Connect with us

Tech & life

Tiga Temuan Kesehatan Pengguna Garmin di Asia selama Pandemi 2021

Published

on

Indonesia menjadi negara dengan tingkat stres tertinggi di Asia pada tahun 2021 dan merupakan negara yang menyisihkan waktu paling sedikit untuk berolahraga

GwiGwi.com – Pandemi yang sedang berlangsung banyak mengubah gaya hidup, mengakibatkan lebih banyak orang kesulitan keluar dari perangkap metabolisme yang bermasalah. Metabolisme sendiri merupakan mesin yang membuat tubuh berfungsi, memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan yang baik. Seiring berjalannya waktu, pandemi mengakibatkan masalah kesehatan seperti kualitas tidur yang buruk karena kecemasan dan stres, di mana Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan imbauan bekerja dari rumah menyebabkan penurunan metabolisme karena gaya hidup yang minim pergerakan. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan kondisi serius seperti obesitas, masalah pencernaan, rambut rontok atau bahkan hiperglikemia, hipertensi dan hiperlipidemia. Oleh karena itu, penting untuk menjaga metabolisme yang baik sebagai kunci dari tubuh yang sehat.

Garmin, brand pelopor navigasi GPS dan perangkat nirkabel terbaru, dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif di seluruh dunia menggunakan teknologi kesehatan untuk melacak data pengguna secara akurat. Hal ini bertujuan untuk mengukur status kesehatan pengguna secara ilmiah sehingga dapat memandu pengguna mencapai tujuan kesehatan mereka secara efisien.

Dengan merujuk pada “Kalori Istirahat” dan “Kalori Aktif” yang ditunjukkan pada jam tangan pintar (smartwatch) Garmin, pengguna dapat melacak total kalori yang dikonsumsi dan setiap perubahan dalam tingkat metabolisme mereka. Indikator kesehatan real-time lainnya seperti tingkat stres, Pulse Ox, pelacakan hidrasi yang dilacak dan ditampilkan di jam tangan juga dapat berfungsi sebagai pengingat bagi pengguna untuk lebih peduli terhadap kesehatan (health conscious).

Laporan Data Kesehatan Pengguna Garmin di Asia tahun 2021 melacak data dari Januari hingga September 2021. Data tersebut menemukan bahwa pengguna dari negara dengan rata-rata menit intensitas mingguan lebih tinggi mengonsumsi lebih banyak kalori daripada negara lain, tidak hanya kalori aktif tetapi juga kalori istirahat. Hal ini menekankan pentingnya olahraga dalam mempertahankan metabolisme yang baik.

Laporan tersebut mengungkapkan bahwa “Kalori Istirahat” pria dan wanita di Asia menurun secara signifikan pada rentang usia 55 tahun ke atas. Pengguna yang lebih tua mencatat lebih banyak “menit intensitas mingguan” dibandingkan dengan rata-rata pengguna yang lebih muda. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengguna menjadi lebih sadar akan kesehatan seiring bertambahnya usia dan lebih mementingkan memulai gaya hidup aktif.

Dibandingkan dengan data tahun 2020, pengguna di sebagian besar negara Asia melacak “Kalori Aktif” yang lebih rendah dengan “Tingkat Stres” yang meningkat. Ini dapat diakibatkan oleh pandemi yang sedang berlangsung dan pembatasan kegiatan luar ruang di sepanjang tahun.

Data pengguna dikumpulkan secara anonim untuk tujuan pengamatan jangka panjang dan pemahaman akan dampak berbagai faktor pada kesehatan. Garmin senantiasa mengimbau pengguna untuk memiliki gaya hidup aktif melalui pemantauan kesehatan secara ilmiah.

Tren data Asia I: Tingkat metabolisme adalah kunci untuk orang berusia 55 tahun ke atas.

Berdasarkan “Kalori Istirahat” dari para pengguna di Asia pada tahun 2021, tiga negara dengan rata-rata kalori istirahat tertinggi adalah India (2.490 Kal), Korea Selatan (2.451 Kal), dan Hong Kong (2.402 Kal). Sedangkan, tiga negara dengan rata-rata kalori istirahat terendah adalah Thailand (2.207 Kal), Jepang (2.232 Kal), dan Vietnam (2.287 Kal). Semakin bertambah usia pengguna, semakin rendah kalori istirahat yang dimiliki.

Tren data juga mengungkapkan bahwa populasi di atas usia 55 tahun menunjukkan penurunan paling jelas dalam kalori istirahat yang dilacak, menurun secara signifikan dibandingkan dengan rentang usia sebelumnya. Menurut Dr. Min-Shan, LI MD, Psikiater dari JUST!Mental Health Clinic, Taiwan, “Metabolisme (Basal Metabolic Rate) adalah pengukur di mana tubuh membakar kalori. Baik untuk mempertahankan bentuk tubuh yang ideal maupun untuk memiliki gaya hidup aktif, ‘metabolisme' adalah kuncinya. Dengan meningkatkan intensitas olahraga atau memperbaiki kebiasaan hidup, masyarakat dapat meningkatkan metabolisme untuk mencapai tujuan kesehatan idealnya.”

Tren data Asia II: Tingkat aktivitas di Asia menurun pada tahun 2021, Indonesia menjadi yang terendah.

Berdasarkan “Intensitas Menit” mingguan pengguna Asia pada tahun 2021, Garmin menemukan tiga negara dengan rata-rata tertinggi adalah Hong Kong, India, dan Korea Selatan. Di sisi lain, tiga negara dengan rata-rata menit intensitas terendah adalah Indonesia, Thailand, dan Taiwan.

Baca Juga:  AMD Hadirkan Teknologi Terbaru Komputasi Performa Tinggi di Livestream Product Premiere 2022

Tiga negara dengan konsumsi kalori istirahat tertinggi juga memiliki menit intensitas mingguan paling besar, menunjukkan korelasi positif antara “Kalori Istirahat” dan “Menit Intensitas”. Salah satu tren yang diamati di seluruh Asia adalah rata-rata menit intensitas mingguan dari populasi tua lebih besar dari populasi muda. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pengguna bersedia menginvestasikan lebih banyak waktu untuk berolahraga teratur di setiap minggunya seiring dengan bertambahnya usia.

Di sebagian besar negara, menit intensitas mingguan yang dicapai oleh pria lebih panjang daripada wanita. Secara keseluruhan, menit intensitas mingguan pria pada usia 46-55 adalah yang terpanjang. Akan tetapi, Indonesia merupakan satu-satunya negara di mana pengguna wanita mencapai 3,6% menit intensitas mingguan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengguna pria, yaitu masing-masing sebesar 29,74 menit dan 28,66 menit.

Menurut data yang dikumpulkan untuk konsumsi “Kalori Aktif”, nilai di sebagian besar negara di Asia menurun dibandingkan dengan tahun lalu.

Tren data Asia III: Tingkat stres di Asia secara keseluruhan meningkat, Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia. Peningkatan stres pria lebih besar daripada wanita.

Menurut data “tingkat stres” pengguna di Asia pada tahun 2021, tingkat stres negara-negara selain Tiongkok dan Vietnam meningkat dari tahun lalu, dan tingkat stres pria secara keseluruhan lebih tinggi daripada wanita. Tingkat stres Indonesia menduduki peringkat tertinggi di Asia, disusul Filipina dan Malaysia. Dibandingkan dengan data tahun 2020, Indonesia menunjukkan peningkatan stres tertinggi; tingkat stres pria berusia 26 hingga 45 tahun juga menjadi yang tertinggi di antara negara-negara lain di Asia pada rentang usia yang sama. Ini dapat diakibatkan oleh pertempuran melawan pandemi secara terus-menerus dan kemacetan lalu lintas yang seringkali dihadapi oleh penduduk setempat.

Kesehatan adalah Pilihan. Pilih Garmin.

Scoppen Lin, Senior Director, Garmin Asia, menyampaikan, “Sebagai akibat dari pandemi dalam beberapa tahun terakhir, kesadaran masyarakat akan kesehatan secara bertahap meningkat. Pada tahun 2021, lini produk kesehatan dan kebugaran Garmin yang menghadirkan fitur kesehatan yang komprehensif, seperti pemantauan kadar oksigen dalam darah, mengalami pertumbuhan yang pesat sebesar 30% di pasar Asia.”

