Connect with us

Unik

Cara Unik Orang Jepang Merayakan Paskah

Published

on

GwiGwi.com – Dengan penganut agama Kristen yang hanya berkisar 1 persen dari seluruh populasinya, jadi wajar jika Natal tidak terlalu populer diantara masyarakat Jepang. Tapi justru Paskah menjadi salah satu event yang lebih populer dibandingkan natal dan hanya kalah populer dari Halloween.

Maaf Anda Melihat Iklan

Mengapa Paskah Lebih Populer dari Natal?

Paskah dalam bahasa Jepang adalah Fukkatsu-sai atau yang memiliki arti Festival Kebangkitan. Alasan mengapa Paskah lebih populer dari Natal bisa dilihat dari bagaimana respon masyarakat terhadap produk yang ditawarkan pasar yang berhubungan dengan event-event tersebut. Ternyata, ketika pasar menawarkan produk bertema paskah, respon masyarakat Jepang cukup positif dibandingkan saat natal.

Orang Jepang Merayakan Paskah dengan Cara Mereka yang Unik

Berikut adalah beberapa fakta unik tentang bagaimana orang Jepang merayakan Paskah:

  1. Tokyo Disney Land membuat acara-acara bertema Paskah

Yang unik dari paskah dibandingkan dengan event perayaan lainnya adalah tanggalnya yang berbeda-beda setiap tahun. Oleh karena itu Tokyo Disney Land dibuka dengan tema paskah selama berbulan-bulan. Dengan kata lain, mungkin hanya di Tokyo lah orang merayakan paskah sampai berbulan-bulan.

  1. Dihubung-hubungkan dengan Festival Perayaan Bunga Sakura

Paskah biasanya jatuh pada musim semi sehingga biasanya masyarakat Jepang lebih fokus pada merayakan festival bunga sakura dibandingkan dengan Paskah. Tapi yang namanya bisnis tidak pernah tidur, selalu saja ada alasan untuk menarik perhatian masyarakat bahkan event festival bunga sakura dihubung-hubungkan dengan tema Paskah.

  1. KitKat Edisi Paskah

Entah mengapa orang Jepang selalu terobesi dengan KitKat jadi tak ada alasan untuk melewatkan event Paskah tanpa mengeluarkan KitKat edisi khusus Paskah.

  1. Morinaga juga Mengeluarkan Permen dan Coklat Edisi Paskah

Salah satu merek permen dan coklat yang ternama di Jepang juga ikut ambil bagian dalam merayakan Paskah dengan cara mengeluarkan permen dan coklat edisi Paskah.

  1. Lotte Koala Bears Edisi Paskah

Lotte juga tidak mau kalah mengeluarkan produk Koala Bears mereka dalam tema Paskah.

Walaupun sebagian besar masyarakatnya tidak merayakan Paskah tapi mereka sebenarnya tidak menolak segala jenis event perayaan termasuk Paskah. Sejak tahun 2015 respon pasar terhadap produk-produk bertema paskah semakin meningkat.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement

Unik

Jangan Melakukan Ini di Jepang, Kamu Akan Dianggap Tak Sopan

Published

on

By

GwiGwi.com – Tiap negara memiliki etika perilakunya masing-masing. Artinya bila Anda berkunjung ke negara lain jangan pernah menyamakannya dengan Indonesia. Misalnya saja saat Anda berkunjung ke Jepang.

Maaf Anda Melihat Iklan

Ada hal yang bila dilakukan maka dianggap tak sopan. Salah satunya adalah menolak ajakan minum. Ya, saat ada yang mengajak Anda minum, lalu menolak, itu dianggap tak sopan. Kebanyakan traveler biasanya meng-iya kan ajakan tersebut, namun minum dalam jumlah yang sedikit saja.

Ada juga aturan mengenai penggunaan sumpit. Jangan pernah sekali-kali Anda meletakkan sumpit berdiri di atas nasi. Bagi orang Jepang hal tersebut berarti sebuah duka.

Sederhana sih tapi sangat penting Anda ketahui agar tak sembarangan saat berada di Jepang.

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Unik

Survey Tanggapan Perempuan Jepang Tentang Memiliki di Luar Nikah

Published

on

By

GwiGwi.com – Bagi orang Indonesia, memiliki anak di luar nikah adalah aib. Tentu saja, ini sudah menjadi hal yang memang dianggap tabu, dan bila terjadi akan dianggap sangat memalukan dan dicap negatif. Lantas bagaimana dengan Jepang?

Maaf Anda Melihat Iklan

Ada yang berbeda dengan Jepang, berdasarkan survey yang dilakukan oleh Nomura Research Institute (NRI), pada bulan Juli sampai Agustus 2018, hasil menunjukan 33% perempuan Jepang setuju memiliki anak di luar nikah. Persentase angka tersebut mengalami kenaikan 7% dari penelitian tahun sebelumnya,

Pandangan mengenai hamil di luar nikah tiap negara akan berbeda-beda. Tidak bisa disamakan dengan Indonesia yang memang benar-benar melarangnya. Baik secara religius maupun aturan kenegaraan hal tersebut sangatlah negatif.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Unik

“Bonenkai” Budaya Perayaan Akhir Tahun di Jepang dan kebiasaan untuk menghindarinya

Published

on

By

`

Maaf Anda Melihat Iklan

Namun ada salah satu budaya yang biasa dilakukan oleh beberapa perusahaan saat memasuki libur tahun baru. Itu adalah Bonenkai, sebuah perayaan akhir tahun yang pada umumnya biasa diadakan saat paruh kedua bulan Desember. Perayaan atau pesta kantor tentu seharusnya menjadi hal menyenangkan, hanya saja Bonenkai malah jadi menakutkan sebab karyawan akan sulit untuk kembali ke rumah setelah menghabiskan waktu bersama para atasannya.

Agar bisa menghindari Bonenkai, beberapa karyawan mulai melakukan kebohongan. Diantaranya mengatakan bahwa ia memiliki undangan pernikahan yang harus dihadiri, ia sedang sakit dan tidak bisa melakukan hal-hal terlalu berat, atau ada orang tua yang akan berkunjung.

Kebohongan ini sudah sangat umum dilakukan mengingat Bonenkai sendiri memang tidak sepenuhnya memberikan kebahagiaan untuk karyawan.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending