Connect with us

Berita Anime & Manga

Cour dan Season di Anime, Apa itu? dan Bedanya Apa?

Published

on

GwiGwi.com – Apakah kalian baru-baru ini bergabung dalam dunia anime? mungkin kalian akan menemukan istilah season atau cour di anime. Kali ini gwimin bakal bahas apa itu keduanya dan bedanya apa.

Maaf Anda Melihat Iklan

 

Apa itu Cour anime?

Jadi, apa sebenarnya Cour itu? Ini adalah unit pengukuran penyiaran televisi selama tiga bulan. Cara lain untuk melihatnya adalah sebagai bagian dari program televisi yang ditayangkan selama satu periode. Kata itu sendiri dipinjam dari bahasa Prancis dan telah sering digunakan oleh komunitas anime setidaknya sejak tahun 2007, ketika situs web hosting anime dan forum online populer.

Dalam kasus anime, sebuah cour mengukur berapa lama anime itu disiarkan dalam satu musim. Ini masuk akal karena satu tahun standar adalah 12 bulan dan kita biasanya membagi durasi menjadi empat. Misalnya, kuartal pertama berlangsung dari Januari hingga Maret. Kuartal kedua berlangsung dari April hingga Juni dan seterusnya.

Jadi kurang lebih seperti ini: satu Cour memiliki 10 hingga 14 episode yang berjalan selama periode musiman tiga bulan (atau kuartal). Namun, rata-rata durasi acara ini biasanya 12 atau 13 episode, dengan salah satunya berfungsi sebagai OVA khusus yang dirilis nanti.

 

Apa itu Season (musim) anime?

Walaupun Indonesia cuma punya dua musim, musim hujan dan musim kemarau, pasti kalian sudah tahu yang dimaksud dengan musim disini yaitu, Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur, dan Musim Dingin. Masing-masing melewati periode waktu, bertransisi satu sama lain, dan kemudian berulang setiap tahun.

Setiap season baru anime bekerja dengan cara yang sama. Terbagi menjadi empat bagian berbeda, setiap musim menawarkan beragam pertunjukan dan kelanjutan yang dapat kalian ikuti. Bergantung pada bagaimana kalian melihatnya, bagaimanapun, season baru memiliki sesuatu untuk semua orang. Jadi, berikut adalah uraian sederhana tentang bagaimana season anime itu:

Musim Dingin: Januari, Februari, Maret

Beberapa orang melihat musim dingin sebagai musim ketika studio dan perusahaan membuang judul anime ‘sisa' mereka dari tahun lalu, tapi saya sangat tidak setuju. Musim anime musim dingin adalah kesempatan bagi anime baru untuk membuat kesan pertama yang luar biasa.

Musim Semi: April, Mei, Juni

Musim semi membawa awal yang baru dan banyak judul penting untuk ditonton.

Musim Panas: Juli, Agustus, September

Musim panas menghadirkan beberapa judul populer untuk menghibur selama cuaca cerah dan hangat.

Musim Gugur: Oktober, November, Desember

Cukup banyak penggemar anime yang menganggap musim gugur sebagai puncak tahun di anime. Tapi sekali lagi, ini semua subjektif karena musim gugur memang memiliki jumlah judul yang tidak biasa setiap tahun. Faktanya, Neon Genesis Evangelion dan Inuyasha adalah contoh anime musim gugur sebelumnya.

Cour? Season?

Untuk meringkas cepat, anime episode atau anime TV biasanya disiarkan dalam cour (periode 3 bulan) dengan setiap cour termasuk dalam satu season (Musim Dingin – Musim Semi – Musim Panas – Musim Gugur). Anime juga dibagi menjadi single cour (paling umum), double cour, atau split cour:

Baca Juga:  Manga 'Basara' dari Yumi Tamura Umumkan Stage Play Baru pada Januari 2022

Single Cour: 10–14 Episodes (rata-rata 12-13 episode)

Double Cour: 24–26 Episode pada musim yang berurutan atau berkelanjutan (mis. Musim Semi – Musim Panas)

Split Cour: 24–26 Episode cour kedua disiarkan setelah jeda 1/2 (atau lebih) musim (mis. Musim Panas – Musim Dingin)

Contoh:

Horimiya adalah anime single cour dengan 13 episode yang tayang pada Musim Dingin 2021.

Jujutsu Kaisen adalah anime double cour. Cour pertama ditayangkan Musim Gugur 2020 dan dilanjutkan cour kedua pada musim Dingin 2021.

Black Clover adalah anime multi-cour yang pertama kali tayang pada musim gugur 2017 dan berakhir pada musim dingin 2021.

 

Jadi apa bedanya Season dan Cour?

Istilah Cour dan season bisa dibilang dapat memiliki arti yang sama, tetapi memiliki arti yang berbeda dalam konteks tertentu. Istilah tersebut sering membingungkan karena sebagian besar bersifat teknis. Misalnya, kalian kemungkinan besar akan mendengar orang mengatakan ‘musim anime' daripada ‘cour anime' khususnya di dunia wibu Indonesia. Mereka jarang menyebut cour pertama atau kedua dst, tapi biasa menyebut anime season 1, season 2 dan seterusnya.

‘Cour' adalah istilah yang lebih spesifik yang mengacu pada periode tiga bulan siaran dan jumlah episode yang dimiliki judul. Season bisa sedikit lebih sulit untuk dinavigasi karena itu bisa berarti musim seperempat yang akan datang atau angsuran lain dari anime. Misalnya: season kelima My Hero Academia ditayangkan selama musim semi 2021. Sementara istilah yang secara teknis benar adalah ‘cour', cara yang lebih santai untuk menyebut sekuel anime adalah ‘season'.

 

Kenapa anime menggunakan istilah cour atau season?

Anime single cour lebih umum sekarang daripada anime panjang yang memiliki banyak cour. Umur rata-rata dari sebuah anime saat ini adalah 12 episode, hanya beberapa debfab 24 episode.

Jika kalian pernah bertanya-tanya mengapa anime favorit kalian tidak memiliki musim kedua, durasi cour mungkin menjadi alasan yang bagus. Performa satu cour membuat perusahaan produksi memiliki lebih banyak opsi, bergantung pada apakah mereka sudah mendapat lampu hijau pada musim lain atau sedang menunggu hasil peforma anime tersebut. Jika cour kedua telah dikonfirmasi, anime dapat dilanjutkan sebagai anime double cour atau split cour.

Jika anime anime pertama populer, dengan rating bagus dan penjualan Blu-ray tinggi, perusahaan dapat melanjutkannya dengan season kedua. Jika penggemar menyukai anime tersebut, tetapi memiliki keluhan tertentu, serial tersebut dapat memasukkan format split-cour dan melewati satu atau dua musim, tergantung pada berapa lama produksi berlangsung. Jika anime gagal dan penjualan tidak sebanding, perusahaan mengabaikan sekuel atau tindak lanjut apa pun dan beralih ke judul berikutnya.

 

Kesimpulan

Tidak penting kalian menyebutnya apa, pada akhirnya terserah kalian apakah menggunakan cour atau season adalah cara yang akurat untuk mendeskripsikan anime. Ada banyak acara baru untuk ditemukan dan tambahkan ke watchlist kalian. Mudah-mudahan, panduan kami telah membantu dalam mendefinisikan istilah-istilah ini dan menjelaskan kebingungan tersebut.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
1 Comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Hisyam
Hisyam
8 months ago

Kayanya cour lebih cocok digunakan untuk anime yang belum klimaks dalam 3 bulan pertamanya attack on titan season 3 part 1 dan part 2, bukannya itu lebih cocok masuk kategori split cour, atau yang barusan ini anime reZero season 2 yang tayang di musim panas 2020 dan lanjut musim dingin 2021 tanpa harus membaginya menjadi part 1 dan 2

Daftar Anime

10 Anime SMA Yang Harus Punya Sekuel Perguruan Tinggi

Published

on

GwiGwi.com – Ranah anime sangat beragam, tetapi pasti ada beberapa tren dan konvensi yang diikuti oleh banyak seri, terutama dalam hal pengaturan seri dan usia karakternya. Mengingat berapa banyak serial anime yang ditujukan untuk siswa SMP dan SMA, banyak serial anime berlangsung di sekolah dan seri mungkin berakhir selama atau sebelum lulus.

