Connect with us

Daftar Anime

Selain Isekai, Inilah Genre Yang Lahir Dari Cerita Anime dan Manga

Published

on

GwiGwi.com – Penonton anime pasti sudah familiar dengan genre-genre yang biasa seperti shonen, shoujo, josei, seinen, dll. Beberapa serial anime yang lebih populer seperti isekai, horror atau fantasy juga sudah terkenal. Namun, di dunia anime dan manga yang luas ini, ada banyak genre lain yang belum ditemukan, atau dilupakan.

Maaf Anda Melihat Iklan

1. Truck-Kun

Selama bertahun-tahun, sangat umum bagi karakter utama di isekai ditabrak mobil dan kemudian diterbangkan ke udara. Namun, Truck-kun yang kita kenal sekarang tidak dibuat atau hanya untuk genre isekai.

Di anime Yu Yu Hakusho, Yusuke pertama kali mengenal dunia hantu setelah menyelamatkan seorang anak yang hampir tertabrak mobil. Sakura di Zombie Land Saga juga menjadi zombie karena ditabrak mobil. Penampilan paling awal Truck-kun adalah di serial Magical Princess Minkey Momo, ketika Momo ditabrak mobil saat sedang manggung.

Untuk alasan di atas, banyak penggemar sering bercanda bahwa truk benar-benar “dewa jahat” di anime. Baru-baru ini, karakternya mati dan melayang di udara karena Truck-kun semakin banyak. Dari “dewa yang galak”, truk itu menjadi “pelayanan isekai” di mata penonton.

2. Majoko

Juga dikenal sebagai anime “Penyihir Kecil” atau “Penyihir Lucu”, Majokko adalah cikal bakal genre Magical Girl, yang terinspirasi oleh sitkom Jepang tahun 60-an yang populer Bewitched. Genre ini sering berkisar pada gadis-gadis muda yang menggunakan kekuatan magis untuk memecahkan masalah sehari-hari.

Genre Majokko dimulai dengan anime seperti Sally the Witch dan Himitsu no Akko-chan, dan kemudian Mahou Shojo Lalabel, Mahou Tsukai Chappy, Majokko Tickle, Mahō no Mako-chan, dan Majokko Meg-chan.

Pada tahun 80-an, genre ini dikenal dengan nama yang lebih akrab, Magical Girl, atau Magic Girl. Sailor Moon adalah genre booming terbesar, bersama dengan sejumlah serial anime lain yang populer di tahun 1990-an. Gadis penyihir kemudian mengambil peran yang lebih seperti pahlawan wanita, menggunakan kekuatan mereka untuk melawan kejahatan.

Istilah “Penyihir Lucu” masih digunakan sebagai cabang dari genre tersebut, termasuk serial anime seperti Ojamajo Doremi, Ultra Maniac, Sugar Sugar Rune, dan Little Witch Academia.

3. Idol

Seperti namanya, genre Idol adalah serial anime yang berkisah tentang bintang dan idola terkenal. Kategori ini memiliki banyak subgenre yang lebih kecil. Beberapa terinspirasi oleh idola kehidupan nyata, seperti Idol Densetsu Eriko dan Pink Lady Monogatari. Sedangkan lainnya mengisahkan perjalanan protagonis untuk menjadi bintang musik terkenal.

Ada juga beberapa serial yang memasukkan genre romance atau fantasy, seperti Creamy Mami, Full Moon o Sagashite, dan Fancy Lala. Di Mermaid Melody dan Zombie Land Saga, karakter utamanya adalah makhluk fantasi yang belajar menjadi Idol.

Baca Juga:  Review Anime Tokyo Revengers: Balas Dendam Yang Manis

Genre Idol telah menjadi tren besar sehingga banyak serial anime parodi lahir hanya untuk “mengkopi” genre ini, dengan contoh yang terkenal adalah Hoshiiro Girldrop di Pop Team Epic.

4. Mecha

Mecha adalah genre anime yang berputar di sekitar mesin robot. Dalam serial populer, ini biasanya robot raksasa, tetapi dapat berubah menjadi perangkat, kendaraan yang lebih kecil, memiliki anggota badan atau fitur tubuh seperti manusia.

