Connect with us

Gaming

Review Game Shin Megami Tensei V: Vengeance, Kembali untuk Balas Dendam

Published

on

Review Smt Vv

www.gwigwi.com – Tahun 2024 terus menjadi tahun yang baik untuk para Gamers dan bulan Juni bukanlah pengecualian. Kali ini, Gia akan review pengeluaran terbaru dari kedua produser Game terbesar di Jepang, yaitu Atlus dan Sega. Game tersebut adalah Shin Megami Tensei V: Vengeance. Seri Shin Megami Tensei merupakan seri utama milik Atlus yang sudah dirilis dari tahun 1987 dan merupakan salah satu game terpopuler milik Atlus yang telah diluncurkan dalam berbagai jenis Platform.

Sesuai dengan judulnya, Shin Megami Tensei V: Vengeance, merupakan keluaran ke-5 dalam seri mainline Megami Tensei dan adalah versi Definitive. Awal dirilis eksklusif untuk Nintendo Switch pada tahun 2021, kali ini muncul dengan lebih banyak konten dan juga peningkatan dari versi orisinil nya.

Review Shin megami tensei v 1

Disclaimer: Seluruh gambar yang ditampilkan diambil dari versi PC Shin Megami Tensei V: Vengeance

Sinopsis

Game ini menceritakan seorang murid sekolah SMA yang secara tidak sengaja terjerat dalam perang antara para Malaikat dan Iblis di dunia lain yang dikenal sebagai Da’at. Diselamatkan oleh sebuah entitas bernama Aogami, bersamanya kalian bergabung untuk menjadi Nahobino dan mendapatkan kekuatan untuk bisa menjelajahi Da’at. Bersama beragam karakter yang akan kalian temui dalam perjalanan, tuntaskan konflik yang terjadi dalam dunia lain tersebut.

Review Shin Megami Tensei V 2

Gameplay

Bagi kalian yang sudah tidak asing dengan gim yang dirilis oleh Atlus, Shin Megami Tensei V: Vengeance juga mengadopsi sistem Turn-Based dalam pertarungannya. Dikenal sebagai sistem Press Turn, setiap pertarungan kalian akan diberikan sejumlah Action sesuai dengan jumlah anggota yang kalian bawa di party dengan maksimum sebanyak 4 Action. Selayaknya musuh juga hanya akan mendapatkan action sejumlah banyaknya anggota di sisi musuh.

Review Shin Megami Tensei V 3

Mulai disinilah seri Shin Megami Tensei mulai membedakan dirinya dari seri Persona, seri populer lain milik Atlus yang juga menggunakan sistem Turn-Based yang dinamakan One More. Setiap aksi yang kalian lakukan akan menggunakan sebuah Action dan seperti Persona, apabila kalian berhasil mengeksploitasi kelemahan musuh atau mendapatkan Critical, kalian akan mendapatkan tambahan Action seperti sistem One More Persona. Namun apabila serangan kalian dihindari musuh, atau serangan tersebut diblokir oleh musuh, Action kalian akan berkurang satu lagi, jadi Action yang hilang berjumlah dua dan artinya apa yang bisa dilakukan di giliran kalian menjadi semakin terbatas.

Review Shin Megami Tensei V 4

Selama memainkan seri Shin Megami Tensei, Gia selalu merasa kalau setiap aksi yang kita lakukan sangatlah bermakna. Karena hanya dengan satu aksi kecil yang salah saja, bisa berakibat sangat fatal dan bisa saja langsung mengarah ke layar Game Over.

Di luar pertarungan, kalian akan menjelajahi Da’at dan seperti gim RPG lainnya, akan dipenuhi oleh musuh dan juga harta karun. Dunia Da’at sangatlah luas dan mungkin terkadang terasa sepi, namun jika kalian seperti Gia, hanyalah akan membuat semakin penasaran dan ingin menjelajahi tiap sudut dari dunia-nya.

Review Shin Megami Tensei V 5

Review Shin Megami Tensei V 6

Review Shin Megami Tensei V 8

Iblis atau Malaikat? Kenapa tidak keduanya?

Jika dalam seri Persona, dengan seiring jalannya anggota party kita akan semakin bertambah, bermain seri Shin Megami Tensei bisa disamakan dengan sebuah seri populer lainnya yakni Pokemon. Dalam perjalanan kalian menjelajahi Da’at, semua iblis dan malaikat yang kalian temui dan lawan, bisa kalian persuasi untuk bergabung dengan kalian.

Kalau sebelumnya kalian sudah pernah memainkan Persona 5, sistem ini akan terasa sangat familiar dikarenakan kita harus mencoba untuk berteman dengan iblis atau malaikat yang ingin kita ajak untuk bergabung. Jika berhasil, maka musuh yang baru saja berteman dengan kalian akan menjadi anggota party dan dapat ikut bertarung bersama.