Maaf Anda Melihat Iklan

Memang benar bahwa kelulusan sekolah menengah adalah cara yang tepat untuk mengakhiri acara TV, anime, atau cerita lain yang settingnya sekolah. Tetapi, itu tidak selalu harus menjadi akhir. Beberapa karakter dan cerita sekolah menengah patut mendapat petualangan lain, baik dalam seri sekuel 12 episode, OVA, atau film anime yang menunjukkan bab berikutnya dalam kehidupan karakter ini. Perguruan tinggi dan dewasa muda adalah saat seseorang dapat benar-benar mengetahui siapa mereka dan mengembangkan identitas serta gaya hidup mereka sendiri.

10. Maid-Sama! Bisa Menunjukkan Misaki Yang Lebih Dari Itu

Maid-Sama! adalah serial shojo sekolah menengah yang aneh tapi menyentuh. Berpusat pada Misaki Ayuzawa, ketua OSIS yang tangguh, dan Takumi Usui yang tampaknya sempurna dari romansa mereka yang berkembang. Dalam cerita ini, misteri Takumi perlahan terungkap dan Misaki belajar bahwa ada lebih banyak hal di sekolah serta kehidupan lainnya selain tugas dan belajar.

Seri manga asli berakhir dengan antusias tinggi yang ditetapkan kira-kira satu dekade setelah kelulusan sekolah menengah. Akan menarik untuk melihat OVA yang menjembatani kesenjangan tersebut. Sangat mudah untuk membayangkan Misaki memanfaatkan kuliahnya dengan sebaik-baiknya dan menjadi orang yang bertanggung jawab serta proaktif.

 

9. Azumanga Daioh! Terlalu Menarik Untuk Diakhiri Saat Wisuda

Azumanga Daioh! berfokus pada segelintir teman di sekolah menengah Jepang biasa dari awal tahun pertama hingga kelulusan. Ini adalah sepotong kisah hidup komedi dan pada saat kelulusan bergulir, penonton dan pembaca akan enggan berpisah dengan teman-teman yang menawan ini.

Mengingat kepribadian dan minat masing-masing karakter yang eksentrik, akan menarik untuk dibuat OVA yang dibintangi oleh diri mereka sendiri di kampus. Selain itu juga bisa melihat bagaimana mereka menangani kehidupan bebas di kampus. Tomo, misalnya, akan menjadi liar sementara Osaka akan bersenang-senang mencoba klub yang berbeda.

 

8. Kaguya-Sama: Love is War Akan Berkembang Di Lingkungan Universitas

Kaguya-Sama: Love is War adalah seri mendebarkan dengan sentuhan romantis. Ceritanya tentang ketua dewan siswa cerdas, Miyuki Shirogane dan siswa peringkat 2 terbaik, Kaguya Shinomiya yang terkunci dalam pertempuran akal tak ada habisnya. Pemenangnya adalah siapa pun yang bisa meyakinkan yang lain untuk mengakui cinta mereka terlebih dahulu.

Serial ini masih berlangsung tetapi kemungkinan besar akan berakhir sebelum karakter utama lulus dari sekolah menengah swasta mereka. Sebuah OVA dapat menunjukkan apa yang Kaguya, Miyuki, dan yang lainnya lakukan di perguruan tinggi. Apalagi, mereka pun memiliki kebebasan untuk benar-benar mengekspresikan diri di kampus, terutama Chika Fujiwara dan gamer suram Yu Ishigami.

 

7. Nichijou Dapat Melanjutkan Kejenakaannya Di Perguruan Tinggi

Nichijou kira-kira mirip dengan Azumanga Daioh!, menjadi serial komedi yang berfokus pada kejenakaan lucu dari segelintir karakter utama yang aneh. Serial ini bahkan lebih eksentrik. Dibintangi oleh gadis robot angin, kucing yang bisa berbicara, dan profesor muda yang terobsesi dengan hiu serta camilan.

Karakter-karakter ini bisa bersenang-senang di perguruan tinggi. Di sana mereka bebas bergabung dengan klub di kampus, menemukan dan bermusuhan dengan teman sekamar, dan terlibat dalam segala macam masalah. Perguruan tinggi bisa sangat menyenangkan bagi orang-orang yang suka berpetualang seperti karakter utama Nichijou.

 

6. Horimiya Akan Nyaman Di Lingkungan Perguruan Tinggi

Horimiya adalah bintang yang sedang naik daun di dunia anime. Sebab, seri rom-com ini menyentuh hati di mana setiap karakter utama memiliki sisi tersembunyi yang perlahan terungkap seiring waktu. Serial ini mengajarkan penonton bahwa ada lebih banyak orang yang banyak masalah dan perguruan tinggi adalah tempat lain yang bagus untuk mengeksplorasi tema itu.

Ketika seri ini akhirnya berakhir, bisa jadi ada bonus film atau OVA yang ditetapkan di perguruan tinggi. Ceritanya bisa saat Izumi Miyamura dan Kyoko Hori dapat melanjutkan hubungan mereka. Lalu bertemu banyak orang baru yang datang dari seluruh Jepang untuk belajar di perguruan tinggi mereka.

 

Baca Juga:  Eiichiro Oda Pastikan Tidak Menonton Prediksi Masa Depan Kru Topi Jerami One Piece dari Penggemar di Youtube

5.Monthly Girls' Nozaki-Kun Dapat Memiliki Beberapa OVA Perguruan Tinggi

Seri sekolah menengah, Monthly Girls's Nozaki-Kun, tidak hanya menunjukan sisi romantis semata, tetapi juga kehidupan seorang mangaka. Bisa dikatakan ini adalah versi lucu dari Bakuman. Pahlawan wanitanya adalah Chiyo Sakura dan dia dengan senang hati membantu Nozaki menggambar bab baru dari seri shojo populernya, Let's Fall in Love.

Nozaki adalah pekerja keras, selalu mencari inspirasi baru untuk manga shojo-nya dan merekrut asisten baru. Di perguruan tinggi, dia bisa menemukan lebih banyak inspirasi dan dia mungkin meluncurkan seri shojo baru di perguruan tinggi. Ini dapat membantunya memperluas wawasannya karena tidak setiap pembaca manga berasal dari kalangan sekolah menengah.

 

4. Don't Toy With Me, Ms. Nagatoro! Bisa Menunjukkan Hayase Nagatoro yang Lebih Dewasa Di Perguruan Tinggi

Don't Toy With Me, Ms. Nagatoro! adalah serial komedi sekolah menengah yang cukup konvensional dengan sedikit sentuhan. Tokoh utama yang lemah lembut, Naoto Hachioji, adalah target ejekan terus-menerus dari Hayase Nagatoro. Pada awalnya, itu tampak seperti intimidasi kecil, tetapi pada akhirnya, inilah cara Hayase mengungkapkan minatnya pada orang-orang dan dia benar-benar bermaksud baik.

Selama seri ini, Hayase dan Naoto menjadi teman akrab dan akan sangat menarik untuk melihat seperti apa diri mereka di sebuah OVA. Pada saat Hayase berusia 19 atau 20 tahun, apakah dia masih bermain-main dan bertingkah seperti sadodere? Atau apakah dia telah matang menjadi sesuatu yang lain sama sekali? Fans hanya bisa bertanya-tanya.

 

3. We Never Learn Bisa Menjelajahi Kehidupan Perguruan Tinggi Perempuan

We Never Learn adalah seri harem berperingkat PG. Alih-alih layanan penggemar yang berlebihan, ini berfokus pada misi setiap gadis untuk menaklukkan mata pelajaran terlemah mereka di sekolah. Lalu Nariyuki Yuiga mengajari mereka semua. Dia mendoakan yang terbaik untuk gadis-gadis ini dan mereka membuat kemajuan yang luar biasa.

Setiap gadis memiliki masa depan dalam pikiran dan mereka semua ingin mendapatkan gelar di bidang akademik terburuk mereka, seperti matematika atau sastra. Satu atau dua OVA yang menawan dapat menunjukkan hasil kerja mereka karena anime aslinya tidak pernah mendapat kesempatan untuk melakukannya.

 

2. Nisekoi Dapat Menunjukkan Seberapa Banyak Raku & Chitoge Telah Tumbuh Dewasa

Nisekoi adalah seri komedi cinta lain yang berlatar sekolah menengah. Premisnya dimulai dengan hubungan palsu antara Raku Ichijo dan tsundere Chitoge Kirisaki yang ganas. Tak lama kemudian, beberapa gadis lagi datang dan mereka semua menginginkan Raku untuk diri mereka sendiri.

Manga aslinya menyelesaikan ceritanya, tetapi animenya tidak. Akan sangat menarik untuk melihat bagaimana semua orang melakukannya dalam seting OVA di perguruan tinggi. Mungkin saat itu, Chitoge telah mendinginkan amarahnya dan Raku telah menjadi pria sejati yang jujur ​​dan percaya diri tentang kehidupan cintanya.

 

1. Fruit Basket Layak Mendapatkan Waktu Cerita Ekstra

Fruit Basket adalah serial drama percintaan yang berpusat di sekitar Tohru Honda yang tidak mementingkan diri sendiri dan baik hati. Selain itu, Tohru juga mencari cara untuk menyelamatkan anggota keluarga Sohma dari kutukan yang memberatkan dan beban pribadi mereka. Ini tidak mudah, tapi Tohru memberikan semuanya dan dia memenangkan hati pria tsundere, Kyo Sohma.

Tidak semua adegan Fruit Basket terjadi di sekolah menengah, tetapi beberapa melakukannya dan petualangan Tohru tidak harus berakhir di sana. Karena seri utama menyelesaikan semua drama dan komedi, OVA dapat menunjukkan Tohru Honda yang santai dihadapkan pada kemungkinan kehidupan kampus yang menarik dan tak terbatas, dengan Kyo di sisinya.

 

Sumber: (1)

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Daftar Anime

Inilah Sinopsis ‘Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc’ dan Daftar Situs Streaming Bahasa Indonesia

Published

on

Gwigwi.com – Untuk kamu yang menantikan Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc (Kimetsu no Yaiba: Yuukaku-hen) kini bisa bernafas lega. Sebab, sudah dikonfirmasikan melalui situs resminya bahwa musim kedua anime ini tayang pada tanggal 5 Desember 2021 pukul 10.45 EST. Perlu diketahui bahwa Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc ini merupakan salah satu anime yang cukup diantisipasi oleh fans seluruh dunia.

Maaf Anda Melihat Iklan

Episode Pertama Tayang Selama 1 Jam

Melalui situs resminya juga, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc juga dikonfirmasi akan tayang selama satu jam. Tentunya jadwal tersebut membuat senang para fans yang sudah menantikan musim keduanya sejak beberapa tahun lalu. Meskipun begitu, belum ada konfirmasi berapa episode yang ditayangkan mengingt ada rumor Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc akan tayang selama 2 cour atau sampai pada Musim Dingin 2022.

Sinopsis Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc

Demon Slayer menceritakan petualangan Tajiro Kamado, seorang pemuda biasa yang ingin menyembuhkan kutukan iblis pada adik perempuannya bernama Nezuko. Maka dari itu, Tanjiro dan Nezuko terlibat pada berbagai urusan dengan iblis dan juga Demon Slayer Corps, satuan tentara pemburu iblis.

Untuk versi Yuukaku Hen, Tanjiro, Zenitsu, dan juga Inosuke pergi ke distrik lampu merah Yoshiwara dengan tujuan memburu iblis yang sudah meneror kota tersebut. Di dalam perjalanan tersebut, Tanjiro dan juga teman-temannya mendapatkan bantuan oleh salah satu pilar terkuat bernama Uzui Tengen. Di sinilagh Tanjiro dan teman-temannya bersiap menghadapi para iblis yang sudah meresahkab masyarakat kota tersebut.

Daftar situs Streaming Resmi Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc

Dengan hype yang cukup tinggi, tidak mengherankan kalau anime ditunggu-tunggu hingga mencari situs mana yang menyangkannya. Sampai saat ini ada dua jenis streaming yang bisa kamu pilih, yakni subtitle Inggris dan Indonesia.

Baca Juga:  Manga 'Ya Boy Kongming!' Mendapat Adaptasi Anime TV pada April 2022 oleh PA Works

Untuk kamu yang memilih subtitle Inggris, bisa coba menonton di Crunchyroll, Funimation, Hulu. Sementara untuk subtitle Indonesia, kamu bisa pilih iQIYI dan Viu yang sudah cukup lama menyediakan anime bersubtitle bahasa Indonesia secara resmi.

Demikian beberapa info menarik tentang Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba Entertainment District Arc dan semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Film Anime

Kreator Attack on Titan, Death Note, Psycho-Pass Garap Film Anime ‘Bubble’ Untuk Netflix

Published

on

GwiGwi.com – Netflix meluncurkan film anime orisinal baru oleh Wit Studio berjudul Bubble pada hari Selasa. Film ini akan debut di seluruh dunia di Netflix pada 28 April tahun depan, dan akan dibuka di bioskop Jepang pada 13 Mei.

Maaf Anda Melihat Iklan

Tetsuro Araki menyutradarai film di Wit Studio, dengan naskah oleh Gen Urobuchi, dan desain karakter oleh Takeshi Obata. Hiroyuki Sawano menggubah musiknya.

Pemeran film ini termasuk Jun Shison, Mamoru Miyano, Yuuki Kaji, dan Tasuku Hatanaka.

Netflix menggambarkan anime:

Cerita diatur di Tokyo, setelah gelembung yang melanggar hukum gravitasi menghujani dunia.

Terpisah dari dunia luar, Tokyo telah menjadi taman bermain bagi sekelompok anak muda yang kehilangan keluarga, bertindak sebagai medan pertempuran tim parkour saat mereka melompat dari gedung ke gedung.

Baca Juga:  Novel 'Yowai 5000-nen no Sōshoku Dragon, Iwarenaki Jaryū Nintei' Dapatkan Adaptasi Animasi Bilibili

Hibiki, seorang ace muda yang dikenal karena gaya permainannya yang berbahaya, suatu hari membuat gerakan sembrono dan jatuh ke laut yang membengkokkan gravitasi. Hidupnya diselamatkan oleh Uta, seorang gadis dengan kekuatan misterius. Pasangan itu kemudian mendengar suara unik yang hanya bisa didengar oleh mereka.

Mengapa Uta muncul sebelum Hibiki? Pertemuan mereka mengarah pada wahyu yang akan mengubah dunia.

Pada tahun 2018, Netfix mengumumkan aliansi bisnis yang komprehensif dengan Production I.G dan BONES pada hari Rabu. Aliansi ini mencakup Production I.G dan studio anime saudaranya di grup IG Port, Wit Studio. Wit Studio juga memproduksi anime asli Vampire in the Garden, yang akan debut di Netflix pada tahun 2022

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x