Connect with us

Event

Makin Sengit, Kompetisi IEL University Super Series Season 3 Masuki Babak Grand Final

Published

on

Gelaran babak Grand Final siap diselenggarakan secara online dengan mempertandingkan gim Dota 2 dan PUBGM.

Maaf Anda Melihat Iklan

GwiGwi.com –  IEL University Super Series, kompetisi esports tingkat universitas, yang didukung penuh oleh Tencent Indonesia dan Indonesia Esports Association (IESPA) telah memulai season ketiganya dengan total 32 kampus yang turut berpartisipasi. Tim-tim yang berhasil lolos akan berkompetisi dalam babak Grand Final yang siap diselenggarakan secara online. Nantinya, kompetisi ini akan mempertandingkan dua gim yaitu Dota 2 dan PUBGM. Babak penyisihan untuk penentuan perwakilan dari masing-masing kampus dalam kompetisi IEL University Super Series Season 3 berlangsung pada bulan Oktober hingga Desember 2020 lalu.  Setelah itu, diadakan penyisihan tim kampus dalam babak Group Stage dan Playoff mulai 19 Januari 2021. Kini, tim-tim yang telah terpilih akan berkompetisi dalam Babak Grand Final pada 29-30 Mei 2021 mendatang.

Para penyelenggara IEL University Super Series menyambut antusias kompetisi ini. Apalagi ditengah situasi kondisi pandemi yang masih berlangsung di tanah air. “Kompetisi ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk mendukung esports di tanah air dengan mengembangkan bakat para pecinta esports.  Kami percaya dengan persiapan matang, pembinaan yang tepat dan penyelenggaraan kompetisi berkualitas seperti ini akan mendorong terbentuknya tim-tim esports di kampus-kampus sejak dini dengan harapan panjang kedepannya Indonesia memiliki tim esports berkualitas yang siap berkompetisi di kancah internasional,” ujar Harry Kartono, Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS.

Antusisme senanda pun ditunjukkan oleh pihak PUBG MOBILE pada penyelenggaran kompetisi yang telah tiba pada tahapan grand final ini. “Kami melihat potensi besar di industri esports di mana popularitas yang semakin meningkat dan tingginya minat terhadap game online yang memberikan indikasi bahwa esports semakin diterima oleh masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu, kami mendukung penuh perkembangan ekosistem gaming dan industri esports di tanah air dengan mengajak para gamer dan komunitas pecinta esports untuk mengasah skill dan talentanya, salah satunya melalui kompetisi esports bergengsi IEL University Super Series Season 3 dengan menggandeng IESPA yang memiliki pengalaman panjang. dalam menyelenggarakan event olahraga eSports nasional dan internasional,” kata Oliver Ye, PUBG MOBILE South East Asia Director.

Tak ketinggalan, IESPA pun ikut menyampaikan rasa bangganya atas terselenggaranya kompetisi  IEL University Super Series Season 3 ini. “Kami bangga menjadi bagian dari terselenggaranya kompetesi esports bergengsi ini. Perjuangan panjang para tim hingga ke babak Grand Final merupakan sebuah momen dan prestasi yang patut dibanggakan. Kami berharap semakin banyak pemain berbakat bermunculan khususnya di bidang esports melalui ajang kompetisi esports seperti ini”, jelas Eddy Lim, Ketua Umum IESPA.

Daftar 4 kampus yang telah berhasil lolos hingga ke babak Grand Final untuk Gim Dota 2 yaitu Universitas Diponegoro, Binus University, Universitas Surabaya dan Universitas Gadjah Mada. Adapun 16 kampus yang lolos untuk kompetisi gim PUBGM adalah Universitas Gunadarma, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Kristen Duta Wacana, Institut Pertanian Bogor, Universitas Tanjungpura, Universitas Andalas, Telkom University, Universitas Surabaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Bunda Mulia, Universitas Ciputra, Universitas Pendidikan Indonesia, UPN Veteran Jatim, STMIK Pontianak.

