Connect with us

Event

Comifuro 8 : Lebih Banyak Komik dan Karya Lokal yang Menarik

Published

on

GwiGwi.com – Siapa bilang kalau dunia per-komik-an Indonesia sudah makin menurun? Nyatanya, pada Event Comic Frontier 8 yang diadakan di Integrity Convention Center, Mega Glodok Kemayoran kemarin menjajakan sekian banyak komik menarik, karya artis-artis Indonesia. Seperti apa keseruan event ini? Yuk simak liputan berikut~

Maaf Anda Melihat Iklan

Comic Frontier, atau lebih dikenal dengan Comifuro, sudah memasuki pagelarannya yang ke-8. Namun angka ini jangan dianggap sebagai usia Comifuro keseluruhan yah~ Karena menurut intel bias saja Comifuro diadakan setahun 2 kali, layaknya COMIKET yang sudah cukup terkenal di Jepang dengan konsep yang sama. Comifuro ke-8 ini diadakan di suatu tempat yang seperti agak asing bagi banyak orang yaitu di Integrity Convention Center. Waduh, dimana itu? Convention Center ini berada di Mega Glodok Kemayoran. Salah satu “Mall” yang lebih berfokus untuk automotif. Soal lokasi nanti kita bahas lebih lanjut yah~

Comifuro 8 ini bisa dibilang cukup ini. Selain lokasi, “Icon” yang ada di Poster promosi pun sedikit berbeda dari biasanya. Kali ini Tim Comifuro bekerja sama dengan salah satu illustrator lokal yaitu Soyatu, yang memiliki ciri khas ilustrasi yang cukup unik, walau “sederhana” secara konsep, tetapi tetap menarik perhatian. Pada sesi bincang-bincang pun, Soyatu sendiri bilang bahwa karyanya ini dibuat secara spontan dan aga sedikit ragu tapi tetap diselesaikan dengan maksimal olehnya.

Kiri : Rafly Nugroho (MC) Kanan : Soyatu (Illustrator Poster CF8)

Poster Comifuro 8 by Soyatu

Selain Soyatu, banyak juga berbagai “artist” dengan nama besar yang berdatangan di event ini. Sebut saja salah satu comic yang cukup “kontroversial” yaitu Risa Comic, lalu rajanya komentar unik dan gokil di dunia per-figure-an dan per-wibu-an yaitu Ghosty Comic, sang DJ yang sudah terkenal baik di para fans Vocaloid dan juga Anisong di Indonesia yaitu Redshift. Tentunya para “perwakilan” artist-artist ini diharapkan memberikan inspirasi untuk para artist lebih berkembang dan menjadi lebih baik lagi terutama dalam mempublikasikan karyanya. Salah satu pelajaran yang bisa kita tarik adalah “Jangan ragu untuk berusaha mempublikasikan karya kalian karena bisa saja karya kalian tiba-tiba booming“.

Semoga diberkahi Sulthan

Selain para Creator, ada juga beberapa komunitas yang berkesempatan untuk membuka booth mereka seperti KaoriNippon ClubGBF IndonesiaIM@SID, dan lainnya.

Baca Juga:  Saksikan Drama Medis yang Mendebarkan, Tokyo MER di Disney+ Hostar

Kalau soal keramaian, tentunya Comifuro 8 ini bisa dibilang sangat ramai loh Gwiples! Memang sepertinya sudah tidak mengejutkan lagi sih kalau event Jejepangan di Indonesia ramai banget. Tapi yang bisa dibilang membuat beda Comifuro kali ini adalah CF8 ini hanya diadakan 1 hari saja. Yaps, berarti hari minggu tidak ada Gwiples. Mungkin ini bisa jadi adalah sebuah ancang-ancang dari panitia Comifuro untuk mengadakan Comifuro sebanyak 2 hingga 3 kali setahun.

Karya yang dijajakan pun bisa dibilang tidak jauh berbeda secara umum. Namun, seperti yang tadi disebut diatas, beberapa highlights dari artist-artist yang sudah cukup memiliki nama lebih menarik perhatian. Tetapi, overall, banyak konten lokal yang sudah cukup baik mulai dari karya-karya lightnovel buatan circle-circle baru dan juga lama, serta doujinshi sesuai fandom yang sedang musim.

