Connect with us

Smartphone

Narzo 30A vs Poco M3: Perbandingan Spesifikasi

Published

on

GwiGwi.com – Beberapa hari yang lalu, Realme meluncurkan seri baru Narzo 30: jajaran yang ditargetkan untuk anak muda dengan spesifikasi mumpuni yang ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Varian terendah dari seri ini adalah Realme Narzo 30A menyediakan spesifikasi level awal tetapi performa hebat. POCO sebenarnya adalah salah satu saingan Realme terbaik di segmen kelas bawah: anak perusahaan Xiaomi baru-baru ini merilis POCO M3 di Indonesia dan pasar global. Jadi inilah saatnya untuk membandingkan dengan POCO M3 dan realme Narzo 30A untuk menentukan mana yang merupakan raja ponsel entry-level.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan

Realme Narzo 30A vs Xiaomi Poco M3

Realme Narzo 30A Xiaomi POCO M3
DIMENSI DAN BERAT 164,5 x 75,9 x 9,8 mm, 205 gram 162,3 x 77,3 x 9,6 mm, 198 g
TAMPILAN 6,5 inci, 720 x 1600p (HD+), IPS LCD 6,53 inci, 1080 x 2340p (Full HD+), IPS LCD
PROSESOR MediaTek Helio G85, octa-core 2 GHz Qualcomm Snapdragon 662, octa-core 2.0 GHz
PENYIMPANAN 4 GB, 64 GB – slot khusus micro SD RAM 4 GB, 64 GB – RAM 6 GB, 128 GB – slot khusus micro SD
PERANGKAT LUNAK Android 10, Realme UI Android 10, MIUI
KONEKTIVITAS Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0, GPS Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5, GPS
KAMERA Dua Kamera 13+2 MP, f/2.2 + f/2.4
Kamera depan 8 MP f/2.0
Triple Kamera 48+8+2 MP, f/1.8 + f/2.4 + f/2.4
Kamera depan 8 MP f/2.1
BATERAI 6000 mAh, pengisian cepat 18W 6000 mAh, pengisian cepat 18W
FITUR TAMBAHAN Slot SIM ganda, pengisian balik Slot SIM ganda, pengisian balik

Desain

Sayangnya, kita tidak bisa mengharapkan desain yang bagus dari perangkat di segmen kelas bawah. Meski begitu, Realme Narzo 30A dan POCO M3 memiliki kualitas build yang cukup bagus dan estetika orisinal. Saya suka Realme Narzo 30A dengan varian warna “laser” yang terdiri dari dua bagian: yang lurus di bagian atas penutup belakang dan pola di bagian bawah. Kedua ponsel ini terbuat dari plastik dan tidak memiliki sertifikasi terhadap air dan debu. Untungnya, masing-masing perangkat ini dilengkapi dengan pembaca sidik jari: ditempatkan di samping POCO M3 dan di bagian belakang Realme Narzo 30A.

Display

Display pada Realme Narzo 30A dan POCO M3 tidak ada yang istimewa. Keduanya hadir dengan resolusi HD+ dan teknologi IPS di bawah rata-rata. Reproduksi warna tidak terlalu realistis dan definisinya tinggi, terutama jika kita menganggap bahwa ponsel ini hadir dengan layar 6,5 inci. Realme Narzo 30A sebenarnya lebih baik karena memiliki kecerahan yang lebih tinggi (kecerahan tipikal 470 nit dan kecerahan puncak 570 nit), tetapi perbedaannya kecil. Ponsel memiliki takik tetesan air untuk kamera selfie.

Baca Juga:  Seri “Killer” dari POCO Segera Mendapatkan Penerus, POCO F3? POCO X3 PRO?

Spesifikasi & Software

POCO M3 dibekali dengan chipset Snapdragon 662, sedangkan Realme Narzo 30A ditenagai oleh Helio G85. Sementara Helio G85 sedikit lebih kuat daripada Snapdragon 662 pada benchmark, POCO M3 sebenarnya menyediakan konfigurasi memori yang lebih baik dan penyimpanan internal yang lebih cepat, itulah mengapa ia memenangkan perbandingan perangkat keras. RAM hingga 6 GB dalam konfigurasi paling mahal, dan juga  penyimpanan UFS 2.1 atau UFS 2.2. Realme Narzo 30A hanya memiliki 4 GB RAM dalam konfigurasi terbaik yang dipasangkan dengan penyimpanan asli eMMC. Kedua ponsel menjalankan Android 10 sebagai sistem operasi di luar kotak.

