Connect with us

Event

Persiapkan Diri Kalian untuk Comiket Dengan Berbagai Tips Berikut

Published

on

GwiGwi.com – Gwiple pasti mengenal sebuah event dengan nama Comiket pastinya kan. Ya, Event Gathering terbesar di Jepang yang terdiri dari para Circle Doujinshi itulah yang dinamakan Comiket dan pastinya jika ingin kesana harus mempersiapkan berbagai banyak hal. Apalagi bagi pengunjung yang baru pertama kali kesana dan belum mengenal keramaian dan juga perjuangan yang harus dilalui untuk memasuki Comiket. Tapi jangan khawatir karena untuk mengantisipasikan Comiket yang akan diadakan yaitu Summer Comiket pada bulan Agustus, berbagai pengguna Twitter di Jepang telah membuat sebuah Hashtag dengan nama “#誰も教えてくれないコミケの常識” (Pengetahuan sederhana mengenai Comiket yang tidak pernah diberitahukan kepada kalian) untuk membantu kalian sebelum memasuki Comiket. Dan hal ini tidak hanya untuk Comiket saja, berbagai saran ini juga bisa diaplikasikan ke berbagai event lainnya seperti Comifuro atau AFAID nanti.

comiket1 - gwigwi

Seorang pengguna Twitter dengan ID @psycoronet_HQ sangat menekankan bahwa tidak ada pelanggan di Comiket. “Semua orang, termasuk para Circle adalah partisipan.” Dan dikarenakan meningkatnya popularitas Comiket, “Mentalitas Pelanggan” mereka muncul dan para partisipan(termasuk Staff) sering meminta gratisan meskipun para Circle sudah melanggar hal tersebut.

Pengguna Twitter dengan ID @hujimiyasui mengatakan kalau ada sebuah kalimat tabu, yaitu “Apakah anda ingat saya?”

comiket2 - gwigwi Komik yang dibuat oleh @221EX ini menceritakan mengenai seorang pengunjung yang dengan sengaja meminta diskon hanya karena ia mem-Follow Twitter sang Circle. @221EX juga mengakatan kalau terkadang pengunjung ingin dikenali meskipun mereka hanya mem-Follow dan tidak di-Follow kembali. Yang diberitahu oleh @hujimiyasui mungkin juga berkatian dengan komik ini. Mungkin dengan dikenalnya sang pengunjung oleh Circle, pengunjung bisa saja meminta diskon.

comiket3 - gwigwi

Pastinya Gwiple pernah melihat benda tersebut? Bahkan pasti ada dari Gwiple sekalian yang mempunyainya di rumah. Ya, holder plastik tersebut sangat berguna untuk dibawa ke Comiket menurut @tsugsan karena selain murah, bisa menjaga agar berbagai merchandise yang kalian beli tidak terlipat atau basah terkena keringat.

comiket4 - gwigwi

Yang paling penting untuk dibawa ke sebuah Event pastinya adalah minuman dan bekal(jika kalian mau). Pengguna Twitter dengan ID @Hound_7 menyarankan membawa minuman yang dibawa dalam tas tersebut karena selain lebih praktis, kalian tidak akan mengganggu pengunjung lain dengan mengambil botol minuman yang ada di tas kalian karena kalian bisa langsung minum dari selang yang sudah disediakan oleh tas tersebut.

comiket5 - gwigwi

Atau jika kalian adalah tipe yang ingin siap untuk berbagai macam situasi, kalian bisa ikuti saran dari @hosimaki. Ia menyarankan kepada para pengunjung untuk membawa sebuah topi(dikarenakan musim panas), Walkie Talkie(atau alat komunikasi lain) agar bisa dengan cepat berkomunikasi dengan teman kalian,  tabir surya, sebuah handuk, kipas, Pakaian tambahan tapi jangan lupa menyediakan tempat untuk merchandise kalian, daftar Circle yang ingin kalian kunjungi, Uang yang cukup (bisa dalam bentuk uang kecil seperti 10 lembar Rp 20.000,00),  dan pastinya botol minum.comiket6 - gwigwiBagi kalian yang menyukai meminta Sketch dari para Circle seperti @tsunamayoneez maka kalian disarankan membawa sebuah Sketchbook. Sketchbook bisa dengan mudah kalian temukan di toko-toko seperti Gramedia atau toko alat tulis lainnya. @tsunamayoneez juga menyarankan agar pengunjung membeli sesuatu terlebih dahulu sebelum meminta Sketch.

Baca Juga:  Foto-foto liputan keseruan Winter Comiket 96

comiket7 - gwigwi

@kelog21 juga ingin mengingatkan kepada para pengunjung Comiket mengenai para Dokter yang sudah berpartisipasi sejak Comiket keenam pada tahun 1977. Jadi jika kalian sedang merasa sakit atau terluka, ingatlah dengan para dokter ini.

Mengenal Comiket atau Event Jepang lainnya, pastinya akan ada Cosplayer yang berdatangan dan berfoto-foto di sekitar wilayah Event. @jump_up_ ingin mengingatkan kepada Gwiple sekalian agar tidak bertindak seperti beberapa orang di gambar ini.

comiket8 - gwigwi comiket9 - gwigwi comiket10 - gwigwi

Selain tidak menghargai para Cosplayer, kalian juga berkesempatan dilarang oleh pihak Comiket atau Event lainnya untuk kembali bahkan bisa dilarang untuk datang ke event lainnya.

comiket11 - gwigwi SEGA juga menyarankan para pengunjung Comiket untuk menggunakna Toilet yang berada di Joypolis, sebuah taman hiburan SEGA yang terletak dekat Comiket. Hal ini disarankan karena Toilet di Comiket terkesan selalu ramai karena banyaknya pengunjung.

comiket12 - gwigwi

@GOLDMAN juga ingin mengingatkan kepada para Circle mengenai koin 100-Won karena kemiripannya dengan koin 100-Yen. Koin 100-Yen yang asli bertempat disebelah kiri. Memang secara sekilas terlihat sangat mirip tetapi jika dilihat secara seksama maka akan terlihat perbedaannya.

Bagi Gwiple sekalian yang juga sering membawa Uang berjumlah besar seperti Rp 100.000,00 disarankan oleh @mo_ri_be untuk tidak membawa uang seperti 10,000 Yen saat ke Comiket karena kalian bisa saja mendapatkan 9,400 Yen dalam bentuk koin.

@NICONICO_BAR juga mengingatkan kalau minuman yang dijual di Vending Machine Tokyo Big Sight terkesan hangat karena diganti terlalu awal. Karena itulah, para penjual minuman diluar Comiket selalu mengatakan kalau mereka menjual minuman dingin.

comiket13 - gwigwi

Dan yang terakhir adalah sebuah komik dari @shintarokago mengenai para Staff yang sering kali mengingatkan para pengunjung untuk tidak berlari. Di komik tersebut diceritakan kalau sang Staff karena sering sekali berteriak agar para pengunjung tidak lari, ia bahkan meneriaki para atlit agar tidak lari.

Sekarang Gwiple sudah tau apa saja yang bisa dipersiapkan sebelum Comiket atau Event lainnya. Semoga berbagai Tips dari berbagai pengunjung Comiket ini bisa berguna bagi event berikutnya ya. Sampai jumpa di event berikutnya!

Event

Yuk intip Tokyo Comic Con 2018, surganya collectibles

Published

on

GwiGwi.com – Akhir pekan lalu, Tokyo Comic Con 2018 sukses di gelar di Makuhari Messe Chiba. Seperti apa keseruannya, kali ini gwimin baka share langsung foto-foto suasana disana dan pameran koleksi figur yang keren-keren.

Continue Reading

Lokal

Menuju C3 Anime Festival Asia Singapore 2018, tahun ke-10 event Pop Culture terbesar di ASEAN

Published

on

By

GwiGwi.com – C3 Anime Festival Asia Singapore 2018 (#C3AFASG18) kembali lagi di tahun 2018 yang akan berlangsung pada tanggal 30 November hingga 2 Desember 2018 di Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre. Sebagai pengelola, SOZO telah sukses menyelenggarakan event pop culture Jepang terbesar di Asia Tenggara selama 10 tahun.

“10 tahun lalu, festival anime menjadi mimpi kami untuk dapat diselenggarakan secara profesional bagi para penggemarnya, termasuk saya sendiri yang sangat menikmati acara ini. Festival ini telah tumbuh dengan 25.000 pengunjung pada tahun pertama hingga 100.000 pengunjung tahun lalu. Saat ini kami berfokus untuk menghadirkan sajian yang memuaskan para pengunjung melalui konten dari Jepang yang uptodate.”  kata Shawn Chin, Direktur Pengelola C3 AFA’s Organiser dan SOZO.

Baik penggemar lokal dan luar Singapura akan menikmati akhir pekan yang mendebarkan melalui konten premium yang akan tersedia di Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre. Spesial anniversary ke-10 #C3AFASG18 akan memiliki konten menarik baik online maun offline, termasuk berbagai aktivitas eksklusif seperti event karpet merah dan sebuah lelang amal online. Festival di lokasi juga tak kalah menarik melalui aktivitas baru seperti pertunjukkan anime, bintang tamu spesial dan jajaran musisi yang akan meramaikan konser I Love Anisong serta tak ketinggalan lomba cosplay tingkat dunia, World Cosplay Summit Singapore Preliminaries.

Penayangan perdana Eksklusif dan Bintang Tamu

C3AFASG18 akan menghadirkan penayangan anime yang paling diantisipasi tahun ini. Secara eksklusif, C3AFASG18 akan tayangkan episode pertama Mob Psycho 100 II yang mana akan rilis pada bulan Januari 2019.

C3AFASG18 juga akan dibanjiri bintang tamu spesialnya diantaranya voice actors Rika Abe dan Erii Yamazaki (pengisi suara dua bersaudara Hresvelgr dan Materia dari anime Frame Arms Girl), Minami Tanaka (pengisi suara Mary Saotome dari Kakegurui XX), Haruka Terui (pengisi suara Sarah dari Gundam Build Divers), Atsushi Abe (pengisi suara Toma Kamijo dari A Certain Magical Index III), Ai Furihata dan Shuka Saito (pengisi suaraRuby Kurosawa dan You Watanabe dari Love Live! Sunshine!!), Ai Kayano (pengisi suara Alice dari Sword Art Online Alicization), Mimori Suzuko dan Momoyo Koyama (pengisi suara Hikari Kagura dan Karen Aijo dari Revue Starlight) dan Sumire Morohoshi (pengisi suara Emma dari The Promised Neverland).

Baca Juga:  Foto-foto liputan keseruan Winter Comiket 96

Bintang tamu lainnya ada Eri Sasaki, seorang penyanyi yang lagi naik daun dengan lagu “Fuyubiyori” yang dibuat dan diaransemen sendiri, lagu tema dari anime Laid-Back Camp, dan nob-c, desain karakter dari The Price of Smiles sebuah project untuk perayaan anniversary ke-55 Tatsunoko Production, yang akan tayang pada bulan Januari 2019.

Merchandise eksklusif dan booth dengan tema unik

Sebuah booth eksklusif bertema Fate Grand Order, sebuah game RPG yang dikembangkan oleh FGO Projects, ELiGHTWORKS, Aniplex, dan Notes. Diangkat dari franchise Fate oleh TYPE-MOON. Di booth kamu bisa mendapat kesempatan giveaway dan foto bersama maskot Gudako.

Sebuah merchandise eksklusif seperti,T-shirt capsule collection dari Pop Team Epic, nendoroid Hatsune Miku dari Good Smile Company, Honkai Impact dari mi HoYo dan merchandise dari MUSE siap kamu bawa pulang.

Deretan cosplay terbaik akan berkumpul

C3AFASG18 akan kedatangan tamu cosplayer populer seperti Angie (Malaysia), Baozi & Hana (China), Hakken (Malaysia), Kaname☆ (Japan), Siutao (Hong Kong) dan Ying Tze (Malaysia). Selain itu juga ada HedY (Taiwan).

Pada tanggal 2 Desember 2018, empat tim akan beradu, Rithe & Kai, Melanie Joanne & Gearchi, Knife & Saiko, dan Disco Dandy & Jesmond, untuk berkesempatan menjadi wakil Singapura di kompetisi Cosplay Dunia di Jepang pada tanggal 27 Juli hingga 4 Agustus 2019 nanti.

Continue Reading

Lokal

Save The Date JIYUU MATSURI 2018 kembali tanggal 3-4 November di Kampus A UNJ

Published

on

By

🎌HIMA Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta🎌 proudly presents:

🌈JIYUU MATSURI 2018🌈

🎊🌟”Art of Harajuku” 🌟🎊

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini Jiyuu Matsuri mengambil tema unik yang terinspirasi dari kawasan populer di distrik Shibuya yaitu HARAJUKU ✨✨

Seperti yang kita ketahui, kawasan Harajuku sangat terkenal akan fashion, life style serta makanan yang yang unik dan kreatif sehingga banyak disorot oleh dunia loh~ 😆😆

Nahh, mau mencoba bagaimana keseruan tentang Harajuku? 💞💞

SAVE THE DATE!🎆🎆
📆: 3-4 November 2018
🏬: Kampus A, Universitas Negeri Jakarta