Scoppen menambahkan, “Garmin mendorong pengguna untuk memberikan perhatian jangka panjang pada kondisi kesehatan mereka dengan menggunakan pendekatan ilmiah, menjaga metabolisme yang baik dan mencapai tujuan kesehatan mereka secara progresif menggunakan smartwatch sebagai pendamping kesehatan dan kebugaran yang mereka butuhkan.”

Selain memantau fungsi kesehatan yang penting dan berkaitan dengan tingkat metabolisme, seperti kalori istirahat dan konsumsi kalori aktif, smartwatch Garmin memiliki daya tahan baterai yang besar dan dilengkapi dengan fitur pemantauan kesehatan yang komprehensif, termasuk detak jantung, saturasi oksigen, tingkat stres, pemantauan tidur lanjutan, energi tubuh, usia kebugaran, pelacakan hidrasi, dan fungsi kesehatan penting lainnya.

Semua fitur didesain sedemikian rupa untuk membantu pengguna memantau kesehatan mereka secara teratur, dan untuk mengingatkan pengguna pentingnya memiliki gaya hidup aktif untuk meningkatkan metabolisme melalui peningkatan kadar oksigen dalam darah dan kesehatan kardiovaskular, mempertahankan atau meningkatkan massa otot, menjaga kebiasaan tidur yang baik, untuk menyebutkan beberapa. Informasi lebih lanjut terkait teknologi kesehatan Garmin dapat dilihat pada tautan berikut https://www.garmin.co.id/event/2021/health-campaign/.

Dengan desain dan fitur yang beragam, pengguna dapat dengan mudah menemukan smartwatch Garmin yang sesuai dengan gaya hidup mereka. Pilih perangkat pintar Garmin hari ini – Seri Venu dengan GPS bawaan, Lily, vívosmart 4 yang menampilkan monitor detak jantung dan skala pintar Index S2 yang terhubung dengan wifi yang memungkinkan pengguna melacak persentase lemak tubuh, BMI, massa otot rangka, dan lainnya. Dengan Garmin, pengguna dapat melacak data kesehatan dan catatan olahraga, meningkatkan metabolisme, dan secara efektif mencapai tujuan kesehatan pribadi.

Resolusi tahun 2022: Hadiahi Dirimu, Pilih Hidup Sehat

Dalam menyambut pergantian tahun, Garmin menghadirkan berbagai promosi menarik untuk masyarakat yang menginginkan resolusi lebih baik di tahun 2022, berkomitmen menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam menyambut tahun baru dengan berbagai diskon hingga 13%. Informasi lebih lanjut terkait promosi ‘Give a Garmin' dapat diakses melalui tautan berikut https://www.garmin.co.id/event/2021/give-a-garmin/ serta dalam berbagai platform yang bekerja sama dengan Garmin.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Tech & life

Razer Mengumumkan Produk Baru: Razer x Hello Kitty and Friends

Published

on

GwiGwi.com – Razer, brand lifestyle terkemuka untuk gamers, berkolaborasi dengan Sanrio untuk merilis koleksi Hello Kitty and Friends, merupakan sebuah berita baik yang ditunggu-tunggu bagi para penggemar World of Sanrio®.

Kolaborasi ini memadukan karakter terkenal Sanrio seperti Hello Kitty, Kuromi™, Keroppi™, My Melody™ dan masih banyak lagi dengan periferal Razer yang telah memenangkan banyak penghargaan untuk menghasilkan sebuah koleksi unik yang pasti membuat kalian ingin membelinya.

Periferal ini terdiri dari:

  1. Razer Kraken BT Kitty – Hello Kitty and Friends Edition

Berbicara dari hati dan dengarkan dengan Razer Kraken BT – Hello Kitty and Friends Edition. Dilengkapi dengan pita pink, headset nirkabel ini tentu hadir dengan Razer Chroma™ RGB, yang membolehkan sebuah pencahayaan dinamis yang memperlihatkan tampilan lucu secara terus menerus.

