Connect with us

Event

Persiapkan Diri Kalian untuk Comiket Dengan Berbagai Tips Berikut

Published

on

GwiGwi.com – Gwiple pasti mengenal sebuah event dengan nama Comiket pastinya kan. Ya, Event Gathering terbesar di Jepang yang terdiri dari para Circle Doujinshi itulah yang dinamakan Comiket dan pastinya jika ingin kesana harus mempersiapkan berbagai banyak hal. Apalagi bagi pengunjung yang baru pertama kali kesana dan belum mengenal keramaian dan juga perjuangan yang harus dilalui untuk memasuki Comiket. Tapi jangan khawatir karena untuk mengantisipasikan Comiket yang akan diadakan yaitu Summer Comiket pada bulan Agustus, berbagai pengguna Twitter di Jepang telah membuat sebuah Hashtag dengan nama “#誰も教えてくれないコミケの常識” (Pengetahuan sederhana mengenai Comiket yang tidak pernah diberitahukan kepada kalian) untuk membantu kalian sebelum memasuki Comiket. Dan hal ini tidak hanya untuk Comiket saja, berbagai saran ini juga bisa diaplikasikan ke berbagai event lainnya seperti Comifuro atau AFAID nanti.

comiket1 - gwigwi

Seorang pengguna Twitter dengan ID @psycoronet_HQ sangat menekankan bahwa tidak ada pelanggan di Comiket. “Semua orang, termasuk para Circle adalah partisipan.” Dan dikarenakan meningkatnya popularitas Comiket, “Mentalitas Pelanggan” mereka muncul dan para partisipan(termasuk Staff) sering meminta gratisan meskipun para Circle sudah melanggar hal tersebut.

Pengguna Twitter dengan ID @hujimiyasui mengatakan kalau ada sebuah kalimat tabu, yaitu “Apakah anda ingat saya?”

comiket2 - gwigwi Komik yang dibuat oleh @221EX ini menceritakan mengenai seorang pengunjung yang dengan sengaja meminta diskon hanya karena ia mem-Follow Twitter sang Circle. @221EX juga mengakatan kalau terkadang pengunjung ingin dikenali meskipun mereka hanya mem-Follow dan tidak di-Follow kembali. Yang diberitahu oleh @hujimiyasui mungkin juga berkatian dengan komik ini. Mungkin dengan dikenalnya sang pengunjung oleh Circle, pengunjung bisa saja meminta diskon.

comiket3 - gwigwi

Pastinya Gwiple pernah melihat benda tersebut? Bahkan pasti ada dari Gwiple sekalian yang mempunyainya di rumah. Ya, holder plastik tersebut sangat berguna untuk dibawa ke Comiket menurut @tsugsan karena selain murah, bisa menjaga agar berbagai merchandise yang kalian beli tidak terlipat atau basah terkena keringat.

comiket4 - gwigwi

Yang paling penting untuk dibawa ke sebuah Event pastinya adalah minuman dan bekal(jika kalian mau). Pengguna Twitter dengan ID @Hound_7 menyarankan membawa minuman yang dibawa dalam tas tersebut karena selain lebih praktis, kalian tidak akan mengganggu pengunjung lain dengan mengambil botol minuman yang ada di tas kalian karena kalian bisa langsung minum dari selang yang sudah disediakan oleh tas tersebut.

comiket5 - gwigwi

Atau jika kalian adalah tipe yang ingin siap untuk berbagai macam situasi, kalian bisa ikuti saran dari @hosimaki. Ia menyarankan kepada para pengunjung untuk membawa sebuah topi(dikarenakan musim panas), Walkie Talkie(atau alat komunikasi lain) agar bisa dengan cepat berkomunikasi dengan teman kalian,  tabir surya, sebuah handuk, kipas, Pakaian tambahan tapi jangan lupa menyediakan tempat untuk merchandise kalian, daftar Circle yang ingin kalian kunjungi, Uang yang cukup (bisa dalam bentuk uang kecil seperti 10 lembar Rp 20.000,00),  dan pastinya botol minum.comiket6 - gwigwiBagi kalian yang menyukai meminta Sketch dari para Circle seperti @tsunamayoneez maka kalian disarankan membawa sebuah Sketchbook. Sketchbook bisa dengan mudah kalian temukan di toko-toko seperti Gramedia atau toko alat tulis lainnya. @tsunamayoneez juga menyarankan agar pengunjung membeli sesuatu terlebih dahulu sebelum meminta Sketch.

Baca Juga:  Acara Tokyo Game Show 2020 Online Dijadwalkan Pada 23-27 September

comiket7 - gwigwi

@kelog21 juga ingin mengingatkan kepada para pengunjung Comiket mengenai para Dokter yang sudah berpartisipasi sejak Comiket keenam pada tahun 1977. Jadi jika kalian sedang merasa sakit atau terluka, ingatlah dengan para dokter ini.

Mengenal Comiket atau Event Jepang lainnya, pastinya akan ada Cosplayer yang berdatangan dan berfoto-foto di sekitar wilayah Event. @jump_up_ ingin mengingatkan kepada Gwiple sekalian agar tidak bertindak seperti beberapa orang di gambar ini.

comiket8 - gwigwi comiket9 - gwigwi comiket10 - gwigwi

Selain tidak menghargai para Cosplayer, kalian juga berkesempatan dilarang oleh pihak Comiket atau Event lainnya untuk kembali bahkan bisa dilarang untuk datang ke event lainnya.

comiket11 - gwigwi SEGA juga menyarankan para pengunjung Comiket untuk menggunakna Toilet yang berada di Joypolis, sebuah taman hiburan SEGA yang terletak dekat Comiket. Hal ini disarankan karena Toilet di Comiket terkesan selalu ramai karena banyaknya pengunjung.

comiket12 - gwigwi

@GOLDMAN juga ingin mengingatkan kepada para Circle mengenai koin 100-Won karena kemiripannya dengan koin 100-Yen. Koin 100-Yen yang asli bertempat disebelah kiri. Memang secara sekilas terlihat sangat mirip tetapi jika dilihat secara seksama maka akan terlihat perbedaannya.

Bagi Gwiple sekalian yang juga sering membawa Uang berjumlah besar seperti Rp 100.000,00 disarankan oleh @mo_ri_be untuk tidak membawa uang seperti 10,000 Yen saat ke Comiket karena kalian bisa saja mendapatkan 9,400 Yen dalam bentuk koin.

@NICONICO_BAR juga mengingatkan kalau minuman yang dijual di Vending Machine Tokyo Big Sight terkesan hangat karena diganti terlalu awal. Karena itulah, para penjual minuman diluar Comiket selalu mengatakan kalau mereka menjual minuman dingin.

comiket13 - gwigwi

Dan yang terakhir adalah sebuah komik dari @shintarokago mengenai para Staff yang sering kali mengingatkan para pengunjung untuk tidak berlari. Di komik tersebut diceritakan kalau sang Staff karena sering sekali berteriak agar para pengunjung tidak lari, ia bahkan meneriaki para atlit agar tidak lari.

Sekarang Gwiple sudah tau apa saja yang bisa dipersiapkan sebelum Comiket atau Event lainnya. Semoga berbagai Tips dari berbagai pengunjung Comiket ini bisa berguna bagi event berikutnya ya. Sampai jumpa di event berikutnya!

Advertisements

Event

Comiket 99 Resmi Dibatalkan, Dipindahkan Ke Golden Week 2021

Published

on

GwiGwi.com – Situs resmi Comic Market, dikenal sebagai Comiket, acara  penggemar terbesar di dunia, mengumumkan pada tanggal 12 Juli bahwa acara musim dingin, Comiket 99, akan dibatalkan karena coronavirus (COVID-19) dan kesulitan mengadakan acara setelah penundaan Olimpiade Tokyo 2020.

Di situs web, Komite Persiapan Pasar Komik menjelaskan bahwa mereka akan melewatkan acara musim dingin sebelum Tokyo Big Sight, di mana Comiket diadakan dua kali setahun, merilis ‘Protokol Kesehatan' coronavirus. Pedoman tersebut menjabarkan bagaimana acara dapat dijalankan selama pandemi, termasuk panduan jarak dan berapa banyak orang yang bisa berada di dalam aula pada satu waktu. Sebagai tanggapan, panitia mengadakan penelitian untuk melihat apakah mungkin untuk mengadakan acara di bawah pedoman baru dan sampai pada kesimpulan bahwa itu tidak, sehingga mereka maju membatalkan acara tersebut.

Selain itu, karena Halls Timur di Tokyo Big Sight saat ini dipasangkan untuk pertandingan Olimpiade, Comiket 99 akan diadakan selama empat hari, sama seperti Comiket 97 dulu. Tetapi acara tersebut tidak dapat dijamin ruang acara yang diperlukan karena mereka hanya memesan untuk acara tiga hari sebelum pandemi terjadi. Komite mencatat bahwa bahkan Makuhari Messe, yang berada di Chiba dan ruang acara terbesar kedua di Tokyo, tidak dapat mengakomodasi Comiket untuk hari-hari biasa yang diadakan pada bulan Desember.

Baca Juga:  Vibetronic Gelar 'Quarantune Fest: Times New Normal'

Karena itu, sebuah ‘Air Comiket' direncanakan akan diadakan selama liburan akhir tahun di tempat acara fisik, dan Comiket berikutnya dijadwalkan selama Golden Week pada tahun 2021. Informasi lebih lanjut tentang acara berikutnya akan dirilis pada musim gugur 2020.

Dalam pernyataan itu, panitia Comiket juga telah meminta dukungan pemerintah Jepang untuk acara, tempat, dan panitia selama waktu ini untuk meringankan beban biaya pembatalan, perubahan biaya tempat, dan biaya lainnya yang mungkin timbul sehingga acara seperti Comiket masih akan ada setelah pandemi berakhir.

Sumber: Crunchyroll

Advertisements
Continue Reading

Event

Acara Tokyo Game Show 2020 Online Dijadwalkan Pada 23-27 September

Published

on

GwiGwi.com – Situs web resmi untuk acara Tokyo Game Show 2020 mengumumkan pada hari Kamis bahwa acara tersebut akan diadakan secara online mulai 23-27 September.

23 September akan menjadi hari kerja untuk diskusi bisnis saja. Acara ini menerima aplikasi untuk peserta pameran online. Acara ini berencana untuk menyelenggarakan aliran program, video, dan turnamen e-sports.

Staf konvensi mengumumkan pada bulan Mei bahwa acara fisik asli yang direncanakan 24-27 September dibatalkan karena pandemi penyakit coronavirus (COVID-19) yang baru. Acara ini dijadwalkan berlangsung di pusat Makuhari Messe Chiba.

Baca Juga:  Comiket 99 Resmi Dibatalkan, Dipindahkan Ke Golden Week 2021

Acara Tokyo Game Show terbaru berlangsung September lalu, dan diikuti 262.076 pengunjung selama empat hari. Itu kurang dari tahun 2018 sebesar 298.690 pengunjung, kehadiran tertinggi dalam catatan, tetapi lebih dari 2017 kehadiran 254.311.

Sumber: ANN

Advertisements
Continue Reading

Event

Vibetronic Gelar ‘Quarantune Fest: Times New Normal’

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah kurang lebih 4 bulan lockdown dan PSBB, Indonesia kini mulai bersiap menyambut fase new normal di tengah pandemi virus corona yang terus menginfeksi jutaan orang di dunia. Dengan harapan untuk membangkitan semangat yang mulai padam setelah PSBB, Vibetronic kembali menggelar Quarantune Fest dengan membawa tema “Times New Normal

Quarantune Fest: Times New Normal merupakan event online kedua yang diadakan oleh Vibetronic, Circle DJ and Producer. Tema “Times New Normal” yang artinya “Saatnya Kehidupan Normal yang Baru” dipilih untuk mengajak para penonton dan pendengar event ini untuk memulai dan tetap bersemangat menjalankan rutinitasnya di tengah pandemi virus corona.

Berbeda dengan Quarantune Fest sebelumnya, tidak hanya diadakan di Server Discord Vibetronic, event ini juga akan berlangsung secara live streaming dengan durasi masing-masing partisipan yang lebih panjang. Melalui event ini,  Vibetronic kembali mengajak para Produser Musik dan siapapun untuk ikut berpartisipasi membuat Mixtape dan menunjukan karya mereka kepada pendengar dan penonton.

Baca Juga:  Vibetronic Gelar 'Quarantune Fest: Times New Normal'

Event ini akan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 27 dan 28 Juni 2020. Sebanyak 18 partisipan yang terpilih melalui proses audisi yang diadakan selama 2 minggu. Partisipan akan menunjukan perform mereka masing-masing baik secara live perform atau visual pada penonton di platform live streaming Twitch.tv. Selain itu, juga akan disediakan audio streaming di Server Discord Vibetronic bagi pendengar yang tidak dapat menonton di Twitch.

Yuk, mari kita sambut “New Normal” dengan terus bersemangat di event Quarantune Fest: Times New Normal, ajak teman-temanmu buat join di event ini!

Sosial Media Event

Website               : https://tnn.vibetronic.id
Discord Link        : https://vibetronic.id/discord
Live Streaming   : https://twitch.tv/vibetronic

Advertisements
Continue Reading

Trending