Connect with us

PlayStation Console

Ini dia spesifikasi PS5

Published

on

GwiGwi.com – Semalam Sony akhirnya membeberkan spesifikasi dari konsol generasi terbarunya yaitu PS5 (PlayStation 5). Tagar #PS5Reveal ramai tapi justru berisi respon negatif. Alasannya, Sony hanya memberikan info spesifikasi tapi tetap merahasiakan bentuk konsol tersebut.

Presentasi mengenai spesifikasi PS5 dilakukan oleh Lead Hardware PlayStation, Mark Cerny. Sama seperti kompetitornya, Xbox Series X, PS5 mengandalkan prosesor custom dari AMD. Konsol ini menggunakan AMD Zen 2 versi custom dengan delapan-core dengan performa 3,5GHz.

Kartu grafisnya alias GPU juga masih menggunakan milik AMD versi custom. Komponen ini menggunakan arsitektur AMD RDNA2 yang menjanjikan perfroma rendering hingga 10,268 TFLOPs dengan 36 compute units dan performa 2,23GHz.

Kapasitas RAM yang disediakan adalah 16GB GDDR6 dengan kapasitas penyimpanan berbasis SSD 825GB yang jadi kebanggaan Sony. PS5 dikalim punya kemampuan loading super cepat dibandingkan PS4 maupun kompetitornya.

PS4 dan konsol generasi sebelumnya memang masih mengandalkan memori penyimpanan berbasis HDD. Dijelaskan bahwa penggunaan SSD di PS5 bisa memberikan bandwidth 5GBps dan loading time 2GB dalam waktu 0,27 detik.

Jadi proses loading dan sejenisnya di dalam game menjadi sangat cepat. Beberapa waktu lalu Sony mengklaim bahwa game di konsol mereka akan hampir tidak memiliki waktu loading. Di PS4 yang masih menggunakan HDD tersedia bandwidth kisaran 50-100MBps dan loading time 20 detik untuk data 1GB.

Cerny juga menyebutkan bahwa SSD yang terpasang menggunakan jenis NVMe SSD sehingga mendukung upgrade kapasitas. Namun, pengguna harus memiliki SSD dengan kemampuan yang sama seperti versi standar yaitu menyediakan kecepatan 5,5GBps.

Selain itu tersedia dukungan koneksi USB hard drives alias memori eksternal untuk tambahan kapasitas. Mengingat kecepatan koneksi fitur ini akan lebih lambat ketimbang SSD yang terpasang maka USB hard drive ditujukan untuk memainkan game dari PS4.

Kecanggihan dari PS5 terletak di teknologi AMD SmartShift yang diterapkan di prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU). Teknologi ini membuat CPU dan GPU secara pintar membagi performa masing-masing sesuai beban kerja atau game yang dimainkan.

Jadi performa atau frekuensi dari CPU dan GPU yang disebutkan di atas bisa lebih tinggi atau boost clock. Disebutkan bahwa PS5 bisa menyajikan kualitas grafis yang nyata hampir sekelas PC. Cerny menyebutkan bahwa GPU di konsol ini juga menggunakan hardware accelerated ray-tracing AMD yang seperti diterapkan di PC.

Ya, presentasi Sony semalam mengenai PS5 memang lebih banyak mengenai hal teknis. Tidak heran apabila banyak gamer yang kecewa bahkan dibuat bingung dengan kemampuan konsol generasi terbaru Sony tersebut. Mereka hanya penasaran bentuk dari PS5.

Chief dan editor, suka nonton anime mainstream yang ga ribet, mulai mendalami yang namanya cameco (cameramen cosplay)

Event

Event Terbaru Winter Wonderland dari Overwatch Telah Dibuka!

Published

on

GwiGwi.com – untuk kalian para pemain Overwatch, Ini saat yang tepat untuk berpesta sambil melakukan serangkaian aktivitas musim dingin! Winter Wonderland 2019 telah dibuka untuk PC, Xbox One, PS4, dan Nintendo Switch. Hadiah baru akan tersedia tahun ini, jadi, jangan lupa untuk log in dari tanggal 12 Desember hingga 3 Januari untuk menambah koleksimu!

MODE BARU: SNOWBALL DEATHMATCH

  • Event Winter Wonderland tahun ini mendatangkan mode game mini, bernama “Snowball Deathmatch.”
  • Ini adalah game 8-pemain, free-for-all deathmatch dimana semua pemain akan bermain sebagai Mei dengan senjata yang telah dimodifikasi, mirip seperti yang ia bawa di Snowball Offensive.
  • Mei akan mendapatkan ability baru dalam mode permainan ini, yaitu “Catch” – yang dapat digunakan untuk menangkap bola salju milik lawan, jika berhasil, akan menambahkan jumlah amunisi yang kamu miliki.
  • Pemain yang berhasil mendapatkan 15 eliminasi akan menjadi pemenang!

WEEKLY CHALLENGE

  • Weekly Challenge akan kembali hadir dalam Winter Wonderland, dapatkan hadiah spesial terbatas dengan memenangkan 9 pertandingan.
  • Hadiah termasuk beragam player icon, spray, dan skin Epic!
    • Minggu 1: Ugly Sweater Soldier:76 (Epic)
    • Minggu 2: Holly Moira (Epic)
    • Minggu 3: Snow Angel Mercy (Epic)
    • Menangkan hadiah tambahan dan Blizzard Balance dengan mendaftar di halaman event weekly Challenge!
    • 12 Hari penuh dengan Christmas Challenge
      • Daftarkan diri di halaman event weekly challenge
      • Event sosial akan diumumkan pada tanggal 13 Desember melalui halaman Facebook Overwatch SEA
      • Selesaikan challenge untuk memenangkan Nintendo Switch dan banyak lagi!

COSMETIC BARU

  • 4 Skin Legendary
    • Jotunn Doomfist
    • Mountain Man McCree
    • Rat King Reaper
    • Rime Sigma
  • 3 Skin Epic
  • Player Icon, Spray

Saksikan video peluncuran Winter Wonderland 2019, yang akan menampilkan cosmetic baru yang akan tersedia selama event

Continue Reading

PlayStation Console

Gungrave G.O.R.E, Game PS4 Yang Akan Dirilis Bulan Desember 2019 Mendatang

Published

on

By

GwiGwi.com – Bagi Anda para gamers, memasuki tahun 2019 Anda akan disuguhi dengan banyak sekali game-game terbaru. Salah satunya adalah Gungrave G.O.R.E, game PS4 yang akan dirilis pada bulan Desember 2019 tahun depan.

Yusuhiro Nightow yang merupakan pengatur dari game dan anime Gungrave sebelumnya akan kembali menjadi pengatur gambar dalam game tersebut. Sementara Iggymob’s Jun akan menjadi produser, DJ Hero sebagai perencana desain, dan Musai pengatur suara.

Iggymob akan menjadi pengembang game dengan Unreal Engine 4. Ia bertujuan untuk mengembangkan game tersebut dengan kualitas skala yang lebih tinggi dibandingkan dengan Gungrave VR, prekuel Gungrave G.O.R.E.

Bagi Anda yang pernah memainkan Gungrave tentu tak sabar untuk memainkan gamenya kan? Sabar ya, Anda harus menunggu sampai tahun depan!

Continue Reading

PlayStation Console

Sony akui siapkan penerus PlayStation 4

Published

on

By

GwiGwi.com – CEO Sony Kenichiro Yoshida mengonfirmasi bahwa mereka akan mengenalkan PlayStation baru, lapor Financial Times.

“Sekarang, apa yang dapat saya katakan ialah kita membutuhkan hardware generasi berikutnya,” kata Yoshida. Dia diadukan menolak guna mengonfirmasi apakah konsol PlayStation berikutnya bakal dinamai PlayStation 5.

Pernyataan Yoshida unik mengingat tingginya perkembangan pasar game mobile, yang tahun ini telah menjangkau lebih dari USD26 miliar (Rp395 triliun).

Sementara itu, pada Mei, PlayStation Head John Kodera menuliskan bahwa dia menyaksikan potensi dalam empiris bermain game portabel, lapor Variety.

Ketika itu, Kodera menuliskan bahwa meskipun game portabel mempunyai potensi, tersebut seharusnya dirasakan sebagai teknik lain untuk merasakan bermain game.

Seiring dengan munculnya teknik baru untuk konsumen guna bermain game muncul keperluan akan pengembangan hardware yang memenuhi keperluan itu.

Konsol juga diduga akan menjadi tidak relevan, terutama sebab munculnya platform game streaming di cloud. Pada hari Senin, Microsoft mengenalkan teknologi streaming game “Project xLoud”.

Pada bulan Juni, CEO Ubisoft Yves Guillemot memperkirakan, layanan gstreaming game bakal menjadi lebih mudah diperoleh oleh semua gamer. Itu artinya, eksistensi hardware eksklusif game menjadi sesuatu yang tidak perlu.

“Akan terdapat satu konsol generasi baru, sesudah itu, anda akan masuk ke era streaming,” kata Guillemot saat itu.

Continue Reading

Trending