Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Event

[Event Report] Anime Festival Asia 2016, Akankah Diulang?

Published

on

GwiGwi.com – Anime Festival Asia 2016 atau yang sering dikenal sebagai AFA telah usai digelar di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta pada weekend lalu. Seperti tahun-tahun sebelumnya, di pagelaran anime terbesar di Asia ini kita akan dapat menyaksikan banyak vendor terkenal dari Jepang, penjualan “comic” atau lebih dikenal sebagai doujinshi karya local maupun mancanegara, merchandise official dari berbagai anime yang sudah atau sedang tayang, guest stars yang luar biasa, dan juga I ♥ Anisong concert yang mendatangkan artiste yang luar biasa. Seperti apa AFAID tahun ini? Apakah lebih wah? atau malah meh? Berikut laporannya.

Maaf Anda Melihat Iklan

afaid2016

Antrian yang “PANJANG” dan Exhibition “Pasar Ikan”

Salah satu ciri khas dari AFAID atau AFA secara keseluruhan adalah antriannya yang puaaaaanjaaaaang. Namun, demikian, salah satu yang disayangkan dari AFA tahun ini adalah “ular” yang dihasilkan terkesan tidak sepanjang biasanya. Pemikiran positif yang ada adalah “Oh, berarti handling ticketing tahun ini jauh lebih baik” atau “Mungkin sudah pada mulai bisa lebih teratur”. Namun, salah satu topik lainnya yang lebih mengarah ke hal negatif adalah “Yah, ngapain pagi-pagi kalau ga ada barang limited yang diincer banget”. Mungkin kalau dilihat dari perspektif fans yang bisa dibilang cukup hardcore, yang kedua lebih masuk akal mengingat limited item seperti dari GoodSmile CompanyBushiroad, dan Culture Japan yang menjadi salah satu tombak utama kali ini harus absen tanpa penjelasan akurat.

img_20160917_091820

Namun demikian, hal diatas tidak mengganggu antusiasme fans yang tetap ingin berkeliling. Dengan adanya tambahan booth (walau kecil) seperti 1st Place yang membawa IA dan LiaAniplex dengan HaifuriSaekano, dan juga SAO, dan tentunya yang cukup menjadi spotlight tiap tahun, Ichiban Kuji Banpresto membuat exhibition ground cukup hidup. Namun salah satu spotlight kali ini adalah …. ada yang amis.

img_20160916_175718

Amis yang dimaksud disini adalah banyaknya “ikan bakar” betebaran di salah satu booth yang bisa dibilang sangat kontroversial tiap tahunnya. Booth “comic” ini menawarkan boneka ikan bakar yang harganya semakin turun setiap harinya. Mungkin mulai tidak fresh? Tapi tidak bisa dipungkiri, Ikan Sanma yang dibawanya cukup laku dikalangan pengunjung. Sayangnya, Gwiditor tidak begitu tertarik karna … harganya naik turun dan malah terlihat seperti “Pasar Ikan” daripada “Pasar Anime”.

Mid-Day Stage yang cukup menarik

Salah satu benefit yang dibawakan setiap tahunnya adalah adanya day-stage yang menyuguhkan highlighted animeARCC, guest star seperti seiyuudirector, dan masih banyak kegiatan lainnya hingga screening movie yang belum tayang baik di Jepang, maupun di channel anime.

img_20160917_100052

Salah satu yang menarik perhatian Gwiditor adalah highlight Haifuri (High-School Fleet) bersama dengan seiyuu dari Shima Teteishi dan Irizaki Mei, beserta creator dari Haifuri ini sendiri. Selain itu adapula screening part-two dari Kizumonogatari yang mentrigger fans yang memang mengikuti Monogatari Series, dan bagi fans vocaloid, kalian mendapatkan double bonus yaitu screening IA GO! GO! PARTY dan juga Zutto Maekara Suki Desuta yang merupakan movie yang dibuat dari kumpulan lagu karya honeyworks.

2 hari meriah I ♥ Anisong Concert

Apa serunya AFAID tanpa I ♥ Anisong Concert? Tentunya kali ini konser yang menjadi salah satu main attraction dari AFAID tahun ini tidak kalah seru. Day 1 yang dipenuhi banyak sekali artist-artist yang sedikit lebih “selow”, dan Day 2 yang penuh dengan all-out yang ga kalah seru.

day1

Hal yang paling berkesan di Day-1 adalah opening dari kz Livetune yang membawakan solo-solonya yang hits seperti dari Vocaloid (Tell Your World, Redial, etc) dan juga Tokyo 7th Sisters (Sevent Haven, etc). Setelah itu memang tidak begitu Gwiditor ketahui saat Elisa dan Alisa Takigawa mulai mengambil stage. Kemudian dilanjut dengan Aimer yang membawakan lagu yang syahdu dimulai dari Brave Shine dan hits-hitsnya dengan tema yang sangat low-light walaupun sudah pernah memperlihatkan mukanya sebelumnya kepada publik. Lalu penutupan diakhiri dengan sesi DWP (Djakarta Wibu Project – slang) oleh motsuxKaya.

Baca Juga:  Comic Market akan Mencabut Aturan Vaksinasi & Tes COVID-19

day2

Day 2 menjadi pusat perhatian Gwiditor kali ini. Dengan adanya kombinasi yang luar biasa dari LiaBless4Maaya Uchida, dan juga nano, Day 2 terlihat lebih berisi. Lia membuat kita baper dan galau terutama dengan 2 lagu terakhir yaitu Bravely You (Charlottedan My Soul, Your Beats (Angel Beats). Kemudian konser dilanjutkan dengan Party yang membuat Gwiditor tidak bisa diam yang dibawakan oleh Bless4 (sering dibecandain jadi Bless3 karena Aeki, personil paling kecil dari 4 bersaudara ini sedang di Amerika) melalui Extra Magic Hour (Amagi Brilliant Park) dan my personal favouriteMiiro (KanColle). Kemudian dilanjutkan oleh si seiyuu yang telah Gwiditor interview di AFASG dan bilang ingin pensiun jadi chuu2Maaya Uchida. Namun perlu diakui, tidak banyak lagu maayayan yang diketahui oleh para pengunjung. Lalu sampailah ke penghujung acara … nano! Dibuka langsung dengan Bull's Eye, penampilan kedua nano di Indonesia memang paling membakar semangat pengunjung. Namun, sangat disayangkan waktu untuk konser kedua ini terkesan lebih singkat karna hits yang lebih terkenal dari nano harus absen seperti Now or Never, dan nevereverland.

Hari Minggu yang …. adem, dan … Baper

Terkadang last-day dari AFA dihabiskan dengan mengincar diskonan. Namun untuk kali ini, Gwiditor lebih tertarik dengan 4 screening yang diselenggarakan di Day-Stage atau sekarang sudah berubah total menjadi Main-Stage selama seharian.

kizumonogatari_announce

Screening set pertama yang didapat ditujukan kepada fans dari Monogatari Series yaitu 2 movie terbaru dari seri itu yaitu Kizumonogatari. Walau Gwiditor memang bukan fans besar dari seri ini, bisa diakui bahwa menonton movie sebelum waktunya tayang memang menyenangkan.

zutto-kara-me-vocaloid1

Screening set kedua bagi Gwiditor FSP+ terlihat lebih menarik karna ada 2 hal yang berhubungan dengan Vocaloid kali ini. Screening pertama adalah IA GO GO Party Japan yang ditayangkan untuk memperlihatkan konser IA yang pernah diselenggarakan di Jepang. Sekilas, screening ini mengingatkan Gwiditor dengan Magical Mirai untuk Vocaloid besutan Crypton. Screening kedua adalah animated movie dari seri lagu besutan Honeyworks dibawah title Love Committe yaitu Zutto Maekara Suki Deshita (I've Always Liked You). Perlu diketahui, kalau nonton film ini sendirian, pasti baper, nonton sama gebetan kalau ditolak berasa baper, tapi kalau nonton bareng pacar … pasti … yasudahlah…

Overall, AFAID kali ini memang bukan yang “best” dari pagelaran AFAID sejak 2012. Namun, tidak dapat dipungkiri kontennya terlalu kurang umum dan lebih menyasara kepada fans spesifik sehingga bagi fans yang tidak terlalu tertarik akan dengan mudah memutuskan untuk skip beberapa konten dan hanya memilih untuk keliling exhibition saja. Banyak sekali harapan dari pengunjung AFAID yang Gwiditor temui ingin ada konten yang lebih hefty sehingga AFA bisa menjadi lebih baik dan tidak kalah terkejar oleh event generic yang ada di Indonesia.

See you on next event report~

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Event

“ANIME SONGS PARTY!” Akan Hadir Di “JAPAN EXPO Paris 2022”!

Published

on

GwiGwi.com – Program radio yang menghubungkan seluruh dunia dengan lagu anime oleh Nippon Cultural Broadcasting, “ANIME SONGS PARTY!” akan hadir di “JAPAN EXPO Paris 2022” pada tanggal 14 – 17 Juli (Kamis – Minggu).

Maaf Anda Melihat Iklan

Program ini mengundang berbagai bintang tamu dan menampilkan sesi studio lagu-lagu anime dari studio radio setiap minggu. Selain itu, program ini bekerja sama dengan media dan event seputar budaya anime Jepang dari berbagai negeri seperti “Anime News Network (Amerika Serikat)”, “Manga News (Prancis)”, “HYPER JAPAN (Inggris)”, “GwiGwi (Indonesia)” untuk mempromosikan berbagai konten seperti video YouTube dan juga rekaman sesi studio agar dapat dinikmati oleh penggemar lagu anime di seluruh dunia.

“JAPAN EXPO Paris 2022” merupakan acara yang di gelar setiap awal bulan Juli di Paris, Prancis . Acara ini juga merupakan salah satu festival Jepang (pameran yang menampilkan budaya Jepang) terbesar di dunia dengan 250,000 pengunjung dalam 4 hari.

Baca Juga:  “ANIME SONGS PARTY!” Akan Hadir Di “JAPAN EXPO Paris 2022”!

Yohei Onishi dan Singing Cosplayer Hikari, kedua MC dari ANIME SONGS PARTY! akan tampil di panggung JAPAN EXPO Paris 2022. Selain itu, Enzo Ratsito yang memerankan suara Kamado Tanjiro dari “Demon Slayer (Kimetsu no Yaiba)” dalam bahasa Prancis dan saat ini sedang memberikan direksi untuk anime “SPY×FAMILY” juga akan tampil pada segmen panggung yang sama.

Pada segmen tersebut, lagu cover anisong terbaru ANIME SONGS PARTY! oleh Enzo Ratsito akan ditampilkan untuk pertama kalinya dan 3 personil tersebut akan menampilkan anisong cover live bersama.

Yohei Onishi dan Singing Cosplayer Hikari, masing-masing dari mereka juga akan memberikan penampilan, menyanyikan lagu-lagu anime populer di panggung.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Event

Comic Market akan Mencabut Aturan Vaksinasi & Tes COVID-19

Published

on

GwiGwi.com – Penyelenggara acara Comic Market (Comiket) mengumumkan pada hari Sabtu bahwa acara Comic Market 100 tidak akan lagi mengharuskan pendaftar untuk menunjukkan bukti vaksinasi atau tes COVID-19 negatif karena “standar pemerintah saat ini mengabaikan inspeksi semacam itu” karena “stabilisasi baru-baru ini.”

Maaf Anda Melihat Iklan

Acara tersebut masih akan menggunakan “langkah-langkah pencegahan infeksi yang tepat,” dan masker akan diperlukan di dalam ruangan. Satu-satunya waktu berbicara yang diizinkan adalah saat makan atau minum, dan staf telah menyatakan bahwa mengobrol tidak diizinkan selama makan.

Selain itu, suhu tamu akan diambil untuk mendapatkan gelang untuk masuk. Peserta yang membeli tiket tetapi tidak dapat hadir karena berbagai keadaan, seperti gagal lulus pemeriksaan suhu, tidak akan dikembalikan uangnya.

Pihak penyelenggara menyatakan bahwa peraturan dapat berubah sewaktu-waktu.

Siaran langsung akan berlangsung pada 13 dan 14 Agustus. Alih-alih mulai pukul 10:00, itu akan dimulai pukul 10:30.

Baca Juga:  “ANIME SONGS PARTY!” Akan Hadir Di “JAPAN EXPO Paris 2022”!

Penyelenggara acara memperkirakan bahwa 80.000-90.000 orang akan hadir setiap hari, dan tiket akan diminta untuk hadir. Semua tiket akan dijual di muka, tanpa tiket tersedia di pintu.

Pada bulan Januari, acara tersebut bermaksud menggunakan sebagian dari Tokyo Big Sight untuk memeriksa bukti vaksinasi atau tes COVID-19 yang negatif, serta untuk mengukur suhu. Peserta, menurut staf, perlu memberikan bukti tiga suntikan imunisasi (termasuk suntikan booster) agar dapat diterima.

Saat Comic Market 99 berlangsung pada 30-31 Desember, kapasitasnya kurang lebih 55.000 orang per hari. Pada 4 Januari, dua karyawan Comiket didiagnosis dengan COVID-19. Empat orang lain yang terkait dengan acara tersebut kemudian dinyatakan positif COVID-19, menurut staf.

Source: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

ANIME SONGS PARTY! [GUEST:MADKID YOU-TA, LIN] PART1

Published

on

ANIME SONGS PARTY! https://www.joqr.co.jp/party/
Join and SING with us! #ANIMESONGSPARTY

Maaf Anda Melihat Iklan

This is the video of the guest talk with MADKID YOU-TA and LIN.
It was aired on May 15 (Sunday), 2022.

【MADKID Information】
https://columbia.jp/madkid/
https://lineblog.me/madkid/

https://www.instagram.com/madkid_offi…
https://www.facebook.com/Madkid-72995…
https://open.spotify.com/artist/1tofu…
https://www.youtube.com/channel/UCdNE…
https://fanicon.net/fancommunities/4450

– “Bring Back” (opening theme song of the TV anime “The RiSING of the Shield Hero (Season 2)” has been available since May 18, 2022 (Wednesday).
https://columbia.jp/madkid/disco/brin…

– Radio archive of MADKID YOU-TA and LIN's guest appearances (radiko)
https://www.joqr.co.jp/timefree/party…
*Sunday, May 15 – Sunday, May 22, 20:30 (Japan time), JAPAN ONLY

“ANIME SONGS PARTY!”
This is a new fan-participation type program that connects the whole world with anime-songs.
We will invite guests every week and upload studio session videos from the Nippon Cultural Broadcasting's radio studio for the whole world!
Official website: https://www.joqr.co.jp/party/

[ We are looking for videos of cover songs of anime songs.]
The program is looking for your cover song videos and cover performance videos of anime songs!
You are welcome to participate as a soloist or in a band, or in a session uSING original karaoke material prepared by this program!

– Your Name on this radio program
– URL of video where we can watch your anime song covers
– Message to the program

Baca Juga:  Comic Market akan Mencabut Aturan Vaksinasi & Tes COVID-19

Please fill out the above and email your anime song cover to [email protected]
We will introduce it in our radio and YouTube programs. We look forward to hearing from you!
*Please upload your work with the hashtag #ANIMESONGSPARTY .
*Our staff will contact you before we introduce you.
*Please refrain from uploading any audio or video that infringes on any rights.

[ Program Information ]
ANIME SONGS PARTY!
Nippon Cultural Broadcasting FM91.6MHz/AM1134kHz/radiko.jp
Every Sunday 8:30pm-8:45pm(Japan time)

– Personality
Yohei Onishi
SING Cosplayer Hikari

– mail address
[email protected]
*If you'd like to make a guest appearance on this show, we'd love to hear from you!

[ Program Information ]
https://www.joqr.co.jp/party/
https://www.joqr.co.jp/timefree/party…
https://www.youtube.com/channel/UCeMY…

https://www.tiktok.com/@animesongsparty
https://www.instagram.com/animesongsp…

[ Overseas Partner Media Information ]
– ANIME NEWS NETWORK (North America)
https://www.animenewsnetwork.com/
https://www.youtube.com/c/animenewsne…

– HYPER JAPAN (UK)

Home


https://www.youtube.com/HYPERJAPANOff…

– manga-news (France)
https://www.manga-news.com/
https://www.youtube.com/c/manganews

– GwiGwi (Indonesia)

Pop Culture Digital Magazine | Anime & Manga


https://www.youtube.com/c/GwiGwiCom

[ YOHEI ONISHI Information ]
https://onishi-yohei.mystrikingly.com/
https://www.youtube.com/user/gaobe
https://www.instagram.com/onishi_yohe…

[ SING Cosplayer Hikari Information ]
https://www.youtube.com/c/SING
https://www.tiktok.com/@SING
https://www.instagram.com/SING

https://www.facebook.com/SING

© Nippon Cultural Broadcasting Inc. All rights reserved.

#ANIMESONG
#shieldhero
#MADKID_BringBack
#MADKID

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x