5 Hal yang Harus Dilakukan Biar Hanami Kamu Lancar

GwiGwi.com – Saat ini bunga-bunga sakura sedang bermekaran di Jepang karena itu kamu yang lagi berada di Jepang jangan sampai melupakan hanami. Hanami sendiri adalah tradisi melihat sakura yang sudah lama sekali dilakukan oleh orang-orang Jepang. Biasanya dilakukan bersama-sama keluarga atau teman, sambil menggelar tikar dan makan bareng. Tapi kamu sebagai wisatawan diperbolehkan lho untuk melakukannya juga asalkan tahu aturan-aturannya.

Jadi apa saja yang harus kamu lakukan biar acara hanami kamu berjalan dengan lancar?

1. Pakai baju tebal 

Musim semi ini peralihan dari musim dingin sehingga suhunya masih agak dingin. Jadi sebaiknya kamu menggunakan jaket atau mantel karena di hari-hari tertentu angin bisa bertiup dengan kencang. Pasti akan mengganggu jika kamu melakukan hanami sambil menggigil padahal persiapannya sudah jauh-jauh hari.

Sumber: blog.gaijinpot.com

2. Datang dari pagi

Orang Jepang sangat senang ketika sakura bermekaran karena itu mereka tidak ragu datang pagi-pagi biar bisa secepatnya melihat sakura. Kamu juga sebagai wisatwan harus punya semangat seperti orang Jepang. Bunga sakura biasanya hanya mekar paling lama dua minggu, setelahnya mereka akan berguguran. Karena itu taman-taman di mana sakura berada selalu dipenuhi oleh orang-orang yang melakukan hanami di awal-awal musim semi. Maka dari itu biar kebagian tempat, kamu harus datang dari pagi.

Baca Juga:  6 Toko Wagashi di Tokyo yang Kue-nya Super Imut
Sumber: justonecookbook.com

3. Jangan memanjat pohon

Dari beberapa tahun lalu dikeluarkan aturan untuk tidak memanjat pohon sakura. Aturan ini dibuat setelah banyak ditemukan para wisatawan luar Jepang yang memanjat pohon sakura demi bisa berselfie ria. Selain agar tidak membuat kegaduhan, sebenarnya batang pohon sakura itu mudah patah sehingga harus dijaga dengan baik. Bahkan menyentuh atau memeluknya saja tidak diperkenankan. Jadi jika ingin berfoto, kamu cukup mendekati pohonnya saja.

Sumber: tokyocehapo.com

4. Jangan memetik bunga dari pohon

Hal ini yang paling sering diwanti-wanti. Tidak masalah jika kamu mengambil bunga sakura yang sudah berada di jalan, tapi memetiknya dari pohon bisa menjadi perkara. Sebagai wisatawan yang melihat keindahan bunga itu, kamu juga harus bisa menjaga keindahannya. Ini adalah salah satu ketertiban yang wajib kamu patuhi.

Sumber: livejapan.com

5. Persiapkan plastik untuk tempat sampah

Saat melihat sakura sangat diperbolehkan membawa makanan, tapi kamu harus tetap menjaga kebersihan di sekitar taman. Sebenarnya ada tempat sampah yang tersedia, hanya karena tidak cukup menampung seluruh sampah yang dibuang maka dari itu kamu sebaiknya membawa plastik sampah sendiri. Kalau bisa yang berukuran besar.

Sumber: livejapan.com