Connect with us

Teknologi

Demi meningkatkan Kawasan Manufaktur Lokal, Xiaomi dan BP Batam Selenggarakan Supplier Investment Summit

Published

on

GwiGwi.com – Pemimpin teknologi global, Xiaomi, bersama dengan Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), pada hari ini menyelenggarakan Supplier Investment Summit untuk pertama kalinya di Batam guna menjamu lebih dari 20 pemasok komponen smartphone global dengan misi untuk memberikan pemahaman tentang ekosistem manufaktur di Indonesia yang pada akhirnya dapat membantu mereka untuk mendirikan pabrik di Indonesia.

Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region and Xiaomi Indonesia Country Manager mengatakan: “Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan BP Batam untuk menjamu para supplier global dalam kegiatan Supplier Investment Summit pertama di Batam. Melalui berbagai kegiatan yang berbeda di acara ini, kami yakin bahwa para supplier dapat melihat secara langsung besarnya potensi pasar serta memahami iklim investasi di Indonesia, dan khususnya di wilayah Batam.”

Pada tahun 2017, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) mencatat nilai investasi sebesar lebih dari $1,15 miliar yang berasal dari 73 proyek di Batam tahun lalu. Apabila seluruh supplier komponen smartphone global yang hadir pada kegiatan ini membangun pabrik di Indonesia, nilai investasi yang dihasilkan dapat mencapai $315 juta dan pada saat bersamaan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi 10.000 orang.

Lukita Dinarsyah Tuwo, Kepala BP Batam menyambut baik para partisipan dalam gelaran forum bisnis tersebut. Ia mengatakan: “Supplier Investment Summit pertama yang diprakarsai oleh Xiaomi ini merupakan sebuah langkah penting dalam menyambut gelombang baru dari investasi asing yang diperkirakan akan memperkuat seluruh proses manufaktur smartphone lokal di Indonesia. Selain jumlah investasi dan lapangan pekerjaan, kita juga perlu mempertimbangkan bagaimana kegiatan ini dapat mempercepat laju transformasi Indonesia untuk menjadi salah satu negara dengan perekonomian digital terbesar di dunia.” Ia menilai ketersediaan infrastruktur, letak geografis yang strategis dan dukungan pemerintah dalam kemudahan perizinan investasi menjadikan Batam sangat siap sebagai tujuan investasi yang kompetitif baik di Asia maupun dunia. Salah satu dukungan BP Batam untuk memudahkan proses investasi asing telah terselenggara melalui program izin investasi 3 jam (i23j).

Baca Juga:  Spesifikasi utama Black Shark 5 muncul dengan Snapdragon 888+

Selain Lukita Dinarsyah Tuwo dari BP Batam, acara pembukaan Supplier Investment Summit juga dihadiri oleh tamu kehormatan Mochammad Hadiyana (Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Telekomunikasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI). Kegiatan ini juga mencakup dua sesi presentasi mengenai kebijakan pemerintah terhadap investasi asing yang disampaikan oleh BP Batam dan jajaran pemerintahan kemudian dilanjutkan dengan presentasi mengenai praktik dan kebijakan di Batam.

Pada awal tahun lalu, Xiaomi meluncurkan inisiatif ”Kami Buatan Indonesia”, yang memungkinkan perusahaan menghadirkan lebih banyak produk yang telah disesuaikan dengan kebutuhan lokal sehingga dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik secara menyeluruh. Saat ini, Xiaomi bekerjasama dengan PT Sat Nusapersada sebagai manufaktur lokal di Indonesia.

Acara ini akan berlanjut hingga Selasa (8/5) dimana para supplier akan mengunjungi Pelabuhan Laut Batu Ampar dan Bandara Kargo Hang Nadim untuk mengeksplorasi fasilitas logistik di Batam serta mengunjungi area industri Batam yang berlokasi di Batam Center dan Nongsa. Kunjungan tersebut akan memberikan akses langsung bagi para supplier untuk mengeksplorasi dan mempelajari peluang investasi, berbagai insentif yang ditawarkan oleh BP Batam dan pemerintah lokal, kebijakan investasi asing langsung, kebijakan Industri, dan berbagai kebijakan pemerintah lainnya yang diterapkan untuk investor asing di Indonesia.