Kamera

POCO M3 memiliki departemen kamera yang lebih unggul dari Realme Narzo 30A. Dengan POCO M3, Anda mendapatkan kamera utama 48 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Realme Narzo 30A memiliki kamera utama 13 MP yang lebih rendah dan hanya satu sensor kedalaman 2 MP. Tidak ada tantangan: POCO M3 mampu memberikan kualitas foto yang lebih baik dengan tingkat detail yang lebih tinggi, serta bidikan makro yang lebih baik.

Baterai

Baik Realme Narzo 30A dan POCO M3 sama-sama dibekali baterai 6000 mAh. Baterai 6000 mAh mereka adalah titik terkuat dari perangkat ini karena memungkinkan mereka mencapai masa pakai baterai tiga hari bahkan dengan penggunaan yang cukup intensif. Selanjutnya, ponsel mendukung pengisian cepat 18W dan bahkan pengisian balik (hanya melalui kabel USB). Ini adalah ponsel baterai asli di antara yang terbaik di seluruh pasar.

Harga

Harga awal Realme Narzo 30A adalah Rp. 1.899.000 (flash sale Rp. 1.799.000), sedangkan POCO M3 mulai dari Rp. 1.799.000 untuk varian 4/64Gb dan Rp. 2.199.000 untuk 6/128Gb. POCO M3 harga lebi murah dan memiliki kamera kelas atas (sensor 48 MP dan sepasang tambahan 2 MP). POCO M3 memenangkan perbandingan soal harga ini.

Realme Narzo 30A vs Xiaomi Poco M3: PRO dan CONS

Realme Narzo 30A

PRO

  • Sedikit lebih kompak
  • Chipset yang kuat
  • Desain yang menarik

KONTRA

Xiaomi POCO M3

PRO

  • Layar sedikit lebih lebar
  • Kamera belakang lebih baik
  • Penyimpanan UFS
  • Speaker stereo
  • IR blaster
  • Ketersediaan di seluruh dunia

KONTRA

  • tidak ada yang khusus

 

Sumber: (1)

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 vote
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Smartphone

POCO F3 5G Resmi Dirilis di Indonesia! Spesifikasi, Harga dan Ketersediaan

Published

on

By

GwiGwi.com – POCO Indonesia merayakan kelahiran kembali sang “flagship killer” ke pasar smartphone Indonesia yakni POCO F3 5G yang hadir dengan penawaran terbaik untuk segmen flagship. Hadir dengan sejumlah keunggulan pada performa, layar, kamera, dan desain, inilah smartphone POCO yang terkencang sekaligus tertipis saat ini.

POCO F3 5G menggunakan chipset 7 nanometer terbaik saat ini yakni Qualcomm® Snapdragon™ 870 dengan kecepatan pacu hingga 3,2GHz yang tercepat di industri saat ini. Perangkat ini disokong oleh baterai 4520 mAh yang mendukung pengisian cepat hingga 33W berteknologi Middle Middle Tab untuk waktu yang lebih singkat. Menggunakan material layar E4 menjadikan teknologi Dynamic AMOLED pada layar POCO F3 5G memiliki kemampuan reproduksi warna dan kecerahan yang sangat ideal.

Hadir dengan konfigurasi tiga kamera menjadikan smartphone ini andal untuk mengambil foto maupun video. Tidak lupa desainnya yang berani dan menantang arus seperti filosofi POCO untuk senantiasa mendobrak batas.

“Flagship Killer telah lahir kembali. POCO F3 5G adalah smartphone terkencang dari POCO serta desain paling tipis saat ini. Sebuah pilihan terbaik di pasar Indonesia,” kata Product PR Lead POCO Indonesia, Andi Renreng.

Performance Reborn

POCO F3 5G menggunakan chipset Qualcomm® Snapdragon™ 870 yang memiliki peningkatan performa hingga 12% dibanding seri pendahulunya yakni Qualcomm® Snapdragon™ 865, begitu pula kinerja GPU yang lebih baik 10%. Multitasking makin mudah berkat penggunaan teknologi RAM LPDDR5 serta teknologi penyimpanan UFS 3.1 menjadikan manajemen file dan aplikasi makin lancar.

Teknologi LiquidCool Technology 1.0 Plus membantu menjaga temperatur dari performa buas dari smartphone ini. Konektivitas yang lebih unggul berkat dukungan Wi-Fi 6 yang lebih baik 2,7 kali dibandingkan Wi-Fi 5.

Baterai 4520 mAh yang ada di dalam smartphone ini dipilih untuk daya tahan hingga 2 hari serta membuat dimensinya yang lebih tipis yakni 7,8 milimeter. Dukungan pengisian cepat serta teknologi Middle Middle Tab menjadikan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh baterai makin singkat, dari kondisi kosong hingga penuh dalam waktu 52 menit saja.

Display Reborn

Teknologi layar Dynamic AMOLED yang digunakan POCO F3 5G memanfaatkan material terbaik yakni E4 memungkinkan layar untuk menampilkan tingkat kecerahan dan kontras yang jauh lebih baik, termasuk reproduksi warna dengan akurasi terbaik. Dengan ukuran 6,67” dan mendukung resolusi FHD+ dan HDR10+ menjadikan layar POCO F3 5G sebagai pilihan idaman untuk menikmati konten di smartphone.

Layar POCO F3 5G mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate tertinggi di antara smartphone POCO lainnya yakni 360Hz menjadikannya sangat ideal untuk bermain gim, memberi keunggulan dalam berlaga dalam kompetisi. Ditambah fitur Game Turbo 4.0 yang mampu mengatur sumber daya smartphone selama bermain gim.

Perhatian pada detail layar juga ditunjukkan melalui lubang kamera depan yang memiliki ukuran sangat kecil yakni 2,76 milimeter sehingga tidak mengganggu pengalaman pengguna saat menyaksikan konten melalui smartphone. Dukungan teknologi Motion Estimated and Motion Compensation (MEMC) membuat video dengan frame raterendah menjadi halus di layar karena ditambahkan frame rate sehingga video menjadi lebih halus.

Maaf Anda Melihat Iklan

Fitur 360° Ambient Light Sensor menjadikan smartphone ini bisa memberikan pengalaman terbaik dalam melihat layar. Begitu pula dengan fitur True Display yang otomatis mengatur warna berdasarkan kondisi pencahayaan sekitar agar mata pengguna tetap nyaman.

Camera Reborn

Hadir dengan konfigurasi tiga kamera, POCO F3 5G memiliki kamera utama 48MP dengan sensor Sony IMX 582 untuk gambar yang tajam di dalam gelap, kamera ultra-wide 8MP, serta kamera telemacro 5MP sehingga pengguna bisa leluasa dalam menangkap gambar maupun merekam video. Kehadiran microphone di modul kamera memungkinkan smartphone ini untuk menangkap suara dengan lebih jernih saat merekam video, terlebih jika dipakai untuk merekam wawancara.

Baca Juga:  realme GT Neo diluncurkan dengan Dimensity 1200 SoC dan layar AMOLED 120Hz mulai Rp. 4 Jutaan

Seperangkat fitur yang memudahkan pengguna untuk menciptakan video sinematik juga melengkapi kemampuan kamera dengan hanya satu sentuhan saja yakni Magic Zoom, Slow Shutter, Time Freeze, Night Time-lapse, Parallel World, Freeze Frame.

Design Reborn

POCO F3 5G bukan hanya terkencang tapi juga tertipis dengan ketebalan hanya 7,8 milimeter dan bobot 196 gram menjadikannya nyaman digenggam. Sensor sidik jari pada bagian samping perangkat membuat akses dan otorisasi biometrik sidik jari makin terasa natural.

Pengalaman menggunakan smartphone kian lengkap berkat dual speakers yang mendukung Dolby Atmos serta sertifikasi Hi-res Audio dan Hi-res Audio Wireless untuk pengalaman sesuai gaya pengguna. X-axis linear motor juga memberikan haptic feedback yang akurat dan cepat saat dipakai.

