Connect with us

Berita Anime & Manga

Cour dan Season di Anime, Apa itu? dan Bedanya Apa?

Published

on

GwiGwi.com – Apakah kalian baru-baru ini bergabung dalam dunia anime? mungkin kalian akan menemukan istilah season atau cour di anime. Kali ini gwimin bakal bahas apa itu keduanya dan bedanya apa.

Maaf Anda Melihat Iklan

 

Apa itu Cour anime?

Jadi, apa sebenarnya Cour itu? Ini adalah unit pengukuran penyiaran televisi selama tiga bulan. Cara lain untuk melihatnya adalah sebagai bagian dari program televisi yang ditayangkan selama satu periode. Kata itu sendiri dipinjam dari bahasa Prancis dan telah sering digunakan oleh komunitas anime setidaknya sejak tahun 2007, ketika situs web hosting anime dan forum online populer.

Dalam kasus anime, sebuah cour mengukur berapa lama anime itu disiarkan dalam satu musim. Ini masuk akal karena satu tahun standar adalah 12 bulan dan kita biasanya membagi durasi menjadi empat. Misalnya, kuartal pertama berlangsung dari Januari hingga Maret. Kuartal kedua berlangsung dari April hingga Juni dan seterusnya.

Jadi kurang lebih seperti ini: satu Cour memiliki 10 hingga 14 episode yang berjalan selama periode musiman tiga bulan (atau kuartal). Namun, rata-rata durasi acara ini biasanya 12 atau 13 episode, dengan salah satunya berfungsi sebagai OVA khusus yang dirilis nanti.

 

Apa itu Season (musim) anime?

Walaupun Indonesia cuma punya dua musim, musim hujan dan musim kemarau, pasti kalian sudah tahu yang dimaksud dengan musim disini yaitu, Musim Semi, Musim Panas, Musim Gugur, dan Musim Dingin. Masing-masing melewati periode waktu, bertransisi satu sama lain, dan kemudian berulang setiap tahun.

Setiap season baru anime bekerja dengan cara yang sama. Terbagi menjadi empat bagian berbeda, setiap musim menawarkan beragam pertunjukan dan kelanjutan yang dapat kalian ikuti. Bergantung pada bagaimana kalian melihatnya, bagaimanapun, season baru memiliki sesuatu untuk semua orang. Jadi, berikut adalah uraian sederhana tentang bagaimana season anime itu:

Musim Dingin: Januari, Februari, Maret

Beberapa orang melihat musim dingin sebagai musim ketika studio dan perusahaan membuang judul anime ‘sisa' mereka dari tahun lalu, tapi saya sangat tidak setuju. Musim anime musim dingin adalah kesempatan bagi anime baru untuk membuat kesan pertama yang luar biasa.

Musim Semi: April, Mei, Juni

Musim semi membawa awal yang baru dan banyak judul penting untuk ditonton.

Musim Panas: Juli, Agustus, September

Musim panas menghadirkan beberapa judul populer untuk menghibur selama cuaca cerah dan hangat.

Musim Gugur: Oktober, November, Desember

Cukup banyak penggemar anime yang menganggap musim gugur sebagai puncak tahun di anime. Tapi sekali lagi, ini semua subjektif karena musim gugur memang memiliki jumlah judul yang tidak biasa setiap tahun. Faktanya, Neon Genesis Evangelion dan Inuyasha adalah contoh anime musim gugur sebelumnya.

Maaf Anda Melihat Iklan

Cour? Season?

Untuk meringkas cepat, anime episode atau anime TV biasanya disiarkan dalam cour (periode 3 bulan) dengan setiap cour termasuk dalam satu season (Musim Dingin – Musim Semi – Musim Panas – Musim Gugur). Anime juga dibagi menjadi single cour (paling umum), double cour, atau split cour:

Baca Juga:  Takahiro Sakurai Bergabung dengan Pemeran Anime Senam Ritmik 'Bakuten!!'

Single Cour: 10–14 Episodes (rata-rata 12-13 episode)

Double Cour: 24–26 Episode pada musim yang berurutan atau berkelanjutan (mis. Musim Semi – Musim Panas)

Split Cour: 24–26 Episode cour kedua disiarkan setelah jeda 1/2 (atau lebih) musim (mis. Musim Panas – Musim Dingin)

Contoh:

Horimiya adalah anime single cour dengan 13 episode yang tayang pada Musim Dingin 2021.