Genre Mecha sudah ada sejak tahun 40-an. Namun merek yang menandai booming genre ini adalah Gigantor di tahun 60-an. Mazinger Z dari Go Nagai juga membantu membentuk genre ini.

Contoh terkenal lainnya termasuk Gundam, Tengen Toppa Gurren Lagann, dan Neon Genesis Evangelion. Juga berkat genre ini, model mainan robot menjadi lebih populer.

5. Catgirls

Catgirls adalah karakter yang memiliki sifat kucing, biasanya dengan telinga atau ekor ekstra. Legenda rakyat di Jepang tentang gadis kucing juga sudah ada sejak zaman kuno. Tapi baru pada tahun 40-an, dengan munculnya Osama no Shippo, gadis bertelinga kucing menjadi populer.

Contoh yang lebih modern adalah Ichigo Momomiya, yang bisa berubah menjadi gadis kucing di Tokyo Mew Mew. Saat ini, telinga kucing tidak hanya muncul dengan karakter anime wanita, tetapi juga karakter pria.

Bahkan, konsep kucing bertelinga gadis tidak hanya hadir di Jepang tetapi juga di Barat, mengingat Catwoman, Josie dan Pussycats.

6. Utsuge

Genre Utsuge merupakan serial anime dengan plot yang berat, gelap, dan melankolis. Berasal dari permainan visual, Utsuge sering berkisar pada karakter kesepian dalam hidup, menderita banyak tragedi seperti kematian dan penyakit; perasaan berat seperti pengkhianatan.

Anime jenis ini dapat mencakup Higurashi. Beberapa penggemar bahkan menyarankan bahwa serial manga dan anime Hell Girl juga termasuk dalam kategori Utsuge, karena menyampaikan emosi sedih dan berat kepada pembaca

7. Iyashikei

Berbeda dengan Utsuge, Iyashikei adalah anime yang menyembuhkan, menghibur dan membuat penonton merasa lebih lega setelah menonton.

Beberapa serial anime seperti Laid-Black Camp adalah contoh terkenal dari genre ini. Serial tentang kehidupan sehari-hari juga diklasifikasikan sebagai Iyashikei, seperti Gakuen Babysitter dan Azumanga Daioh.

Sebuah subgenre dari genre Iyashikei yang berkisar pada karakter fantasi yang belajar menyesuaikan diri dengan kehidupan manusia, seperti Flying Witch dan Ah! My Goddess.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Daftar Anime

Beberapa Elemen Klasik di Anime Isekai Yang Masih Disukai Penggemar

Published

on

By

GwiGwi.com  – Isekai di tahun 2021 ini masih menjadi suatu genre yang pasti hadir disetiap musim anime. Dan tak perlu sulit untuk menebak karena beberapa elemen di Isekai masih sering ditemui, walaupun begitu tak mengurangi keseruan dan digemari penikmat anime terlebih genre Isekai itu sendiri. Jadi tak perlu ide baru untuk menciptakan anime isekai yang sukses. Inilah elemen Klasik di Anime Isekai Yang Masih Disukai Penggemar

Maaf Anda Melihat Iklan

1. Mencuri keterampilan dari orang lain dengan kemampuan

Elemen pertama dalam daftar ini bukanlah sesuatu yang terlalu sering muncul di semua seri isekai, tetapi yang paling populer memiliki kurang lebih elemen ini. Kita bisa menyebutkan nama-nama seperti Tensura, Re:Monster dan bahkan The Rising of the Shield Hero dengan detail yang familiar.

Tepatnya, elemen ini terutama jatuh pada karakter utama atau karakter dalam skuad, karena karakter ini akan menguat dengan cepat dengan mendapatkan kemampuan lawan. Sampai sekarang, karakter utama isekai telah tumbuh menjadi sangat kuat karena berbagai alasan, tetapi “mencuri keterampilan” menjadi lebih umum.

Jadi mengapa ide ini menjadi begitu populer?

Pada dasarnya, memberi karakter kekuatan tak terbatas adalah cara yang cukup nyaman. Penulis tidak akan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk membangun ide, tetapi masih dapat memperkenalkan hal-hal baru kapan pun mereka mau.

Selain itu, membangun dunia baru dengan aturan yang sama sekali berbeda dari dunia lama membutuhkan waktu dan kreativitas. Jadi, jika karakter utama kita muncul di level 1, akan membutuhkan banyak waktu bagi penonton untuk memahami sepenuhnya semua elemen di sekitar karakter utama. Oleh karena itu, ini adalah cara tercepat dan termudah untuk membangun dunia isekai, karena penulis dapat dengan cepat fokus pada elemen yang paling ingin mereka bangun.

2. Menggunakan pengetahuan dan teknologi dari dunia modern

Meskipun banyak penggemar isekai mungkin tidak menyadarinya, elemen kuno ini hadir di mana-mana, di hampir setiap cerita. Pada dasarnya, karakter utama akan menggunakan pengetahuan dunia lama sebagai “jalan pintas” untuk dapat berkembang lebih cepat. Beberapa contoh bagus dari seri seperti ini termasuk nama-nama seperti Risou no Himo Seikatsu atau I Won 4 Billion in a Lottery But I Went to Another World.

Di sini, karakter utama akan membawa penemuan dan uang dari dunia modern ke dunia kuno dan kekurangan teknologi. Berkat pendanaan teknologi dan pengetahuan yang melimpah, protagonis akan mengatasi kesulitan dunia baru, tidak peduli seberapa kerasnya itu. Akan ada beberapa seri yang membangun elemen ini dengan cukup hati-hati, ketika memaksa karakter utama membutuhkan waktu beberapa tahun untuk mendapatkan buah yang manis.

Jadi mengapa ide ini menjadi begitu populer?

Ini adalah elemen lama, tetapi sangat efektif. Pemirsa menjadi lebih tertarik, terikat, dan percaya pada karakter ketika mereka berpikir bahwa karakter utama tidak membuang waktu. Lagi pula, tidak ada orang yang suka bekerja keras tanpa mendapatkan hasil. Isekai memanfaatkan elemen ini sepenuhnya dan membantu pemirsa merasa puas.

Selain itu, melihat teknologi dunia modern yang diterapkan pada dunia magis adalah ide yang cukup menarik. Ini bukan semacam formula yang rumit, dan penulis isekai yang berkualitas telah menyadarinya untuk memberikan alur cerita yang menarik.

3. Status board yang tidak dapat dilihat orang lain

Isekai dikombinasikan dengan video game adalah salah satu ide paling populer saat ini ketika penulis menulis cerita kreatif. Karakter utama akan diberikan semacam tabel status yang mencatat semua parameter, detail, dan keterampilan mereka dan orang lain dengan sangat detail. Beberapa contoh yang paling umum termasuk nama-nama seperti Sword Art Online, .hack//, Log Horizon, atau Overlord.

Baca Juga:  Suka 'Squid Game'? Inilah Rekomendasi 9 Manga Genre Survival

Jadi mengapa ide ini menjadi begitu populer?

Tidak sulit untuk melihat bahwa komunitas game dan komunitas anime adalah “pelanggan” yang sama, sehingga faktor-faktor yang terkait di antara keduanya akan lebih cenderung menarik lebih banyak pemirsa untuk seri isekai. Memiliki kemampuan untuk “memindai” status memungkinkan karakter utama untuk melihat apakah dia atau rekan satu timnya kehilangan sesuatu dan dengan cepat mengisi kekurangan itu. Selain itu, juga membantu pemirsa menentukan seberapa kuat karakter utama.

Namun, elemen ini benar-benar tua dan banyak digunakan sehingga membuat pemirsa bosan. Sama seperti bermain game, ketika Anda memiliki informasi tentang lawan Anda, Anda memiliki kesempatan untuk “menciptakan pertama”, sehingga mendapatkan keuntungan melawan mereka yang setara atau bahkan lebih kuat.

4. Bereinkarnasi menjadi sesuatu yang bukan manusia

Di masa lalu, elemen ini digunakan tetapi tidak terlalu banyak, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah banyak muncul. Karakter utama akan bereinkarnasi atau memiliki tubuh sesuatu yang sangat menakutkan dengan potensi pertumbuhan yang sangat kuat. Contoh bagus termasuk Overlord, Re:Monster dan So I'm A Spider, So What?.

Tentu saja, akan lalai untuk tidak menyebutkan Rimuru Tempest “super slime” dengan kemampuannya yang seperti dewa, meskipun pada awalnya adalah makhluk yang lemah. Belum lagi serial lain yang tak terhitung jumlahnya yang mengubah karakter utama menjadi… anjing, phoenix, atau pedang yang bisa berbicara.

