karakter Fanny dari game MLBB, Kindred dan Gwen dari game League of Legends, Jean dari game Genshin Impact, dan Uchiha Sasuke dari serial Naruto.

Dengan berakhirnya UniPin SEACA Cosplay Competition, Debora Imanuella, Senior Vice President UniPin Community, menyebutkan harapannya agar kompetisi ini menjadi sarana untuk menyalurkan bakat dan kreativitas para gamers dan cosplayers.

“Kami berharap kompetisi ini dapat menjadi salah satu channel untuk menyalurkan kreativitas fans karakter-karakter game, anime, serial, dan budaya populer lainnya, serta para cosplayer untuk dapat menampilkan karakter favorit mereka,” ujar Debora.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Cosplay

Ngintip Gudang Kostum Cosplayer Jepang Enako

Published

on

GwiGwi.com – Enako adalah cosplayer paling terkenal di Jepang saat ini — dan juga paling sukses.

Maaf Anda Melihat Iklan

Pada tahun 2019, dirinya menghasilkan $90.000 per bulan, meningkat sepuluh kali lipat dari tahun 2016. Dia adalah juru bicara untuk perusahaan anima dan game, dan juga menghasilkan yen dari streaming. Dia membuat penampilan yang sangat rutin di sampul majalah mingguan, meskipun tidak membebankan biaya pemodelan untuk ini, keputusan cerdas yang mendorong majalah untuk terus mempekerjakannya.

Sukses dan ketenaran berarti uang. Ini juga berarti banyak kostum.

Dalam kasus Enako, seluruh gudangnya penuh dengan kostum. Dia memiliki ratusan dan tidak seperti ide cosplay konvensional, cosplaynya kebanyakan adalah karakter original, jadi dia akan terkena masalah hak cipta untuk penampilan profesional/berbayarnya di acara atau di TV.

Dalam penampilan TV baru-baru ini, seperti dilansir Kotaku, Enako memberikan tur ke gudang kostumnya, yang sangat tertata dengan baik dengan kotak-kotak berbeda yang ditunjuk oleh foto-foto isinya. Ratusan kostum juga termasuk wig dan alat peraga. Beberapa yang terakhir agak di sisi besar.

Klip berikut mencakup video dan beberapa cuplikan di balik layar dari pemotretan. Tur di dalam gudang dimulai sekitar pertengahan video.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Cosplay

Kreator Love Hina Keberatan Soal Peraturan Cosplay

Published

on

GwiGwi.com – Ken Akamatsu, pencipta Love Hina dan UQ Holder! keberatan pada topik peraturan cosplay baru yang dilaporkan sebelumnya pada akhir Januari. Peraturan sedang diperiksa oleh pemerintah Jepang untuk melindungi cosplayer dan pemegang hak cipta sebagaimana adanya tidak ada undang-undang yang saat ini diberlakukan untuk kedua belah pihak di era media sosial. Menteri Negara Jepang Shinji Inoue, telah menyatakan bahwa undang-undang baru ini untuk keuntungan semua orang dan sedang mendiskusikan rencana dengan pemegang IP dan cosplayer, termasuk Enako.

Akamatsu muncul di Abema News untuk berbicara tentang peraturan baru, melihat dari kedua sisi situasi. Sebagai seorang pencipta manga, yang juga merupakan direktur pelaksana Asosiasi Kartunis Jepang, dia dapat melihat masalah ini dari sudut pandang pencipta, tetapi juga dapat melihatnya dari sudut pandang cosplayer melalui istrinya. Kanon Akamatsu, yang merupakan cosplayer dan mantan idola profesional.

Maaf Anda Melihat Iklan

Pencipta Negima! mengatakan bahwa liputan media seputar masalah tersebut telah menyebabkan “kebingungan” dan bahwa “tidak seperti barang dagangan, cosplay tidak terlalu mengganggu keuntungan seniman manga, dan saya belum melihat pemegang hak yang menentangnya.” Solusi Akamatsu untuk masalah ini adalah untuk perusahaan untuk memposting pedoman mereka sendiri untuk cosplayer secara online, seperti yang dilakukan perusahaan game untuk video game streaming langsung, mengatakan “kami penulis, penerbit, dan studio animasi harus proaktif dalam menetapkan pedoman dan menciptakan ‘akal sehat' sehingga cosplay dapat dilindungi dan berkembang.”

Akamatsu percaya bahwa pemerintah Jepang, yang mengirim Perdana Menteri Shinzo Abe dengan cosplay Mario di Olimpiade Rio 2016, tidak ingin menetapkan batasan keras pada cosplay dan melihat industri ini menghilang, tetapi ingin maju ke depan hukum jika masalah tersebut muncul di pengadilan antara cosplayer dan pemegang hak cipta. Ini menggemakan apa yang Enako telah dikatakan dalam diskusinya dengan Inuoe.

 

Sumber: Crunchyroll

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending