Connect with us

Event

Persiapkan Diri Kalian untuk Comiket Dengan Berbagai Tips Berikut

Published

on

GwiGwi.com – Gwiple pasti mengenal sebuah event dengan nama Comiket pastinya kan. Ya, Event Gathering terbesar di Jepang yang terdiri dari para Circle Doujinshi itulah yang dinamakan Comiket dan pastinya jika ingin kesana harus mempersiapkan berbagai banyak hal. Apalagi bagi pengunjung yang baru pertama kali kesana dan belum mengenal keramaian dan juga perjuangan yang harus dilalui untuk memasuki Comiket. Tapi jangan khawatir karena untuk mengantisipasikan Comiket yang akan diadakan yaitu Summer Comiket pada bulan Agustus, berbagai pengguna Twitter di Jepang telah membuat sebuah Hashtag dengan nama “#誰も教えてくれないコミケの常識” (Pengetahuan sederhana mengenai Comiket yang tidak pernah diberitahukan kepada kalian) untuk membantu kalian sebelum memasuki Comiket. Dan hal ini tidak hanya untuk Comiket saja, berbagai saran ini juga bisa diaplikasikan ke berbagai event lainnya seperti Comifuro atau AFAID nanti.

comiket1 - gwigwi

Seorang pengguna Twitter dengan ID @psycoronet_HQ sangat menekankan bahwa tidak ada pelanggan di Comiket. “Semua orang, termasuk para Circle adalah partisipan.” Dan dikarenakan meningkatnya popularitas Comiket, “Mentalitas Pelanggan” mereka muncul dan para partisipan(termasuk Staff) sering meminta gratisan meskipun para Circle sudah melanggar hal tersebut.

Pengguna Twitter dengan ID @hujimiyasui mengatakan kalau ada sebuah kalimat tabu, yaitu “Apakah anda ingat saya?”

comiket2 - gwigwi Komik yang dibuat oleh @221EX ini menceritakan mengenai seorang pengunjung yang dengan sengaja meminta diskon hanya karena ia mem-Follow Twitter sang Circle. @221EX juga mengakatan kalau terkadang pengunjung ingin dikenali meskipun mereka hanya mem-Follow dan tidak di-Follow kembali. Yang diberitahu oleh @hujimiyasui mungkin juga berkatian dengan komik ini. Mungkin dengan dikenalnya sang pengunjung oleh Circle, pengunjung bisa saja meminta diskon.

comiket3 - gwigwi

Pastinya Gwiple pernah melihat benda tersebut? Bahkan pasti ada dari Gwiple sekalian yang mempunyainya di rumah. Ya, holder plastik tersebut sangat berguna untuk dibawa ke Comiket menurut @tsugsan karena selain murah, bisa menjaga agar berbagai merchandise yang kalian beli tidak terlipat atau basah terkena keringat.

comiket4 - gwigwi

Yang paling penting untuk dibawa ke sebuah Event pastinya adalah minuman dan bekal(jika kalian mau). Pengguna Twitter dengan ID @Hound_7 menyarankan membawa minuman yang dibawa dalam tas tersebut karena selain lebih praktis, kalian tidak akan mengganggu pengunjung lain dengan mengambil botol minuman yang ada di tas kalian karena kalian bisa langsung minum dari selang yang sudah disediakan oleh tas tersebut.

comiket5 - gwigwi

Atau jika kalian adalah tipe yang ingin siap untuk berbagai macam situasi, kalian bisa ikuti saran dari @hosimaki. Ia menyarankan kepada para pengunjung untuk membawa sebuah topi(dikarenakan musim panas), Walkie Talkie(atau alat komunikasi lain) agar bisa dengan cepat berkomunikasi dengan teman kalian,  tabir surya, sebuah handuk, kipas, Pakaian tambahan tapi jangan lupa menyediakan tempat untuk merchandise kalian, daftar Circle yang ingin kalian kunjungi, Uang yang cukup (bisa dalam bentuk uang kecil seperti 10 lembar Rp 20.000,00),  dan pastinya botol minum.comiket6 - gwigwiBagi kalian yang menyukai meminta Sketch dari para Circle seperti @tsunamayoneez maka kalian disarankan membawa sebuah Sketchbook. Sketchbook bisa dengan mudah kalian temukan di toko-toko seperti Gramedia atau toko alat tulis lainnya. @tsunamayoneez juga menyarankan agar pengunjung membeli sesuatu terlebih dahulu sebelum meminta Sketch.

Baca Juga:  Gelar Jepang Universitas Indonesia ke-25 akan digelar 2-4 Agustus

comiket7 - gwigwi

@kelog21 juga ingin mengingatkan kepada para pengunjung Comiket mengenai para Dokter yang sudah berpartisipasi sejak Comiket keenam pada tahun 1977. Jadi jika kalian sedang merasa sakit atau terluka, ingatlah dengan para dokter ini.

Mengenal Comiket atau Event Jepang lainnya, pastinya akan ada Cosplayer yang berdatangan dan berfoto-foto di sekitar wilayah Event. @jump_up_ ingin mengingatkan kepada Gwiple sekalian agar tidak bertindak seperti beberapa orang di gambar ini.

comiket8 - gwigwi comiket9 - gwigwi comiket10 - gwigwi

Selain tidak menghargai para Cosplayer, kalian juga berkesempatan dilarang oleh pihak Comiket atau Event lainnya untuk kembali bahkan bisa dilarang untuk datang ke event lainnya.

comiket11 - gwigwi SEGA juga menyarankan para pengunjung Comiket untuk menggunakna Toilet yang berada di Joypolis, sebuah taman hiburan SEGA yang terletak dekat Comiket. Hal ini disarankan karena Toilet di Comiket terkesan selalu ramai karena banyaknya pengunjung.

comiket12 - gwigwi

@GOLDMAN juga ingin mengingatkan kepada para Circle mengenai koin 100-Won karena kemiripannya dengan koin 100-Yen. Koin 100-Yen yang asli bertempat disebelah kiri. Memang secara sekilas terlihat sangat mirip tetapi jika dilihat secara seksama maka akan terlihat perbedaannya.

Bagi Gwiple sekalian yang juga sering membawa Uang berjumlah besar seperti Rp 100.000,00 disarankan oleh @mo_ri_be untuk tidak membawa uang seperti 10,000 Yen saat ke Comiket karena kalian bisa saja mendapatkan 9,400 Yen dalam bentuk koin.

@NICONICO_BAR juga mengingatkan kalau minuman yang dijual di Vending Machine Tokyo Big Sight terkesan hangat karena diganti terlalu awal. Karena itulah, para penjual minuman diluar Comiket selalu mengatakan kalau mereka menjual minuman dingin.

comiket13 - gwigwi

Dan yang terakhir adalah sebuah komik dari @shintarokago mengenai para Staff yang sering kali mengingatkan para pengunjung untuk tidak berlari. Di komik tersebut diceritakan kalau sang Staff karena sering sekali berteriak agar para pengunjung tidak lari, ia bahkan meneriaki para atlit agar tidak lari.

Sekarang Gwiple sudah tau apa saja yang bisa dipersiapkan sebelum Comiket atau Event lainnya. Semoga berbagai Tips dari berbagai pengunjung Comiket ini bisa berguna bagi event berikutnya ya. Sampai jumpa di event berikutnya!

Event

Ini dia Line Up Bintang Tamu untuk Creators Super Fest 2019 Surabaya & Jakarta!

Published

on

By

GwiGwi.com – Ajang kreativitas anak muda di tahun ketiganya yang masih membawa pilar Art, Musik, Cosplayer dan Games : CREATOR SUPER FEST, bersiap membawa deretan LINE UP kreator regional dari negara Indonesia dan kreator negara ASIA, dari ranah Cosplay (Costume Player), Anisong Music, Doujin (Fan Art), Games dan masih banyak lagi dalam sebuah wadah kreativitas selama 2 hari di 2 (dua) kota!


  • Creator Super Fest 2019 : SURABAYA
    Chameleon Hall Tunjungan Plaza 6 Surabaya
    Sabtu & Minggu, 31 Agustus – 01 September 2019
  • Creator Super Fest 2019 : JAKARTA
    SMESCO Exhibition Hall Jakarta
    Sabtu & Minggu, 26 & 27 Oktober 2019

Ajang yang setiap tahunnya diramaikan lebih dari 11.000 Visitors, menjadi titik temu antar komunitas yang paling ditunggu seperti Komunitas Wibu (penggemar budaya jepang), Cosplayer (kostum player performance), Die Hard Gamers & Pop Culture Lovers.

Deretan Official LINE UP Performer dan Featured Guest di 2 hari ajang #CSF19 SURABAYA selengkapnya :

  1. Featured Guest Cosplayer : Mon (Taiwan)
  2. Featured Guest Cosplayer : Heyleydia (Thailand)
  3. Featured Guest Cosplayer : Nekonoi Katsu (Indonesia)

Mainkan lightstickmu dan bergoyang bersama setlist elektronik menghentak khas Anisong :

  1. Featured Guest Musician : D-Yama (from Akihabara Mogra) (Japan)
  2. Featured Guest Musician : Vibetronic (Indonesia)
  3. Featured Guest Musician : Soba (Indonesia)

Sensasi Virtual Talent paling populer di ASIA juga tak luput hadir di Main Stage #CSF19. Pengunjung Main Stage CSF dapat berekspresi dan berinteraksi live di sesi Talkshow bersama Virtual Talent favoritnya.

Baca Juga:  Ini dia Line Up Bintang Tamu untuk Creators Super Fest 2019 Surabaya & Jakarta!

Temukan update LINE UP Virtual Talent CSF19 di Official Web & FB Fanpage Creator Super Fest

2 hari Ajang Creator Super Fest tidak lengkap tanpa adanya kompetisi berbasis community, diantaranya pengunjung bisa mendaftar keikutsertaan untuk ikut berkompetisi dan beraksi di Main Stage CSF Surabaya & Jakarta, dengan mengikuti tiga kompetisi seru yang ditunggu setiap tahunnya: 

  • COSPLAY COMPETITION
  • ART DUEL BATTLE TOURNAMENT
  • GAMES TOURNAMENT

Pemenang kompetisi dapat membawa pulang hadiah berupa jutaan uang tunai persembahan dari CSF Official Sponsor – Tabungan Indie Account CIMB Niaga.

Daily Pass CSF19 bisa didapatkan di Official Web Tokopedia
Online (Early Bird) Rp 55.000 & On The Spot (di masing masing venue) Rp 68.000

Get connected with CREATORS SUPER FEST 2019 :
Official Site                            : http://creatorsuperfest.com/
Official Facebook                  : https://www.facebook.com/creatorssuperfest/
Official Hashtag                    : #CSF19
Exhibitor Email                     : csf@sozo.sg

Exhibitor Creator Super Fest membuka pendaftaran untuk Creator (Anime, Manga Comic, Toys & Hobby) & Corporate (Product, Game Publishers & Education) untuk kebutuhan Activation & Booth di Venue CSF Surabaya & Jakarta, kontak csf@sozo.sg untuk informasi lebih lanjut .

Continue Reading

Event

Gelar Jepang Universitas Indonesia ke-25 akan digelar 2-4 Agustus

Published

on

By

GwiGwi.com – Himpunan Mahasiswa Japanologi FIB UI kembali lagi tahun ini dengan festival budaya Jepang populer, Gelar Jepang Universitas Indonesia (GJUI)! Pada penyelenggaraannya yang ke-25, GJUI memilih Timeless Memories sebagai tema untuk membangkitkan rasa nostalgia terhadap kebudayaan Jepang yang populer sejak tahun 90-an di Indonesia. GJUI 25 akan diadakan pada 2, 3, dan 4 Agustus 2019, di Universitas Indonesia, Depok.

Pada tahun ini, GJUI 25 mendatangkan bintang tamu internasional: Kei Takebuchi, artis solo asal Jepang yang terkenal melalui karirnya sebagai vokalis grup Goose.House. Selain Kei Takebuchi, sejumlah performer ternama lainnya seperti band The Heavenly Project, grup idol Shojo Complex, Nanairo Symphony, HYDRA, HoneybeaT, komunitas DJ Otagroove, serta solois Nia dari KAORI Nusantara juga siap meramaikan panggung GJUI 25. Penampilan yang dibawakan para performer dijamin akan membangkitkan rasa nostalgia penonton terhadap budaya Jepang!

Baca Juga:  Ini dia Line Up Bintang Tamu untuk Creators Super Fest 2019 Surabaya & Jakarta!

Tidak hanya pertunjukan musik, banyak rangkaian acara lainnya yang dapat dinikmati di GJUI 25. Dari lomba-lomba seperti dance cover dan cosplay, workshop budaya Jepang seperti karuta dan shodou bersama para pembicara ahli, berbagai pertunjukan budaya Jepang seperti yosakoi dan omikoshi, rumah hantu Jepang, bazaar kuliner dan aksesoris “Jejepangan”, dan masih banyak lagi! GJUI 25 juga menawarkan paket-paket Meet & Greet bersama Kei Takebuchi, lho!

Hari pertama dan kedua GJUI 25 akan diadakan di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia dan tidak dipungut biaya. Hari ketiga, dengan penampilan para bintang tamu, akan diadakan di Lapangan Parkir FPsiko-FISIP Universitas Indonesia, dengan tiket masuk on the spot seharga Rp40.000.

Yuk, datang dan ramaikan Gelar Jepang UI 25!

Website: www.gelarjepang.com
Twitter & Instagram: @gelarjepangui
Facebook: Gelar Jepang Universitas Indonesia
LINE@: @gelarjepang_ui

Continue Reading

Lokal

Holiday Fest – Coswalk Indonesia di Airport Pertama! Angkasa Pura II Jakarta

Published

on

By

COSWALK DI AIRPORT?! Kenapa tidak? Kali ini kita lagi ke event Coswalk di Airport yang pertama kali diadakan di Halal Park Terminal 3 – Soekarno Hatta, Indonesia Jakarta. Coswalk ini diiringi oleh lagu-lagu Anisong yang cukup dikenal orang, dan tentunya yang unik adalah ini event jejepangan pertama yang diadakan di Airport di Indonesia.

Continue Reading
Advertisement SGCC 2019
Advertisement DICARI REPORTER
Advertisement

GwiGwi Space

GWIDEV

Trending