Perhelatan kompetisi IEL University Super Series Season 3 mendapat dukungan dari Super Challenge sebagai Official Main Sponsor, Vidio sebagai Official OTT Platform dan Bukalapak sebagai Official E-Commerce Partner sebagai bagian dari kontribusi mereka untuk kemajuan industri esports di Indonesia. “Melihat pertumbuhan esport di Indonesia, maka diperlukan wadah terbaik bagi generasi muda yang ingin menekuni bidang esports dengan serius. Kami berharap dukungan partisipasi Super Challenge dalam penyelenggaraan kompetisi IEL University Super Series Season 3 ini akan membuka jalan bagi mereka yang berani menerima tantangan untuk mengasah bakat di bidang esports sehingga nantinya dapat menjadi juara di berbagai ajang kompetisi,” kata Dhanny Winata Hoeniarto, perwakilan dari Super Challenge.

Baca Juga:  Terbuka Khusus Wanita, Tournament eSports Point Blank Ladies League Buka Pendaftaran sampai 1 September!

Adapun Vidio sebagai salah satu sponsor, berharap industri esports di tanah air semakin maju selaras dengan dukungan Vidio yang berkomitmen menyediakan konten-konten esports yang menarik dan berkualitas. “Kerja sama Vidio dengan IEL merupakan sebuah bentuk komitmen dalam memajukan industri esports tanah air, terutama dalam lingkup pendidikan. Dengan perkembangan industri esports saat ini, IEL merupakan sebuah bentuk konsistensi Vidio untuk tetap terus menyediakan konten-konten esports yang menarik dan berkualitas bagi masyarakat, khususnya bagi para gamers dan komunitas esports di Indonesia. Selain itu, IEL juga menjadi wadah untuk menyalurkan bakat dan aspirasi generasi muda tanah air dalam industri esports, sehingga harapannya industri esports Indonesia akan semakin maju kedepannya,” kata Hermawan Sutanto,  Deputy CEO Vidio.

Perkembangan industri digital gaming mendapat dukungan penuh pula dari Bukalapak sebagai salah perusahaan teknologi tanah air dan juga Official E-Commerce Partner IEL University Super Series Season 3. “Partisipasi Bukalapak dalam IEL University Super Series merupakan bentuk dukungan kami terhadap industri digital gaming yang terus berkembang, terutama di tengah situasi pandemi di mana digital game menjadi salah satu pilihan utama masyarakat untuk mengisi waktu di rumah, serta terhadap pertumbuhan industri itu sendiri yang kini telah menjadi platform bagi para gamer terbaik kita dalam mengharumkan nama Indonesia di tingkat dunia. Sebagai perusahaan teknologi tanah air, kami senantiasa mendukung penuh segala upaya yang bertujuan mendukung perkembangan para pelaku industri nasional”, ujar Erick Wicaksono, VP Marketing Bukalapak.

Gelaran acara Grand Final kali ini akan semakin semarak dan berbeda karena kehadiran para bintang tamu spesial seperti Coki Pardede, Tretan Muslim, Rymot, Akira Kimura, Hiroaki Kato dan Shojo Complex. Disamping itu, secara terpisah IEL juga telah mengadakan IEL Masterclass Webinar selama periode Oktober 2020 hingga April 2021 lalu yang dapat ditonton ulang pada platform Vidio. Acara ini bertujuan untuk mengedukasi para mahasiswa seputar karir cemerlang di bidang Esports maupun dalam dunia digital. Selain itu, penyelenggaraan ragam kompetisi seperti Ultimate Cosplay Championship, IEL Super Ambassador, Esports Content Creator dan Esports Game Master. Seluruh rangkaian acara tersebut mengusung tema “Empowering Passion” dimana diharapkan dapat membuka peluang karir dalam ekosistem Esport bagi mahasiswa.

Sementara itu bagi para pendukung IEL University Super Series Season 3 juga berkesempatan mendapatkan official merchandise. Hanya dengan kode promo IELCASHBACK, dapatkan diskon hingga 40.000 dan kode promo IELONGKIR untuk mendapatkan potongan ongkos kirim hingga 40.000 yang dapat akses Super Store Official pada e-commerce Bukalapak.

Seluruh acara akan terselenggara secara online dengan prioritas protokol kesehatan ketat yang telah ditetapkan oleh pemerintah mengingat pandemi Covid-19 yang belum usai dan sebagai upaya mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Tonton dan jadilah saksi kemenangan tim terbaik di musim ini disini. Untuk informasi lebih lanjut dapat disimak di laman www.esportsleague.id .

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Event

Mengintip NAISHO: Toki wo Kakeru, Event Jepang yang Diselenggarakan oleh UKM K3J UNIKA Atma Jaya!

Published

on

GwiGwi.com – Pada tanggal 31 Juli sampai 1 Agustus 2021 silam, Kelompok Kerja Kebudayaan Jepang (K3J), yaitu salah satu unit kegiatan mahasiswa UNIKA Atma Jaya Jakarta menggelar sebuah pagelaran Jepang (bunkasai) yang bernama NAISHO. NAISHO biasa diadakan setiap tahun, namun pada tahun lalu acara ini dibatalkan karena pandemi COVID-19. Akhirnya, NAISHO kembali pada tahun ini dengan konsep acara daring yang dapat diakses melalui live streaming di channel Youtube “NAISHO UAJ”. Tahun ini, NAISHO memiliki tajuk “Toki wo Kakeru”, yang bermakna sebuah pencampuran antara budaya Jepang tradisional dengan modern.

Maaf Anda Melihat Iklan

Pada hari pertama, Sabtu (31/07), acara dibuka oleh MC NAISHO, yaitu Zelva  dan Karin yang juga sebagai pemandu berjalannya acara NAISHO selama 2 hari. Acara  pun dilanjutkan dengan beberapa kata sambutan, dimulai dari El Chris Natalia (dosen pembimbing K3J), Alvin Winata (ketua UKM K3J), dan Nathasya Cornelia (ketua  panitia NAISHO). Sebagai pembuka, K3J juga turut menampilkan tarian tradisional Jepang yaitu Soran Bushi.

Di hari pertamanya, NAISHO memperkenalkan beberapa komunitas yang  bergabung di dalam acara seperti AMV Indonesia, Shogi Indonesia, osu! Indonesia dan ASOBU UNSADA. Selain perkenalan komunitas, NAISHO juga menyuguhkan benkyou, belajar  bersama seputar budaya Jepang bersama Ibu Indah. Ibu Indah membawakan 2 materi  untuk NAISHO, yaitu Washi Ningyo dan Chanoyu. Dalam materi Washi Ningyo, Ibu  Indah menjelaskan dan mempraktekkan cara membuat boneka kertas Jepang. Selanjutnya,  dalam materi Chanoyu, Ibu Indah menjelaskan dan mempraktekkan tata cara upacara  minum teh Jepang, dari persiapan hingga selesai.

Tidak lupa, NAISHO juga mendatangkan 2 guest stars yaitu Hira Dazzle dan  Babymetal Surabaya (BMS). Hira Dazzle membawakan 2 performance yang salah  satunya ialah lagu Senbonzakura, lagu hits Vocaloid! Sedangkan untuk Babymetal  Surabaya, mereka membawakan 5 dance cover performance, salah satunya adalah lagu  Megitsune. Banyak fans yang hype dengan pembawaan mereka karena penampilannya  yang energik. Selain melakukan performance, mereka juga melakukan sesi QnA dengan MC dan para penonton melalui live chat sebelum menutup acara hari pertama.

Pada hari kedua, Minggu (01/08), acara kembali dibuka oleh MC NAISHO. Untuk acara hari kedua, NAISHO lebih difokuskan pada showcase dan pengumuman  pemenang lomba yang telah diselenggarakan. NAISHO telah menyelenggarakan 3  jenis lomba pada 2 bulan sebelum acara dimulai yaitu singing competition, fan art  competition, dan cosplay competition. Juri-juri tiap lomba juga ikut memeriahkan acara ini dan memberikan berbagai feedback kepada beberapa pesertanya.

Baca Juga:  Turnamen Online Valorant Indonesia Dibuka! Delta Cup: Valorant oleh Indofood BoWLeague!

Juri-juri tersebut  antara lain Okami Ken dan Nella untuk singing competition, Ellenic dan Auwi untuk  fan art competition, serta KATZE dan Risa untuk cosplay competition. Tiap lomba  memiliki 3 pemenang utama yang dipilih langsung oleh para jurinya. Selain  melakukan feedback, tiap-tiap juri lomba juga melakukan QnA kepada MC, para  peserta lomba, dan penonton melalui live chat. 

Tidak hanya di hari pertamanya, pada kesempatan kali ini NAISHO juga  mengundang 2 guest stars lagi untuk mengisi acara. Untuk hari keduanya, NAISHO  mengundang Hyakushiki, REi Agara, dan Okami Ken yang juga merupakan juri singing  competition. Hyakushiki merupakan sebuah band lokal asal Malang yang membawakan lagu-lagu Jepang, terutama Anisong. Mereka membawakan 3 performance untuk mengisi NAISHO kali ini, salah satunya adalah lagu opening anime yang hits beberapa tahun lalu, Blend S! Kemudian dilanjutkan dengan performance dari Okami Ken dan REi Agara sebagai finale dari acara NAISHO tahun ini. Penonton dari acara langsung membanjiri kolom live chat karena premiere performancenya yang sangat meriah dan membakar semangat. Dalam performancenya, mereka juga menyelinginya dengan QnA bersama penonton di live chat. Para penonton dapat  bertanya seputar bernyanyi kepada mereka dan mendapatkan jawaban atau feedback dari mereka. Tidak jarang juga mereka bercanda bersama para MC sehingga mengundang tawa para penonton.

Pada akhirnya, NAISHO ditutup oleh MC dengan ucapan terima kasih dan  recap acara selama 2 hari. Walaupun acara diselenggarakan secara daring namun cukup membuat insight kepada para penonton yang ingin mengetahui bunkasai atau sekedar mengobati kerinduan terhadap event jejepangan. Tidak lupa juga, kita  mendapatkan materi yang berguna baik dari benkyou maupun komunitas dan guest starnya. Semoga NAISHO ada lagi di tahun depan ya!

 

 

 

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

Comic Frontier gelar ‘Comivuro’, Pasar Kreatif Indonesia secara Virtual

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah berselang setahun tidak diadakan akibat pandemi yang melanda, perhelatan pasar kreatif Indonesia Comic Frontier (Comifuro) akan segera kembali hadir pada 17 – 18 Juli mendatang. Kini, Comifuro untuk pertama kali diadakan sebagai event virtual bertajuk “Comic Frontier Virtual (Comivuro)” yang diperuntukan bagi para insan yang telah rindu dengan kemeriahan pasar doujinshi

Maaf Anda Melihat Iklan

Comivuro merupakan event online pertama yang dilaksanakan oleh Comifuro, oleh sebab itu venue acara pun akan dilakukan secara virtual. Comivuro akan diadakan di dua tempat secara bersamaan, yakni “Main Stage” yang menggunakan platform live stream di YouTube serta channel Discord sebagai “Virtual Space” untuk Circle dan pengunjung umum.

“Main Stage” dan “Virtual Space” ini akan menjadi kesatuan bagi partisipan dan circle untuk saling berinteraksi. Tidak hanya berinteraksi melalui chat di aplikasi Discord, Partisipan dan Circle juga bisa terlibat langsung dalam konten acara yang disiarkan secara langsung melalui live stream, sehingga pengunjung tidak hanya menonton tapi bisa ikut serta aktif di event ini dan merasakan sedikit pengalaman berada di event offline. 

Comivuro akan dimeriahkan oleh para Virtual Youtuber alias VTuber yang akan menghibur kalian selama perhelatan berlangsung. Acara ini mengusung penggabungan dunia nyata dengan dunia virtual di mana acara akan dipandu oleh MC dari dunia nyata bersama dengan MC dari dunia virtual. Di hari pertama, Naocchi sebagai MC dari dunia nyata akan ditemani oleh Kureiji Ollie dan Ayunda Risu dari Hololive Indonesia menjadi pembawa acara akan menemani pada hari pertama Comivuro. Tidak ketinggalan Airani Iofifteen yang memeriahkan sesi Live Drawing di hari pertama, serta Pavolia Reine dan Anya Melfissa sebagai guest stars pada sesi Talkshow dan Moona Hoshinova yang akan mengadakan live virtual concert di hari kedua. 

Tak kalah meriah, di hari kedua acara akan dipandu oleh Luthfi sebagai perwakilan dari dunia nyata yang ditemani oleh Riksa Dhirendra dari Liver NIJISANJI ID sebagai pembawa acara virtual di Comivuro. Turut hadir Siska Leontyne dan Layla Alstroemeria dari NIJISANJI ID yang akan menjadi Guest Star dalam sesi Talkshow. 

Tidak hanya itu, Comivuro juga menggandeng para Virtual YouTuber independen yaitu Evelyn VTuber, Chloe Pawapua, Reynard Blanc dan Lily Ifeta yang akan menggelar konser virtual di hari pertama. Sedangkan di hari kedua, Comivuro juga kedatangan perwakilan dari Muse Indonesia selaku distributor anime legal di Indonesia untuk mengadakan sebuah acara Talkshow.

Comivuro akan kembali menghadirkan Diskusi Panel yang diperuntukan bagi teman-teman fans, komunitas, akademisi hingga podcaster yang ingin berbincang dan berdiskusi dengan topik seputar budaya populer. Nantinya, Diskusi Panel akan dilakukan secara online melalui Conference Call dengan panelist terpilih yang akan disiarkan melalui livestream video di YouTube Comifuro. Selain itu, sesi tanya jawab selama Diskusi Panel pun bisa dilakukan melalui fitur live chat yang tersedia ketika melakukan Livestream. 

Comivuro juga mengadakan kontes online yang menarik, yakni NIJISANJI ID Fanart Contest dan Gangster Cosplay Photo Content. NIJISANJI ID Fanart Content diperuntukan bagi kreator yang ingin membuat Fanart dari karakter para Liver NIJISANJI ID. Nantinya beberapa submisi terpilih akan di-review secara langsung oleh Layla Alstroemeria dan Siska Leontyne saat acara berlangsung.

Sedangkan, Gangster Cosplay Photo Content diperuntukan bagi siapapun yang memiliki passion dalam ber-cosplay. Sesuai dengan tema yang diusung, partisipan bisa melakukan submisi foto cosplay bertemakan Gangster terbaik miliknya. Nantinya beberapa submisi foto terpilih akan di-review juga secara langsung oleh para pembawa acara di hari pertama yaitu Naocchi, Kureiji Ollie dan Ayunda Risu.

Comivuro turut menghadirkan para DJ dari OtaGroove yang akan mengadakan “Virtual Party” melalui Comivuro DJ Night yang berlangsung pada hari pertama, 17 Juli 2021. Penampilan live dari teman-teman OtaGroove akan disiarkan secara langsung melalui Twitch dalam tautan berikut ini: https://www.twitch.tv/otagroove

Bagi kalian yang memang sudah rindu dengan kemeriahan dari pasar kreatif Comic Frontier,  pastikan diri kalian tidak melewatkan perhelatan Comivuro yang akan dilaksanakan secara virtual melalui pada 17 – 18 Juli mendatang, ya!

