Connect with us

Mancanegara

[Event Report] C3AFA Singapore 2017

Published

on

GwiGwi.com – C3 Anime Festival Asia atau yang biasa disebut sebagai C3AFA telah usai diadakan di Suntec Singapore International Convention and Exhibition Centre pada 24 hingga 26 November kemarin. Tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada event Anime terbesar di Asia ini kita dapat menikmati berbagai macam kegiatan yang ditawarkan oleh vendor terkenal dari Jepang maupun luar Jepang, penjualan doujinshi karya local maupun mancanegara, merchandise official dari berbagai anime yang sedang tayang maupun yang sudah, guest star dari cosplay hingga DJ, dan juga konser I ♥ Anisong yang mendatangkan berbagai artiste yang luar biasa. Seperti apakah C3AFASG tahun ini? Apakah ramai seperti tahun-tahun sebelumnya? Berikut laporannya.

Antrian yang Super Panjang

Sudah menjadi rahasia umum dari AFA jika antriannya sangat panjang. Salah satu alasannya adalah Hunting barang limited. Yak betul! LIMITED! Seperti CD Anisong yang mendapat kesempatan bertemu dengan artiste dan meminta tanda tangan, perebutan belanja di Stand Saekano untuk Meet n Greet dengan salah satu seiyuu nya, yaitu Kiyono Yasuno, pengisi suara Megumi Kato, bertemu dengan director dari Key Visual, dan juga barang-barang lain seperti Nendoroid dan Figure limited.

Mid-Day Stage yang Menarik

Salah satu kegiatan di C3AFA selain mengelilingi Exhibition juga tentunya mendatangi Main Stage yang menyuguhkan beragam jenis Anime Showcase seperti salah satunya Hakata Tonkotsu Ramens, Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend. flat, FRAME ARMS GIRL, dan berbagai Anime lainnya. Lalu tidak kalah seru juga dengan Special Screening Hatsune Miku Expo 2016 Japan Tour dan Special Showcase dari NOGIZAKA46.

Para Cosplayer yang saling beradu aksi

Selain Exhibition dan Stage-nya, C3AFA juga kedatangan banyak sekali cosplayer lokal maupun mancanegara. Mereka saling mempamerkan kostum dan saling beraksi di depan kamera. Banyak Cosplayer yang mengelilingi Exhibition, ada juga yang stand by di Lobby bawah untuk berpose di depan Kameko.

Konser I ♥ Anisong selama 3 hari sukses dan meriah

Apa itu C3AFA tanpa I ♥ Anisong Concert? Tentunya Konser merupakan acara utama dari C3AFA dan Konser tahun ini tidak kalah serunya dengan tahun-tahun lalu

Baca Juga:  Chiharu Saito & Iori Sagara Lulus Dari Nogizaka46

Konser Day-1 diawali oleh Iris, salah satu artiste dari Malaysia, lalu diikuti oleh FLOW yang sedang merayakan Anniversary ke 15. Kemudian dilanjutkan oleh penampilan NOGIZAKA46 yang pertama kalinya tampil diluar Jepang. Lalu disusul oleh Ikemen Tomohisa Sako yang membawakan lagu dengan bermain gitar. Dan konser Day-1 ditutup oleh Shiena Nishizawa dengan lagu-lagu Rock nya.

 

Konser Day-2 tanpa kita sadari semua artiste-nya adalah perempuan. Pembukaan dipersembahkan oleh Moso Calibration dengan lagu-lagu yang pas untuk memulai acara, lalu diikuti dengan Konomi Suzuki, yang membawa lagu-lagu Rock dan membuat stage ramai. Setelah hype, TRUE membawa lagu-lagu yang chill namun tetap membuat suasana stage tetap hype. Setelah istirahat dengan lagu chill, tanpa ada siapapun di stage, tiba-tiba lagu instrumental ClariS terdengar dan penonton langsung hype kembali, bahkan saat ClariS muncul, hype melunjak tinggi. Tidak ada istirahat, nano langsung membuat stage “pecah” kembali dengan lagu-lagunya dan menutup konser Day-2 penuh dengan Rock.

 

Konser Day-3 dibuka oleh Luce Twinkle Wink☆ yang ternyata membawakan lagu Gochuusa, diikuti dengan fripSide yang membuat Stage menjadi ramai dan hype. Setelah itu saatnya EGOIST tampil, namun para penonton sedikit kecewa karena kurangnya informasi terkait Special Screening dari EGOIST dan ternyata hanya membawakan 1 lagu. Namun Mashiro Ayano kembali membawa hype ke stage dengan lagu Rock-nya dan Light Stick didominasi warna putih. Tanpa turunnya hype, May’n membawa Full Band nya dan stage ditutup dengan penuh Rock dan Hype.

Overall Hype C3AFASG masih ada dan tiap tahun konten C3AFA berbeda-beda namun tetap ramai dan tidak menurunkan semangat para pengunjung tiap tahunnya. Semoga C3AFA tahun depan makin besar dan ramai mengingat tahun depan adalah Anniversary yang ke 10.

Berikut adalah video Event Highlights dari C3AFASG 2017 yang telah dibuat oleh Gwiditor kita yaitu fsp! Enjoy the video!

See you on the next report!

Event

[Rumor – UPDATE!] Akankah Anime Festival Asia Indonesia Akhirnya Pindah Venue? ICE BSD Jadi Pilihan?

Published

on

GwiGwi.com – Anime Festival Asia atau yang lebih dikenal sebagai AFA, merupakan salah satu konvensi anima dan manga terbesar di Asia Tenggara. Event tersebut sudah meng-cover beberapa negara utama di Asia Tenggara seperti Singapura, Indonesia, Malaysia, dan juga Thailand. Tahun lalu, pada tahun 2017, Anime Festival Asia juga merambah ke tanah asal Anime dan Manga yaitu di Jepang secara langsung. Event ini memang sangat terkenal terutama dikalangan para penggemar fans anime dan manga terutama di Indonesia. Sehingga wajar jika AFAID (sebutan familiar untuk AFA di Indonesia), diharapkan mendapatkan venue yang terbaik yang ada di Indonesia.

Setelah berawal dari Jakarta International Expo atau sering disingkat JI Expo, AFAID meluncur menjadi event yang sangat dinanti-nanti tahunnya. Seiring bertambahnya pengunjung dan juga fans yang berdatangan, Penyelenggara Anime Festival Asia memindahkan lokasi venuenya menjadi di Jakarta Convention Center dan sangat disambut meriah oleh para fans terutama karena lokasinya yang strategis, lebih luas, dan juga arena konser yang terkesan lebih bagus dari sebelumnya. Namun demikian, pada tahun 2015, AFAID kembali pindah ke venue pertamanya, yaitu JI Expo, dan sedikit menimbulkan kritik. Hingga 2017, venue ini menjadi pilihan penyelenggara AFAID yang sekarang sudah diserahkan SOZO ke anak perusahaannya yaitu PT. Anime Festival Asia Indonesia (walau sepertinya pada tahun 2017 lalu tidak begitu terlihat lambang atau nama perusahaan ini) dan para fans terutama yang bertempat di area Tangerang, mulai mensignalkan AFA ID untuk dipindah menjadi di Indonesia Convention Exhibition atau yang lebih dikenal sebagai ICE BSD.

ICE BSD sendiri sudah membuat banyak orang melirik tempat tersebut menjadi venue pilihan yang paling baik yang dimiliki Indonesia terutama di area Jabodetabek. ICE BSD sudah menjadi tempat beberapa event yang cukup besar seperti konser-konser artis ternama seperti Ed Sheeran, dan berbagai Boy Band asal Korea Selatan, lalu ada juga event seperti Disney on IceWorld of Gaming, dan juga GIIAS Indonesia yang sudah nyaman dengan lokasi tersebut. Big Bad Wolf, yang merupakan event bazar buku tahunan terbesar, juga berlokasi pada venue ini sehingga sepertinya penekanan bahwa saatnya AFAID untuk berpindah mulai gencar.

Sebelumnya AFAID sudah diumumkan bahwa akan diselenggarakan pada 3 hingga 5 Agustus dan dikabarkan masih akan bertempat di JI Expo Kemayoran. Namun, beberapa lama kemudian, AFA melalui halaman facebooknya, menarik kembali informasi tersebut dan membagikan informasi bahwa tanggalnya akan berubah. Tidak lama kemudian, AFA pun menginformasikan bahwa mereka akan bekerjasama dengan salah satu konvensi besar lainnya yang berfokus pada Gaming di Singapura yaitu GameStart Asia (kalian bisa melihat beritanya disini) dan akan membawakan konten bersama dengan GameStart Asia di Indonesia. Rumor bahwa AFAID akan berpindah ke ICE BSD pun semakin kuat mengingat hampir sebagian besar konvensi game sangat nyaman dengan ICE BSD.

Baca Juga:  Do As Infinity, BAND-MAID, DJ Kazu dan Shiena Nishizawa akan ramaikan Natsu Rock 2018 Singapura

Hari ini, 5 April 2018, sebuah foto tangkapan layar beredar di lini masa media sosial. Tangkapan layar tersebut berisi beberapa event yang diselenggarakan oleh SOZO, dan menampilkan tanggal beserta venue yang menjadi pilihan AFA pada tahun ini untuk setiap acara yang diselenggarakannya. Pada tangkapan layar tersebut dapat kita lihat beberapa event yang memang sudah dikonfirmasi baik berdasarkan tanggal maupun lokasinya menunjukan informasi yang akurat seperti Creator Super Fest yang akan diselenggarakan pada 12 dan 13 May di Pullman Grand BallroomPenang Anime Matsuri, dan juga event penutup tahun, AFA Singapura. Yang menarik adalah, bersamaan dengan event-event tersebut, AFAID yang masih belum dikabarkan apakah akan pindah venue, dan tanggal berapa, turut muncul dan menginformasikan tanggal yang berubah menjadi 31 Agustus hingga 2 September 2018. Tidak hanya itu, venue yang tertulis disitu pun menuliskan Indonesia Convention Exhibition lah yang nantinya akan menjadi lokasi tersebut.

Walau demikian, hingga saat ini belum ada konfirmasi langsung dari pihak penyelenggara baik SOZO maupun AFA sendiri. Akan tetapi, tentunya ini akan menjadi angin segar bagi para penikmat Japan Pop Culture karena sepertinya AFA ID akan tetap berlangsung dan tidak berakhir seperti AFA Malaysia yang akhirnya sudah berubah menjadi Penang Anime Matsuri. Mari kita tunggu saja informasinya dari pihak AFA langsung yang biasanya akan meng-update informasi melalui laman facebook mereka yang bisa Gwiples liat disini https://www.facebook.com/animefestivalasia/

Update 5 April 2018 – 11.18 AM 

Sebuah link yang sepertinya merupakan form pendaftaran resmi dari SOZO dan AFA sendiri muncul. Form pendaftaran itu merupakan form pendaftaran untuk perusahaan yang akan membuka booth untuk berjualan. Pada halaman tersebut dituliskan apa saja event yang akan diselenggarakan oleh SOZO pada tahun 2018, dan C3 AFA Indonesia sudah terdaftar dalam form tersebut dan bisa dipilih. Apakah ini artinya pengumuman tentang AFA ID akan segera dipublikasikan?

Continue Reading

Event

Shadowverse Mengumumkan Liga E-Sports Resmi di Asia Tenggara dan Oceania

Published

on

By

GwiGwi.com – Cygames dan Eliphant, penyelenggara Gamestart Asia mengumumkan bahwa pemain Shadowverse di Asia Tenggara dan Oceania dapat mengikuti kualifikasi Shadowverse World Grand Prix untuk pertama kalinya, dan berkesempatan memenangkan 1 JUTA USD atau setara dengan 13,7 Juta Rupiah.

SEAO Esports Circuit akan diselenggarakan dibawah BEast of the East esports dan divisi produksi live dari Eliphant. Akan ada 6 pool $1,000 dan satu $1,000 Wildcard yang akan diselenggarakan online, dan satu $10,000 World Circuit Offline Tournament dimana semuanya akan menjadi kesempatan masuk dalam SEAO Contenders Cup. Contenders Cup ini nantinya akan diselenggarakan sebagai bagian dari GameStart 2018, yang merupakan konvensi gaming terbesar di Singapura yang akan berlangsung selama 13 hingga 14 Oktober. Pemenang Contenders Cup akan berkesempatan untuk mencoba kesuksesan mereka mendapatkan 1 Juta USD pada World Grand Prix yang nantinya akan diselenggarakan di Jepang pada akhir tahun.

Shadowverse sudah menjadi aplikasi yang populer dan menjadi raja game esports di Jepang. Permainan strategy kartu ini sudah di-unduh sebanyak lebih dari 16 Juta kali dan mengundang 8,000 pengunjung pada esports lokal yang terakhir kali diselenggarakan. Kali ini kesempatan para pemain di Asia Tenggara untuk bisa menjadi bagian dari game tersebut.

Kami sangat senang untuk dapat mengembangkan kegiatan esports ini di Asia Tenggara dan juga Oceania” ucap Yuito KimuraGame Producer and Executive Director at Cygames. “Kami juga sangat senang untuk menyambut para pemain dari region ini kedalam World Grand Prix. Kami berharap untuk menciptakan turnamen skala global, dan kami juga berharap dapat membuat ekosistem yang cukup baik untuk kedua region itu agar para pemain dapat berkompetisi ditingkat yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga:  Chiharu Saito & Iori Sagara Lulus Dari Nogizaka46

Kami sangat senang menjadi bagian dari expansi Cygames ke region SEAO (South East Asia and Oceania),” kata Koh Yung TekEsports Director, Eliphant. “Dan kami akan sangat menantikan hubungan baik dalam jangka panjang dengan komunitas, talents dan juga para sponsor untuk membangun ekosistem esports shadowverse the region ini.

Bagi yang tertarik untuk mengikuti kompetisi ini, dan ingin tahu bagaimana cara untuk dapat mengikuti kualifikasinya, silahkan buka tautan dari link ini – https://bit.ly/2E37EBA

Berikut juga adalah jadwal dari SEAO Esports.

Informasi lebih lanjut dapat diperoleh dari website resmi Shadowverse Open yaitu https://shadowverseopen.com.

Yuk segera mainkan Shadowverse dan asah kemampuan kalian Gwiples. Untuk mendownload Shadowverse, silahkan download melalui link dibawah ini sesuai dengan perangkat kalian:

Apple App Store: http://bit.ly/ShadowverseIOS

Google Play Store: http://bit.ly/ShadowverseAndroid

Steam: http://bit.ly/ShadowversePC

Continue Reading

Event

Anime Festival Asia dan GameStart Asia Bergabung Untuk Memberikan Pengalaman ACG (Anime, Cosplay, Gaming) Yang Lebih Di Asia

Published

on

By

GwiGwi.com – SOZO, organizer dari Anime Festival Asia atau AFA dan Eliphant, organizer dari acara GameStart Asia, mengumumkan bahwa keduanya akan menjalin kerjasama strategis untuk lebih memperkuat eksistensi dari kedua event, dan menciptakan event baru di Indonesia.

Kedua organizer itu mengatakan bahwa ini merupakan langkah pertama untuk meluncurkan sistem terintagrasi untuk komunitas atau fansnya. Melalui masing-masing IP atau Intelectual Property dari keduanya, SOZO dan Eliphant berharap bahwa ini akan memberikan cara baru yang menginspirasi para fans gaming, animasi, dan lainnya.

Dengan bantuan SOZO, yang sudah cukup dikenal di Indonesia, 2018 menjadi langkah baru untuk Gamestart Asia mengekspansikan sayapnya sehingga terlahir lah GameStart Indonesia. AFA juga akan tetap menyelenggarakan eventnya yang sudah menjadi acara tahunan di INdonesia dan juga Singapura dan berharap akan ada lebih banyak lagi konten gaming yang dapat disajikannya.

“Asia Tenggara muncul sebagai salah satu pasar yang berkembang dengan pesat untuk gaming. Kami menyadari bahwa pengunjung AFA dan GameStart memiliki ketertarikan yang beranggam untuk Game dan juga Anime. Melalui kerjasama ini, kami berharap untuk bisa bekerja dengan erat untuk membawakan konten dan pengalaman yang luar biasa untuk kedua fanbase di berbagai negara.” kata Shawn Chin, Managing Director of SOZO dan pendiri dari Anime Festival Asia.

Baca Juga:  Do As Infinity, BAND-MAID, DJ Kazu dan Shiena Nishizawa akan ramaikan Natsu Rock 2018 Singapura

“Kami sangat antusias dan senang untuk bisa membawa event kami ke negara berbeda, melalui support dari partner kami. Kami bertekad untuk mendukung industri game lokal, terutama dalam hal eSport dan juga Game Development. Kami yakin bahwa kerjasama ini akan memberikan lebih banyak event yang juga membuka jalan untuk membawakan konten menarik bagi para gamer dan juga fans anime.” kata Elicia Lee, pendiri GameStart Asia dan CEO Eliphant Pte Ltd.

Mulai 1 Maret 2018, SOZO dan Eliphant telah pindah ke kantor baru untuk memperkuat aliansi mereka. Para organizers menantikan tahun kedepan yang akan semakin menarik dan tidak sabar untuk mengumumkan informasi mengenai kalendar tahun 2018 di beberapa minggu kedepan.

Continue Reading

Trending