Jadi mengapa ide ini menjadi begitu populer?

Ide ini populer karena sangat sesuai dengan selera pemirsa. Isekai memungkinkan karakter untuk berkembang pesat dalam hal kekuatan, jadi bereinkarnasi menjadi sesuatu yang lemah tetapi dengan potensi adalah ide yang sangat bisa diterima. Selain itu, isekai sebagian besar berlatar dunia fantasi, jadi transformasi karakter utama menjadi sesuatu yang bukan manusia juga tampaknya agak masuk akal dan sesuai dengan logika.

5. Awalnya master dan slave, bukan kawan

Ini adalah salah satu elemen yang familiar dan juga cukup buruk di isekai, karena penulis cerita sering “terobsesi” dengan harus membangun detail ini. Sering kali, karakter utama secara tidak sengaja atau sengaja menjadi tuan dari budak tertentu. Tidak hanya muncul di seri isekai dengan tema aneh, tetapi juga seri paling populer dengan elemen ini. The Rising of the Shield Hero adalah contoh terbaik.

Jadi mengapa ide ini menjadi begitu populer?

Ada banyak kemungkinan penjelasan untuk ini, tetapi hanya sedikit yang memuaskan dan masuk akal. Sederhananya, ini adalah elemen “layanan penggemar” untuk menarik penggemar atau cara praktis untuk menerapkan ide bagi penulis. Memiliki budak membantu karakter utama tidak kehilangan waktu untuk membangun posisinya dengan semua orang di sekitarnya. Sebaliknya, dia hanya membiarkan budaknya berperilaku seperti orang normal di masyarakat, dan hanya itu.

Ini juga merupakan cara praktis untuk menambahkan unsur romansa ke dalam cerita, jalan pintas untuk membangun pemeran utama, dan cara termudah untuk menciptakan hubungan saling percaya antara dua karakter. Meskipun banyak serial yang tidak secara langsung merujuk pada unsur “perbudakan”, namun pada titik tertentu penonton dapat dengan mudah mengenalinya.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Daftar Anime

Daftar Anime Genre Drama Di Musim Gugur 2021

Published

on

Gwigwi.com – Genre drama pada anime memang tidak sebanyak genre lainnya seperti Isekai. Meskipun begitu, para fans tetap bisa menikmati anime dengan genre tersebut di musim ini dengan kualitas yang tidak kalah bagusnya dengan genre lainnya. Bahkan beberapa anime genre drama ini sudah lama dinantikan olehpenggemar manganya.

Maaf Anda Melihat Iklan

Nah, untuk Anda yang penasaran apa saja anime genre drama yang tayang di musim gugur 2021, simak ulasannya di bawah ini.

1. Blue Period

Blue Period mengisahkan tentang Yatora Yaguchi yang merupakan siswa SMA tahun kedua yang memiliki nilai sempurna dan selalu nongkrong dengan teman-temannya. Meskipun hidupnya seperti sudah sempurna, namun dia merasa ada yang hilang di dalam dirinya.

Suatu hari saat Yatora berada di ruang seni, sebuah lukisan tunggal menarik perhatiannya dan dia pun terpikat sampai akhirnya menyadari kalau seni merupakan bahasa tanpa kata-kata. Yatora pun mulai menyukai karya seni dan melalui hal itu, dia dapat mengekspresikan perasaannya untuk pertama kalinya.

 

2. Tsuki to Laika to Nosferatu

Anime satu ini mengisahkan tentang astronot pertama yang berasal dari ras vampir. Setelah terjadinya perang dunia besar-besaran, bumi dibagi menjadi dua negara besar, yakni Republik  Zirnitra di daerah timur dan Britania raya Arnack di barat. Kedua negara tersebut bersaing untuk menjadi negara pertama yang dapat mendominasi ruang angkasa.

Sekitar tahun 1960, pemimpin Republik bernama Hergiev mengumumkan adanya proyek luar angkasa bernama Mechtat (Dream). Proyek tersebut jika berhasil maka bisa jadi yang pertama mengirim manusia ke luar angkasa.