Supplier Investment Summit merupakan acara pertemuan bagi para supplier komponen smartphone yang pertama kali diselenggarakan untuk memperkenalkan peluang investasi strategis di Batam. Pada acara tersebut, Steven Shi juga menambahkan bahwa Xiaomi akan terus bekerjasama dengan berbagai lapisan pemerintah di Indonesia untuk menciptakan kegiatan serupa agar dapat memberikan kontribusi yang lebih besar di Indonesia.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
1 Comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments

Smartphone

Lenovo Legion Y90 Akan Miliki RAM 18GB

Published

on

GwiGwi.com – Smartphone gaming Lenovo Legion Y90 telah menjadi subjek dari beberapa bocoran dan teaser selama dua minggu terakhir ini, tetapi kami sekarang mendapatkan yang paling luas. Kami tidak dapat sepenuhnya yakin tentang legitimasi kebocoran tetapi keterangan rahasia memiliki rekam jejak yang baik sehingga kami bersedia memberi mereka keuntungan dari keraguan.

Lembar spesifikasi bocor asli dan terjemahan
Lembar spesifikasi bocor asli dan terjemahan

Tidak mengherankan, Snapdragon 8 Gen 1 akan memberi daya pada handset yang dipasangkan dengan RAM hingga 18GB yang dapat ditingkatkan hingga 22GB menggunakan ekstensi RAM dinamis di Android. Layar Samsung E4 AMOLED 6,92″ berjalan pada 144Hz dan mendukung laju pengambilan sampel sentuh 720Hz. Dengan kata lain, sebagian besar sama dengan Legion 2 Pro tahun lalu.

Baca Juga:  5 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2022, Harga Bersahabat Fitur Lengkap!

Pengaturan kamera juga tidak berubah – kamera depan 44MP, kamera utama 64MP dipasangkan dengan unit ultrawide 16MP.

Ada juga penjelasan singkat tentang solusi pendinginan kipas yang ditingkatkan dan tombol fisik. Dengan terjemahan mesin, kuncinya mungkin enam kali ini, bukan empat. Mungkin Anda perlu mulai menumbuhkan jari dengan cepat.

Sumber: GSMArena

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Smartphone

Dimensity 9000 Ungguli Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200 di Geekbench

Published

on

GwiGwi.com –  Mediatek mengalami masalah beberapa tahun yang lalu dengan chipsetnya kalah dalam setiap aspek dibanding Qualcomm. Mereka memutuskan untuk mundur dan memikirkan kembali strateginya. Pada tahun 2020, perusahaan Taiwan ini membawa chipset 5G yang solid yang membuktikan bahwa teknologi ini bisa lebih murah daripada yang dipraktikkan Qualcomm dan mitranya.

Tahun lalu, Mediatek meluncurkan Dimensity 1200 yang terbukti menjadi alternatif yang valid bagi banyak brand yang meluncurkan perangkat unggulan yang hemat biaya.  Mereka memperoleh segmen smartphone dan memutuskan untuk terbang lebih tinggi pada tahun 2022. Setelah beberapa tahun, MediaTek kembali ke segmen unggulan sejati dengan Dimensity 9000 SoC. Chipset ini mungkin akan menjadi saingan terbesar Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 pada tahun 2022.

Snapdragon 8 Gen 1 telah dikalahkan oleh saingan utamanya pada tahun 2022

SoC Dimensity 9000 hadir dengan spesifikasi yang sedikit sama dengan Snapdragon 8 Gen 1 dan SoC andalan Samsung, Exynos 2200. Ketiga chipset tersebut hadir dengan inti ARMv9, didasarkan pada arsitektur 4 nm yang sama tetapi pabrikannya berbeda. Milik Samsung untuk Exynos dan Snapdragon, dan TSMC untuk Dimensity. Ketiga chip sekarang resmi, dan wajar untuk melihat perbandingan dan tolok ukur pertama bermunculan. Hari ini, baru sedikit datang untuk Ice Universe dan itu cukup mengejutkan. Menurut leaskter kucing, Dimensity 9000 mungkin menjadi raja CPU baru di pasar Android.

Keterangan rahasia membagikan beberapa hasil Geekbench 5 di Twitter yang menunjukkan Dimensity 9000. Chip MediaTek jelas mengungguli Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200 di departemen multi-core dan single-core. Jika kalian telah mengikuti benchmark, kalian mungkin tahu bahwa hasil serupa terlihat di AnTuTu. Namun perlu dicatat bahwa hasil Dimensity 9000 dan Exynos 2200 mungkin berasal dari produk yang belum selesai. Lagi pula, chipset ini, meskipun sudah diumumkan, sebenarnya tidak “keluar” di pasaran.

Baca Juga:  Spesifikasi utama Black Shark 5 muncul dengan Snapdragon 888+

Smartphone bertenaga Exynos 2200 dan Dimensity 9000 pertama datang pada bulan Februari

Kita mungkin melihat smartphone pertama yang ditenagai Dimensity 9000 dalam bentuk berikutnya dari seri Redmi K50 atau bahkan dari seri Oppo Find X5. Hasil mungkin sedikit berbeda pada produk akhir. Selain itu, ada ruang untuk pengoptimalan perangkat lunak yang dapat membuatnya lebih baik daripada pengujian pendahuluan. Hal yang sama berlaku untuk Exynos 2200 yang mungkin muncul di bulan depan juga melalui seri Galaxy S22.

Snapdragon 8 Gen 1, Dimensity 9000

Snapdragon 8 Gen 1 sudah keluar di pasar melalui seri Xiaomi 12, OnePlus 10 Pro, dan Motorola Edge X30. Penawaran kelas atas Qualcomm tampaknya masih menjadi preferensi banyak merek untuk segmen super-premium. Namun, ini mungkin akan segera berubah, dan Qualcomm mungkin akan mengalami beberapa tahun terberat di kancah flagship. Perusahaan kehilangan sebagian pangsa pasar karena kesuksesan Dimensity 1200, hal yang sama dapat terjadi dengan Dimensity 9000. Lagi pula, banyak perusahaan sudah bersiap untuk meluncurkan setidaknya satu flagship dengan penawaran MediaTek.

Adapun Exynos 2200, ini adalah chip yang menjanjikan dengan GPU AMD. Namun, sulit dipercaya bahwa itu akan banyak merugikan Qualcomm atau MediaTek. Bagaimanapun, itu hanya akan tersedia di flagships Samsung.

Sumber: (1)

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Smartphone

Ponsel Lipat Google disebut Pixel Notepad, harganya sekitar Rp. 20 Juta

Published

on

GwiGwi.com – Gadget lipat Google dilaporkan akan disebut Pixel Notepad, bukan Pixel Fold seperti yang dikabarkan sebelumnya. Terlebih lagi, Google belum menyerah dan berencana untuk mengeluarkannya pada akhir tahun 2022.

Rupanya, Google mengincar label harga Rp. 20 Jutaan untuk ponsel lipatnya, lebih murah 7 jutaan dari Galaxy Z Fold3.

Notebook Pixel mengikuti Oppo Find N daripada Galaxy Z Fold3 karena akan lebih pendek dan lebih lebar daripada terlalu tinggi.

Lipat Google disebut Piel Notepad, dengan biaya sekitar $ 1.400

Sedikit tentang spesifikasi – Notebook Pixel akan menggunakan chip Tensor dari seri Pixel 6 tetapi akan memilih pilihan kamera yang lebih rendah. Kamera utama akan menjadi sensor 12.2MP IMX363 yang telah dicoba dan diuji dari seri Pixel 2 hingga 3, 4, dan 5. Sensor 50MP Samsung GN1 dari seri Pixel 6 dikabarkan diberhentikan karena ketebalannya.

Baca Juga:  Angka-Angka yang Menemani Perjalanan Xiaomi di Indonesia Tahun 2021

Akan ada sensor ultrawide 12MP IMX386 dan dua IMX355 8MP untuk selfie – kemungkinan satu di layar luar dan satu di dalam.

Sumber: GSMArena

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x