Jujutsu Kaisen adalah anime double cour. Cour pertama ditayangkan Musim Gugur 2020 dan dilanjutkan cour kedua pada musim Dingin 2021.

Black Clover adalah anime multi-cour yang pertama kali tayang pada musim gugur 2017 dan berakhir pada musim dingin 2021.

 

Jadi apa bedanya Season dan Cour?

Istilah Cour dan season bisa dibilang dapat memiliki arti yang sama, tetapi memiliki arti yang berbeda dalam konteks tertentu. Istilah tersebut sering membingungkan karena sebagian besar bersifat teknis. Misalnya, kalian kemungkinan besar akan mendengar orang mengatakan ‘musim anime' daripada ‘cour anime' khususnya di dunia wibu Indonesia. Mereka jarang menyebut cour pertama atau kedua dst, tapi biasa menyebut anime season 1, season 2 dan seterusnya.

‘Cour' adalah istilah yang lebih spesifik yang mengacu pada periode tiga bulan siaran dan jumlah episode yang dimiliki judul. Season bisa sedikit lebih sulit untuk dinavigasi karena itu bisa berarti musim seperempat yang akan datang atau angsuran lain dari anime. Misalnya: season kelima My Hero Academia ditayangkan selama musim semi 2021. Sementara istilah yang secara teknis benar adalah ‘cour', cara yang lebih santai untuk menyebut sekuel anime adalah ‘season'.

 

Kenapa anime menggunakan istilah cour atau season?

Anime single cour lebih umum sekarang daripada anime panjang yang memiliki banyak cour. Umur rata-rata dari sebuah anime saat ini adalah 12 episode, hanya beberapa debfab 24 episode.

Jika kalian pernah bertanya-tanya mengapa anime favorit kalian tidak memiliki musim kedua, durasi cour mungkin menjadi alasan yang bagus. Performa satu cour membuat perusahaan produksi memiliki lebih banyak opsi, bergantung pada apakah mereka sudah mendapat lampu hijau pada musim lain atau sedang menunggu hasil peforma anime tersebut. Jika cour kedua telah dikonfirmasi, anime dapat dilanjutkan sebagai anime double cour atau split cour.

Jika anime anime pertama populer, dengan rating bagus dan penjualan Blu-ray tinggi, perusahaan dapat melanjutkannya dengan season kedua. Jika penggemar menyukai anime tersebut, tetapi memiliki keluhan tertentu, serial tersebut dapat memasukkan format split-cour dan melewati satu atau dua musim, tergantung pada berapa lama produksi berlangsung. Jika anime gagal dan penjualan tidak sebanding, perusahaan mengabaikan sekuel atau tindak lanjut apa pun dan beralih ke judul berikutnya.

 

Kesimpulan

Tidak penting kalian menyebutnya apa, pada akhirnya terserah kalian apakah menggunakan cour atau season adalah cara yang akurat untuk mendeskripsikan anime. Ada banyak acara baru untuk ditemukan dan tambahkan ke watchlist kalian. Mudah-mudahan, panduan kami telah membantu dalam mendefinisikan istilah-istilah ini dan menjelaskan kebingungan tersebut.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 vote
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Berita Anime & Manga

Anime ‘Full Dive: This Ultimate Next-Gen Full Dive RPG Is Even Sh***ier than Real Life!’ Mengungkap Artis Lagu Tema dan Jadwal Tayang Perdana

Published

on

GwiGwi.com – Funimation mengungkapkan pada hari Sabtu bahwa itu akan menayangkan adaptasi anime televisi dari Kyūkyoku Shinka Shita Full Dive RPG ga Genjitsu Yorimo Kuso-Gee Dattara milik Light Tuchihi dengan judul Full Dive: This Ultimate Next-Gen Full Dive RPG Is Even Shittier than Real Life!. Perusahaan ini mengalirkan video subtitle bahasa Inggris untuk anime, yang merupakan video yang sama dengan streaming situs web resmi anime pada bulan Desember.

Situs web resmi untuk anime juga mengalirkan video promosi kedua untuk anime, yang mengungkapkan artis lagu tema pembuka dan penutup acara dan pemutaran perdana 7 April. Acara ini akan tayang di Jepang di AT-X, Tokyo MX, Sun TV, KBS Kyoto, dan BS11, dan akan di-streaming di d Anime Store. Situs tersebut juga mengungkapkan visual kunci baru.

