Connect with us

GwiCosMo

Exclusive Interview Indonesia Comic Con 2019 | Enji Night, Saya Rindu Jakarta

Published

on

GwiGwi.com – Event Shopee Indonesia Comic Con 2019 telah selesai digelar. Event ini ramai dipenuhi pengunjung, karena merupakan surganya bagi para pecinta mainan, games, dan kolektor komik. Semua tenant yang ikut meriahkan ada dari lokal hingga internasional bisa kamu jumpai disana. Selain itu Shopee Indonesia Comic Con 2019 menghadirkan beberapa Bintang tamu spesial, seperti Austin St John yang merupakan aktor dari Ranger Merah dalam serial Mighty Morphin Power Ranger. Ada Deborah Ann Woll akrtis yang dikenal sebagai Karen Page dalam serial Daredevil & Punisher Netflix. Selain itu bintang cosplayer internasional turut meramaikan acara ini, seperti Twin Cosplay, Enji Night, Yuegene Fay, dan Echow eko.

Kali ini kita akan bahas Cosplayer professional asal hungaria Enji Night yang juga menjadi daya tarik dalam pagelaran Shopee Indonesia Comic Con 2019. Kedatangan Enji Night disambut hangat oleh penggemarnya di Indonesia. Kali ini tim GwiGwi.com berkesempatan untuk interview Enji Night. Dengan memakai kostum Urakara dari anime My Hero Academia, Enji Night dengan ramah menyambut kami. Yuk disimak!

Q : Hi Enji apa Kabar?
A : Saya baik, terima kasih

Q : Apakah ini pertama kalinya kamu datang ke Jakarta Indonesia?

A : Tidak, sebenarnya ini kedua kalinya, yang pertama tahun 2013 atau 2014 saat di event lainnya. Dan saya senang berada disini lagi. Orang – orang disini baik, Cuacanya juga saya suka, walau panas tapi saya senang.

Q : Apa yang paling dirinduin di indonesia?

A : Makanannya dan Jakarta adalah kota yang indah, jadi saya sangat senang bisa kesini lagi.

Q : Sudah pernah coba makanan atau jajanan khas Indonesia ?

A : Saya belum mencoba jajanan Indonesia, tapi saya mencoba makanan lokal, tapi aku lupa nama makanannya, seperti saus pasta dengan telur diatasnya hahaha, tapi itu sangat enak.

Baca Juga:  UniPin SEACA 2019 Hadirkan Kompetisi Cosplay Terbesar Se-Indonesia!

 

Foto : instagram.com/enjinight

Q : Mari kita bicara tentang Cosplay..

Kapan kamu pertama kali mulai Cosplay? Momen apa saat kamu memutuskan untuk menjadi seorang Cosplayer?

A : Saya mulai karir cosplay tahun 2009, dan sebenarnya saya sudah sering datang ke event dari tahun 2006, dan saya melihat banyak cosplayer, dan bikin saya penasaran. Lalu teman saya mengajak saya untuk bercosplay, seiring waktu saya membuat kostum sendiri dan mengikuti lomba cosplay.

Q : Apa Tokoh Cosplay Favorit kamu?

A : Biasanya favorit cosplay saya adalah yang membuat saya nyaman, dan sangat sulit untuk menentukan yang mana karena masing – masing punya nilai sendiri.

Q : Bagaimana komentar kamu tentang Cosplayer Indonesia?

A : Cosplayer indonesia bagus dan hebat. Saya ga sabar untuk melihat lomba nya. Indonesia harus bangga dengan Cosplayer bangsa sendiri.

Q : Bisa kasih sedikit tips untuk menjadi Cosplayer hebat seperti kamu?

A : Saya pikir pertama, sukai dulu apa yg kamu lakukan, senang dengan apa yang kamu cosplay. Untuk pemula, kamu bisa memulai untuk membeli kostumnya. Lalu cobalah untuk berlatih mendalami karakternya, bisa melihat dari youtube, google, dan sosial media. Lalu ikuti cosplayer yang suka membuat kostum sendiri, dan kamu akan jadi tahu bagaimana cara membuat kostumnya.

Q : Apa mimpi kamu?

A : Ini pertanyaan bagus hahaha..
Karna saya sangat sibuk sampai belum memikirkannya. Mimpi saya seperti ingin ke berbagai tempat, dan tidak ada drama apapun hahaha..

Nah itulah bincang – bincang kami dengan Enji Night, apakah kamu penggemarnya Enji Night?