Review Shin Megami Tensei V 9

Baru selalu lebih baik

Sebuah fitur pokok dalam seri Atlus adalah sistem Fusion yang menggabungkan 2 atau lebih Demon / Persona untuk melahirkan sesuatu yang baru dan lebih kuat. Game ini pun juga memiliki fitur tersebut dan dengan banyaknya iblis dan malaikat yang bisa kalian ajak untuk bergabung dalam dunia Da’at, pastinya akan membuat perjalanan kalian lebih mudah dan bisa Gia pastikan kalau kalian akan membutuhkan sistem ini untuk melawan musuh-musuh tangguh yang menghalangi jalan kalian.

Review Shin Megami Tensei V 9

Review Shin Megami Tensei V 10

Shin Megami Tensei V: Vengeance memiliki lebih dari 200 jenis Demon yang bisa kalian temui dan pastinya dari jumlah yang sebanyak itu, pasti akan ada favorit kalian. Fitur Skill Card yang hadir dalam seri Persona, dikenal sebagai Essence di game ini dan berfungsi untuk mewariskan Skill kepada Demon yang diinginkan. Jadi kalian juga bisa membawa Demon yang kalian temui dari awal game hingga akhir perjalanan jika kalian inginkan.

Review Shin Megami Tensei V 11

Review Shin Megami Tensei V 12

Sisi Gelap datang mendekati

Dan apa sebenarnya yang membedakan versi Vengeance dengan versi orisinil Shin Megami Tensei V sebelumnya? Perbedaan utamanya adalah terdapat sebuah kisah terbaru yang sangat berbeda dari kisah utama sebelumnya. Dinamakan Canon of Vengeance, rute terbaru ini merupakan kisah yang memiliki awal yang sama namun akan menyimpang di sekitar pertengahan.

Datangnya sosok gadis misterius bernama Yoko Hiromine dan munculnya sebuah organisasi iblis misterius bernama Qadištu, apa sebenarnya tujuan kedua belah pihak ini? Dan apakah hidup kalian yang sudah berubah drastis tersebut akan semakin dipengaruhi oleh kedua pihak yang tiba-tiba memunculkan diri tersebut?

Review Shin Megami Tensei V 13

Jangan khawatir jika kalian tidak pernah memainkan seri Shin Megami Tensei V yang sebelumnya karena dalam edisi Definitive ini, kisah orisinil tersebut juga dapat kalian nikmati dan rasakan sepenuhnya. Dinamakan Canon of Creation, rute ini sangat disarankan untuk dimainkan terlebih dahulu oleh kalian yang belum pernah memainkan seri ini sebelumnya.

Dilengkapi dengan beragam perubahan Quality of Life, kalian yang sudah memainkan seri ini sebelumnya pun juga tidak akan menyesal memainkannya kembali. Salah satu contohnya adalah area dimana kalian bisa berbicara dengan para Demon yang bergabung dengan kalian.

Review Shin Megami Tensei V 14

Impresi Akhir

Sebagai seseorang yang sebelumnya sudah memainkan Shin Megami Tensei V di Nintendo Switch, Gia dengan penuh percaya diri bisa mengatakan kalau versi Vengeance wajib dimainkan untuk para penggemar seri dari Atlus dan juga para penggemar Shin Megami Tensei.

Sistem Press Turn sangatlah intuitif dan sering sekali memaksa kita untuk berpikir aksi yang cocok untuk melewati masalah yang dihadapi. Seluruh aksi yang kita lakukan dalam pertarungan memiliki konsekuensi yang berat dan jika kita terlalu percaya diri, musuh terkecil pun bisa saja menjadi akhir dari perjalanan sang protagonis.

Nah, Gia memainkan ini dengan difficulty Normal, dan selama Gia memainkan ini, Gia sudah sering kali dijegal oleh para area boss baik mini boss maupun story boss yang muncul. Dan pastinya Gia juga sering melihat layar Game Over dan harus mengulang pertarungan boss tersebut. Grinding merupakan esensi utama game ini namun jika kalian memainkannya dengan pintar, seperti mengatur anggota party kalian dengan Skill yang sesuai, level yang kecil bukanlah sebuah halangan.

Secara keseluruhan, Shin Megami Tensei V: Vengeance adalah RPG yang sangat solid dengan waktu bermain yang cukup lama dimana satu rute memerlukan sekitar 80 jam untuk bisa ditamatkan. Campuran antara strategi dan juga party management yang baik membuat game ini sangat cocok untuk para pemain yang sangat suka untuk bereksperimen dengan beragam kombinasi. Dan dengan lebih dari 200 Demon yang bisa dikumpulkan, memberikan kebebasan bagi pemain untuk bereksperimen sepuas hati mereka.

Shin Megami Tensei V: Vengeance sudah dapat dimainkan per tanggal 14 Juni 2024 dan tersedia untuk Nintendo Switch, Playstation 4, Playstation 5, XBox Series X, Xbox Series S, Xbox One, dan Steam.