  1. Razer Iskur X – Hello Kitty and Friends Edition

Dapatkan dukungan terbaik dengan bersandar pada kursi gaming Razer Iskur X – Hello Kitty and Friends Edition. Hadapi tantangan apapun dengan kenyamanan dalam bermain game terbaik dengan Hello Kitty and Friends di sisi kalian.

  1. Razer Lumbar Cushion – Hello Kitty and Friends Edition

Razer Lumbar Cushion – Hello Kitty and Friends Edition dilengkapi dengan busa memori yang nyaman serta kain beludru yang mewah. Memastikan kenyamanan postur untuk pemain atau pecinta Hello Kitty manapun untuk melewati kegiatan setiap hari.

  1. Razer DeathAdder Essential + Razer Goliathus Medium Bundle – Hello Kitty and Friends Edition (Segera di Maret 2022)

Terinspirasi dari hubungan antara Hello Kitty dan teman-temannya, kenyamanan dan keandalan dari Razer DeathAdder Essential, dipadukan dengan kecepatan dari Razer Goliathus Medium yang merupakan pendamping paling sempurna untuk sesi bermain game yang lama.

Baca Juga:  AMD Hadirkan Teknologi Terbaru Komputasi Performa Tinggi di Livestream Product Premiere 2022

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi halaman ini.

Dikarenakan besarnya ketertarikan dari fans secara global, Razer merilis koleksi terbaru Hello Kitty. Perilisan global ini mengikuti kampanye koleksi Razer x Hello Kitty yang berhasil di Cina.

HARGA & KETERSEDIAAN

Razer Kraken BT Kitty – Hello Kitty and Friends Edition

Rp 2.049.000

Razer Kraken BT Kitty – Hello Kitty and Friends Edition, sudah tersedia di Australia, New Zealand, Jepang (segera), Taiwan, Hong Kong dan Asia Tenggara pada Razer.com dan distributor resmi.

Razer Iskur X – Hello Kitty and Friends Edition

Rp 8.499.000

Razer Iskur X – Hello Kitty and Friends Edition,  sudah tersedia di Australia, New Zealand, Jepang (segera), Taiwan, Hong Kong dan Asia Tenggara pada Razer.com dan distributor resmi.

Razer Lumbar Cushion – Hello Kitty and Friends Edition

Rp 999.000

Razer Lumbar Cushion, sudah tersedia di Australia, New Zealand, Jepang (segera), Taiwan, Hong Kong dan Asia Tenggara pada Razer.com dan distributor resmi.

Razer DeathAdder Essential + Goliathus Medium Bundle – Hello Kitty and Friends Edition

Rp 999.000

Razer DeathAdder Essential + Goliathus Bundle – Hello Kitty and Friends Edition akan tersedia di bulan Maret pada Australia, New Zealand, Jepang (segera), Taiwan, Hong Kong dan Asia Tenggara pada Razer.com dan distributor resmi.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Tech & life

Garmin merilis Smartwatch Baru Fenix ​​7 dan Epix

Published

on

GwiGwi.com – Seri Garmin Fenix ​​​​7 dikabarkan mendapatkan perombakan besar-besaran. Namun, meskipun banyak bocoran, Garmin tidak membawa jam tangan pintar itu ke CES 2022. Setelah menunggu lama, perusahaan akhirnya mengumumkan jam tangan pintar GPS multisport varian yang diperbarui. Garmin Fenix ​​​​7 kelas atas mendapatkan penyegaran besar, tetapi perusahaan juga mengambil peluang untuk mengungkap Epix. Ini adalah jam tangan pintar luar ruang yang kokoh dengan layar warna yang selalu menyala.

Garmin 7S, 7 dan 7X

Beberapa hal yang hadir dalam jam tangan pintar Fenix ​​​​7 baru akan cukup familiar bagi pelanggan setia Garmin. Muncul dalam tiga ukuran dengan nama yang berbeda – varian 42 mm mendapat julukan Fenix ​​​​7S, 47 mm dijuluki Fenix ​​​​7, dan varian 51 mm yang lebih besar disebut Fenix ​​7. Fenix ​​​​7S dan varian standar hadir dengan serat yang diperkuat. polimer. Namun, ada juga Solar dan Sapphire Solar Editions untuk ketiga model tersebut. Selain itu, Sapphire Solar Editions membawa material ke tingkat premium baru dengan titanium dan kaca safir untuk daya tahan tampilan ekstra.

Garmin juga memperkenalkan kemampuan pengisian tenaga surya untuk ketiga model tersebut. Menurut perusahaan, jika dibandingkan dengan Fenix ​​​​6X Pro, jam tangan ini memiliki luas permukaan matahari 54 persen lebih banyak dan itu akan memastikan masa pakai baterai lebih lama. Dengan GPS diaktifkan, baterai maksimal adalah 90 jam dan 162 jam dengan pengisian daya surya. Jumlahnya melonjak hingga mengesankan 136 jam menjadi 289 jam dengan solar di Garmin Fenix ​​7. Akhirnya, Fenix ​​7X yang lebih besar memberi Anda 213 jam atau 578 jam dengan pengisian solar. Ini adalah perkiraan yang diberikan oleh perusahaan itu sendiri. Jadi hasilnya mungkin berbeda dalam skenario kehidupan nyata.

Garmin Fenix ​​​​7, 7S dan 7X

Seri Garmin Fenix ​​​​7 menawarkan dukungan untuk setiap sistem satelit utama tetapi juga menambahkan rentang frekuensi L5 untuk akurasi yang lebih baik di “lingkungan GPS yang menantang”. L5 adalah salah satu dari tiga sinyal GPS “modern” untuk penggunaan sipil yang, menurut Pemerintah AS, memiliki “daya lebih tinggi, bandwidth lebih besar, dan desain sinyal canggih”. Selain kehebatan GPS, jajaran ini juga mendapatkan kemampuan layar sentuh. Namun, ini tidak mengorbankan kontrol tombol. Perusahaan ingin menawarkan berbagai cara untuk menavigasi menu, seperti menggulir Pengaturan Anda atau Memperbesar peta GPS.

Baca Juga:  RAZER DAN FOSSIL MEMPERKENALKAN SMARTWATCH RAZER X FOSSIL GEN 6 UNTUK GAMERS

Model yang lebih besar juga dilengkapi dengan fitur senter LED hands-free dengan lampu merah atau putih yang dapat disesuaikan. Ini akan membantu atlet multisport untuk melihat, dan dilihat, selama kegiatan malam hari. Garmin mengatakan bahwa fitur tersebut dapat diaktifkan melalui ketukan dua kali dan berfungsi baik untuk pengguna yang tidak kidal maupun yang tidak kidal. Bahkan ada mode strobo opsional. Dalam mode ini, senter mencoba mencocokkan irama pelari. Sesuai perusahaan, itu akan berfungsi sebagai lampu kepala dan ekor pada mobil. Oleh karena itu, orang lain akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang arah yang dituju seseorang.

Dalam hal perangkat lunak, ada alat Stamina Real-Time. Ini akan membantu Anda untuk membandingkan potensi stamina yang Anda miliki pada intensitas sedang versus stamina Anda pada tingkat usaha Anda saat ini.

Garmin Epix

Perusahaan juga memperbarui jam tangan pintar Epix tujuh tahun setelah peluncuran model aslinya. Epix baru menghadirkan sebagian besar perangkat keras dan fitur Fenix ​​​​7 tetapi mengganti layar transflektif menjadi layar OLED 1,3 inci yang selalu aktif.

Muncul dalam tiga model 47 mm dan mencakup banyak fitur yang sama dengan Fenix ​​​​7 seperti tombol, layar sentuh, dan stamina Real-Time. Epix, bagaimanapun, tidak memiliki senter LED dan pengisian solar. Menurut perusahaan, baterai Garmin Epix dapat bertahan selama 16 hari dengan sekali pengisian daya.

Harga dan Ketersediaan

Seri Fenix ​​​​7 dimulai dengan standar dan 7s di $699,99 (Rp. 10 Jutaan) hingga $899,99 (Rp. 13 Jutaan). Garmin 7X yang lebih tinggi mulai dari $899,99 (Rp. 13 Jutaan) dan akan naik menjadi $999,99 (Rp. 14 Jutaan). Harga Epix juga sama, yaitu $899 (Rp. 13 Jutaan) untuk model batu tulis dan baja dan $999,99 (Rp. 14 Jutaan) untuk model titanium putih dan hitam.

