7 Anime yang Diangkat dari Kisah Nyata

GwiGwi.com – Kebanyakan anime memang merupakan hasil dari khayalan para pembuatnya, tapi beberapa dari anime tersebut ada yang diangkat dari kisah nyata. Anime kisah nyata ini ada yang diangkat dari sejarah masa lalu, ada juga yang diangkat dari pengalaman seseorang. Pokoknya anime-anime ini sayang banget untuk dilewatkan. Karena pernah kejadian di dunia nyata, kamu jadi ngerasa lebih dekat dengan ceritanya.

1. Tokyo Magnitude 8.0 

Anime ini diangkat dari kejadian nyata pada saat gempa terbesar terjadi di Jepang pada tahun 2011. Para kru animenya benar-benar melakukan riset secara mendalam. Mereka sampai mendatangi para korban gempa untuk mendapatkan gambar yang lebih riil. Jadi tidak mengherankan perjuangan para karakternya menyelamatkan diri dari gempa terlihat mengharukan.

2. Zipang

Mengambil setting Perang Dunia II membuat kamu jadi punya gambaran bagaimana perang tersebut terjadi. Uniknya para pasukan di Zipang ini sebenarnya berasal dari masa sekarang yang kemudian menggunakan portal waktu agar bisa kembali ke masa lalu. Anime ini memang mengambil genre fiksi sejarah dan fiksi sains sekaligus.

3. Sengoku Basara

Seperti judulnya, anime ini punya latar cerita pada era Sengoku 1493-1497. Oda Nobunaga yang terkenal itu menjadi villain di sini dan dia diincar oleh kedua tokoh utama yang juga ada di dunia nyata, Masamune Date dan Sanada Yukimura. Keduanya adalah samurai paling disegani di masanya.

Baca Juga:  6 Anime Remake yang Lebih Keren dari Pendahulunya

4. Kingdom

Merupakan anime yang diangkat dari kisah nyata Dinasti Qin yang berhasil menaklukan seluruh daratan Tiongkok dan menjadikannya sebagai wilayah kekuasaan. Tokoh utamanya yang bernama Shin adalah seorang Jenderal Besar Qin bernama Li Xin. Bisa dibilang 90 persen dari cerita anime ini benar-benar kejadian ribuan tahun yang lalu. Begitu juga dengan para karakternya.

5. Steins;Gate

Pada tahun 2000-an ada seseorang misterius bernama John Titor yang menghebohkan dunia internet. Ia menuliskan di sebuah forum online bahwa ia datang dari tahun 2036. Lalu mengemukakan teori time travel yang menurutnya bisa dikembangkan oleh para ilmuwan. Meski belum bisa dibuktikan secara nyata, tapi kejadian itu pun menginspirasi diproduksinya anime Steins;Gate.

6. Bakuman

Anime ini diadaptasi dari manga berjudul sama hasil kolaborasi Takeshi Obata dan Sugumi Ohba. Kisahnya sendiri diambil dari pengalaman mereka berjuang membuat manga fenonemal Death Note. Dari anime ini kamu bisa tahu bagaimana keseharian para mangaka yang jam kerjanya padat dan melelahkan.

7. Rurouni Kenshin

Mengambil latar belakang era Meiji, setelah dikenal sebagai seorang legenda, tidak begitu saja membuat Kenshin bangga. Ia merasa bersalah karena telah menghilangkan banyak nyawa, kemudian berjanji tidak akan pernah membunuh lagi. Beberapa pertarungan di dalamnya terinspirasi dari kejadian nyata. Bahkan Saito Hajime dan Okito Souji adalah samurai terkuat di era itu.