Kalian bisa mengikuti acara ini secara langsung melalui channel youtube Comic Frontier di https://www.youtube.com/user/ComicFrontier. Sedangkan, untuk market area dan virtual stage, kalian bisa join ke server Discord Comifuro di link berikut ini: https://discord.com/invite/ytg54yR.

Sampai jumpa di Comic Frontier Virtual!

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Event

PK Entertainment dan GoTix akan Gelar Festival Animeland secara Virtual pada bulan Agustus

Published

on

By

GwiGwi.com – Perusahaan event management PK Entertainment bersama platform ticketing GoTix, yang merupakan bagian dari ekosistem Gojek, dalam waktu dekat akan mempersembahkan Festival Animeland. Festival satu atap J-Pop yang fokus pada Anime, J-Pop, Cosplay, dan E-sports ini merupakan persembahan bagi para  penggemar budaya Jepang di seluruh Indonesia.

Maaf Anda Melihat Iklan

Festival Animeland akan berlangsung secara virtual pada tanggal 21 – 22 Agustus 2021, menampilkan berbagai entertainer dan brand dari Indonesia serta Jepang. Melalui Animeland Virtual City, para penonton dapat merasakan suasana Akihabara yang merupakan distrik berbelanja barang elektronik ternama di Tokyo, dalam bentuk virtual. Di samping itu, akan ditampilkan juga distrik khas lainnya di Jepang yang terkenal dengan maid cafe dan pertokoan yang sangat dekat bagi para pecinta anime dan game.

GwiGwi.com – Secara keseluruhan, Kolaborasi antara PK Entertainment dan GoTix ini menawarkan beragam konten sepanjang festival dua hari, seperti belanja, talk show dengan content creator, pertunjukan khusus artis Anime Jepang top, serta kompetisi di berbagai turnamen e-sports. Semua konten tersebut dirancang khusus bagi para penggemar budaya Jepang yang semakin berkembang di Indonesia.

Baca Juga:  Terbuka Khusus Wanita, Tournament eSports Point Blank Ladies League Buka Pendaftaran sampai 1 September!

Berbagai produk dan layanan ekosistem Gojek turut meramaikan Animeland Virtual City dalam festival tersebut. Para penonton dapat menikmati kuliner yang nikmat, mudah, dan aman dengan mencicipi beragam kuliner khas Jepang nan lezat persembahan Merchant GoFood di GoFood Street Akihabara yang juga menawarkan promo spesialPara penonton pun dapat melakukan pembayaran dengan mudah melalui e-wallet GoPay di Virtual Shop dan Creative Market. GoTix sendiri akan menggelar GoTix Stage dengan setidaknya tiga jam konten eksklusif per hari yang menampilkan dua artis Jepang, yang dapat penonton saksikan langsung melalui livestream GoPlay Live.

Adapun dua kompetisi juga akan dihelat menjelang berlangsungnya Festival Animeland, yaitu:

  1. Kompetisi E-Sports, bekerja sama dengan Drivals Tekken Team dan PKMN-ID untuk menyelenggarakan turnamen nasional Tekken 7 dan Pokemon TCG Online. Babak penyisihan kompetisi akan berlangsung dari 18 – 20 Agustus 2021 dan final pada 21 – 22 Agustus 2021.
  2. Cosplay Competition bekerja sama dengan CLAS:H, salah satu komunitas cosplay yang paling dicintai di Indonesia, akan menghadirkan beragam konten tentang cosplay yang berfokus pada karakter Anime, J-Pop culture, dan Gaming.
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

CryptoTab Browser

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x