Connect with us

Mancanegara

[Event Report] C3AFA Singapore 2017

Published

on

GwiGwi.com – C3 Anime Festival Asia atau yang biasa disebut sebagai C3AFA telah usai diadakan di Suntec Singapore International Convention and Exhibition Centre pada 24 hingga 26 November kemarin. Tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada event Anime terbesar di Asia ini kita dapat menikmati berbagai macam kegiatan yang ditawarkan oleh vendor terkenal dari Jepang maupun luar Jepang, penjualan doujinshi karya local maupun mancanegara, merchandise official dari berbagai anime yang sedang tayang maupun yang sudah, guest star dari cosplay hingga DJ, dan juga konser I ♥ Anisong yang mendatangkan berbagai artiste yang luar biasa. Seperti apakah C3AFASG tahun ini? Apakah ramai seperti tahun-tahun sebelumnya? Berikut laporannya.

Antrian yang Super Panjang

Sudah menjadi rahasia umum dari AFA jika antriannya sangat panjang. Salah satu alasannya adalah Hunting barang limited. Yak betul! LIMITED! Seperti CD Anisong yang mendapat kesempatan bertemu dengan artiste dan meminta tanda tangan, perebutan belanja di Stand Saekano untuk Meet n Greet dengan salah satu seiyuu nya, yaitu Kiyono Yasuno, pengisi suara Megumi Kato, bertemu dengan director dari Key Visual, dan juga barang-barang lain seperti Nendoroid dan Figure limited.

Mid-Day Stage yang Menarik

Salah satu kegiatan di C3AFA selain mengelilingi Exhibition juga tentunya mendatangi Main Stage yang menyuguhkan beragam jenis Anime Showcase seperti salah satunya Hakata Tonkotsu Ramens, Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend. flat, FRAME ARMS GIRL, dan berbagai Anime lainnya. Lalu tidak kalah seru juga dengan Special Screening Hatsune Miku Expo 2016 Japan Tour dan Special Showcase dari NOGIZAKA46.

Para Cosplayer yang saling beradu aksi

Selain Exhibition dan Stage-nya, C3AFA juga kedatangan banyak sekali cosplayer lokal maupun mancanegara. Mereka saling mempamerkan kostum dan saling beraksi di depan kamera. Banyak Cosplayer yang mengelilingi Exhibition, ada juga yang stand by di Lobby bawah untuk berpose di depan Kameko.

Konser I ♥ Anisong selama 3 hari sukses dan meriah

Apa itu C3AFA tanpa I ♥ Anisong Concert? Tentunya Konser merupakan acara utama dari C3AFA dan Konser tahun ini tidak kalah serunya dengan tahun-tahun lalu

Konser Day-1 diawali oleh Iris, salah satu artiste dari Malaysia, lalu diikuti oleh FLOW yang sedang merayakan Anniversary ke 15. Kemudian dilanjutkan oleh penampilan NOGIZAKA46 yang pertama kalinya tampil diluar Jepang. Lalu disusul oleh Ikemen Tomohisa Sako yang membawakan lagu dengan bermain gitar. Dan konser Day-1 ditutup oleh Shiena Nishizawa dengan lagu-lagu Rock nya.

 

Konser Day-2 tanpa kita sadari semua artiste-nya adalah perempuan. Pembukaan dipersembahkan oleh Moso Calibration dengan lagu-lagu yang pas untuk memulai acara, lalu diikuti dengan Konomi Suzuki, yang membawa lagu-lagu Rock dan membuat stage ramai. Setelah hype, TRUE membawa lagu-lagu yang chill namun tetap membuat suasana stage tetap hype. Setelah istirahat dengan lagu chill, tanpa ada siapapun di stage, tiba-tiba lagu instrumental ClariS terdengar dan penonton langsung hype kembali, bahkan saat ClariS muncul, hype melunjak tinggi. Tidak ada istirahat, nano langsung membuat stage “pecah” kembali dengan lagu-lagunya dan menutup konser Day-2 penuh dengan Rock.

 

Konser Day-3 dibuka oleh Luce Twinkle Wink☆ yang ternyata membawakan lagu Gochuusa, diikuti dengan fripSide yang membuat Stage menjadi ramai dan hype. Setelah itu saatnya EGOIST tampil, namun para penonton sedikit kecewa karena kurangnya informasi terkait Special Screening dari EGOIST dan ternyata hanya membawakan 1 lagu. Namun Mashiro Ayano kembali membawa hype ke stage dengan lagu Rock-nya dan Light Stick didominasi warna putih. Tanpa turunnya hype, May'n membawa Full Band nya dan stage ditutup dengan penuh Rock dan Hype.

