Connect with us

Japan

Fukushika Taro: Tidak perlu pintar berbahasa Jepang untuk belajar Shodo

Published

on

GwiGwi.com – Shodo (書道) adalah seni kaligrafi tradisional Jepang yang sudah ada lama sekali di Jepang, biasanya Shodo menggunakan kuas dan tinta khusus. Pada Ennichisai 2017 kali ini seorang Shodo-ka (seorang seniman Shodo) terkenal, Fukushika Taro datang untuk mempertunjukan Shodo kepada pengunjung acara tahunan ini.

Fukushika Taro (FT) dibesarkan di Taiwan, kemudian pindah ke Kobe sebagai pekerja sosial. Selama bertugas, ia bertemu dengan seorang pasien kanker stadium akhir. Ia berpikir ‘apa’ yang bisa ia lakukan untuk membuat pasien tersebut senang, dan kemudian mengenal seni ‘kuas dan tinta.’

Meskipun beliau tidak pernah melakukan kaligrafi Jepang sebelumnya, beliau tidak menyerah dan pasien tersebut sangat senang hingga meneteskan air mata. Disaat bersamaan, ia pun tergerak untuk mencintai seni Shodo.  Setelah itu, ia melakukan performance jalanan dimana beliau “menuliskan kata-kata yang terinspirasi dari anda”. Ia juga melakukan performance di acara penerbitan buku, pembukaan kafe, bahkan muncul di film.

Bermula dari performance jalanan tersebut, ia mulai dikenal di seluruh penjuru jepang. Sekarang ia melebarkan sayapnya di kancah internasional. Saat ini beliau menjadi representatif dari perusahaan shodo yang ia dirikan sendiri. Aktivitasnya berfokus pada event nasional maupun internasional berupa pameran tunggal, workshop shodo, mural paintings, serta kelas seminar shodo.

GwiGwi diberi kesempatan lebih dekat dengan Fukushika Taro dan Shodo itu sendiri, melalui konferensi pers singkat, simak hasil perbincangan kami.

 Kenapa memilih Shodo yang merupakan seni traditional di jaman modern ini?  Tujuan awal Fukushika Taro adalah untuk menyenangkan seseorang pasien kanker apakah tujuannya masih sama sampai sekarang? Apakah ada tujuan lain dari pengembangan seni Shodo?

Dalam sejarah pada awalnya shodo adalah alat untuk menyampaikan informasi, lalu pada perkembangannya Shodo menjadi sebuah seni. Dengan perkembangan komputer yang semakin maju jumlah orang yang melakukan Shodo semakin berkurang. Walaupun sebenarnya Shodo ini adalah tradisi seni Jepang namun jumlah orang yang melakukannya semakin sedikit. Walaupun yang melakukan Shodo sedikit tapi semua orang Jepang suka dengan Shodo.

Di Jepang ada ungkapan “tulisan menggambarkan seseorang”, jadi dengan melihat tulisan si penulis kita bisa melihat sifat dari si penulis. Misalnya apakah si penulis pemarah atau orang yang lemah-lembut sifat-sifat itu terlihat dari tulisan si penulis.

 Apa satu huruf kanji yang mewakili keberadaan FT?

Au (Bertemu, pertemuan – 逢う, 出逢う), Karir saya dimulai dengan melakukan pertunjukan Shodo di pinggir jalan dekat stasiun kereta, lalu di situ saya bertemu dengan banyak orang-orang. Ada yang meminta saya untuk menulis papan nama toko, meminta saya untuk berbicara di radio, muncul di TV show, jadi karir saya selama ini penuh dengan pertemuan dengan banyak orang.

 Akhir-akhir ini saya sering melihat banyak seniman Jepang yang menggabungkan seni Tradisional dan Modern, mengapa FT tetap berpegang teguh pada seni Tradisional?

Awalnya saya suka menggambar, menggambar manga. Sebenarnya saya memulai Shodo karena disuruh oleh orang tua saya. Saat kecil saya tidak terlalu suka latihan Shodo karena guru Shodo saya sangat galak, kalau saya salah biasanya saya dipukul dengan bambu, karena hal itu saya sempat berhenti menulis Shodo.

Baca Juga:  Kalahkan Kolombia, Jepang Cetak Sejarah Baru dengan mengalahkan Tim dari Amerika Selatan

Saat saya dewasa dan bekerja saya bertemu dengan seseorang yang menderita kanker parah, untuk menghibur si pasien tersebut saya memilih menulis Shodo. Sebenarnya saya memilih Shodo Karena di rumah sakit saat itu hanya ada Kuas, Tinta dan Kertas.

 Huruf Kanji apa yang ditulis hari ini? Dan bagaimana kesan FT melihat penggunjung Ennichisai hari ini?

Huruf yang saya tulis hari ini saya putuskan hari ini saat melihat penggunjung hari ini. Saya melihat para pengunjung saya merasa bahwa apa yang saya lakukan selama ini adalah “Isshou Kenmei” (Berusaha Sekuat Tenaga一生懸命) dan saya melihat ada tulisan 一書懸命 di tempat acara, maka huruf kanji yang saya tulis hari ini adalah 一書懸命 (Issho kenmei) yang memiliki arti menulis (dalam hal ini Shodo) setiap hurup dengan sungguh-sungguh.

 Bagaimana FT mempromosikan Shodo kepada orang Indonesia?

Saya melihat orang Indonesia menyukai Kanji, saya pernah melihat ada pekerja yang sedang membuat Rumah menggunakan T-shirt dengan gambar kanji rumah. Kanji itu menarik ada banyak cara baca untuk satu kanji. Jadi saya ingin mempromosikan ke masyarakat Indoensia bahwa Kanji itu cool, keren !.

 Apa makna Shodo bagi FT dalam kehidupan sehari-hari?

Saya seorang ayah, mempunyai istri dan anak, setiap pagi saya selalu mengucapkan “Selamat pagi, tetap semangat yah hari ini”. Bagi saya Shodo adalah salah satu alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada seseorang yang penting bagi saya. Menngutarakan isi hati dengan ucapan dan surat adalah hal yang berbeda, atau kalau sekarang misalnya dengan mengirimkan pesan melalui Line. Terkadang kalau saya teringat akan seseorang yang penting bagi saya, saya akan menulis Shodo di atas kertas, memfotonya dengan HP lalu mengirimkan foto Shodo itu kepada orang tersebut. Jadi bagi saya Shodo adalah alat untuk menyampaikan pesan kepada orang yang penting bagi saya,

 Untuk orang Indonesia yang belum bisa bahasa Jepang, apakah bisa belajar Shodo? Ataukah bisa menulis Shodo dengan huruf Alphabet?

Untuk belajar Shodo tidak perlu belajar bahasa jepang terlebih dahulu, Shodo bisa digabungkan dengan huruf khas dari tiap Negara, misalnya di Bali ada kesenian menulis di daun kelapa mungkin itu bisa digabungkan dengan Shodo. Mungkin ada Shodo-ka di Jepang yang masih kolot yang berpikiran kalau bukan Bahasa Jepang berarti bukan Shodo, tapi bagi saya menulis Shodo dengan menggunakan Alphabet, Hangul, bahasa Indonesia itu juga Shodo, saya sendiri beberapa hari yang lalu saat memberikan kuliah di sebuah universitas menulis “Terima Kasih”.

 Bagaimana kesannya datang ke Ennichisai dan apa harapannya?

Tolong panggil saya lagi yah~ Ennichisai ini sangat menyenangkan, di Jepang sendiri acara matsuri seperti Ennichisai ini sudah menjadi jarang. Ingatan saya mengenai matsuri adalah saat masih kecil saya diajak orang tua untuk datang matsuri, bermain tembak-tembakan dan permainan lainya di Matsuri, Jadi menurut saya Matsuri itu penting sebagai ajang untuk keluarga berkumpul bersama antara anak dan orang tua.

Japan

Kalahkan Kolombia, Jepang Cetak Sejarah Baru dengan mengalahkan Tim dari Amerika Selatan

Published

on

By

image: https://twitter.com/OptaJiro

GwiGwi.com – Jepang meraih kemenangan 2-1 atas Kolombia pada laga penyisihan Grup H Piala Dunia di Mordovia Arena, Selasa (19/6/2018).

Alhasil, kesebelasan berjulukan Samurai Biru ini menorehkan sejarah. Jepang menjadi kesebelasan pertama dari Asia yang dapat mengalahkan kesebelasan asal Amerika Selatan dalam putaran final Piala Dunia.

Laga ini diwarnai kartu merah untuk gelandang Kolombia, Carlos Sanchez. Dia mesti menyelesaikan laga lebih cepat sebab diusir pada menit ke-3.

Sanchez dengan senjaga menyangga bola tendangan Shinji Kagawa yang ditunjukkan ke gawang yang tak terkawal sebab kiper David Ospina dalam posisi yang tidak ideal.

Kagawa yang menjadi eksekutor membawa Jepang unggul pada menit ke-6. Kolombia sempat menyamakan skor melewati tendangan bebas Juan Quintero pada menit ke-38, sebelum Yuya Osako meyakinkan Jepang menang pada menit ke-72.

Dengan hasil ini, Jepang untuk sedangkan memimpin klasemen Grup H dengan raihan tiga poin dan Kolombia sedang di posisi juru kunci.