Spesifikasi lengkap

POCO F3 5G
Performa Qualcomm® Snapdragon™ 870

–        Manufaktur 7nm

–        Kryo™ 585, Octa-core CPU, up to 3,2GHz

–        Adreno™  650 GPU

–        LiquidCool Technology 1.0 Plus

–        7nm manufacturing process

–        X55 modem for lighting-fast 5G connectivity

 

LPDDR5 + UFS 3.1

–        6GB+128GB, 8GB+256GB

 

MIUI 12 for POCO, berbasis Android 11

Layar 6,67” Dynamic AMOLED ultra-tiny DotDisplay

–        E4 material

–        2400 x 1080 FHD+

–        Refresh rate 120Hz

–        Touch sampling rate 360Hz

–        Contrast ratio 5000000:1

–        Brightness 900 nits (typ), 1300 nits (peak)

–        True Color

–        True Display

–        MEMC (Motion Estimated and Motion Compensation)

–        Sunlight display 3.0

–        HDR10+

Desain Dimensi: 163,7mm x 76,4mm x 7,8mm

Berat: 196 gram

2,5D glass front, 3D curved back

Corning ® Gorilla ® Glass 5 depan dan belakang

360° Ambient Light Sensor

Warna: Arctic White, Night Black, dan Deep Ocean Blue

Baterai dan pengisian daya 4520 mAh(typ)

Pengisian cepat 33W

Charger dalam boks 33W

USB-C

Kamera Tiga kamera di belakang

–        Kamera utama 48MP

–        Kamera ultra-wide 8MP

–        Kamera telemacro 5MP

–        Audio Zoom, Dual Video, Night Mode 2.0, One Click Video Modes.

 

Kamera depan 20MP

–        Night mode, Dual Video, Timed Selfie.

Audio Dual speakers

Dolby Atmos

Sertifikasi Hi-res Audio dan Hi-res Audio Wireless

Konektivitas Dual nano SIM

Bluetooth 5.1, Wi-Fi 6

NFC

IR Blaster

Keamanan Sensor sidik jari samping

AI Face Unlock

Lain-lain Triple microphone array

X-Axis linear motor

Harga dan ketersediaan

POCO F3 5G akan hadir dalam dua varian RAM dan penyimpanan serta tiga pilihan warna yakni Arctic White, Night Black, dan Deep Ocean Blue. Preorder akan dilakukan mulai 22 April pukul 12.00 WIB sampai dengan tanggal 27 April pukul 23.59 WIB di JD.id dan situs po.co.id.

Selama periode Preorder, JD.id memberikan promo pembelian dengan menggunakan kartu kredit BNI, BRI, Citi, Digibank dan Akulaku maka akan mendapatkan cashback sebesar Rp 300,000. Sedangkan po.co.id, memberikan Mi Casual Daypack untuk 200 pembeli pertama.

Penjualan perdana POCO F3 5G pada 28 April pukul 12.00 WIB. Penjualan offline juga dilakukan pada hari yang sama untuk Authorized Mi Store dan Authorized Mi Shop serta segera menyusul pada Erafone.

Tipe Penjualan Perdana Harga Perkenalan
POCO F3 5G Preorder

22-27 April 2021

 

Online:

Po.co.id dan JD.id

 

Penjualan Pertama

28 April 2021

12.00 WIB

 

Online:

Po.co.id dan JD.id

 

Offline:

Authorized Mi Store

Authorized Mi Shop

Erafone (segera hadir)

 

 

Rp4,999,000

(6GB + 128GB)

 

Rp5,499,000

(8GB + 256GB)

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Smartphone

POCO X3 Pro Diluncurkan di Indonesia, Smartphone berjulukan “The Beast” dengan Performa Buas

Published

on

By

Smartphone Pertama Menggunakan Qualcomm® Snapdragon™ 860 di Dunia dan Indonesia

GwiGwi.com – POCO Indonesia memperkenalkan POCO X3 Pro yang menjadi smartphone kelas mid-range dengan performa terbaik karena menjadi smartphone pertama di dunia dan Indonesia yang menggunakan chipset 4G terbaik untuk tahun 2021 yakni Qualcomm® Snapdragon™ 860. Berjulukan “The Beast”, POCO X3 Pro menghadirkan pengalaman menyeluruh bagi para pengguna melalui kinerja dan tampilan yang memukau.

POCO X3 Pro merupakan smartphone pertama di dunia yang menggunakan Qualcomm® Snapdragon™ 860 yang disebut sebagai chipset 4G terbaik tahun 2021 dengan baterai 5160 mAh yang mendukung pengisian cepat 33W. Hadir dengan layar 6,67” FHD+ DotDisplay yang mendukung refresh rate 120Hz dengan touch sampling rate 240Hz untuk animasi yang lancar serta layar responsif.

“POCO X3 Pro adalah jawaban untuk smartphone gaming karena memiliki performa buas, tampilan tiada tanding, baterai tahan lama, serta pengalaman pakai yang sempurna. Inilah smartphone terbaik dengan performa buas untuk bermain game,” kata Product PR Lead POCO Indonesia, Andi Renreng.

The Beast Performance

Di dalam POCO X3 Pro, terdapat chipset Qualcomm® Snapdragon™ 860 yang memiliki arsitektur serupa dengan chipset Qualcomm® Snapdragon™ 865 yang digunakan oleh smartphone kelas flagship dengan delapan inti, manufaktur 7 nanometer serta didukung GPU Adreno 640 untuk performa gaming mumpuni. Teknologi LiquidCool Technology 1.0 Plus hadir untuk meredakan panas.

Dapur pacu yang kencang juga didukung oleh teknologi baca dan tulis data kecepatan tinggi kelas flagship yakni UFS 3.1 yang 198% lebih kencang dari generasi sebelumnya yakni UFS 2.1 serta teknologi RAM LPDDR4X untuk membuka file dan aplikasi dengan lebih cepat. Dengan varian penyimpanan internal 256GB, POCO X3 Pro mendukung ekspansi hingga 1TB menjadikannya perangkat yang andal untuk mengelola banyak file.

Tidak ketinggalan baterai buas 5160 mAh yang membuat POCO X3 Pro bisa digunakan hingga dua hari serta mendukung pengisian cepat 33W. Teknologi Middle Middle Tab menjadikan pengisian baterai kian pesat, hanya butuh kurang dari 1 jam untuk mengisi dari kondisi habis ke penuh.

Melengkapi portofolio POCO X3 Pro, Z-Axis linear motor menyodorkan pengalaman flagship saat menggunakan smartphone berupa 150+ ragam vibrasi untuk berbagai skenario. Begitu pula dual speakers didukung sertifikasi Hi-Res audio untuk memastikan kualitas audio terbaik bagi penggunanya.

The Beast Display

POCO X3 Pro memiliki layar dengan bentang 6,67” beresolusi FHD+ DotDisplay yang mendukung refresh rate 120Hz serta touch sampling rate hingga 240Hz. Spesifikasi ini lazim ditemui pada smartphone kelas flagship dalam memanjakan mata penggunanya dengan layar yang dengan animasi yang halus serta responsif.

Maaf Anda Melihat Iklan

Sertifikasi dari TÜV Rheinland memastikan layar tetap aman bagi mata dari efek negatif sinar biru, begitu pula sertifikasi L1 Widevine menjamin pengguna bisa mengakses pilihan konten definisi tinggi dari layanan streamingseperti Netflix. Dukungan HDR10 menjamin layar POCO X3 Pro untuk bisa menampilkan konten dengan palet warna lebih kaya.

Baca Juga:  Seri “Killer” dari POCO Segera Mendapatkan Penerus, POCO F3? POCO X3 PRO?

Fitur DynamicSwitch akan menyesuaikan tingkat refresh rate sesuai skenario penggunaan mulai dari bermain game hingga posisi diam. Fitur ini bermanfaat untuk memastikan penggunaan daya tetap efisien. Lapisan Corning ® Gorilla ® Glass 6 yang melindungi bagian muka perangkat membuat pengguna tidak perlu khawatir dengan kejadian seperti jatuh dari genggaman secara tidak sengaja.