GwiCosMo

GWICOSMO: Frea dan Rian, pemenang ICGP dan wakil Indonesia untuk World Cosplay Summit 2016

Published

on

By

GwiGwi.com – GwiCosMo kembali lagi, dengan cosplayer keren dari pasangan yang bakal membawa nama Indonesia ke kancah Internasional, World Cosplay Summit 2016 di Nagoya Jepang pada bulan Agustus nanti. Frea dan Rian yang tergabung dalam tim Crunik pekan lalu baru saja keluar sebagai pemenang pertama dalam ajang Indonesia Cosplay Gran Prix yang berlangsung pada pagelaran Ennichisai Blok M 2016.

Beruntung kami dapat berbincang-bincang dengan mereka, seperti apa keseruannya dan bagaimana mereka bisa jadi pemenang? langsung saja disimak.

gwigwi-interview-icon-2 Hi, Frea dan Rian selamat atas kemenangannya, boleh sedikit ceritakan awal mula kalian terjun di dunia cosplay?
Rian: Saya Ria Cyd, domisili di Jakarta, saya terjun di dunia cosplay dari awal tahun 2009.
Dulu tertarik cosplay karena pada tahun 2008 di sekolah SMA saya ada pengenalan ekskul Japanese club yang memperkenalkan cosplay. Dari situ saya tertarik untuk cosplay dan belajar cosplay hingga asmpai saat ini.

Frea: Saya Frea, domisili Depok. Awal cosplay dari tahun 2004-an tapi baru ke event tahun 2006. Dari SMP saya memang sudah bisa menjahit dan tertarik untuk mencoba membuat kostum. Selain itu karena memang saya menyukai anime & manga sejak kecil, saya ingin menjadi karakter favorit.

gwigwi-interview-icon-2 Prestasi apa saja yang pernah di ukir selama ber-cosplay?
Rian: Kebetulan saya dulu pernah mewakili Indonesia untuk perlombaan tingkat Asia (Anime Festival Asia) di Singapore dengan partner saya Widy Herwindo pada tahun 2011 dan mendapatkan juara runner up 2. Kemudian pada tahun 2013 saya mencoba lagi untuk ikut tingkat aAsia (Anime Festival Asia) bersama partner saya, Wijaya (dewe) kita berhasil menang juara 1 di Singapore.

Frea: Sebelum bergabung sama Rian saya juga pernah beberapa kali ikut lomba walaupun tidak sesering rian juga.. dulu pada tahun 2014 saya pernah ikut ICGP juga tapi saat itu hanya berhasil meraih juara 3 saja.

gwigwi-interview-icon-2 Oh ya gimana sampai kalian bisa menjadi satu tim seperti ini?
Rian: Sejarah bisa setim, saya sebenarnya punya team yang bernama Daikon Sky, lalu saya dan Frea saling berkolaborasi dan terbentuklah team Crusnik, saya berkolaborasi dengan Frea karena kita memiliki kemampuan yang saling mengisi, saya di bidang kostum armor, Frea di bidang kostum kain. Karena itu kami coba menggabungkan kemampuan kami untuk ikut perlombaan ICGP, karena kami yakin dengan menggabungkan kemampuan kita pasti akan menghasilkan sesuatu yang baru, dan kebetulan kita selalu sepemikiran, juga satu misi dan visi.

gwigwi-interview-icon-2 Ini kali pertama kalian perform bareng? atau sudah pernah sebelumnya?
Frea: Yup, betul ini pertama kalinya kita cosplay bareng dan berkolaborasi. Sebelumnya saya dan Rian hanya sering bertemu di event cosplay atau acara gathering saja.

gwigwi-interview-icon-2 Boleh cerita ini kalian mengenakan cosplay dari karakter mana? dan kenapa memilih karakter ini?
Frea: Kami cosplay dari serial anime/manga/novel TRINITY BLOOD. Rian sebagai Cain Knightlord dan Frea sebagai Seth Nightlord.

Baca Juga:  UniPin SEACA 2019 Hadirkan Kompetisi Cosplay Terbesar Se-Indonesia!

Jujur, pada awal mulanya Rian yang memiliki ide konsep performance ini. Setelah kami berdiskusi dan memantapkan untuk memakai konsepnya barulah kami mencari judul/karakter/cerita yang kira-kira cocok dengan konsepnya. Saat itu yang pertama terlintas dipikiran saya ialah Trinity Blood dengan mengambil sepotong cerita dari novelnya. Lalu kami bersama-sama melihat detail kostum, karakter & semakin yakin bisa menampilkan yang semaksimal mungkin dengan konsep & judul ini.

gwigwi-interview-icon-2 Kesulitan seperti apa yang dihadapi saat persiapan dan persiapannya sendiri berapa lama?
Frea: kami mulai proyek ini sejak Oktober 2015 lalu. Pertama yang dikerjakan properti untuk konsep utamanya itu sih karena kami sempat khawatir apakah ini akan sukses atau tidak.

kalau dari saya kesulitannya pada saat pembuatan kostum sih, detailnya terlalu banyak sekali dan kecil-kecil rasanya tidak selesai-selesai hahahaha.. juga pada saat latihan koreonya karena saya memang jarang perform jadi badannya masih perlu banyak latihan.. tapi saya sangat menikmati moment-moment pembuatan dan latihannya jadi walaupun berat semuanya tetap terasa menyenangkan.

gwigwi-interview-icon-2 Untuk persiapan WCS apa saja yang akan kalian lakukan?
Frea: Untuk saat ini sih kami sedang mereview perform yang kemarin, setelah itu kami akan memperbaiki yang masih kurang, supaya bisa lebih maksimal. Selain itu kami juga mempersiapkan kostum lainnya yang akan dibawa kesana untuk parade dll. Karena tidak hanya dipanggung saja tapi kami ingin memberikan yang terbaik setiap harinya selama disana

ennichisai_2016_icgp-7669

gwigwi-interview-icon-2 Oh ya pendapat kalian soal performa peserta lain di ICGP lalu gimana?
Frea: Menurut saya semuanya sangat bagus, baik perform maupun kostumnya.. apalagi yg kali ini isinya cosplayer jawara semua.. jujur saya sangat minder sekali tapi jg sekaligus merasa bangga bisa berada dipanggung yg sama dengan mereka

gwigwi-interview-icon-2 Pesan klian untuk cosplayer yang ingin sperti kalian berlomba di ICGP bahkan mewakili Indonesia?
Frea: Pesan untuk teman yang mau ikut kompetisi seperti ini, dibawa have fun saja. Nikmati semua momentnya dari awal mula berdiskusi sama partner sampe turun panggungnya.

Saya pribadi selalu berusaha memegang Tiga hal yaitu menjaga hati (lakukan semuanya dengan tulus, jangan ada ambisi berlebihan), menghargai partner (belajar saling menghargai dan lebih terbuka, jangan sampai ada yg merasa tidak adil), yang terakhir menghormati panggung (2,5 menit perform panggung itu milik berdua, nikmati dan satukan hati sama partnernya).

Facebook
Frea: https://www.facebook.com/fairymagicosmaker
Rian: https://www.facebook.com/riancydcosplay

Buat yang belum lihat penampilan Team Crusnik dari Frea dan Rian membawakan salah satu adegan dari Trinity Blood dengan adegan yang menakjubkan dan trik sulap, langsung aja cekidot videonya

Photo by Bana & Nickcorner

Continue Reading

GwiCosMo

GwiCosMo APHIN, CrossPlayer Keren Indonesia punya

Published

on

By

GwiGwi.com – Cosplay dengan karakter sesuai gender cosplayer itu sendiri mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika cosplayer melakukan cross dressing cosplay? Cross Dressing atau lintas-busana kini adalah bagian dari cosplay. Banyak orang yang kini berani melakukan cosplay crossdress, atau crossplay. Seringkali alasannya adalah karena mereka merasa tertantang untuk menjadi karakter dari lawan jenisnya yang mereka sukai. Layaknya cosplay, ada beberapa yang melakukan ini sebagai humor, ada juga yang melakukannya dengan serius seperti, bagi crossplayer laki-laki, mencukur semua bulu atau memakai korset, atau sebaliknya bagi crossplayer perempuan, mengenakan pakaian ala laki-laki dan membuang sikap feminim yang ada pada dirinya.

GwiCosMo kali ini, gwimin berkesempatan ngobrol bersama salah satu cosplayer perempuan Indonesia asal Bandung yang sangat terkenal dengan CrossPlay. Cosplayer ini bernama APHIN, 7 tahun terlibat dalam cosplay membuatnya sukses mengenakan kostum yang bukan untuk gendernya. Terbukti dia memiliki jumlah fans yang banyak, yang bisa dilihat dari jumlah follower di jejaring sosial miliknya, dan kebanyakan semua penggemarnya adalah para wanita lho. Seperti apa obrolan gwimin dengan APHIN? cekidot

gwigwi-interview-icon-2 Hai APHIN boleh tau kesibukan kamu selain cosplay?

Halo Gwiple, kesibukan saya selain cosplay seperti freelance designer, props maker dan makeup artist

gwigwi-interview-icon-2 Cerita sedikit donk awal mula bisa terjun dalam dunia cosplay? apa ada momen khusus sehingga berani mengambil langkah menjadi cosplayer?

Tentu! Mulai tertarik dengan dunia cosplay tahun 2008, tapi baru mulai berani terjun ke hobi ini tahun 2011
Hmm.. momen yang dirasa paling berkesan, dulu pertama kali tahu cosplay saat pergi ke event-event Jepang, yang pada masa itu masih terbilang langka. Rasanya kalau melihat cosplayer itu kenapa bisa keren sekali? Sepulang event langsung cari-cari di internet tentang cosplayer lain dari dalam dan luar negeri, dan makin jatuh cinta sama hobi ini. Awalnya cuma sekedar mengumpulkan foto-foto cosplay untuk dikagumi saja, sampai akhirnya mencoba mengajak teman untuk mencoba cosplay, photo-session, datang ke event, dan terus berlanjut sampai sekarang

aphinP_2

gwigwi-interview-icon-2 Menurut APHIN cosplay itu seperti apa sih?

Cosplay menurutku adalah sebuah hobi, seperti misalnya ada pribadi yang hobi membaca, menggambar, mengumpulkan figurin, dsb. Pada dasarnya ini adalah bentuk apresiasi kepada sebuah serial / karakter yang disukai. Banyak orang mengungkapkan rasa cinta mereka dengan menggambar atau menulis, dan cosplay merupakan salah satu caranya. Saya suka karakter tsb, jadi saya akan menggambar dia! Aku akan menulis tentang dia! Saya akan membuat kostum dan mencoba menjadi dia!

Hobi ini menyenangkan karena kita jadi tahu rasanya memakai baju yang tidak biasa kita kenakan dan mencoba menjadi “orang lain”. Seringkali disebut aneh, culun, otaku, kekanakan, tapi memang begitulah opini umum. Orang lain boleh suka atau benci yang penting selama kita melakukan hal yang kita sukai dan tidak merugikan orang lain, tidak masalah bukan?

Yang patut diingat, cosplay dan para cosplayer bukanlah karakter yang kita perankan. Kita semua memiliki kehidupan nyata; sekolah, pekerjaan, keluarga, dan teman-teman. Cosplay bisa menjadi bagian dari kehidupan Anda, tetapi cosplay bukanlah keseluruhan hidup Anda. Tetaplah bijak membagi waktu dan niscaya kamu akan merasakan kalau hobi, apa pun itu, bisa terus berjalan dan dinikmati grin emoticon

gwigwi-interview-icon-2 Wah bijak sekali kamu. Dari dulu cosplay hingga sekarang kamu sudah punya berapa chara yang di-cosplay-kan?
ceritain donk salah satu chara yangg paling berkesan? mgkin ada momen khusus yg tak terlupakan?

Ah sudah banyak sekali haha! Kalau dihitung kurang lebih sekitar 50 chara.

Hmm mungkin saat cosplay jadi Kili (The Hobbit – movie) dan Will Graham (Hannibal – TV series). Saat cosplay itu dan posting fotonya di media sosial, iseng-iseng saja sekalian mention akun official (twitter) dari mereka. Dan ternyata fotonya di-retweet mereka! Mr. Bryan Fuller (kreator dari Hannibal) juga sempat reply kalau beliau terkesan banget sama cosplaynya grin emoticon Sungguh pengalaman yang berkesan sekali!

aphinP_4

gwigwi-interview-icon-2 Wah kerennya bisa di notice senpai. Oh ya kamu sendiri seringkali terlihat dengan cross dressing cosplay. Kenapa bisa sampai memilih mendalami crossplay?

Ah ya, banyak alasannya sih. Pertama, kostum karakter pria lebih nyaman dan leluasa untuk bergerak. Lalu makeup karakternya lebih menarik karena sangat berbeda dari karakter feminin, itu jadi tantangan tersendiri bagi saya pribadi hehe. Lalu dukungan teman-teman yang memberi respon positif saat cosplay/crossplay juga menjadi motivasi untuk selalu berkreasi lebih baik dari sebelumnya. Intinya, cosplay itu tidak terbatas! Usia, gender, bentuk tubuh, bukanlah hambatan seseorang untuk cosplay karakter yang kita sukai.

Baca Juga:  Review Film The Addams Family (2019), Keluarga Abnormal yang Ingin Membaur

gwigwi-interview-icon-2 Inspirasi cosplay APHIN darimana? Apa ada cosplayer lain yg diidolakan? Dan mengapa memilih dia?

Inspirasi cosplay berawal dari melihat foto-foto dan karya cosplayer seperti Yuegene Fay, Kaname, Reika, Kuryu, dan lainnya. Dedikasi dan semangat yang mereka tunjukkan sungguh luar biasa, dan mereka masih menekuni hobi ini sampai sekarang. Saat ini pun para cosplayer, mempunyai ciri khas tersendiri dan tanpa mereka sadari yang mereka lakukan menjadi inspirasi bagi orang lain! Diidolakan mungkin kurang tepat, lebih kepada sifat kagum dan apresiatif terhadap karya (cosplay) mereka.

aphinL_4

gwigwi-interview-icon-2 Kalau kesulitan selama cosplay apa ada? internal atau eksternal? Dan cara APHIN mengatasinya bagaimana?

Kesulitan mungkin pada bagian proses pembuatan kostum. Seringkali bahan yang diinginkan untuk cosplay susah didapat jadi sebisa mungkin memutar otak untuk mencari solusinya hehe. Hal ini juga dibantu dengan banyak bertanya/konsultasi sesama cosplayer tentang tips dan trik, tempat hunting, sampai tempat photo session yang bisa mendukung cosplay. Koneksi dan jaringan teman yang didapat dari cosplay inilah yang membuat hobi ini makin menyenangkan grin emoticon

gwigwi-interview-icon-2 APHIN sering ikut lomba cosplay kah? prestasi terbaiknya dievent apa? juara berapa? cosplay chara apa?

Beberapa kali pernah diajak naik panggung untuk kompetisi tapi jarang kok sebenarnya, karena pribadi suka cosplay sebagai hobi dan kesenangan tersendiri untuk berkumpul dengan teman-teman. Kalau pun ikut lomba bukan berniat untuk jadi juara tapi lebih have fun bareng teman-teman saja.

aphinP_1

gwigwi-interview-icon-2 Kalau menurut APHIN, kualitas cosplayer Indonesia bagaimana?

Menurut saya pribadi, kualitas cosplayer Indonesia sangat keren sekali! Skill yang dimiliki tidak kalah dari cosplayer luar negeri, dan nama Indonesia pun sudah dilirik karena pernah masuk seleksi dan memenangkan kompetisi Internasional. Terbukti dari komentar cosplayer dari mancanegara, mereka sangat terkesan terhadap cosplay dan cosplay community di Indonesia.

aphinP_5

gwigwi-interview-icon-2 Oh ya boleh share tips buat teman-teman yang baru mau terjun ke dunia cosplay?

Pertama, jangan takut untuk mencoba! Pertama kali pun saya sendiri merasa takut dan minder, tapi kita gak bakal pernah tahu rasanya jika kita belum mencoba. Ajak teman untuk bercosplay bersama atau carilah teman melalui hobi cosplay ini. Minimal kalian mencoba untuk datang ke event-event cosplay dan lihat sendiri hobi cosplay ini dari dekat dan jangan takut untuk menyapa, berkenalan atau pun bertanya kepada para cosplayer.

Lalu tips kedua, cosplay-lah karakter yang kalian sukai! Mulai dari manga, anime, hingga karakter dari buku novel, film, ataupun TV seri, tidak masalah! Selama kalian suka karakter tersebut, pasti semangat yang muncul dari dalam diri untuk bercosplay jadi lebih kuat! Yang terpenting, cosplay adalah hobi dimana kita bisa bersenang-senang menjadi karakter yang kita sukai! Stay humble, be crazy, and have loads of fun!

aphinP_3

gwigwi-interview-icon-2 Ada pesan untuk teman-teman dan penggemar APHIN?

Saya pribadi amat berterima kasih terhadap segala bentuk dukungan yang telah diberikan selama ini! Sungguh menjadi semangat untuk melakukan segala sesuatu, terutama dalam hobi cosplay, menjadi lebih baik dari sebelumnya dan terus berkarya dalam hal apa pun itu.

Terima kasih, karena berkat kalian saya terbentuk menjadi saya yang sekarang ini, dan saya amat sangat bersyukur karena dikelilingi oleh orang-orang baik, ramah, dan kreatif. Percaya dirilah karena semua orang itu sangat berpotensi dan mempunyai talenta masing-masing, juga jangan pernah berhenti bermimpi!

Facebook page : facebook.com/APHINcosplay
Youtube : youtube.com/phinaphin
Twitter : @phinaphin
Instagram : @phinaphin

Itulah obrolan singkat gwimin dengan APHIN. Semoga bisa menginspirasi Gwiple ya 🙂

Continue Reading
Advertisement SEACA 2019
Advertisement SGCC 2019
Advertisement Klikspot Yuki Matsuri Ticket
Advertisement DICARI REPORTER
Advertisement

GwiGwi Space

GWIDEV

Trending