Nah, terakhir nih, soal venue, lokasi Comifuro kali ini tidak bertempat di lokasi biasanya yaitu SMESCO Convention Hall melainkan di Integrity Convention Center. Lokasi yang “cukup asing” bagi banyak orang namun salah satu patokan yang bisa Tim GwiGwi ambil adalah lokasinya di Kemayoran dan terletak tidak begitu jauh dari JIExpo Kemayoran yang merupakan venue dari Anime Festival Asia Indonesia 2 tahun terakhir. Dari beberapa pengunjung yang sempat kita ajak mengobrol, beberapa menyukai lokasi baru ini yang terkesan lebih luas, dan tertata karena memang lokasinya yang cukup luas dibandingkan SMESCO. Akan tetapi, karena lokasinya yang cukup aneh, ini-pun membuat sebagian pengunjung bingung terutama beberapa cosplayer yang terlihat kaget saat mereka naik ke lokasi, melewati banyaknya counter automotive atau secara umum orang bilang sebagai bengkel.

Salah satu Coser Rem di Comifuro 8

Overall, event Comifuro 8 adalah event yang sesuai dengan hype-nya selama ini. Peningkatan dari segi fasilitas lokasi menjadi nilai plus untuk event ini. Selain itu mengingat suatu obrolan dengan crew media lainnya yang sedikit tidak menyenangkan tentang event ini 2 tahun yang lalu sudah mulai lebih baik dengan adanya creator lokal yang mulai berfokus pada Komik dan Literatur, tidak hanya poster, pembatas buku, keychain, dan sebagainya. Semoga Comifuro bisa sukses selalu dan menjadi lebih baik lagi di pagelaran Comic Frontier berikutnya.

See you on next event~

Cheers~!

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Event

Main ke Comivuro, Jangan Sampai Kelewatan Nonton Konser “J-Music Live” di Youtube!

Published

on

By

GwiGwi.com – Komunitas pecinta musik Jepang bernama HERE US yang berpusat di Jakarta akan mengadakan “J-Music Live 2021”, sebuah konser virtual yang menampilkan cover lagu Jepang secara live streaming dari studio. Acara tersebut akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Desember 2021, pukul 19:00 – 22:00 WIB melalui Platform Youtube HERE US bersamaan dengan acara Comic Frontier Virtual 2 yang diadakan secara online.

Maaf Anda Melihat Iklan

“J-Music Live 2021” YouTube Livestream

 

Totalnya akan ada 8 orang performer yang penuh talenta dari komunitas HERE US yaitu Mari, Rikka, Dian, Inami, Nime, Kimmy, Meira, dan Dira yang akan menghibur teman-teman dengan penampilan mereka mengcover lagu Jepang. Penasaran siapa aja mereka? Yuk kenalan!

Line Up J-Music Live 2021:

Performer pertama ada Mari yang pernah aktif menjuarai beberapa acara karaoke kejepangan di Jakarta. Mari juga aktif sebagai vokalis dan leader dari band Black Paper Moon hingga saat ini. Bersama Black Paper Moon, Mari sempat aktif mengisi acara kejepangan di Jakarta. Dan tidak hanya itu, Mari juga beberapa kali aktif sebagai MC di acara-acara kejepangan.

Performer kedua ada Rikka yang pernah menjadi leader dari grup idol bernama Aniqueen di Bogor. Bersama Aniqueen, Rikka sempat aktif sebagai performer di acara kejepangan di Bogor dan Jakarta. Rikka yang juga bisa bermain alat musik seperti piano dan biola, saat ini aktif sebagai penyanyi cover melalui kanal Youtube nya sendiri.

Performer ketiga ada Dian. Dian merupakan gitaris, penyanyi, dan penulis lagu asal Jakarta. Awalnya Dian aktif sebagai member dari grup band bernama Go! Go! Tabe, dan kemudian aktif sebagai member dari grup band Project Cadmus. Salah satu lagu ciptaannya berjudul “Happy Birthday 12.8” pernah dibawakan oleh salah satu musisi indie asal jepang bernama Ayuka. Kini Dian lebih aktif menjadi solo musisi dan sebagai host di aplikasi streaming Bigo Live.

Performer keempat adalah Inami, seorang penyanyi, penulis lagu, dan pembuat trans-lirik. Inami sudah bisa menjuri di acara-acara kejepangan di Yogjakarta. Dulu Inami sering menjadi performer kejepangan di Yogyakarta bersama grup bandnya, Rockusatsu, Fleur De Lis, sKyNaMi Project, dan Fallen Arcilla. Kemudian bersama grup band Mikazuki yang juga aktif menjadi performer kejepangan di Jakarta. Saat ini Inami aktif sebagai mentor penyanyi-penyanyi untuk komunitasnya Cleffenhagen Academy di platform Smule.

Baca Juga:  Main ke Comivuro, Jangan Sampai Kelewatan Nonton Konser “J-Music Live” di Youtube!