POCO X3 Pro hadir dengan sejumlah kelebihan tanpa sekalipun meninggalkan hal yang utama yakni desain. Pada seri ini, dapatkan desain yang unik sekaligus berani dari “reflective chroma design” yang mengambil inspirasi dari desain mobil balap. Dual-texture membuat permukaan punggung smartphone sulit menangkap bekas sidik jari.

Fitur “wajib” seperti IR Blaster, NFC, serta headphone jack juga bisa ditemukan pada smartphone ini untuk menjamin pengalaman yang utuh bagi pengguna.

The Beast Camera

Konfigurasi empat kamera di bagian belakang POCO X3 Pro memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk menciptakan karya foto maupun video. Kamera utama 48MP dengan sensor Sony IMX582 didampingi kamera ultra-lebar 8MP, kamera macro 2MP, serta depth sensor 2MP. Di bagian depan, ada kamera dengan resolusi 20MP.

Dari sisi perangkat lunak, kamera POCO X3 Pro memiliki sejumlah fitur yang memudahkan pengguna untuk menciptakan karya yang sulit dilupakan seperti ultra-wide night mode yang bisa menangkap gambar dengan sudut ultra-lebar pada kondisi gelap. Pengguna juga dapat bereksperimen dengan mode video untuk hasil yang unik seperti video clones dan Dual-video untuk merekam dengan kamera depan sekaligus kamera belakang.

Kamera depan juga tidak ketinggalan memiliki fitur night mode selfie yang memudahkan pengguna untuk mengambil swafoto dengan kondisi yang tetap terang pada kondisi kurang cahaya.

Spesifikasi lengkap

POCO X3 Pro
Performa Qualcomm® Snapdragon™ 860

–        Manufaktur 7nm

–        Kryo™ 485, Octa-core CPU, up to 2,96GHz

–        Adreno™  640 GPU

–        LiquidCool Technology 1.0 Plus

 

LPDDR4X + UFS 3.1

–        6GB+128GB, 8GB+256GB

 

MIUI 12 for POCO, berbasis Android 11

Layar 6,67” FHD+ LCD DotDisplay

–        Refresh rate 120Hz

–        Touch sampling rate 240Hz

–        Contrast ratio 1500:1

–        Brightness 450 nits (typ)

–        Sunlight display, reading mode 2.0

–        HDR10

Desain Dimensi: 165,3mm x 76,8mm x 9,4mm

Berat: 215 gram

2,5D glass front, 3D curved back

Corning ® Gorilla ® Glass 6 bagian muka

Warna: Phantom Black, Frost Blue, dan Metal Bronze

Baterai dan pengisian daya 5160 mAh(typ) high capacity battery

Pengisian cepat 33W

Charger dalam boks 33W

USB-C

Kamera Empat kamera di belakang

–        Kamera utama 48MP

–        Kamera ultra-lebar 8MP

–        Kamera macro 2MP

–        Depth sensor 2MP

 

Kamera depan 20MP

Audio Dual speakers

Sertifikasi Hi-res Audio

3.5mm headphone jack

Konektivitas SIM 1 + Hybrid (SIM atau Micro SD)

–        Dukungan tambahan hingga 1TB

Bluetooth 5.0, Wi-Fi 5

NFC

IR Blaster

Keamanan Sensor sidik jari samping

AI Face Unlock

Unboxing Redmi K40 a.k.a POCO F3 di Indonesia

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Smartphone

Review Ponsel Samsung Galaxy A02s

Published

on

By

GwiGwi.com – Samsung kembali merilis ponsel pintar budget yang merupakan penerus Samsung A01 yaitu Samsung Galaxy A02s, banyak peningkatan, kecuali masih tanpa sensor fingerprint.

A02s ini merupakan salah satu ponsel terjangkau diawal 2021 dari Samsung, hadir dengan dua versi 3/32gb di harga Rp. 1.799 dan dengan uckup menambah 200rb saja kalian akan mendapatkan varian 4/64Gb seoperti yangg gw bahas ini.

Dari segi handling gw akuin sih emang feel ga pakai case lebih nyaman, gripnya juga enak dengan body ergonomisnya terbuat dari plastik tapi karena gw lebih sayang kalau lecet, makanya gw tambahkan softcase bening dan memasangkan screen protector pada layar 6,5 inci yang tak memiliki gorilla glass ini, Desain belakangnya mengingatkan dengan Samsung S20FE.

Tersedia dalam pilihan warna hitam, biru dan putih, saya sendiri suka warna putih. Sama seperti pendahulunya, A02s tak memiliki sensor fingerprint, jadi kita hanya diberi pilihan security dari PIN, Pola atau Face Unlock. Untuk face unlocknya cukup baik, walau dalam kondisi minim cahaya.

A02s memiliki port usb c, headphone jack, mono speaker dibawah dan juga dual mic noise canceling. A02s dapat menerima dua nano sim dan slot khusus microsd hingga 1Tb. Ponsel ini juga memiliki fitur Doldby Atmos untuk meningkatkan kualitas audio melalui headphone.  Untuk kualitas suara speaker bawaan menurut gw sudah cukup, tapi kurang besar suaranya.

Layarnya yang 6,5 inci ini cukup baik digunakan diluar ruangan walau hanya 720p, untungnya Youtube tetap mengijinkan memutar video dengan kualitas 1080p. A02s menjalankan Android 10 melalui Samsung One UI 2.5 dengan kemungkinan upgrade ke android 11 dimasa depan, walau belum tahu kapan.

Sekarang gw bahas masalah performance, untuk kebutuhan sehari hari Samsung A02s ini lebih dari cukup ya, buat gw yang pakai WA, cek email dan line sejauh ini mulus dan tak ada lag yang berarti. Soal ketahanan baterai, menurut gw mirip dengan ponsel lainnya, misal 100 persen dari jam 7 pagi, sampai malam jam 6an bisa sisa 40persenan sehingga masih bisa dipakai sampai besoknya jam 10an. Soal pengisan daya juga cukup lama karena baterai besar dengan kecepatan hanya 15w.

Bagaimana kalau dipakai gaming?

Maaf Anda Melihat Iklan

Gw coba main Arena of Valor, dan hasilnya mulus tanpa ada lag. Dikarenakan snapdragon 450 belum mendukung Genshin Impact, jadi gw belum bisa nyobain kali ini, di play store pun tak muncul kalau disearch, kalau instal apk dari luar playstore pun tak berhasil.

Untuk PUBG Mobile dapat dimainkan dengan kualitas grafis smooth mentok di High dan maksimal di Balanced Medium. Game lain juga dapat dimainkan dengan mulus walau dengan kualitas grafis minimun.

Nah untuk media penyimpanan RAM 64gb menurut gw untuk ponsel ini sih sudah cukup, tapi untuk penggunaan gw pribadi sih kurang, dengan pamakaian lebih 2 mgguan penyimpanan tersedia yang gw miliki kini hanya 17gban saja.

Beralih ke camera, ponsel ini total memiliki 4 kamera, 1 kamera selfie dan 3 kamera belakang. pengalaman yang ga enak ya itu saat foto di lowlight ya, mungkin ga low banged tapi dengan setingan auto, shutter speednya jadi lambat sekali dan sering sekali gw menemukan hasil foto yg burem. 

Lensa makronya kualitas lumayan namun fokusnya fiks 3-5cm dari objek, jadi harus kita posisikan yang pas supaya fokus ke objek, untuk video sendiri baik kamera depan dan belakang hanya mampu kualitas 1080p 30fps tanpa elektronik stabilization. Selebihnya kita cek aja langsung sample foto dan videonya

Kesimpulan gw samsung A02s ini sudah bisa dijadikan hape utama untuk budget dibawah 2 juta, terutama penggemar samsung. Kalau sudah punya ponsel flagship, ponsel ini pun cocok jadi secondary. Ada harga ada rupa, kamu mendapatkan sesuai dengan harga yang dibayar. 

Cek video berikut ini untuk Full Review:

Baca Juga:  Realme X7 Pro Extreme Edition diluncurkan dengan layar 90Hz, tiga kamera 64MP, Dimensity 1000+, dan baterai 4.500mAh

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

CryptoTab Browser

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x