Mayu Maeshima akan membawakan lagu tema pembuka “Answer.” Anggota pemeran Ayana Taketatsu, Ai Fairouz, Shiori Izawa, dan Aoi Koga sedang membawakan lagu tema penutup “Kisuida!.”

Maaf Anda Melihat Iklan

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Berita Anime & Manga

Anime ‘Remake Our Life!’ Mengungkapkan Video Promo, Premiere Juli, Artis Lagu Tema

Published

on

GwiGwi.com – Situs web resmi untuk anime televisi penulis untuk seri novel ringan Boku-tachi no Remake (Remake Our Life!) milik Nachi Kio dan ilustrator Eretto mengungkapkan video promosi, debut Juli, dan artis lagu tema pembuka dan penutup acara pada hari Minggu. Anime ini akan tayang di Tokyo MX, Sun TV, KBS Kyoto, dan BS-NTV di Jepang.

Poppin' Party akan menampilkan lagu tema pembuka, dan Argonavis akan membawakan lagu tema penutup.

Bintang anime:

  • Masahiro Itou sebagai Kyōya Hashiba
  • Aoi Koga sebagai Aki Shino
  • Aimi asebagai Nanako Kogure
  • Nao Tōyama sebagai Eiko Kawasegawa
  • Haruki Ishiya sebagai Tsurayuki Rokuonji

Tomoki Kobayashi mengarahkan anime ke merasa. Kio dikreditkan sebagai pencipta asli, dan bertanggung jawab atas skrip seri. Kōsuke Kawamura mendesain karakter, dan Eretto dikreditkan untuk desain karakter asli. Front Wing memproduksi serial tersebut.

Maaf Anda Melihat Iklan

Ceritanya berpusat pada sutradara game yang gagal Kyōya Hashiba. Perusahaannya bangkrut, dan dia akhirnya kembali ke rumah orang tuanya. Dia berbaring di tempat tidur sambil memikirkan pencipta sukses dari generasinya. Ketika dia membuka matanya, Kyōya menemukan bahwa dia telah kembali ke waktu 10 tahun ketika dia mulai kuliah. Dia memiliki kesempatan untuk mengubah hidupnya, dimulai sebagai mahasiswa seni. Dia sekarang tinggal di rumah bersama empat orang. Kyōya memiliki kesempatan untuk menghabiskan tahun-tahun pembentukannya dengan para pencipta yang dia tahu akan terkenal di masa depan, tetapi hal-hal mungkin tidak berjalan seperti yang dia harapkan.

Baca Juga:  Ikumi Hasegawa Baergabung Dalam Pemeran Anime 'How a Realist Hero Rebuilt the Kingdom'

Kodokawa menerbitkan novel tersebut di Jepang. Novel-novel tersebut menduduki peringkat #6 dalam daftar novel ringan teratas di Buku panduan Kono Light Novel ga Sugoi (This Light Novel Is Amazing!) keluaran Takarajimasha! Untuk tahun 2018, dan seri ini menempati peringkat #7 dalam daftar untuk tahun 2019.

 

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Berita Anime & Manga

Sora Amamiya Bawakan Lagu Opening Baru untuk Anime ‘The Seven Deadly Sins: Dragon’s Judgement’

Published

on

GwiGwi.com – Pengisi suara dan penyanyi Sora Amamiya mengungkapkan di sebuah konser pada hari Sabtu bahwa dia akan membawakan lagu tema pembuka baru “Eien no Aria” (Eternal Aria) untuk The Seven Deadly Sins: Dragon's Judgment (Nanatsu no Taizai: Fundo no Shinpan). Lagu ini akan debut dengan pada cours kedua anime.

Anime baru ini ditayangkan perdana di TV Tokyo di Jepang pada 6 Januari. Netflix akan menayangkan anime tersebut pada tahun 2021.

Maaf Anda Melihat Iklan

Serial ini ditunda dari tanggal pemutaran perdana Oktober yang sebelumnya dijadwalkan karena penyebaran penyakit virus korona baru (COVID-19).

Anggota pemeran utama kembali untuk anime baru.

Sumber: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading
Maaf Anda Melihat Iklan

CryptoTab Browser

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x