Connect with us

Smartphone

Honor Bawa Generasi Ketiga Ponsel Pintar dengan Artificial Intelligence (AI)

Published

on

GwiGwi.com – Sejak akhir tahun lalu, kecerdasan buatan (AI) telah menjadi salah satu agenda bagi para pelaku industri di bidang teknologi, termasuk di industri ponsel pintar. Dengan meningkatnya trend AI, banyak pelaku/perusahaan teknologi berkomitmen untuk menyematkan teknologi AI dalam ponsel pintar. Memiliki tiga generasi ponsel pintar AI dalam portofolio produknya, Honor menjadi salah satu pemimpin dalam tren ini dengan memperkenalkan ponsel pintar AI generasi ketiga, Honor 10, yang baru saja diluncurkan di Indonesia minggu lalu (2/8).

Sebagai merek elektronik (e-brand) ponsel pintar terkemuka, Honor lebih berfokus pada generasi muda. Menurut James Yang, Presiden Honor Indonesia, semua produk yang diluncurkan oleh Honor menjadi pelopor untuk tiga bidang utama: teknologi baru, estetika yang menawan, serta harga yang terjangkau bagi generasi muda. “Kami terbilang cukup cepat dalam menjelajahi kemungkinan penerapan AI dalam ponsel pintar,” ujar Yang. “Kami telah memperkenalkan hasil penelitian kami kepada para konsumen pada tahun 2016, saat kami meluncurkan Honor Magic untuk merayakan ulang tahun kami yang ketiga. Ponsel ini menjadi pelopor dengan menggabungkan AI yang dirancang untuk memahami dan menganalisis data penggunanya untuk memberikan fitur interaktif yang cerdas. Hal ini merupakan contoh yang luar biasa untuk komitmen Honor dalam mengembangkan penggunaan teknologi secara terus-menerus di area yang belum terjamah.”

Honor meluncurkan Honor Magic pada bulan Desember 2016, dan ini pertama kalinya sistem AI disematkan dalam sebuah ponsel pintar. Teknologi AI menawarkan pengalaman baru kepada para penggunanya, dan sambutan dari penggemar gawai juga begitu luar biasa, yang mana ini merupakan awal baru bagi era ponsel pintar berteknologi AI. Sejak tahun 2007, ketika iPhone pertama kali diperkenalkan, untuk hal popularitas, tidak ada ponsel pintar lainnya yang dapat dibandingkan dengan Honor Magic di seluruh industri ponsel pintar.

Pada tahun 2016, peluncuran Honor Magic membuka era AI yang mendapatkan respon positif dari para pelaku industri. Selain meningkatkan performa ponsel pintar tradisional, teknologi AI pada Honor View 10 juga memberikan pengalaman baru untuk fitur fotografi pada ponsel pintar. Teknologi ini secara cerdas dapat mengidentifikasi 13 pemandangan/skenario dan secara otomatis menerapkan parameter yang disesuaikan dengan pemandangan tersebut tanpa harus mengeditnya sendiri secara manual, bahkan seorang pemula pun dapat mengambil foto layaknya fotografer profesional. Terjemahan offline juga merupakan salah satu fitur penting AI lainnya, yang mana Honor View 10 dapat melakukan terjemahan bersifat real-time dalam bentuk paragraf untuk 50 bahasa yang berbeda dalam beberapa detik saja.

Memiliki ambisi untuk masuk dalam jajaran tiga besar merek ponsel pintar di Indonesia dalam kurun waktu tiga tahun kedepan dan menjadi ponsel pintar yang paling dicintai oleh konsumen Indonesia, Honor terus berinovasi dan memperkenalkan Honor 10, ponsel pintar AI generasi ketiga, yang minggu lalu diluncurkan di Indonesia. Melanjutkan keberhasilan pendahulunya, teknologi AI yang digunakan dalam Honor 10 menjadi lebih luas lagi. Teknologi AI dalam Honor 10 mampu menunjang fitur-fitur fotografi, menghadirkan beragam fungsi kepada para pengguna, seperti AI scene recognition, semantic image segmentation, high optical zooms, ultra-fast shutter speed, portrait mode, dan portrait Bokeh effect. Dengan semakin meningkatnya kemampuan fotografi di ponsel pintar ini, pengguna Honor 10 dapat menikmati pengalaman fotografi AI yang semakin beragam dan pengalaman fotografi profesional dalam genggamannya.