Sejak peluit kick-off dibunyikan, kedua kesebelasan langsung bermain dengan tempo yang lumayan cepat. Baru tiga menit laga berjalan, Kolombia mesti bermain dengan 10 orang sesudah Sanchez menemukan kartu merah dan wasit menyerahkan penalti.

Kagawa yang menjadi algojo sukses menuntaskan tugasnya untuk menciptakan Jepang unggul 1-0 pada menit ke-6.

Pertandingan semakin unik kala Kolombia berhasi menyamakan status pada menit ke-38. Quintero membuat gol estetis lewat tendangan bebas mendatar yang melalui pagar pemain Jepang, yang malah melompat.

Baca Juga:  Kalahkan Kolombia, Jepang Cetak Sejarah Baru dengan mengalahkan Tim dari Amerika Selatan

Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Pada babak kedua, pertandingan berlangsung dengan tempo agak lambat. Top scorer Piala Dunia 2014, James Rodriguez, masuk pada menit ke-59 untuk menggantikan Quintero.

Masuknya pemain Bayern Muenchen ini menciptakan daya serang Kolombia lebih bagus. Namun, mereka tidak berhasil mencetak gol.

Jepang yang menciptakan gol kedua pada menit ke-72 melewati Yuya Osako. Dari skema sepak pojok, umpan Keisuke Honda dapat dimaksimalkan Osako dengan sundulan untuk membuahkan gol yang menciptakan skor menjadi 2-1.

Pada saldo laga, Jepang memperlambat tempo permainan untuk dapat menjaga keunggulan. Sementara itu, serangan Kolombia selalu sukses dipatahkan deretan pertahanan Jepang sampai-sampai skor tak berubah.

Di grup ini, di samping Jepang dan Kolombia, terdapat Polandia dan Senegal, yang baru bakal bermain. Dua kesebelasan teratas grup ini bakal lolos ke babak 16 besar.

Susunan pemain Kolombia versus Jepang:

Kolombia: 1-David Ospina; 4-Santiago Arias, 23-Davinson Sanchez, 3-Oscar Murillo, 17-Johan Mojica; 6-Carlos Sanchez, 16-Jefferson Lerma, 11-Juan Cuadrado, 20-Juan Quintero (10-James Rodriguez 59′), 21-Jose Izquierdo (Carlos Bacca 70′); 9-Radamel Falcao

Pelatih: Jose Pekerman

Jepang: 1-Eiji Kawashima; 5-Yuto Nagatomo, 3-Gen Shoji, 22-Maya Yoshida, 19-Hiroki Sakai; 14-Takashi Inui, 10-Shinji Kagawa (4-Keisuke Honda 70′), 8-Genki Haraguchi, 7-Gaku Shibasaki (Hotaru Yamaguchi 80′), 17-Makoto Hasebe; 15-Yuya Osako (Shinji Okazaki 85′)

Pelatih: Akira Nishino

Wasit: Damir Skomina (Slovenia)

Continue Reading

Japan

Tips Liburan Ke Jepang Dengan Hemat

Published

on

By

Jepang adalah salah satu negara dengan destinasi wisata yang sangat banyak dan hal ini adalah salah satu faktor menarik yang menjadikan Jepang sebagai destinasi wisata yang dipiih oleh turis dari seluruh dunia.

Destinasi wisata yang di tawarkan oleh negara matahari terbit ini antara lain adalah  wisata belanja, wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner hingga wisata teknologi. Dan masih banyak lagi.

jika anda berniat untuk berlibur ke Jepang, maka ada beberapa hal yang harus anda persiapkan dari jauh hari agar pengalaman berlibur yang anda dapatkan bisa terasa lebih menyenangkan, contoh hal yang bisa anda persiapkan tersebut seperti destinasi wisata yang ingin dikunjungi, cara menjangkau destinasi tersebut, hingga biaya yang bisa anda hemat ketika berada di sana.

Oleh karena itu kami telah menyiapkan beberapa tips agar liburan anda di Jepang bisa menjadi lebih menyenangkan.

  1. Melakukan Perencanaan

Melakukan perencanaan berlbur ini sangatlah penting, apalagi jika destinasi yang anda tuju berada di luar negeri maka perencanaan yang matang sangatlah dibutuhkan khususnya dalam membeli tiker pesawat.

Untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang murah anda bisa melakukan pembelian tiket pada waktu 6 bulan hingga 9 bulan sebelum keberangkatan.

  1. Waktu Check-in Penginapan

Jika anda tiba di Jepang pada waktu pagi tidak perlu terlalu khawatir untuk langsung check-in. Karena waktu check-in di Jepang itu berbeda dari waktu Check-in di Indonesia.

Di Jepang waktu Check-in nya adalah jam 3 sore jadi jika anda tiba pada pagi hari maka anda bisa langsung menikmati waktu seharian di jepang dengan mengunjungi tempat wisata sambil menunggu waktu chcek-in.

  1. Smartphone Dan Internet
Baca Juga:  Kalahkan Kolombia, Jepang Cetak Sejarah Baru dengan mengalahkan Tim dari Amerika Selatan

Jika anda melakukan liburan ke Jepang dan tidak mengerti bahasa Jepang sama sekali maka smarthphone dan internet adalah hal yang bisa menjadi penolong anda, khususnya jika anda tersesat atau sedang memilih makanan yang halal.

  1. JR Pass

JR pass atau japan rail pass adalah kartu yang bisa anda gunakan untuk bisa menggunakan kereta cepat atau shinkasen di Jepang. JR Pass ini sangatlah penting untuk anda yang sedang berlibur ke Jepang karena JR Pass akan membantu anda untuk mengunjungi destinasi wisata yang ingin anda kunjungi.

  1. Makanan Di Convenience Store

Tips berlibur ke jepang selanjutnya adalah untuk mencari makan di Jepang. Makanan yang tersedia di Convenience Store atau minimarket ini sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur namun tetap hemat.

Makanan yang tersedia pun sangat beragam dan rasa yang ditawarkan pun tidak kalah enak dari restauran yang ada, harga makanan di mini market ini berkisar antara 30 ribu sampai 40 ribuan saja.

Continue Reading

Japan

Tips Persiapan Solo Traveling Ke Jepang Ala Backpacker

Published

on

By

GwiGwi.com – Jepang adalah negara maju yang terkenal karena banyak kelebihan yang dimilikinya dan salah satunya adalah objek wisata yang menarik dan menjadi daya tarik untuk turis manca negara.

Namun karena di Jepang hampir semuanya memiliki harga yang mahal, apakah mungkin untuk berlibur ke jepang ala backpacker? jawabannya sangat mungkin! Dan untuk berlibur ke Jepang secara hemat ada banyak hal yang harus anda persiapkan. Mau tau apa saja persiapan yang kamu butuhkan? simak informasinya di bawah ini ya.

  1. Menyusun Itinerary

Dalam mempersiapkan budget yang akan kamu keluarkan kamu harus mempersiapkan itinerary yaitu menentukan berapa lama akan stay disana, tempat apa saja yang akan dituju, dimana tempat menginapnya, dan biaya makan sehari-hari. Perlu di ingat, semakin lama waktu berliburnya maka akan semakin banyak uang yang harus dikeluarkan.

  1. Cek Transportasi Di Jepang

Dalam berlibur ke Jepang dan menghemat biaya, kita harus bisa menggunakan transportasi umum yang ada. Kita harus mengetahui tempat, rute perjalanan, tempat transit, serta biaya yang dibutuhkan untuk menggunakan transportasi tersebut.

Hal ini harus kamu persiapkan dengan baik, agar kamu bisa terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan seperti tersesat misalnya. Jika kamu sampai tersesat tentu saja biaya yang akan kamu keluarkan akan lebih besar.

  1. Cek Musim Dan Temperatur Di Jepang
Baca Juga:  Kalahkan Kolombia, Jepang Cetak Sejarah Baru dengan mengalahkan Tim dari Amerika Selatan

Temperatur dan musim yang sedang berlangsung di Jepang ini juga adalah informasi yang sangat vital, dan kita bisa mengecek hal tersebut dari internet, kan zaman sudah canggih.

Dengan mengetahui iklim, musim, dan suhu yang ada, kita bisa memperkirakan tempat wisata apa yang akan kita kunjungi agar perjalanan kamu bisa tetap menyenangkan walau terhambat musim.

  1. Booking Semua Akomodasi Yang Kamu Butuhkan

Jika kamu ingin berlibur ke Jepang, biasakan selalu melakukan reservasi secara online, beberapa hal yang bisa kamu revervasi secara online adalah hotel, kereta, bus, dan pocket wifi.

Dan biasakan untuk tidak menunda-nunda waktu reservasi, karena jika semakin dekat dengan hari H liburan maka biaya yang kamu butuhkan pun akan semakin besar juga.

  1. Menukarkan Uang Rupiah Menjadi Yen

Sebelum berangkat berlibur ke Jepang, ada baiknya kita menukarkan uang rupiah ke yen dari jauh jauh hari. Karena nilai tukar uang itu selalu berubah ubah maka kita harus cermat agar bisa mendapatkan nilai tukar terbaik.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu pakai ketika ingin berlibur ke Jepang ala Backpacker, semoga bermanfaat.

Continue Reading

Trending