Overall Hype C3AFASG masih ada dan tiap tahun konten C3AFA berbeda-beda namun tetap ramai dan tidak menurunkan semangat para pengunjung tiap tahunnya. Semoga C3AFA tahun depan makin besar dan ramai mengingat tahun depan adalah Anniversary yang ke 10.

Berikut adalah video Event Highlights dari C3AFASG 2017 yang telah dibuat oleh Gwiditor kita yaitu fsp! Enjoy the video!

See you on the next report!

Advertisement

Mancanegara

Anime Festival Asia Singapore 2022 Siap Kembali Pada 25-27 November

Published

on

GwiGwi.com – Penyelenggara Anime Festival Asia Singapore 2022 (#AFASG22), acara Budaya Pop Jepang terbesar dan paling bergengsi di Asia Tenggara, membagikan serangkaian pembaruan penting hari ini tentang susunan festivalnya. Detail tentang sorotan utama yang dapat ditunggu-tunggu pengunjung diungkapkan untuk festival, yang akan diadakan secara fisik dari 25 hingga 27 November 2022 di Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre. Mulai dari Day Stage Line-up yang bertabur bintang, Creators Hub yang diperbarui, Kompetisi J-Dance, dan Sesi Meet & Greet, ada sesuatu untuk setiap pengunjung festival. Tambahan untuk AFA Night LIVE!, segmen pameran malam festival, dan detail pengalaman pengunjung AFAVerse juga diungkapkan.

“Selama 3 tahun terakhir, kami telah menunggu momen ini datang. Kami senang dan bersemangat untuk membawa kembali pengalaman AFA kepada para penggemar di Singapura, Asia Tenggara dan sekitarnya. Sementara segmen favorit penggemar akan tetap ada, kami terus mencari cara untuk meningkatkan pengalaman dan membawanya ke ketinggian baru. Kami berharap berbagai pengalaman akan menawarkan momen yang tak terlupakan bagi semua orang, apakah Anda seorang pendukung AFA yang kembali atau baru di kancah ACG. Kami juga akan menyediakan semua tingkatan tiket untuk dibeli secara online, sehingga penggemar akan memiliki waktu lebih lama untuk merencanakan pengalaman festival mereka,” kata Shawn Chin, Pendiri SOZO dan penyelenggara AFASG22.

Highlight Day Stage 

AFA Day Stage, yang terletak di Hall 405, akan menjadi tuan rumah bagi serangkaian pemutaran film, acara bincang-bincang tamu, dan lainnya selama 25 – 27 November. Highlight termasuk:

● 25 November:

  • Penampilan tamu virtual dan talk show bersama V-tuber Fulgur Ovid dari NIJISANJI EN,
  • Proyek PRISM akan menjadi tuan rumah pertempuran improvisasi tatap muka epik antara dua kelompok bakat virtual, dengan petunjuk yang dipilih langsung oleh penonton
  • Sebuah talk show yang menampilkan Vtubers yang berbasis di berbagai negara, menampilkan Luna Amane dari NHOT BOT, Maya Ichimonji dari GEMS COMPANY, Nox dari VirtuaReal dan Lilrya Prisvielle dari VReverie
  • Penampilan dan penampilan oleh Miura Ayme dan Satoshi Kada dari Obey Me!, sebuah game otome dari “Shall we date?” seri!
    Dan penampilan tamu spesial oleh cosplayer selebriti Hakken.
● 26 November:
  • Pemutaran 2 episode pertama Arknights: Prelude to Dawn, adaptasi anime dari game mobile populer, menampilkan rekaman pesan dari pengisi suara Jepang untuk Amiya dan rekaman wawancara dengan staf produksi dari rumah produksi anime, Yostar Pictures.
  • Penampilan oleh Junta Terashima dan Ryota Takeuchi, yang mengisi suara dan bernyanyi sebagai karakter dari grup The Cat's Whiskers dalam franchise multimedia Paradox Live, menjelang serial anime yang akan datang pada tahun 2023
  • Lycoris Recoil, salah satu judul paling populer dari musim anime Juli 2022, akan ditampilkan melalui talk show di atas panggung. Tamu yang datang untuk acara panggung ini akan diumumkan secara terpisah.
● 27 November:
  • Panel khusus dari MAPPA, sebuah studio animasi yang akan membicarakan proyek studio saat ini dan yang akan datang, dengan judul-judul hit seperti Chainsaw Man, “ATTACK ON TITAN” The Final Season, Hell’s Paradise, dan VILAND SAGA SEASON 2.
  • Pertunjukan DJ khusus oleh D4DJ, sebuah proyek campuran media dari Bushiroad yang berkisar pada konten termasuk anime, game, dan konser langsung yang dilakukan oleh aktris suara.
  • Penampilan tamu dan talk show dengan pengisi suara Yuki Ono
AFA Night LIVE!