Lensa ganda 24MP+16MP yang disematkan pada Honor 10 dikembangkan dan didukung oleh prosesor Neural Processing Unit (NPU) dalam chipset Kirin 970, yang mana dapat mengenali lebih dari 500 skenario dalam 22 kategori secara real-time. Teknologi ini mampu mengenali garis luar berbagai objek di sekitarnya, seperti langit, tanaman, manusia atau bahkan air terjun, dan mengidentifikasi lokasinya secara langsung. Fitur ini didukung oleh teknologi Semantic Image Segmentation yang pertama kali digunakan untuk industry ponsel pintar, yang memungkinkan Honor 10 untuk mengenali beberapa objek yang terdapat dalam satu gambar. Hal inilah yang membuat Honor 10 berbeda dari ponsel pintar lainnya. Fitur-fitur dalam Honor 10 yang menjadi pelopor di industr ponsel pintar ini menerapkan parameter khusus untuk setiap foto secara real-time ketika pengguna mengambil gambar, membuat setiap foto yang dipotret terlihat seperti foto profesional hanya dengan satu sentuhan jari saja. Di masa yang akan datang, ponsel pintar AI generasi selanjutnya milik Honor akan memberikan pengalaman AI yang lebih baik lagi.

Honor telah menjadi pelopor di industri ponsel pintar dan teknologi AI selama beberapa tahun dan telah memiliki fondasi yang kokoh tentang bagaimana ponsel pintar AI seharusnya bekerja di masa yang akan datang. Nantinya, ekosistem AI diharapkan dapat lebih terbuka dan luas, di mana para produsen ponsel pintar akan mempertimbangkan pemanfaatan kemampuan AI dalam memproses dan mempelajari, untuk melibatkan konsumen dengan cara yang lebih intuitif, yang memungkinkan mereka untuk merasakan pengalaman hidup yang lebih mudah berkat teknologi AI.

Sebagai bagian dari strategi pemasaran Honor 10 di Indonesia, sejak 3 Agustus 2018, Honor juga menampilkan iklan digital luar ruangan (out-of-home advertising/OOH) yang ditayangkan secara live di layar LED Mall Taman Anggrek, yang merupakan layar LED terbesar di Asia.

Honor juga telah bekerja sama dengan berbagai pihak, terutama Honor Fans, untuk menciptakan gaya hidup generasi muda di Indonesia. Pada bulan Mei, Honor menghelat kompetisi bermain game yang melibatkan lebih dari 60 fans di Indonesia untuk merasakan kemampuan bermain game dengan menggunakan Honor 7X. Sebelum peluncuran Honor 10 minggu lalu, Honor Fans yang terpilih juga menjelajahi kota Jakarta, termasuk Monumen Nasional (Monas), untuk merasakan pengalaman fotografi AI dengan menggunakan Honor 10.

James Yang berjanji akan mempersembahkan lebih banyak kejutan untuk para penggemar Honor dan ia sangat optimis serta bersemangat untuk pertumbuhan dan ambisi Honor di pasar Indonesia. “Dalam kurun waktu tiga tahun ke depan, Honor berencana untuk menjadi satu dari tiga merek ponsel pintar terbesar di Indonesia,” ucap Yang. “Dengan memperkenalkan Honor 10, sebuah produk yang tak tertandingi dengan nilai yang tak terkalahkan, kami percaya bahwa kami dapat mencapai tujuan kami, serta menjadi salah satu merek ponsel pintar yang paling dicintai oleh konsumen Indonesia,” tutup Yang.

Advertisement

Smartphone

Jadi Lini Terbaru POCO di Tahun 2024, POCO Pad Hadir di Pasar Global dengan Performa Ekstrem bagi Para Digital Mobile Lifestyler

Published

on

By

Jadi Lini Terbaru Poco Di Tahun 2024, Poco Pad Hadir Di Pasar Global Dengan Performa Ekstrem Bagi Para Digital Mobile Lifestyler

www.gwigwi.com –

Belum lama ini, POCO telah merilis secara global lini terbaru pada segmen tablet, yaitu POCO Pad. Membawa ciri khas POCO, tablet pertama dari POCO ini kembali menghadirkan extreme performance dan extreme price, untuk anak muda yang aktif, memiliki mobilitas tinggi, yang membutuhkan perangkat terbaik dalam kegiatan sehari-hari seperti menikmati entertainment, dan produktivitas.

Andi Renreng, Associate Director Marketing POCO Indonesia, mengungkapkan, “POCO melihat adanya peningkatan minat terhadap tablet, terutama di kalangan anak muda dan profesional yang membutuhkan perangkat performa ekstrem dengan layar yang lebih besar. Dan kehadiran POCO Pad, merupakan bukti dari komitmen POCO untuk tetap relevan dan mengikuti tren teknologi terkini. POCO Pad pas banget buat para digital mobile lifestyler yang membutuhkan perangkat dengan layar lebih besar dan fleksibilitas lebih tinggi untuk berbagai aktivitas, seperti menonton film, bermain game, bekerja, atau belajar”.

Bung Andi melanjutkan, “Secara keseluruhan, POCO Pad adalah langkah berani POCO untuk memperluas portofolio produknya dan memenuhi kebutuhan pasar yang terus berkembang. Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, POCO Pad dapat memberikan pengalaman yang lebih lengkap dan terintegrasi bagi para penggunanya, baik untuk mengakses hiburan, maupun produktivitas.”

Berikut ini beberapa kelebihan yang bikin POCO Pad layak diburu:

Layar besar 12,1 inci dengan kombinasi quad speaker yang imersif

Layar besar adalah salah satu daya tarik utama dari POCO Pad untuk  mendapatkan pengalaman visual yang memanjakan saat menikmati berbagai hiburan, maupun kegiatan produktivitas. Layar 12,1 inci yang tajam dan warna yang kaya, membuat gambar terlihat lebih hidup dan realistis, memudahkan saat membaca dokumen maupun saat browsing.

Performa ngebut  berkat prosesor flagship Snapdragon® 7s Gen 2

POCO Pad menjadi tablet pertama POCO yang mengusung prosesor flagship Snapdragon® 7s Gen 2, yang diciptakan menggunakan proses fabrikasi 4nm. Kombinasi ini mampu meningkatkan kinerja sekaligus mereduksi konsumsi daya. Kerja-kerja multimedia maupun gaming sanggup ditangani secara simultan dan effortless, dengan stabilitas nonstop. Disamping performa yang responsif dan stabil, POCO Pad juga memiliki memori besar yang dapat ditingkatkan hingga 1.5TB dengan RAM 8GB.

Sistem Operasi Xiaomi HyperOS

Untuk bisa mengoptimalkan user experience pengguna, POCO Pad juga telah didukung Xiaomi HyperOS. Sistem operasi yang satu ini tentu sudah tidak asing, karena dikenal mampu menghasilkan pengalaman penggunaan yang smooth dengan berbagai fitur produktivitas yang menarik. Xiaomi HyperOS yang dioptimalkan untuk tablet semakin meningkatkan pengalaman pengguna POCO Pad. Perpindahan aplikasi dapat berjalan dengan mulus, membuka banyak tab di browser juga bebas lag, bahkan saat menjalankan game dengan grafis tinggi, semua bisa tanpa hambatan.

Continue Reading

Smartphone

realme GT is Back! AI Flagship Killer, realme GT 6 Siap Guncang Pasar Indonesia pada Tanggal 20 Juni

Published

on

By

Realme Gt Is Back! Ai Flagship Killer, Realme Gt 6 Siap Guncang Pasar Indonesia Pada Tanggal 20 Juni

www.gwigwi.com –

realme, brand Pilihannya Anak Muda, akan segera menjawab harapan anak muda dengan menghadirkan realme GT 6 ke Indonesia pada tanggal 20 Juni mendatang. Bertepatan dengan acara peluncuran secara global di Milan, Italia, realme GT 6 akan menghadirkan pengalaman pengguna terbaik dan lebih terjangkau bagi para pengguna melalui perpaduan keandalan performa dan teknologi AI yang terintegrasi, menetapkan standar baru pada smartphone flagship di industri saat ini.

Sebagai New Flagship Killer Powered by AI, realme GT 6 akan menghadirkan keandalan smartphone dalam hal performa, dengan menjadi yang pertama mengusung Chipset Snapdragon 8s Gen 3 di Indonesia. Dipadukan dengan teknologi berbasis kecerdasan buatan, realme GT 6 tidak hanya akan menjadi smartphone yang powerful untuk melakukan berbagai tugas berat seperti multitasking hingga bermain game populer, smartphone ini juga akan menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik melalui rangkaian fitur berbasis kecerdasan buatan.

“Pada hari ini kami mengumumkan bahwa realme GT Series melalui realme GT 6 akan kembali ke Indonesia, bertepatan dengan peluncuran resmi secara global pada tanggal 20 Juni mendatang. realme GT 6 akan menjadi AI Flagship Killer yang lebih terjangkau bagi anak muda Indonesia dengan menghadirkan kekuatan penuh dalam hal performa dan AI, serta rangkaian fitur esensial yang dapat ditemukan pengguna dalam sebuah smartphone. Kami tidak sabar untuk mengungkap lebih banyak fitur dan teknologi yang kami hadirkan pada smartphone ini kepada para anak muda Tanah Air pada acara peluncuran realme GT 6 mendatang,” ujar Ellen Zhou – Marketing Director realme Indonesia.

Realme Gt Is Back! Ai Flagship Killer, Realme Gt 6 Siap Guncang Pasar Indonesia Pada Tanggal 20 Juni

Realme Gt Is Back! Ai Flagship Killer, Realme Gt 6 Siap Guncang Pasar Indonesia Pada Tanggal 20 Juni

Seiring dengan kehadiran realme GT 6 yang menghadirkan teknologi dan fitur berbasis kecerdasan buatan, sektor AI menjadi fokus realme dalam mengeksplorasi lebih banyak fungsi dan membuatnya lebih terjangkau ke lebih banyak pengguna. Melalui strategi realme Next AI, realme berkomitmen untuk menerapkan teknologi AI ke semua lini produk secara bertahap, dimulai dari realme GT 6. Sebagai awalan, realme GT 6 membawa tiga fitur AI yang dapat mempermudah aktivitas penggunanya seperti AI Night Vision Mode, AI Smart Removal, dan AI Smart Loop. Pada smartphone ini, realme juga akan membawa lebih banyak fitur berbasis AI bagi para pengguna.

realme GT 6 menjadi smartphone pertama yang menghadirkan teknologi layar terdepan dengan kecerahan maksimum tertinggi di industri dengan 6000 nits Ultra Bright Display. Teknologi layar pada realme GT 6 juga telah memperoleh sertifikasi populer di industri meliputi sertifikasi SGS Five-Star Esports Display pertama di dunia, sertifikasi SGS Five-Star Sunlight-Readable Display pertama di dunia, SGS AI Eye-Protection Display pertama di dunia, dan sertifikasi TÜV Rheinland Flicker Free Display.

Sebagai smartphone yang mengandalkan keunggulan dalam hal performa, realme GT 6 juga menghadirkan standar baru dengan mengusung konfigurasi kamera kelas flagship. realme GT 6 akan membawa teknologi fotografi unggulan berbasis AI yang mampu menghadirkan tangkapan gambar berupa foto dan video khas smartphone flagship yang mengedepankan kejernihan dan detail yang baik layaknya kamera profesional.

realme akan Turut Hadirkan realme Buds Air6 Series di Indonesia

Bertepatan dengan peluncuran resmi realme GT 6 di Indonesia, realme juga akan turut menghadirkan realme Buds Air6 Series meliputi realme Buds Air6 dan realme Buds Air6 Pro di Tanah Air. Kedua varian TWS terbaru dari realme ini akan menghadirkan kualitas audio kelas premium ke banyak lebih anak muda, dengan dukungan Active Noise Cancellation terbaik di segmennya. TWS ini juga akan hadir dengan desain yang ringkas, ringan, dan pilihan warna premium yang cocok untuk menjadi pilihan para anak muda.

realme GT 6 dan realme Buds Air6 Series akan diluncurkan bersamaan dalam acara peluncuran pada 20 Juni 2024 pukul 15:00 WIB. Acara ini akan disiarkan secara live streaming dari peluncuran global di Milan, Italia, di kanal YouTube realme Indonesia melalui tautan https://bit.ly/realmeGT6Launch. Jangan lewatkan momen bersejarah ini dan jadilah saksi kehadiran smartphone realme GT 6 dengan performa powerful serta AI canggih yang akan merevolusi industri smartphone dunia!

Continue Reading

Smartphone

realme GT 6 Usung Layar 6000 Nits Pertama di Industri Smartphone dan Teknologi Layar Kelas Premium, New Flagship Killer Segera Hadir

Published

on

Realme Gt 6 Usung Layar 6000 Nits Pertama Di Industri Smartphone Dan Teknologi Layar Kelas Premium, New Flagship Killer Segera Hadir

www.gwigwi.com – realme, brand smartphone dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dengan bangga mengumumkan peluncuran realme GT 6 yang telah lama dinantikan. Dijadwalkan untuk memulai debutnya di Milan, Italia pada tanggal 20 Juni mendatang, New Flagship Killer ini menandai kembalinya GT Series, menetapkan tolak ukur baru di industri smartphone dengan menghadirkan teknologi dan fitur terbaik pada aspek layar, salah satunya melalui layar smartphone paling terang di dunia.

Era Baru Teknologi Layar dengan 6000 Nits Ultra Bright Display

realme GT 6 menghadirkan lompatan revolusioner dalam teknologi layar smartphone dengan mengusung 6000 nits Ultra Bright Display pertama di industri. Pencapaian luar biasa ini dimungkinkan berkat penggunaan material luminescent yang unggul, tidak hanya menghadirkan layar paling terang yang pernah ada pada sebuah smartphone, namun juga secara signifikan mengurangi konsumsi daya. realme GT 6 memastikan visibilitas dan kegunaan yang luar biasa khususnya di luar ruangan, bahkan dalam kondisi sinar matahari yang paling terik sekalipun, dengan tetap menjaga efisiensi daya. 

Memahami peran penting dari kualitas layar bagi pengalaman pengguna, realme merancang realme GT 6 agar dapat bekerja dengan baik di lingkungan dengan cahaya matahari yang intens. Kemampuan untuk mempertahankan visibilitas dalam kondisi ekstrem tidak hanya meningkatkan kepraktisan tetapi juga memastikan pengalaman visual yang lebih baik bagi para pengguna. 

Melengkapi kecerahan 6000 nits yang mengagumkan, realme GT 6 juga menghadirkan teknologi HDR dan Pro-XDR untuk meningkatkan pengalaman pengguna, khususnya saat bermain game. Teknologi ini menghadirkan rentang warna dan tingkat kecerahan yang lebih luas, sehingga menghasilkan visual yang lebih imersif, khususnya bagi para gamer. Ketika diaktifkan, fitur Pro-XDR akan secara aktif meningkatkan rentang dinamis untuk warna hitam yang lebih pekat dan warna-warna lainnya yang lebih cerah, memberikan pengalaman visual yang imersif.

Dilengkapi dengan sensor yang melakukan pemantauan cahaya sekitar secara konstan, realme GT 6 dapat beradaptasi dengan mulus dengan 10.240 tingkat kecerahan yang presisi, memastikan pengaturan kecerahan layar optimal secara real-time di berbagai kondisi pencahayaan. Kecerahan adaptif ini, dikombinasikan dengan manajemen daya yang sangat efisien, menjadikan realme GT 6 sebagai pelopor dalam teknologi layar smartphone.

8T LTPO untuk Visual yang Lebih Mulus dan Efisiensi Daya yang Signifikan

Melalui layar 6000 nits Ultra Bright Display yang inovatif, realme GT 6 turut meningkatkan pengalaman pengguna dengan teknologi 8T LTPO yang canggih. Dengan mengadaptasi kecepatan refresh layar berdasarkan konten, LTPO secara signifikan mengurangi konsumsi daya hingga 20%, menawarkan penghematan energi yang sebanding dengan baterai sebesar 300mAh. Teknologi ini secara tidak langsung memperluas kinerja baterai secara keseluruhan ke tingkat yang sebanding dengan 5800mAh (kapasitas dasar 5500mAh + penghematan daya layaknya memiliki baterai 300mAh), sehingga pengguna dapat menikmati penggunaan perangkat yang lebih lama tanpa mengorbankan kecerahan layar atau kinerja smartphone.

Teknologi 8T LTPO mengoptimalkan penggunaan energi dengan menurunkan refresh rate untuk konten gambar statis dan meningkatkannya untuk visual yang lebih mulus dalam adegan-adegan yang bergerak cepat pada konten video. Penyesuaian ini memungkinkan pengguna untuk menikmati scrolling yang mulus, game yang responsif, dan masa pakai baterai yang lebih lama, memastikan keseimbangan optimal antara performa tinggi dan efisiensi energi. realme GT 6 merupakan pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan performa visual terbaik dan daya tahan baterai yang mengesankan.

Perlindungan Mata Berbasis AI 

Menyematkan berbagai fitur unggulan di aspek layar dan lainnya pada smartphone ini, tidak membuat realme mengesampingkan kenyamanan pengguna. realme GT 6 menghadirkan teknologi peredupan PWM 2160Hz yang inovatif dapat mengatasi kelelahan mata, yang menjadi masalah umum bagi banyak pengguna smartphone, terutama di lingkungan yang minim cahaya. Dengan kecepatan kedipan lampu layar 4,5 kali lebih cepat dari kebanyakan smartphone, realme GT 6 mampu menghilangkan kedipan, memberikan gambar yang lebih mulus dan konsisten sehingga lebih nyaman dipandang. Peredupan frekuensi tinggi ini juga beradaptasi secara cerdas dengan lingkungan pengguna, secara otomatis beralih ke peredupan DC dalam kondisi yang lebih terang untuk kejernihan visual yang optimal.

Guna meminimalisir kelelahan pada mata, realme GT 6 juga dilengkapi dengan sistem perlindungan mata berbasis AI yang secara cerdas menyesuaikan pengaturan layar berdasarkan pola penggunaan dan cahaya sekitar. Hal ini termasuk penyesuaian kecerahan dan temperatur warna yang halus, terutama dalam kondisi cahaya redup. Untuk penggunaan di malam hari, mode Sleep khusus secara otomatis mengubah layar ke nuansa warna yang lebih hangat, menyesuaikan dengan ritme tidur alami tubuh untuk pengalaman menonton yang lebih nyaman dan tidur yang lebih nyenyak.

Keunggulan Tersertifikasi dalam Hal Performa Layar

realme GT 6 menghadirkan pengalaman visual luar biasa yang mengutamakan kenyamanan mata, dibuktikan dengan empat sertifikasi bergengsi yang telah divalidasi oleh otoritas industri terkemuka. realme GT 6 telah menerima empat sertifikasi bergengsi, meliputi sertifikasi SGS Five-star Esports Display pertama di dunia, yang menjamin visual yang mulus dan responsif bagi para gamer; sertifikasi SGS Five-star Sunlight-Readable Display pertama di dunia, yang memastikan keterbacaan yang luar biasa dalam pencahayaan apa pun; SGS AI Eye-Protection Display pertama di dunia, yang membuktikan fitur-fitur yang cerdas untuk mengurangi kelelahan pada mata; dan sertifikasi TÜV Rheinland Flicker Free Display, yang memastikan pengalaman menonton nyaman bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Sertifikasi ini, dikombinasikan dengan teknologi layar yang inovatif, menjadikan realme GT 6 sebagai pemimpin dalam industri smartphone, menetapkan tolok ukur baru untuk kualitas visual, kinerja, dan kenyamanan pengguna.

Segera Hadir Sebagai New Flagship Killer

realme GT 6, yang akan diluncurkan secara global di Milan, Italia pada tanggal 20 Juni, akan menetapkan standar baru untuk layar smartphone dengan 6000 Nits Ultra Bright Display, salah satu layar paling terang yang tersedia di smartphone. Selain kecerahan yang tak tertandingi, panel 8T LTPO yang canggih memastikan pengalaman visual yang mulus dan responsif sekaligus memaksimalkan masa pakai baterai. Dengan teknologi peredupan yang cerdas untuk kenyamanan mata dan performa HDR yang luar biasa, realme GT 6 menghadirkan salah satu layar tercanggih yang dapat ditemukan di industri smartphone saat ini

Kunjungi website www.realme.com/id untuk mengetahui rangkaian produk realme lainnya, dan ikuti akun-akun media sosial realme Indonesia untuk selalu ter-update dengan informasi dari realme untuk pasar Tanah Air.

Continue Reading

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending