[Event Report] C3AFA Singapore 2017

GwiGwi.com – C3 Anime Festival Asia atau yang biasa disebut sebagai C3AFA telah usai diadakan di Suntec Singapore International Convention and Exhibition Centre pada 24 hingga 26 November kemarin. Tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pada event Anime terbesar di Asia ini kita dapat menikmati berbagai macam kegiatan yang ditawarkan oleh vendor terkenal dari Jepang maupun luar Jepang, penjualan doujinshi karya local maupun mancanegara, merchandise official dari berbagai anime yang sedang tayang maupun yang sudah, guest star dari cosplay hingga DJ, dan juga konser I ♥ Anisong yang mendatangkan berbagai artiste yang luar biasa. Seperti apakah C3AFASG tahun ini? Apakah ramai seperti tahun-tahun sebelumnya? Berikut laporannya.

Antrian yang Super Panjang

Sudah menjadi rahasia umum dari AFA jika antriannya sangat panjang. Salah satu alasannya adalah Hunting barang limited. Yak betul! LIMITED! Seperti CD Anisong yang mendapat kesempatan bertemu dengan artiste dan meminta tanda tangan, perebutan belanja di Stand Saekano untuk Meet n Greet dengan salah satu seiyuu nya, yaitu Kiyono Yasuno, pengisi suara Megumi Kato, bertemu dengan director dari Key Visual, dan juga barang-barang lain seperti Nendoroid dan Figure limited.

Mid-Day Stage yang Menarik

Salah satu kegiatan di C3AFA selain mengelilingi Exhibition juga tentunya mendatangi Main Stage yang menyuguhkan beragam jenis Anime Showcase seperti salah satunya Hakata Tonkotsu Ramens, Saekano: How to Raise a Boring Girlfriend. flat, FRAME ARMS GIRL, dan berbagai Anime lainnya. Lalu tidak kalah seru juga dengan Special Screening Hatsune Miku Expo 2016 Japan Tour dan Special Showcase dari NOGIZAKA46.

Para Cosplayer yang saling beradu aksi

Selain Exhibition dan Stage-nya, C3AFA juga kedatangan banyak sekali cosplayer lokal maupun mancanegara. Mereka saling mempamerkan kostum dan saling beraksi di depan kamera. Banyak Cosplayer yang mengelilingi Exhibition, ada juga yang stand by di Lobby bawah untuk berpose di depan Kameko.

Konser I ♥ Anisong selama 3 hari sukses dan meriah

Apa itu C3AFA tanpa I ♥ Anisong Concert? Tentunya Konser merupakan acara utama dari C3AFA dan Konser tahun ini tidak kalah serunya dengan tahun-tahun lalu

Baca Juga:  Japan Amusement Expo 2018 - Cicipi Mesin Arcade Terbaru!

Konser Day-1 diawali oleh Iris, salah satu artiste dari Malaysia, lalu diikuti oleh FLOW yang sedang merayakan Anniversary ke 15. Kemudian dilanjutkan oleh penampilan NOGIZAKA46 yang pertama kalinya tampil diluar Jepang. Lalu disusul oleh Ikemen Tomohisa Sako yang membawakan lagu dengan bermain gitar. Dan konser Day-1 ditutup oleh Shiena Nishizawa dengan lagu-lagu Rock nya.

 

Konser Day-2 tanpa kita sadari semua artiste-nya adalah perempuan. Pembukaan dipersembahkan oleh Moso Calibration dengan lagu-lagu yang pas untuk memulai acara, lalu diikuti dengan Konomi Suzuki, yang membawa lagu-lagu Rock dan membuat stage ramai. Setelah hype, TRUE membawa lagu-lagu yang chill namun tetap membuat suasana stage tetap hype. Setelah istirahat dengan lagu chill, tanpa ada siapapun di stage, tiba-tiba lagu instrumental ClariS terdengar dan penonton langsung hype kembali, bahkan saat ClariS muncul, hype melunjak tinggi. Tidak ada istirahat, nano langsung membuat stage “pecah” kembali dengan lagu-lagunya dan menutup konser Day-2 penuh dengan Rock.

 

Konser Day-3 dibuka oleh Luce Twinkle Wink☆ yang ternyata membawakan lagu Gochuusa, diikuti dengan fripSide yang membuat Stage menjadi ramai dan hype. Setelah itu saatnya EGOIST tampil, namun para penonton sedikit kecewa karena kurangnya informasi terkait Special Screening dari EGOIST dan ternyata hanya membawakan 1 lagu. Namun Mashiro Ayano kembali membawa hype ke stage dengan lagu Rock-nya dan Light Stick didominasi warna putih. Tanpa turunnya hype, May’n membawa Full Band nya dan stage ditutup dengan penuh Rock dan Hype.

Overall Hype C3AFASG masih ada dan tiap tahun konten C3AFA berbeda-beda namun tetap ramai dan tidak menurunkan semangat para pengunjung tiap tahunnya. Semoga C3AFA tahun depan makin besar dan ramai mengingat tahun depan adalah Anniversary yang ke 10.

Berikut adalah video Event Highlights dari C3AFASG 2017 yang telah dibuat oleh Gwiditor kita yaitu fsp! Enjoy the video!

See you on the next report!