Advertisement

Esports

VALORANT Challengers 2024 Indonesia: Split 2 Playoff Akan Berlangsung LAN Mall Taman Anggrek Nanti

Published

on

Auto Draft

www.gwigwi.com – VALORANT Challengers 2024 Indonesia: Split 2 playoff nanti secara LAN, untuk playoff nantinya tersebut akan berlangsung pada lokasi MALL Taman Anggrek yang dimana juga pada tahun 2023 kemarin tersebut menjadi lokasi playoff penentuan untuk tim mana menjadi wakil Indonesia pada turnamen Valorant Ascension Asia Pasifik nantinya tersebut.

Yang dimana tim akan bertanding nantinya tersebut pada turnamen Valorant Ascension Asia Pasifik, juga bertanding Kembali pada babak grup untuk melihat dan menjadi penentuan untuk para tim bertanding di liga lebih besar nantinya.

Terlebih lagi untuk tim lolos babak Ascension ini merupakan Bleed Esport pada tahun 2023 kemarin, yang dimana menjadi pemain pada turnamen Valorant Pasifik League 2024 tahun ini tersebut dan juga belum mendapatkan hasil sempurna menuju babak playoff tersebut.

Dan juga akan segera berlangsung pada tanggal 24 Juli 2024 nanti sampai tanggal 28 Juli 2024 nanti, yang dimana tim bertanding tersebut ada 6 tim yaitu BOOM Esports, ARF Team, Alter Ego, The Hero DETA, Bigetron Arctic, dan Cynical pada playoff nantinya tersebut.

Serta 2 tim lainnya yaitu Le Crapaud dan DIS Esports harus tersingkir dengan posisi 8 dan 7 tersebut, mendapatkan hadiah sebesar 500 dollar atau sekitar 8 juta rupiah untuk hadiah turnamen Valorant Challengers 2024 Indonesia: Split 2 terakhir ini tersebut.

Continue Reading

Esports

Keyd Stars Membantai Tanpa Ampun Kagendra Pada Honor of Kings Invitational 2024 Season 2

Published

on

Keyd Stars Membantai Tanpa Ampun Kagendra Pada Honor Of Kings Invitational 2024 Season 2

www.gwigwi.com – Pada pertandingan Honor of Kings Invitational 2024 Season 2, yang dimana tim perwakilan Indonesia yaitu Kagendra kini berhadapan dengan tim Keyd Stars yang berasal dari Brazil tersebut akan tetapi harus mengalami kekalahan yaitu terbantai dengan skor 3 – 0.

Yang dimana membuat dirinya harus pulang lebih awal tanpa harus bisa memberikan yang terbaik untuk perwakilan Indonesia tersebut, kini mereka harus memberikan yang terbaik pada pertandingan menanti mereka yaitu Honor of Kings Invitational Midseason 2024.

Pada bulan Agustus 2024 nanti, yang dimana diadakan kurang lebih selama 4 hari tersebut, yang dimana untuk merebutkan tiket Invitational Championship 2024, akan segera digelar pada bulan Oktober 2024 nantinya.

Yang dimana pada pertandingan Honor of Kings Invitational Midseason 2024 nanti tersebut, akan berisikan para pemain dari masing – masing regional dan juga para tim yang saat itu kurang beruntung pada pertandingan Invitational Series 2024 Season 2 tersebut.

Serta kini tim Kagendra hanya membawa uang tunai hadiah sebanyak 15.000 dollar Amerika atau sekitar 243 juta rupiah tersebut, yang dimana kini para tim harus memikirkan strategi terbaik untuk mereka pada nantinya tersebut.

Continue Reading

Mobile Gaming

Honor of Kings Akan Segera Melakukan Kolaborasi Dengan Seri Saint Seiya

Published

on

Honor Of Kings Akan Segera Melakukan Kolaborasi Dengan Seri Saint Seiya

www.gwigwi.com – Yang dimana pihak Honor of Kings kembali mengumukan,untuk skins hero mendapatkan kolaborasinya tersebut pada sebelumnya merupakan Hello Kitty pada saat ini yaitu dari pihak Saint Seiya yang dimana hero Hou Yi dan Zhang Liang dipilih untuk skins limited edition kolaborasi ini.

Serta untuk Hou Yi dan Zhang Liang Gold Sagittarius akan dihargai sekitar 1350 token, dan pada minggu kedua akan dihargai sekitar 1688 token tersebut kemungkinan sekitar kurang lebih Rp.275.000.

Para pemain sudah bisa mendapatkan skins limited edition ini, yang dimana juga para pemain tidak perlu melakukan top-up karena para pemain bisa mendapatkan token gratis dengan cara system partner yang ditwarkan oleh pihak Honor Of Kings.

Honor Of Kings Akan Segera Melakukan Kolaborasi Dengan Seri Saint Seiya

Serta para pemain juga bisa mendapatkan berbagai macam item menarik lainnya, pada sistem partnership tersebut dan hanya untuk para pemain sudah mencapai rank Diamond agar bisa mengaktifkan sistem ini tersebut.

Skins kolaborasi ini akan hadir pada tanggal 6 Juli sampai tanggal 12 Juli untuk minggu pertama untuk harga 1350 token, dan 13 Juli sampai 31 Agustus 2024 untuk minggu keduanya tersebut dengan harga 1688 token.  

Continue Reading

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending