Connect with us

Gaming

Rencana Pemblokiran 15 Game Online, Tepat atau Salah Sasaran?

Published

on

GwiGwi.com – Rekomendasi pemblokiran 15 judul game online oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengundang perdebatan. Sebagian pihak menyambut baik rekomendasi tersebut. Tidak sedikit pula yang menentang habis-habisan wacana pemblokiran itu.

Maaf Anda Melihat Iklan

Ke-15 game yang dimaksud adalah World of Warcraft, Grand Theft Auto, Call of Duty, Point Blank, Cross Fire, War Rock, Counter-Strike, Mortal Kombat, Future Cop, Carmageddon, ShellShock, Rising Force, Atlantica, Confict Vienam, dan Bully.

Reaksi penolakan itu pun cukup keras. Sampai-sampai, sekelompok hacker sampai nekat mengubah tampilan laman (deface) situs milik KPAI. Disinyalir, tindakan di dunia maya tersebut merupakan bentuk protes atas rekomendasi tersebut.

Atas perdebatan itu, menarik untuk diketahui, sebenarnya apakah pemblokiran merupakan keputusan yang tepat?

Tentu saja hal itu masih belum diketahui. Pasalnya, KPAI baru memberikan rekomendasi. Pihak pemerintah sendiri belum menjalankan pemblokiran tersebut.

Jika boleh berandai-andai, pemblokiran game online sepertinya tidak akan terlalu efektif. Apalagi untuk tujuan menghindarkan anak-anak dari konten berbau kekerasan.

Anak di bawah umur masih saja bisa terpapar dengan konten tersebut dari mana saja. Melalui tayangan di televisi, contohnya.

Di luar ke-15 judul game itu juga masih ada ratusan hingga ribuan judul game yang mengandung kekerasan.

Meskipun begitu, pemblokiran setidaknya masih bisa meminimalisir konsumsi konten kekerasan melalui sebuah media bernama game. Media yang satu ini sendiri memang memiliki image yang begitu melekat di kalangan anak-anak. Bisa dikatakan, sebagian besar kalangan anak pasti gemar bermain game.

Orangtua harus mengawasi

Lantas, cara apa yang paling efektif ditempuh? Orangtua, merupakan jawaban dari pertanyaan tersebut. Ya, orangtua harus berperan aktif untuk memantau atau mengawasi permainan dari si anak.

Jangan melarang anak untuk bermain game. Pasalnya, ada banyak segi positif yang bisa diraih melalui game, seperti meningkatnya koordinasi mata dan tangan, meningkatkan kemampuan belajar, hingga mengurangi rasa stres.

Di beberapa waktu, anak-anak tentunya masih bisa saja lepas dari pengawasan orangtua. Bisa saja, si anak memilih bermain di warung internet (warnet).

Menyikapi hal tersebut, ada baiknya orangtua banyak memberikan pengertian untuk tidak bermain sembarang game. Komunikasi yang baik antara anak dan orangtua merupakan salah satu kunci terbaik untuk masalah ini.

Baca Juga:  Game horor survival open world 'Wronged Us' diumumkan untuk konsol dan PC

Rating game

Nah, bagi kalangan orangtua sendiri, sebenarnya ada cara mudah untuk menentukan game yang cocok bagi kalangan anak. Cara tersebut adalah dengan memantau rating game.

Apa sebenarnya rating game itu? Beberapa negara di luar Indonesia, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan negara-negara Eropa, sebenarnya sudah memiliki lembaga rating game sendiri-sendiri. Lembaga tersebut bertugas untuk menentukan acuan batasan umur dari sebuah game.

Lembaga rating game di AS dinamakan Entertainment Software Rating Board (ESRB), Jepang dinamakan Computer Entertainment Rating Organization (CERO), dan Eropa dinamakan Pan European Game Information (PEGI).

Ketiganya memiliki rating masing-masing. Meskipun begitu, rating itu tidaklah terlalu begitu berbeda.

Sebagai contoh, ESRB memiliki rating eC atau Early Childhood untuk anak di bawah 5 tahun; E atau Everyone untuk semua umur; dan Ao untuk Adults only 18+ untuk pemain di atas 18 tahun.

Sementara itu, CERO punya rating CERO A untuk semua umur, CERO B untuk 12 tahun ke atas, CERO C untuk 15 tahun ke atas, dan CERO Z untuk 18 tahun ke atas.

Beberapa rating juga memiliki deskripsi untuk menjelaskan konten game, seperti kekerasan, kata kasar, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri, saat ini pihak pemerintah sedang menggodok aturan mengenai rating game tersebut.

Dengan sistem rating tersebut, orangtua dapat melihat apakah konten yang ada cocok untuk dikonsumsi atau tidak bagi sang buah hati.

Sebagai contoh, jangan membiarkan anak-anak untuk bermain game dengan rating Ao karena itu khusus untuk orang berusia di atas 18 tahun.

Akan tetapi, satu hal yang harus diingat, rating game tersebut hanya berupa acuan saja alias tidak mengikat sama sekali. Rating tersebut hanya bertugas sebagai peringatan saja.

Itu artinya, bagi orangtua tetap bebas membelikan game dengan rating apapun untuk sang anak. Tentunya, jika orangtua sudah memahami tanggung jawab dan konsekuensi di balik keputusannya.

Jadi, jika jadi terlaksana, apakah pemblokiran dapat membantu mengurangi paparan konten kekerasan? Bisa iya, bisa saja tidak. Namun, satu hal yang pasti, peran orangtua sangat diperlukan untuk masalah ini. Sebaiknya cermat dalam mengawasi game yang dimainkan si anak dan paham isi game tersebut melalui rating yang ada sebelum memberikannya.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
1 Comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
disqus_xTtqi7tleB
disqus_xTtqi7tleB
5 years ago

Ironis…mereka ingin memblokir beberapa game yg modusnya malah membawa dampak negatif, tapi bagaimana dengan sinetron2 rongsokan yg hampir beredar di tiap chanel…apakah itu di larang? tidak kan
Sungguh amat Ironis di Indonesia
Sebenarnya Itu balik lagi ke orang tua yg mesti mendidiknya bukan malah menutup bisnis orang…emang dia pikir semuanya malah membawa negatif…
Amat Ironis dengan rekomendasinya…gw benar2 kecewa, malah ingin memblock kesenangan orang…tidak memikirkan yg lainnya…hanya memandang sisi negatifnya saja…
Kalo mau blokir tuh Sinetron yg amat merajalela bukan cuma meracuni anak2, tapi segala Usia
PERSETAN!!!

Gaming

“Koleksi Pokémonku”, Berburu Merchandise & Kartu Pokémon Warna Emas di Indomaret Mulai 15 Desember 2021!

Published

on

By

The Pokémon Company melalui AKG Games di Indonesia segera merayakan program kemitraan terbaru bersama Indomaret melalui acara-acara yang akan hadir selama 3 bulan mulai dari 15 Desember 2021 hingga 15 Maret 2022. Acara perayaan kali ini yang bertajuk “Koleksi Pokémonku” adalah bagian dari program kemitraan baru oleh AKG Games, Indomaret dan The Pokémon Company yang telah mendukung aksesibilitas permainan Pokémon Game Kartu Koleksi serta kedatangan baru Merchandise Resmi Pokémon di lebih dari 19.000 gerai Indomaret di seluruh Indonesia.

Maaf Anda Melihat Iklan

“Koleksi Pokémonku yang diadakan bersamaan dengan perilisan Booster Pack Koleksi Perayaan 25 Tahun Pokémon Game Kartu Koleksi ini menjadi pembuka kesempatan untuk semua masyarakat Indonesia agar dapat mengakses dan berbelanja merchandise resmi Pokémon dengan lebih mudah dan dengan harga yang terjangkau di Indomaret”Adrian Alpin, GM AKG Games.

Merchandise Resmi Pokémon di Indomaret Acara kali ini akan menjadi babak baru kemitraan AKG Games sebagai perwakilan The Pokémon Company di Indonesia bersama dengan Indomaret untuk menjadi distributor resmi merchandise Pokémon yang akan segera hadir di bulan Desember 2021. Penggemar, anggota komunitas dan masyarakat segera dapat berbelanja aneka pernak-pernik bertema Pokémon mulai dari Mug, Gantungan Kunci, Koin Pouch, Masker Kain, Payung, dan Tote Bag mulai dari Rp 20.000,- yang tersedia di Indomaret seluruh Indonesia*.

Merchandise Resmi Pokémon di Indomaret

Koleksi Kartu Pokémon – Selama 3 bulan mulai dari 15 Desember 2021 akan ada bonus belanja di Indomaret berupa kartu promo dari Pokémon Game Kartu Koleksi dan kartu kolaborasi dengan Pokémon GO, kartu Penelitian Profesor: Profesor Willow. Untuk mendapatkannya, pelanggan Indomaret cukup membeli Merchandise Resmi Pokémon seharga Rp 30.000,- atau produk Private Labels Indomaret seharga Rp 50.000,- dan langsung berhadiah 1 dari kartu-kartu tersebut. Produk private label termasuk: Indomaret Minuman Lemon, Teh, Air Minum Oksi, Coconut Water, Cashew Milk, dan/atau Indomaret Masker All Item.

Ke-5 kartu yang bisa didapatkan

Sebanyak 1.000 pelanggan yang berhasil mengoleksi ke-4 kartu promo dari Pokémon Game Kartu Koleksi dan 1 kartu Penelitian Profesor: Profesor Willow tersebut dan mengikuti #KoleksiPokemonku Challenge di TikTok, akan mendapatkan kesempatan memenangkan Grand Prize Kartu Pikachu V dan Bola Pokémon Warna Emas Edisi Perayaan 25 Tahun Pokémon Game Kartu Koleksi dan banyak hadiah lainnya. Detail mengenai promo ini akan diumumkan di Situs Peringatan Perayaan 25 Tahun Pokémon Game Kartu Koleksi ( https://card25th.portal-pokemon.com/id/ ). Promo ini akan berlangsung mulai dari 15 Desember 2021 hingga 28 Februari 2022 dan pemenang akan diumumkan pada 15 Maret 2022.

Baca Juga:  Garfield Hadir Sebagai DLC Gratis 'Nickelodeon All-Star Brawl'

Pikachu V dan Bola Pokémon Warna Emas
Edisi Perayaan 25 Tahun Pokémon Game Kartu Koleksi

Kolaborasi Indomaret & Pokémon GO Ikut meramaikan acara kali ini, Pokéstop dari permainan mobile Pokémon GO juga bertambah sebanyak +/- 12.000 titik sebagai program kolaborasi Pokémon GO dan Indomaret! Trainers Pokémon GO kini bisa menemukan Pokéstop hampir di setiap gerai Indomaret seluruh Indonesia.

Booster Pack & Pack Kartu Promo Perayaan 25 Tahun – Bersamaan dengan dirilisnya promosi ini, akan dirilis juga Booster Pack Koleksi Perayaan 25 Tahun yang berisi 5 kartu hologram acak. Selain itu, untuk setiap pembelian 4 Booster Pack atau 1 Starter Deck apapun di Indomaret, dapatkan langsung 1 Pack Kartu Promo Perayaan 25 Tahun yang berisi banyak kartu-kartu lama yang telah dicetak ulang dengan logo khusus Perayaan 25 Tahun.

Ditambah lagi, sampai akhir Februari 2022, setiap pembelian 1 produk Pokémon Game Kartu Koleksi (Booster Pack atau Starter Deck) apapun dari Seri Pedang & Perisai di Indomaret, akan berhadiah 1 produk yang sama dari Seri Matahari dan Bulan. Kesempatan yang bagus untuk melengkapi koleksi Pokémon Game Kartu Koleksi kalian!

Beberapa kartu dari Booster Pack Koleksi Perayaan 25 Tahun

Beberapa kartu dari Pack Kartu Promo Perayaan 25 Tahun

Selain promo-promo di atas, akan ada event-event menarik lainnya terutama untuk para Trainers Pokémon Game Kartu Koleksi dan Pokémon GO di bulan Desember ini. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Instagram resmi Pokémon Indonesia di @Pokemonofficial.id atau situs resmi Pokémon Game Kartu Koleksi Indonesia ( id.portal-pokemon.com/card/ ).

E-COMMERCE MODERN RETAIL GAME STORE LOKAL & INDOMARET
●       Tokopedia

●       Klik Indomaret

●       Shopee

●       Blibli

●       GS Shop

●       Toys Kingdom

●       Gunung Agung

●       Gramedia

●       Central

●       Metro

Jakarta, Bekasi, Tangerang, Surabaya, Solo, Jogja, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Palembang, Medan, Batam, Bali, Samarinda, dan masih banyak lagi.

 

Kunjungi kanal media sosial Pokémon Indonesia untuk berita terkini, promo, komunitas dan giveaway dari Pokémon Indonesia!

Kanal Media Sosial:

Instagram: https://www.instagram.com/pokemonofficial.id

Facebook: https://www.facebook.com/Pokemon.TCG.Official.Indonesia/

YouTube: https://www.youtube.com/pokemonindonesia

Website: https://id.portal-pokemon.com/card/

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

Serious Sam 4 kini tersedia untuk PS5 dan Xbox Series

Published

on

GwiGwi.com – Penerbit Devolver Digital dan pengembang Croteam telah merilis Serious Sam 4 untuk PlayStation 5 dan Xbox Series seharga $ 39,99. Game ini juga tersedia melalui Xbox Game Pass untuk Konsol dan PC.

Maaf Anda Melihat Iklan

 

Serious Sam 4 pertama kali diluncurkan untuk PC melalui Steam dan Stadia pada 24 September 2020. Versi konsol belum diumumkan secara resmi.

Sumber: Gematsu

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Gaming

‘Tales of Crestoria’ akan mengakhiri layanan pada 7 Februari 2022

Published

on

GwiGwi.com – Bandai Namco akan mengakhiri layanan Tales of Crestoria pada 6 Februari 2022 pukul 21:00 PT / 7 Februari pukul 12:00 ET.

Maaf Anda Melihat Iklan

 

Tales of Crestoria diluncurkan untuk iOS melalui App Store dan Android melalui Google Play di seluruh dunia pada 16 Juli 2020.

Berikut adalah pemberitahuan lengkap dari Bandai Namco tentang penutupannya:

Baca Juga:  Game 'Gundam: UC Engage' Rilis Trailer Anime 'Nightmare of Solomon' di Jepang

Kami menyesal mengumumkan penutupan Tales of Crestoria.

Terima kasih semua atas dukungan Anda dan kami harap Anda menikmati bermain.

Kami akan tetap membuka server hingga 7 Februari 2022 pukul 14:00 JST, jadi silakan terus nikmati Tales of Crestoria hingga akhir.

Semua item dapat digunakan hingga hari terakhir, jadi jika Anda memiliki item atau Gleamstone di akun Anda, harap gunakan sebelum 7 Februari 2022.

Juga, mulai hari ini, kami menonaktifkan pembelian Gleamstones.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan periksa pengumuman dalam game.

*Layanan waktu yang tepat tidak akan lagi tersedia dapat bervariasi tergantung pada wilayah Anda.

Sumber: Gematsu

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x