Fans dapat menikmati 10th Anniversary Event Premiere Screening Sword Art Online – FULLDIVE – pada 25 November, 19:30, di AFA Night LIVE!

Ini menambah pengumuman sebelumnya yang dibagikan di AFA Night LIVE!, yang menampilkan pemeran bintang YouTuber virtual (VTubers) dan artis. Diadakan selama tiga malam, AFA Night LIVE mencakup Hololive Meet, acara bincang-bincang langsung interaktif dan sesi Meet & Greet dengan beberapa VTuber paling terkenal di dunia, pada 26 November, serta I Love Anisong, acara musik favorit penggemar, pada 27 November.

Creators’ Hub x pixiv

Untuk pertama kalinya, AFA akan bermitra dengan pixiv, komunitas seni online terbesar di Jepang, untuk menghadirkan Creators Hub terbesar yang pernah ada. Di pixiv, orang-orang berbagi ilustrasi, manga, dan novel, dengan hampir 20.000 karya dari 230 wilayah berbeda di seluruh dunia yang diposting setiap hari.

pixiv juga menyelenggarakan Kontes Ilustrasi, di mana entri pemenang akan menerima hadiah luar biasa ini:

  • 200.000 JPY tunai (sekitar SGD 2000)
  • Booth Creators Hub gratis di AFASG 2023
  • Kesempatan untuk menampilkan karya seni asli di area tampilan pixiv di Creators Hub
Featured Creators

Dengan lebih dari 150 kreator yang berpartisipasi tahun ini dari 15 negara dan wilayah, penyelenggara menyampaikan bahwa 28 Kreator Unggulan telah dipilih untuk memamerkan karya mereka di tempat festival.

Mereka termasuk:

  • Ilustrator otodidak Rachta Lin, yang perjalanan dan pengalamannya memengaruhi ciptaannya;
  • Sarah Thursday, yang menciptakan ilustrasi yang terinspirasi oleh subkultur alternatif gelap dengan sentuhan pribadi yang mendalam; dan
  • Artis digital Raiko, yang melukis karakter dari game dan anime biasanya dengan gaya semi-realistis.

AFA Singapore 2022 juga akan berkolaborasi dengan Sarah Thursday untuk merilis koleksi kapsul edisi terbatas! Menampilkan t-shirt, tas jinjing, dan stiker eksklusif, lihat di AFA SHOP dan AFASHOP.CO!

Kompetisi

Kompetisi J-Dance Asia baru akan diadakan, dengan Final pada 26 November di Akiba Stage di area festival. Grup yang terdiri dari 2 hingga 10 orang akan memiliki kesempatan untuk menonjolkan koreografi mereka berdasarkan trek lagu Jepang di depan orang banyak. Penari terkenal dari Singapura dan Jepang akan tampil sebagai juri, dan juga menampilkan penampilan mereka dalam pertunjukan tari khusus. Peserta J-Dance Asia berkesempatan memenangkan hadiah uang tunai hingga S$1.000. Pendaftaran dibuka mulai sekarang hingga 11 November 2022 di bit.ly/AFASG22JDance.

Kompetisi showcase Singles Cosplay akan kembali ke AFASG22. Cosplayer dapat mengambil kesempatan ini untuk memamerkan kostum mereka di panggung regional dan berkesempatan memenangkan uang tunai hingga $500. Pendaftaran berlangsung mulai sekarang hingga 06 November 2022 di bit.ly/AFASG22CosplaySingles.

Pameran

Penyelenggara juga membagikan beberapa sorotan peserta pameran. Mereka termasuk Anime Metaverse, Bandai, Bushiroad, Conan, Genshin Impact, Good Smile Company, Hakken!, Kotobukiya, Nissin, Valiant Force dan banyak lagi. Pameran akan berkisar dari barang dagangan eksklusif hingga penawaran.

Sesi Meet & Greet

Fans yang ingin bertemu dengan tamu selebriti AFA dapat menantikan sesi Meet & Greet. Sesi akan tersedia dengan cosplayer selebriti Hakken, Charess dan Ely. Tiket dijual sekarang. Cek website AFA untuk lebih jelasnya.

The AFAVERSE Visitor Experience

Untuk pertama kalinya, pengunjung akan menikmati pengalaman seperti permainan sejak mereka masuk ke area festival. Pengunjung akan mendapatkan gelang berkemampuan NFC yang dirancang khusus untuk mendapatkan AFA Hero XP, AFA Coins, diskon instan, dan membuka kunci telur paskah virtual. Mereka juga dapat mendesain Seika AFA-tar mereka sendiri, membuka kunci skin khusus dari AFA-Pitstops atau menukar aksesori edisi terbatas dengan AFA-Coin.

Info selengkapnya animefestival.asia/afaverse.

Semua tiket dapat dibeli secara online!

#AFASG22 adalah acara bertiket. Fans akan dapat membeli semua tingkatan tiket, mulai dari General Admission 1-Day Exhibition hingga tiket VIP 1-Day secara online mulai hari ini. Tiket mulai dari S$21 / Hari untuk Pameran.

Info selengkapnya animefestival.asia/singapore2022.

Continue Reading

Mancanegara

Anime Festival Asia Singapura Kembali! Catat Mulai 25 – 27 November 2022

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah 2 Tahun hiatus akibat Pandemi COVID-19, Anime Festival Asia atau yang lebih dikenal sebagai AFA, akhirnya resmi kembali digelar! Acara tahunan yang kerap digelar di beberapa negara di Asia Tenggara ini kembali melebarkan sayapnya untuk pertama kalinya kembali di Singapura. Kapan tanggalnya dan dimana lokasinya?

Maaf Anda Melihat Iklan

Anime Festival Asia tahun 2022 atau tahun ini akan diselenggarakan di negara kelahirannya pertama kali, yaitu Singapura, dan kembali dilangsungkan di Suntec Convention Center. Sebelumnya Tim Editorial GwiGwi pun sudah sering melancong ke Kota Singa ini untuk meliput berbagai kegiatan yang sudah dilaksanakan di AFA ini sendiri.

Simak Video Anime Festival Asia Singapura Tahun 2019 ini

Untuk tahun ini, AFA atau AFASG 2022 ini akan diselenggarakan pada tanggal 25 hingga 27 November 2022. Inipun menjadi angin segar, mengingat negara Singapura juga sudah mulai menerima turis asal Indonesia, dan berarti penggemar Anime dan Manga asal Jepang akan segera bisa menikmati event skala internasional, yang sering menghadirkan guest star dan artiste dari mancanegara.

Untuk list guest dan artist Anisong untuk saat ini belum dibeberkan lebih lanjut, namun Tim GwiGwi.com sedang menghubungi Tim AFA perwakilan Indonesia untuk Informasi lebih lanjut.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Event

Comic Market akan Mencabut Aturan Vaksinasi & Tes COVID-19

Published

on

GwiGwi.com – Penyelenggara acara Comic Market (Comiket) mengumumkan pada hari Sabtu bahwa acara Comic Market 100 tidak akan lagi mengharuskan pendaftar untuk menunjukkan bukti vaksinasi atau tes COVID-19 negatif karena “standar pemerintah saat ini mengabaikan inspeksi semacam itu” karena “stabilisasi baru-baru ini.”

Maaf Anda Melihat Iklan

Acara tersebut masih akan menggunakan “langkah-langkah pencegahan infeksi yang tepat,” dan masker akan diperlukan di dalam ruangan. Satu-satunya waktu berbicara yang diizinkan adalah saat makan atau minum, dan staf telah menyatakan bahwa mengobrol tidak diizinkan selama makan.

Selain itu, suhu tamu akan diambil untuk mendapatkan gelang untuk masuk. Peserta yang membeli tiket tetapi tidak dapat hadir karena berbagai keadaan, seperti gagal lulus pemeriksaan suhu, tidak akan dikembalikan uangnya.

Pihak penyelenggara menyatakan bahwa peraturan dapat berubah sewaktu-waktu.

Siaran langsung akan berlangsung pada 13 dan 14 Agustus. Alih-alih mulai pukul 10:00, itu akan dimulai pukul 10:30.

Penyelenggara acara memperkirakan bahwa 80.000-90.000 orang akan hadir setiap hari, dan tiket akan diminta untuk hadir. Semua tiket akan dijual di muka, tanpa tiket tersedia di pintu.

Pada bulan Januari, acara tersebut bermaksud menggunakan sebagian dari Tokyo Big Sight untuk memeriksa bukti vaksinasi atau tes COVID-19 yang negatif, serta untuk mengukur suhu. Peserta, menurut staf, perlu memberikan bukti tiga suntikan imunisasi (termasuk suntikan booster) agar dapat diterima.

Saat Comic Market 99 berlangsung pada 30-31 Desember, kapasitasnya kurang lebih 55.000 orang per hari. Pada 4 Januari, dua karyawan Comiket didiagnosis dengan COVID-19. Empat orang lain yang terkait dengan acara tersebut kemudian dinyatakan positif COVID-19, menurut staf.

Source: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending