Connect with us

Japan

Ini Nih Kunci Menguasai Seni Membuat Bento

Published

on

GwiGwi.com – Apa sih yang membuat Bento spesial dan berbeda dari jenis kotak makan siang lainnya? Orang Jepang membuat Bento lebih dari sekedar makan siang tapi merupakan satu karya seni dalam sebuah kotak makan siang sehingga membuat siapapun tak sabar untuk mencicipinya. Jika kamu ingin menguasi seni membuat Bento berikut adalah beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Pemilihan Menu

Pemilihan menu dalam seni membuat Bento sangatlah penting. Sebagai orang Indonesia, pemilihan menu nasi untuk makan siang sangat umum tapi juga bisa diganti dengan roti atau kentang, sesuai dengan selera dan kebutuhan nutrisi masing-masing orang. Untuk pilihan lauknya, pilihlah jenis lauk yang bisa dikonsumsi dalam suhu ruang, dalam artian, lauk-lauk tersebut tidak harus dimakan dalam keadaan panas.

Pemilihan Kotak Makan Siang

Saat ini banyak sekali dijual kotak makan siang khusus untuk membuat Bento dengan pembatas dimana kamu bisa menempatkan nasi dan lauk pauk dalam kotak-kotak yang berbeda. Tapi untuk memenuhi tantangan, tentunya lebih menarik jika membuat Bento dalam kotak tanpa sekat, sehingga kamu bisa memanfaatkan sayuran seperti lembaran sawi atau serutan timun sebagai pembatas nasi dan lauk lainnya, agar kamu lebih kreatif.

Baca Juga:  Untuk mengakhiri "Karoshi" Jepang mulai mengadopsi Jam Istirahat Tetap

Penyajian

Yang membuat Bento berbeda dari kotak makan siang pada umumnya adalah dari cara penyajiannya. Kamu bisa mencari referensi di buku atau internet untuk cara penyajian Bento yang menarik. Untuk kotak makan siang anak sekolah, kamu bisa membuat Bento dalam bentuk karakter-karakter kartun yang lucu-lucu sehingga anak-anak semakin bersemangat ketika membuka kotak makan siang mereka. Untuk suami atau orang tersayang bisa dibuat lebih romantis seperti roti atau nasi dalam bentuk hati dan lain sebagainya.

Sentuhan Khusus ala Jepang

Bento biasanya tak ketinggalan onigiri atau lembaran nori yang gurih walaupun tidak harus selalu ada semua disesuaikan lagi ke selera masing-masing.

Mempelajari dan menguasai seni membuat Bento tidak harus menggunakan bahan-bahan makanan yang mewah atau mahal, makanan sederhanapun asal disajikan dengan kreatif maka akan semakin menambah selera makan, seperti sosis dibentuk seperti gurita, telur dadar dibentuk seperti bunga matahari, nasi putih dibentuk seperti karakter kartun kesukaan anak. Semua kembali ke kreatifitas masing-masing. Selamat mencoba!

Japan

Rika Kihira, Atlet Ice Skating Muda Asal Jepang Memenangkan Grand Prix Final

Published

on

By

GwiGwi.com – Pemain Ice Skating muda asal Jepang, Rika Kihira yang masih berusia 16 tahun memenangkan Grand Prix Final dengan meraih skor gabungan 233,12.

Biarpun sebelumnya mengalami sedikit kesalahan, tersandung ketika melakukan lompatan, namun skor tersebut tetap melampaui skor yang pernah didapatkan di pertandingan sebelumnya  224,31.

Kihira termotivasi memenangkan pertandingan  karena kegagalan yang pernah ia dapatkan pada musim lalu. Ia berjanji pada dirinya sendiri tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah ia buat saat pertandingan Ice Skating pada musim ini.

Baca Juga:  Takanawa Gateway, Nama Stasiun Baru di Yamanote Line, Tokyo

Sementara untuk posisi kedua diraih oleh Alina Zagitova dari Rusia dengan poin 225,53. Kompetisi Ice Skating ini sepenuhnya diikuti oleh atlet perempuan asal Jepang dan Rusia.

Continue Reading

Japan

Takanawa Gateway, Nama Stasiun Baru di Yamanote Line, Tokyo

Published

on

By

GwiGwi.com – Sebuah stasiun di Jepang, yang berada di Jalur Yamanote tengah dalam proses pembangunan sejak bulan Februari 2018. Pembangunan dilakukan antara Shinagawa dan Tamachi, dengan titik pemberhentiannya ada di Tokyo Pusat.

Stasiun ini akan menjadi yang terbaru di Jalur Yamanote setelah Stasiun Nishi-Nippori yang pernah dibuka pada tahun 1971.

Sementara itu jalur kereta yang sedang dibangun akan diberikan nama “Takanawa Gateway” disampaikan oleh JR East selaku perusahaan kereta api yang bertanggung jawab atas pembangunan tersebut. Nama diambil berdasarkan putusan yang diajukan oleh publik.

Baca Juga:  Rika Kihira, Atlet Ice Skating Muda Asal Jepang Memenangkan Grand Prix Final

Dari nama tersebut JR East berharap Takanawa Gateway bisa menjadi salah satu pusat transportasi utama. Apalagi lokasinya yang berdekatan dengan Bandara Haneda Tokyo. Akan ada banyak orang yang membutuhkan transportasi kereta api sebagai pilihan tepat dan cepat.

Continue Reading

Japan

Untuk mengakhiri “Karoshi” Jepang mulai mengadopsi Jam Istirahat Tetap

Published

on

By

GwiGwi.com – Karoshi merupakan sebuah fenomena yang terjadi di Jepang. Di mana masyarakat mengalami tingkat kematian tinggi disebabkan bekerja tanpa jeda, atau terlalu keras. Tiap tahunnya data pencatatan kasus Karoshi ini terus saja meningkat.

Hal tersebut membuat khawatir pemerintah Jepang. Karena bila tak segera dihentikan maka angka kematian akan terus mengalami peningkatan.

Namun baru-baru ini beberapa perusahaan yang ada di Jepang mulai menerapkan waktu istirahat. Diikuti juga dengan respon pemerintah yang juga mendukung perusahaan yang mengadopsi sistem istirahat.

Baca Juga:  Rika Kihira, Atlet Ice Skating Muda Asal Jepang Memenangkan Grand Prix Final

Pada dasarnya ini hanyalah sebuah sistem yang dimana para pekerja perusahaan harus bisa mendapatkan jam istirahat minimum saat mereka selesai bekerja dengan tetap. Bila di Indonesia tentu hal ini sudah biasa, namun untuk Jepang ini nampaknya masih harus ada penyesuaian.

Continue Reading

Trending