Performer kelima yakni Nime. Nime pernah aktif sebagai leader dari grup idol Bandung bernama LuSca. Bersama LuSca, Nime aktif mengisi banyak acara kejepangan baik di Bandung, Jakarta, ataupun di kota-kota lainnya, Bersama LuSca juga, Nime pernah sekaligus mendapat kesempatan untuk tampil di Asia Music Festival di Hanamatsu, Jepang. Setelah graduated dari LuSca, Nime kini aktif sebagai model hingga sekarang.

Performer keenam ada Kimmy. Kimmy awalnya aktif sebagai utaite dengan nama Ozuu. Setelah itu, Kimmy sempat tergabung dalam grup Tokyo Hits Joshi Idol di Bandung. Kini Kimmy aktif sebagai lead dancer dan rapper dari grup idol Jakarta bernama Hira Dazzle. Bersama dengan Hira Dazzle, Kimmy masih tetap aktif di acara kejepangan Jakarta hingga saat ini.

Performer ketujuh ada Meira. Meira yang saat ini satu grup dengan Kimmy, aktif sebagai leader dari grup idol Hira Dazzle di Jakarta. Bersama Hira Dazzle, Meira tetap masih aktif sebagai performer di acara-acara kejepangan di Jakarta hingga sekarang. Meira mempunyai hobi bernyanyi, baik lagu-lagu Jepang, atau pun lagu lagu non Jepang. Selain itu sampai saat ini, Meira juga masih tetap aktif sebagai pianist & cosplayer.

Konser virtual musik cover lagu jepang dari ke-tujuh performer tersebut akan diiringi oleh Dira, seorang musisi yang aktif di kejepangan Jakarta. Dira sudah aktif dalam beberapa band, sebut saja, Izanami, Zenja, Meyza, Mikazuki, dan kini tergabung sebagai member grup band di AMAKUSA. Bersama dengan Amakusa, Dira sempat tampil dalam konser internasional Hammersonic Fest. Dan kini Dira juga aktif sebagai produser musik di komunitas HERE US.

Selama 3 jam penuh ke-delapan performer tadi yang akan tampil untuk menghibur kalian di acara J-Music Live 2021. Menurut HERE US, mereka berharap dengan adanya acara ini dapat memberikan hiburan untuk acara kejepangan, baik di Jakarta maupun di kota lainnya.

Saksikan juga video-video ucapan dari ke-delapan performer tersebut dari tanggal 6 – 12 Desember, melalui kanal Youtube HERE US. Jadi, supaya kalian tidak ketinggalan dengan karya-karya terbaru mereka, jangan lupa subscribe kanal Youtube HERE US ya!

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Mancanegara

Metaverse Event pertama Sanrio “SANRIO Virtual Fes in Sanrio Puroland” dengan VRChat akan diadakan selama dua hari

Published

on

By

GwiGwi.com – Sanrio Co., Ltd. dan Sanrio Entertainment Co., Ltd. telah bekerja sama dengan VRChat Inc. (VRChat), perusahaan AS yang mengoperasikan platform VR sosial, akan mengadakan festival musik virtual, SANRIO Virtual Fes in Sanrio Puroland, pada 11 Desember (Sabtu) dan 12 Desember (Minggu), 17:00 – 22 :00 / B5 lantai 19:00-24:00 (JST) Gugenka Corporation dan 0b4k3, penyelenggara klub VR “GHOSTCLUB”, telah diundang sebagai direktur keseluruhan dari festival.

Maaf Anda Melihat Iklan

“SANRIO Virtual Fes in Sanrio Puroland” pertama di dunia akan menjadi festival musik di mana artis, artis virtual, dan karakter Sanrio akan tampil di ruang bawah tanah 5 lantai yang besar. Berbagai artis termasuk artis virtual seperti karakter Kizuna AI, Hatsune Miku, dan Sanrio akan tampil di ruang besar yang mencakup lima lantai bawah tanah. Ini akan menjadi salah satu acara metaverse terbesar di dunia dengan sensasi baru, di mana semua orang dari penggemar Sanrio hingga pengguna tingkat lanjut dapat menikmati musik secara langsung dan berkomunikasi satu sama lain secara virtual.

Baca Juga:  'DC League of Super-Pets' Rilis Video Trailer

SANRIO Virtual Fes di Sanrio Puroland, dapat dinikmati dengan mudah dengan smartphone, PC, dan perangkat lainnya. Orang-orang dapat terjun ke ruang virtual dengan menjadi karakter Sanrio dengan avatar asli untuk acara ini.

Di area pembayaran VRChat, pita Hello Kitty akan muncul saat avatar saling tos di ruang virtual. Selama pertunjukan musik langsung, orang dapat menikmati pertunjukan virtual yang unik seolah-olah artis berada tepat di depan mereka dalam pengalaman yang paling mendalam.

Di area komunikasi, akan ada toko yang menjual barang-barang asli eksklusif untuk acara ini.

Taman hiburan dan ruang virtual akan digabungkan oleh teknologi metaverse baru ini untuk menciptakan “SANRIO Virtual Fes di Sanrio Puroland”. Dan diharapkan kesempatan ini menjadi kesempatan yang baik bagi banyak orang untuk mengenal karakter Sanrio dan mengunjungi Sanrio Puroland secara nyata.

© 2021 SANRIO CO., LTD. TOKYO, JAPAN 著作株式会社サンリオ

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

JIYUU MATSURI 2021 – Sabtu, 20 November 2021

Published

on

By

HIMA PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

Maaf Anda Melihat Iklan

Proudly Present :

🎊MAIN EVENT JIYUU MATSURI 2021🎊

Minasan bagaimana kabarnya hari ini??

Pastinya sudah tidak sabar ya untuk menyambut acara Main Event Jiyuu Matsuri tahun 2021 yang membawa tema TIME “To Improve Experience”🎉

di Main Event kali ini bakal seru loh Minasan, kita bisa mendapat pengetahuan melalui webinar, bincang-bincang hangat bersama Evelyn, dan seru-seruan bareng RedShift tentunya. 🤩

.

Yuk, jangan lupa catat tanggal nya ya!

📅 Sabtu, 20 November 2021

📍Youtube Jiyuu Matsuri UNJ

.

Jangan lupa ajak teman-teman dan komunitas kamu untuk hadir bersama-sama dan nikmati suasan Jiyuu Matsuri 2021 😆

.

Klik Link berikut untuk info lebih lanjut https://linktr.ee/JiyuuMatsuriUNJ atau Cek Link di Profile Kami 🌟

 

Jiyuu Matsuri Webinar

Dalam rangka menyambut acara Jiyuu Matsuri tahun 2021 ini, kami akan mengadakan Jiyuu Matsuri Webinar 🎉
.
Ayo jangan lupa datang ya ke acara Jiyuu Matsuri tahun 2021 dan ajak teman-teman Minasan 😆

🎇WEBINAR : Tips And Trik Kuliah di Jepang dengan BEASISWA MEXT🎇

Pembicara:
Tuti Alawiyah, S.PD., M.A.

❗SAVE THE DATE❗

📅 Sabtu, 20 November 2021.
📍 Live On Youtube Jiyuu Matsuri UNJ
⏰ 10.30 – 11.35 AM

Baca Juga:  Saksikan Drama Medis yang Mendebarkan, Tokyo MER di Disney+ Hostar

💸HTM 💸
FREE!

Ayo Minasan jangan lupa dicatat tanggal dan waktunya, dan ajak teman-teman Minasan juga ya! 😆

🎇WEBINAR SHABERU : SHARING BERSAMA ZHAFIRA AQYLA Content Creator🎇

Dengan tema : “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi”
.
Pembicara:
Zhafira Aqyla (Awardee Of Mext Scholarship Award 2017-2021)

❗SAVE THE DATE❗

📅 Sabtu, 20 November 2021.
📍 Zoom Meeting
⏰ 13.00 WIB

Benefits
📄 E-Certificate
💡Ilmu yang bermanfaat
💰 Dooprize bagi kamu yang beruntung!

🚨Yuk, Segera Daftarkan Diri Kalian! 🚨

💸HTM 💸
Presale = 15k
OTS = 20k

Link Pendaftaran
https://bit.ly/WebinarJimat2021

TALKSHOW WITH EVELYN

Kenalan dan ngobrol bareng yuk Minasan dengan virtual youtuber asal Indonesia di TALKSHOW WITH EVELYN !🤩

❗SAVE THE DATE ❗

📅 Sabtu, 20 November 2021

📍Youtube Jiyuu Matsuri UNJ

Guest Star

Guest Star yang akan tampil pada acara Jiyuu Matsuri tahun ini adalah…

[ RED SHIFT ]

Vocaloid Producer / DJ-VJ Performer

❗SAVE THE DATE ❗

📅 Sabtu, 20 November 2021

📍Youtube Jiyuu Matsuri UNJ

 

=====================

🐣Twitter : @jimatUNJ

👥Facebook : Jiyuu Matsuri UNJ

📧Email : acara.jimat@gmail.com

📷Instagram : @jimatunj

📽Youtube : Jiyuu Matsuri UNJ

📩LINE@ : bit.ly/JimatUNJ

🎶TikTok :@jimatunj

===============

©HPD Jiyuu Matsuri 2021

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x