Ini Nih Kunci Menguasai Seni Membuat Bento

GwiGwi.com – Apa sih yang membuat Bento spesial dan berbeda dari jenis kotak makan siang lainnya? Orang Jepang membuat Bento lebih dari sekedar makan siang tapi merupakan satu karya seni dalam sebuah kotak makan siang sehingga membuat siapapun tak sabar untuk mencicipinya. Jika kamu ingin menguasi seni membuat Bento berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Pemilihan Menu

Pemilihan menu dalam seni membuat Bento sangatlah penting. Sebagai orang Indonesia, pemilihan menu nasi untuk makan siang sangat umum tapi juga bisa diganti dengan roti atau kentang, sesuai dengan selera dan kebutuhan nutrisi masing-masing orang. Untuk pilihan lauknya, pilihlah jenis lauk yang bisa dikonsumsi dalam suhu ruang, dalam artian, lauk-lauk tersebut tidak harus dimakan dalam keadaan panas.

Pemilihan Kotak Makan Siang

Saat ini banyak sekali dijual kotak makan siang khusus untuk membuat Bento dengan pembatas dimana kamu bisa menempatkan nasi dan lauk pauk dalam kotak-kotak yang berbeda. Tapi untuk memenuhi tantangan, tentunya lebih menarik jika membuat Bento dalam kotak tanpa sekat, sehingga kamu bisa memanfaatkan sayuran seperti lembaran sawi atau serutan timun sebagai pembatas nasi dan lauk lainnya, agar kamu lebih kreatif.

Baca Juga:  10 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di Shibuya

Penyajian

Yang membuat Bento berbeda dari kotak makan siang pada umumnya adalah dari cara penyajiannya. Kamu bisa mencari referensi di buku atau internet untuk cara penyajian Bento yang menarik. Untuk kotak makan siang anak sekolah, kamu bisa membuat Bento dalam bentuk karakter-karakter kartun yang lucu-lucu sehingga anak-anak semakin bersemangat ketika membuka kotak makan siang mereka. Untuk suami atau orang tersayang bisa dibuat lebih romantis seperti roti atau nasi dalam bentuk hati dan lain sebagainya.

Sentuhan Khusus ala Jepang

Bento biasanya tak ketinggalan onigiri atau lembaran nori yang gurih walaupun tidak harus selalu ada semua disesuaikan lagi ke selera masing-masing.

Mempelajari dan menguasai seni membuat Bento tidak harus menggunakan bahan-bahan makanan yang mewah atau mahal, makanan sederhanapun asal disajikan dengan kreatif maka akan semakin menambah selera makan, seperti sosis dibentuk seperti gurita, telur dadar dibentuk seperti bunga matahari, nasi putih dibentuk seperti karakter kartun kesukaan anak. Semua kembali ke kreatifitas masing-masing. Selamat mencoba!

  • 140 Posts
  • 0 Comments
Who Am I? Just A PROUD Full-time Mommy and Part-time Daydreamer.