Sumber: (1)

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Tech & life

5 Rekomendasi Smartwatch Terbaik 2022, Harga Bersahabat Fitur Lengkap!

Published

on

Rekomendasi Smartwatch Terbaik

GwiGwi.com – Sekarang ini banyak orang yang tertarik untuk menggunakan gadget multifungsi seperti Smartwatch. Banyak fitur canggih yang bisa kamu dapatkan melalui smartwatch selain hanya melihat jam saja, namun bisa juga menjadi alat navigasi, alat kebugaran dan kesehatan, menerima telpon, dan sebagai alarm bahkan. Kami akan memberikan rekomendasi smartwatch terbaik 2022 yang bisa kamu beli!

Xiaomi Mi Watch

Xiaomi Mi Watch Revolve Meluncur, Harga Rp 1 Jutaan Baterai Tahan Lama

Jika kamu ingin smartwatch dengan harga yang terjangkau, maka kamu bisa memilih Xiaomi Mi Watch. Mulai dari 1,4 jutaan saja kamu bisa mendapatkan banyak fitur mulai dari fitur kebugaran dan olahraga seperti sleep tracker, detak jantung, kadar stres, oksigen, dan kondisi vital lain yang berhubungan dengan kesehatanmu. Kamu juga bisa menggunakan Xiaomi Mi Watch ini sambil berenang karena sudah dilengkapi dengan anti air!

Apple Watch Series 7

Apple Watch Series 7 Resmi Dirilis, Harganya Rp 5 Jutaan

Next, di tahun 2022 ini Apple Watch Series 7 masih menjadi salah satu produk smartwatch rekomendasi. Memiliki layar yang cukup luas, dengan desain unik yaitu Contour Arloji. Dilengkapi dengan pembaruan pada WatchOS8 yang menawarkan berbagai fitur baru terkait health, aplikasi untuk menerima pesan & foto, serta baterai yang awet hingga 18 jam. Kamu bisa membeli Apple Watch Series 7 ini mulai dari 6,9 juta saja!

Baca Juga:  RAZER DAN FOSSIL MEMPERKENALKAN SMARTWATCH RAZER X FOSSIL GEN 6 UNTUK GAMERS

Huawei Watch GT 2 Pro

Spesifikasi Huawei Watch GT 2 Pro bocor

Rekomendasi smartwatch terbaik selanjutnya ada Huawei Watch GT2 Pro. Desainnya cukup simpel dengan fitur yang sangat melimpah dan mumpuni. Beragam aplikasi bisa kamu temukan di jam pintar ini mulai dari aplikasi untuk work out, pembaca detak jantung, oksigen darah, sleep tracker, dan juga kamu bisa melakukan panggilan lewat smartwatch ini. Dibaendrol mulai dari 3,4 jutaan saja!

Fossil Smartwatch Gen 4

Jual FOSSIL SMARTWATCH GEN 4 Indonesia|Shopee Indonesia

Pasti sudah tidak asing lagi dengan brand Fossil. Fossil juga memiliki smartwatch yang memiliki banyak fitur dan tidak kalah dari apa yang sudah kita bahas di atas tadi. Fossil Smartwatch Gen 4 memiliki berbagai fitur seperti Untethered GPS, sensor detak jantung, NFC, dan swimproof fungtionality. Strap yang digunakan bahkan bisa menahan tekanan air dan udara hingga 3 meter. Kamu bisa mendapatkan Fossil Smartwatch Gen 4 mulai dari 2,7 jutaan saja!

Samsung Galaxy Watch4

Beli Galaxy Watch4 Bluetooth (44mm) black | Samsung Indonesia

Kamu juga bisa menjatuhkan pilihanmu kepada Samsung Galaxy Watch4 jika sedang membutuhkan smartwatch. Jam pintar yang memiliki digital bezel ini cukup populer dan banyak dipilih. Dilengkapi alat pelacak kesehatan seperti BioActive sensor yang berguna untuk memantau tekanan darah, EKG, dan juga detak jantung. Kamu bisa mendapatkan Samsung Galaxy Watch4 dengan harga mulai dari 4,5 jutaan saja!

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x