Di saat yang sama, Lev Leps, sang kandidat astronot pengganti diperintahkan untuk mengerjakam rahasia “Proyek Nosferatu”, yakni eksperimen mengirimkan vampir ke luar angkasa sebelum manusia. Lev pun ditugaskan memantau dan juga melatih sang subjek tes bernama Irina Liminesk.

 

3. Ousama Ranking

Anime terakhir berjudul Ousama Ranking dan menceritakan seorang raja yang hanya dinilai berdasarkan kesuburan tanahnya, jumlah pasukan, dan sebera kuat dirinya sebagai manusia. Bojji sang tokoh utama merupakan anak pertama dari Kerajaan Boss dan saat ini memegang tempat ke-7 di peringkat Raja.

Meskipun dia seorang pangeran, Bojji tidak bisa mendengar dan juga tidak memiliki keahlian dalam berpedang. Hal itu membuat para pengikut dan bahkan warganya mencemooh dirinya karena dianggap tidak layak sebagai raja. Teman masa kecil Bojji bernama Kage akan menjadi pemicu Bojji dan mengubah hidupnya.

 

Demikian beberapa anime yang memiliki genre drama di musim gugur 2021. Semoga artikel ini bermanfaat.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Daftar Anime

Daftar Anime Genre Slice Of Life di Musim Gugur 2021

Published

on

Gwigwi.com – Anime dengan genre Slice Of Life masih muncul di musim gugur 2021. Meskipun secara antusias tidak begitu tinggi dengan anime lainnya, namun anime baru di genre Slice of Life tetap menjadi salah satu pilihan untuk para fans.

Maaf Anda Melihat Iklan

Untuk Anda yang mencari anime Slice of Life di musim gugur 2021, silakan simak ulasannya di bawah ini.

1. Deji Meets Girl

Kisah Deji Meets Girl berlokasi di Okinawa dan berada di masa musim panas “Deji”. Perlu Anda ketahui bahwa maksud Deji ini merupakan dialek Okinawa untuk menunjukan suatu “masalah” atau bisa juga “insiden”. Seorang gadis SMA bernama Maise Higa menghabiskan musim panas di sana dan sedang bermalas-malasan membantu keluarganya yang bekerja sebagai pemilik penginapan.

Pada suatu hari, ada seorang tamu yang berasal dari Tokyo  dan dia merupakan seorang pria yang ceria bernama Ichiro Suzuki. Sejak kedatangan Suzuki, banyak hal aneh yang terjadi di hotel tersebut seperti ikan berenang di sekitar kamar, pohon beringin ukuran raksasa yang menembus langit, dan berbagai peristiwa aneh lainnya.

 

2. Yakunara Mug Cup mo: Niban Gama

Anime ini adalah season kedua Yakunara Mug Cup. Menceritakan tentang Himeno Toyokawa dan ayahnya yang berhenti bekerja dan memilih pindah ke kampung halaman almarhum ibunya di Takami City, Perfektur Gifu. Himeno pun sekolah di tempat ibunya dulu dan menemukan teman baru bernama Mika Kukuri. Mika juga mengajak Himeno ke sebuah klub sekolah tentang pembuatan keramik dan di sana juga Himeno mengetahui kalau ibunya merupakan pembuat keramik legendaris.

Baca Juga:  Daftar Anime Genre Isekai Musim Gugur 2021

Mika merupakan ketua klub keramik dan di sana juga terdapat anggota lain dengan sifat unik. Di sinilah Himeno akan belajar bagaimana membuat keramik terbaik seperti yang dilakukan ibunya dulu.

 

3. 180 Byou de Kimi no Mimi wo Shiawase ni Dekiru ka?

Anime ini menggunakan sudut pandang penonton sebagai karakter utama (seperti anime One Room, atau Getsuyoubi no Tawawa). Kisahnya sendiri ada siswa SMA bernama Akari Sawake yang memiliki julukan Gekko-chan. Dia membeli mikrofon berkepala boneka dan siap terjun ke dunia ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response). Di sini sang tokoh utama atau kitas sebagai penonton berperan sebagai teman masa kecilnya yang membantu Akari melakukan ASMR.

Selain Akari, ada juga karakter lain seperti adiknya Akari bernama Hikari dan juga ibunya bernama Sudoku yang juga ingin melakukan ASMR.

Demikian beberapa anime Genre Slice of Life di musim Gugur 2021. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x