Connect with us

Travel

5 Hal yang Harus Dilakukan Biar Hanami Kamu Lancar

Published

on

GwiGwi.com – Saat ini bunga-bunga sakura sedang bermekaran di Jepang karena itu kamu yang lagi berada di Jepang jangan sampai melupakan hanami. Hanami sendiri adalah tradisi melihat sakura yang sudah lama sekali dilakukan oleh orang-orang Jepang. Biasanya dilakukan bersama-sama keluarga atau teman, sambil menggelar tikar dan makan bareng. Tapi kamu sebagai wisatawan diperbolehkan lho untuk melakukannya juga asalkan tahu aturan-aturannya.

Jadi apa saja yang harus kamu lakukan biar acara hanami kamu berjalan dengan lancar?

1. Pakai baju tebal 

Musim semi ini peralihan dari musim dingin sehingga suhunya masih agak dingin. Jadi sebaiknya kamu menggunakan jaket atau mantel karena di hari-hari tertentu angin bisa bertiup dengan kencang. Pasti akan mengganggu jika kamu melakukan hanami sambil menggigil padahal persiapannya sudah jauh-jauh hari.

Sumber: blog.gaijinpot.com

2. Datang dari pagi

Orang Jepang sangat senang ketika sakura bermekaran karena itu mereka tidak ragu datang pagi-pagi biar bisa secepatnya melihat sakura. Kamu juga sebagai wisatwan harus punya semangat seperti orang Jepang. Bunga sakura biasanya hanya mekar paling lama dua minggu, setelahnya mereka akan berguguran. Karena itu taman-taman di mana sakura berada selalu dipenuhi oleh orang-orang yang melakukan hanami di awal-awal musim semi. Maka dari itu biar kebagian tempat, kamu harus datang dari pagi.

Sumber: justonecookbook.com

3. Jangan memanjat pohon

Dari beberapa tahun lalu dikeluarkan aturan untuk tidak memanjat pohon sakura. Aturan ini dibuat setelah banyak ditemukan para wisatawan luar Jepang yang memanjat pohon sakura demi bisa berselfie ria. Selain agar tidak membuat kegaduhan, sebenarnya batang pohon sakura itu mudah patah sehingga harus dijaga dengan baik. Bahkan menyentuh atau memeluknya saja tidak diperkenankan. Jadi jika ingin berfoto, kamu cukup mendekati pohonnya saja.

Sumber: tokyocehapo.com

4. Jangan memetik bunga dari pohon

Hal ini yang paling sering diwanti-wanti. Tidak masalah jika kamu mengambil bunga sakura yang sudah berada di jalan, tapi memetiknya dari pohon bisa menjadi perkara. Sebagai wisatawan yang melihat keindahan bunga itu, kamu juga harus bisa menjaga keindahannya. Ini adalah salah satu ketertiban yang wajib kamu patuhi.

Sumber: livejapan.com

5. Persiapkan plastik untuk tempat sampah

Saat melihat sakura sangat diperbolehkan membawa makanan, tapi kamu harus tetap menjaga kebersihan di sekitar taman. Sebenarnya ada tempat sampah yang tersedia, hanya karena tidak cukup menampung seluruh sampah yang dibuang maka dari itu kamu sebaiknya membawa plastik sampah sendiri. Kalau bisa yang berukuran besar.

Sumber: livejapan.com

Travel

Wajib Tahu! Aturan Menggunakan Eskalator di Negara Jepang

Published

on

By

GwiGwi.com – Bagi kamu yang hendak traveling ke Jepang sebaiknya ketahui dulu beberapa hal yang sudah jadi budaya dan aturan masyarakat setempat. Jangan sampai Anda malu sendiri atau melanggar aturan saat berada di sana.

Salah satunya adalah saat penggunaan eskalator Jepang. Di sana ada aturan yang harus Anda ketahui dan patuhi.

Pertama aturan ‘Hidari‘, artinya berdiri di sebelah kiri dan jalan di sebelah kanan. Jadi bagi mereka yang ada di sisi kanan mereka sedang terburu-buru dan dikejar waktu. Kedua adalah ‘Migi’, aturan ini biasanya diterapkan di beberapa kota saja seperti Nara, Kobe dan Osaka. Artinya adalah berdiri di sisi kanan dan berjalan di sisi kiri.

Biarpun sederhana namun aturan tersebut harus bisa kamu patuhi ya kalau sedang menginjakkan kaki di Negeri Sakura.

Continue Reading

Travel

Shirahone Onsen: Lokasi Wisata Musim Dingin Jepang dengan Pemandian Air Panasnya

Published

on

By

GwiGwi.com – Di daerah pegunungan Alpen Jepang terdapat satu kota bernama Shirahone, ini merupakan kota yang memiliki sumber pemandian air panas “secret spa.”  Shirahone sendiri merupakan daerah yang terbilang megah dan indah karena dikelilingi oleh nuansa alam yang amat subur.

Penamaan Shirahone sendiri bukanlah tanpa sebab, nama mengacu pada air Onsen yang memiliki warna krem sehingga menjadi ciri daerah tersebut, di mana Shirahone artinya “putih tulang.”

Memasuki musim dingin, lokasi ini dipenuhi banyak pengunjung. Apalagi di pemandian kota yang paling iconic yaitu Awanoyu. Uniknya tak ada batasan gender saat ingin masuk ke dalam pemandian tersebut, baik perempuan atau laki-laki diperbolehkan. 

Shirahone juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menginap dan melakukan hiking pada musim dingin.

Continue Reading

Travel

Jam Buka “Hachitama” Diperpanjang

Published

on

By

GwiGwi.com – Fuji Television Network Inc baru saja memperpanjang jam buka “Hachitama”, dengan menambahkan 2 jam lebih lama untuk jam buka malam hari.

Namun periode ini terbatas hanya pada tanggal 22 Desember 2018 sampai 6 Januari 2019 saja, dan akan dibuka setiap hari pada pukul 10 pagi-8 malam. Sehingga para pengunjung bisa menentukan waktu dari mulai sekarang kapan akan mengunjungi Hatchitama.

Di Hatchitama sendiri pengunjung dapat melihat keindahan panorama malam Teluk Tokyo. Pemandangan yang jarang bisa didapatkan, kecuali di lokasi strategis seperti Hatchitama. Apalagi saat memasuki Natal dan Musim dingin memang pemandangan Teluk Tokyo sangatlah indah.

Tak heran bila jam buka Hachitama diperpanjang karena banyak pengunjung yang ingin menikmati pemandangan indah tersebut.

Continue Reading

Trending