Connect with us

PlayStation Console

Ini dia spesifikasi PS5

Published

on

GwiGwi.com – Semalam Sony akhirnya membeberkan spesifikasi dari konsol generasi terbarunya yaitu PS5 (PlayStation 5). Tagar #PS5Reveal ramai tapi justru berisi respon negatif. Alasannya, Sony hanya memberikan info spesifikasi tapi tetap merahasiakan bentuk konsol tersebut.

Advertisements

Presentasi mengenai spesifikasi PS5 dilakukan oleh Lead Hardware PlayStation, Mark Cerny. Sama seperti kompetitornya, Xbox Series X, PS5 mengandalkan prosesor custom dari AMD. Konsol ini menggunakan AMD Zen 2 versi custom dengan delapan-core dengan performa 3,5GHz.

Kartu grafisnya alias GPU juga masih menggunakan milik AMD versi custom. Komponen ini menggunakan arsitektur AMD RDNA2 yang menjanjikan perfroma rendering hingga 10,268 TFLOPs dengan 36 compute units dan performa 2,23GHz.

Kapasitas RAM yang disediakan adalah 16GB GDDR6 dengan kapasitas penyimpanan berbasis SSD 825GB yang jadi kebanggaan Sony. PS5 dikalim punya kemampuan loading super cepat dibandingkan PS4 maupun kompetitornya.

PS4 dan konsol generasi sebelumnya memang masih mengandalkan memori penyimpanan berbasis HDD. Dijelaskan bahwa penggunaan SSD di PS5 bisa memberikan bandwidth 5GBps dan loading time 2GB dalam waktu 0,27 detik.

Jadi proses loading dan sejenisnya di dalam game menjadi sangat cepat. Beberapa waktu lalu Sony mengklaim bahwa game di konsol mereka akan hampir tidak memiliki waktu loading. Di PS4 yang masih menggunakan HDD tersedia bandwidth kisaran 50-100MBps dan loading time 20 detik untuk data 1GB.

Baca Juga:  Game 'Bubble Bobble 4 Friends' Siap Rilis di PS4 Musim Dingin Ini

Cerny juga menyebutkan bahwa SSD yang terpasang menggunakan jenis NVMe SSD sehingga mendukung upgrade kapasitas. Namun, pengguna harus memiliki SSD dengan kemampuan yang sama seperti versi standar yaitu menyediakan kecepatan 5,5GBps.

Selain itu tersedia dukungan koneksi USB hard drives alias memori eksternal untuk tambahan kapasitas. Mengingat kecepatan koneksi fitur ini akan lebih lambat ketimbang SSD yang terpasang maka USB hard drive ditujukan untuk memainkan game dari PS4.

Kecanggihan dari PS5 terletak di teknologi AMD SmartShift yang diterapkan di prosesor (CPU) dan kartu grafis (GPU). Teknologi ini membuat CPU dan GPU secara pintar membagi performa masing-masing sesuai beban kerja atau game yang dimainkan.

Jadi performa atau frekuensi dari CPU dan GPU yang disebutkan di atas bisa lebih tinggi atau boost clock. Disebutkan bahwa PS5 bisa menyajikan kualitas grafis yang nyata hampir sekelas PC. Cerny menyebutkan bahwa GPU di konsol ini juga menggunakan hardware accelerated ray-tracing AMD yang seperti diterapkan di PC.

Ya, presentasi Sony semalam mengenai PS5 memang lebih banyak mengenai hal teknis. Tidak heran apabila banyak gamer yang kecewa bahkan dibuat bingung dengan kemampuan konsol generasi terbaru Sony tersebut. Mereka hanya penasaran bentuk dari PS5.

Chief dan editor, suka nonton anime mainstream yang ga ribet, mulai mendalami yang namanya cameco (cameramen cosplay)

PlayStation Console

Buntut Gejolak Kematian George Floyd, Sony Tunda Acara PlayStation 5

Published

on

GwiGwi.com – Beberapa hari yang lalu kami memposting tentang Rencana Sony untuk acara online PlayStation 5, yang menjanjikan tampilan di jajaran awal game konsol. Sekarang, mengingat peristiwa saat ini yang penuh gejolak dan protes di seluruh negara setelah kematian George Floyd di tangan polisi Minneapolis, acara telah ditunda.

Advertisements

Sony menunda acara karena alasan yang tepat ini. Dalam sebuah pernyataan yang dirilis di akun Twitter resmi PlayStation, perusahaan mengatakan mereka tidak merasa sekarang adalah waktu yang tepat untuk perayaan. Sebaliknya, mereka “ingin mundur dan membiarkan suara-suara yang lebih penting didengar.”

Acara ini awalnya dijadwalkan untuk 4 Juni jam 1:00 siang PDT. Kami pasti akan memperbarui ketika showcase PS5 dijadwal ulang.

Baca Juga:  Compile Heart Rilis film pembuka untuk Game PS4 'VVVtunia'

 

Crunchyroll

Continue Reading

PlayStation Console

Penjualan Sony PlayStation 4 Mencapai 110 Juta Konsol

Published

on

GwiGwi.com – Sony membukukan pendapatan keuangannya dari kuartal sebelumnya dan PlayStation 4 terus bergerak sejumlah besar meskipun terjadi penguncian global dan penggantinya. Perusahaan ini menjual 1,5 juta perangkat hanya dalam tiga bulan, mencapai total 110,4 juta konsol sejak dirilis. Ini termasuk semua konfigurasi yang tersedia, termasuk Pro.

Advertisements

1,5 juta penjualan di Q1 adalah penurunan dibandingkan tahun lalu, ketika Sony menjual sekitar 2,6 juta konsol. Masih melihat bagaimana kedatangan PlayStation 5 hanya sekitar sudut angkanya tidak seburuk yang seharusnya. Juga, Sony menyalahkan penjualan konsol yang lemah secara keseluruhan untuk periode tersebut bersamaan dengan penjualan game yang lebih rendah.

Untuk tahun fiskal, Sony mencatat penurunan pendapatan $ 3,8 miliar dibandingkan periode 12 bulan sebelumnya dan penurunan dalam konsol dan penjualan game adalah salah satu alasan yang dikutip mengapa.

Baca Juga:  Game 'Bubble Bobble 4 Friends' Siap Rilis di PS4 Musim Dingin Ini

Pokoknya, dengan PlayStation 5 yang tinggal sebentar lagi rilis, sangat tidak mungkin bahwa PS4 saat ini akan memecahkan rekor meskipun berjalan baik. PlayStation 2 dan Nintendo DS masih merupakan juara yang tidak perlu dipersoalkan dengan penjualan sekitar 157 dan 155 juta. Game Boy mengambil tempat ketiga dengan lebih dari 118 juta unit dan PlayStation 4 mengambil posisi keempat.

Menurut Sony, peluncuran PlayStation 5 sesuai jadwal untuk musim liburan ini dan tetap tidak terpengaruh oleh pandemi global COVID-19.

Sumber

Sumber: GSMArena

Continue Reading

PlayStation Console

Compile Heart Rilis film pembuka untuk Game PS4 ‘VVVtunia’

Published

on

GwiGwi.com – Compile Heart telah merilis film pembuka untuk VVVtunia.

Advertisements

 

Video ini menampilkan lagu tema pembuka “∞ (unlimited),” yang ditulis dan disusun oleh Jin, dan dinyanyikan oleh aktor suara untuk dalam game V-Idols Me and You.

VVVtunia dijadwalkan untuk PlayStation 4 pada 2 Juli di Jepang.

Tonton film pembuka di bawah ini.

Sumber: Gematsu

Continue Reading

Trending