Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Event

Comifuro 8 : Lebih Banyak Komik dan Karya Lokal yang Menarik

Published

on

GwiGwi.com – Siapa bilang kalau dunia per-komik-an Indonesia sudah makin menurun? Nyatanya, pada Event Comic Frontier 8 yang diadakan di Integrity Convention Center, Mega Glodok Kemayoran kemarin menjajakan sekian banyak komik menarik, karya artis-artis Indonesia. Seperti apa keseruan event ini? Yuk simak liputan berikut~

Maaf Anda Melihat Iklan

Comic Frontier, atau lebih dikenal dengan Comifuro, sudah memasuki pagelarannya yang ke-8. Namun angka ini jangan dianggap sebagai usia Comifuro keseluruhan yah~ Karena menurut intel bias saja Comifuro diadakan setahun 2 kali, layaknya COMIKET yang sudah cukup terkenal di Jepang dengan konsep yang sama. Comifuro ke-8 ini diadakan di suatu tempat yang seperti agak asing bagi banyak orang yaitu di Integrity Convention Center. Waduh, dimana itu? Convention Center ini berada di Mega Glodok Kemayoran. Salah satu “Mall” yang lebih berfokus untuk automotif. Soal lokasi nanti kita bahas lebih lanjut yah~

Comifuro 8 ini bisa dibilang cukup ini. Selain lokasi, “Icon” yang ada di Poster promosi pun sedikit berbeda dari biasanya. Kali ini Tim Comifuro bekerja sama dengan salah satu illustrator lokal yaitu Soyatu, yang memiliki ciri khas ilustrasi yang cukup unik, walau “sederhana” secara konsep, tetapi tetap menarik perhatian. Pada sesi bincang-bincang pun, Soyatu sendiri bilang bahwa karyanya ini dibuat secara spontan dan aga sedikit ragu tapi tetap diselesaikan dengan maksimal olehnya.

Kiri : Rafly Nugroho (MC) Kanan : Soyatu (Illustrator Poster CF8)

Poster Comifuro 8 by Soyatu

Selain Soyatu, banyak juga berbagai “artist” dengan nama besar yang berdatangan di event ini. Sebut saja salah satu comic yang cukup “kontroversial” yaitu Risa Comic, lalu rajanya komentar unik dan gokil di dunia per-figure-an dan per-wibu-an yaitu Ghosty Comic, sang DJ yang sudah terkenal baik di para fans Vocaloid dan juga Anisong di Indonesia yaitu Redshift. Tentunya para “perwakilan” artist-artist ini diharapkan memberikan inspirasi untuk para artist lebih berkembang dan menjadi lebih baik lagi terutama dalam mempublikasikan karyanya. Salah satu pelajaran yang bisa kita tarik adalah “Jangan ragu untuk berusaha mempublikasikan karya kalian karena bisa saja karya kalian tiba-tiba booming“.

Semoga diberkahi Sulthan

Selain para Creator, ada juga beberapa komunitas yang berkesempatan untuk membuka booth mereka seperti KaoriNippon ClubGBF Indonesia[email protected], dan lainnya.

Baca Juga:  ASUS ROG Hadirkan Jajaran Laptop Gaming Bertenaga Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Pertama di Indonesia

Kalau soal keramaian, tentunya Comifuro 8 ini bisa dibilang sangat ramai loh Gwiples! Memang sepertinya sudah tidak mengejutkan lagi sih kalau event Jejepangan di Indonesia ramai banget. Tapi yang bisa dibilang membuat beda Comifuro kali ini adalah CF8 ini hanya diadakan 1 hari saja. Yaps, berarti hari minggu tidak ada Gwiples. Mungkin ini bisa jadi adalah sebuah ancang-ancang dari panitia Comifuro untuk mengadakan Comifuro sebanyak 2 hingga 3 kali setahun.

Karya yang dijajakan pun bisa dibilang tidak jauh berbeda secara umum. Namun, seperti yang tadi disebut diatas, beberapa highlights dari artist-artist yang sudah cukup memiliki nama lebih menarik perhatian. Tetapi, overall, banyak konten lokal yang sudah cukup baik mulai dari karya-karya lightnovel buatan circle-circle baru dan juga lama, serta doujinshi sesuai fandom yang sedang musim.

Nah, terakhir nih, soal venue, lokasi Comifuro kali ini tidak bertempat di lokasi biasanya yaitu SMESCO Convention Hall melainkan di Integrity Convention Center. Lokasi yang “cukup asing” bagi banyak orang namun salah satu patokan yang bisa Tim GwiGwi ambil adalah lokasinya di Kemayoran dan terletak tidak begitu jauh dari JIExpo Kemayoran yang merupakan venue dari Anime Festival Asia Indonesia 2 tahun terakhir. Dari beberapa pengunjung yang sempat kita ajak mengobrol, beberapa menyukai lokasi baru ini yang terkesan lebih luas, dan tertata karena memang lokasinya yang cukup luas dibandingkan SMESCO. Akan tetapi, karena lokasinya yang cukup aneh, ini-pun membuat sebagian pengunjung bingung terutama beberapa cosplayer yang terlihat kaget saat mereka naik ke lokasi, melewati banyaknya counter automotive atau secara umum orang bilang sebagai bengkel.

Salah satu Coser Rem di Comifuro 8

Overall, event Comifuro 8 adalah event yang sesuai dengan hype-nya selama ini. Peningkatan dari segi fasilitas lokasi menjadi nilai plus untuk event ini. Selain itu mengingat suatu obrolan dengan crew media lainnya yang sedikit tidak menyenangkan tentang event ini 2 tahun yang lalu sudah mulai lebih baik dengan adanya creator lokal yang mulai berfokus pada Komik dan Literatur, tidak hanya poster, pembatas buku, keychain, dan sebagainya. Semoga Comifuro bisa sukses selalu dan menjadi lebih baik lagi di pagelaran Comic Frontier berikutnya.

See you on next event~

Cheers~!

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Event

“ANIME SONGS PARTY!” Akan Hadir Di “JAPAN EXPO Paris 2022”!

Published

on

GwiGwi.com – Program radio yang menghubungkan seluruh dunia dengan lagu anime oleh Nippon Cultural Broadcasting, “ANIME SONGS PARTY!” akan hadir di “JAPAN EXPO Paris 2022” pada tanggal 14 – 17 Juli (Kamis – Minggu).

Maaf Anda Melihat Iklan

Program ini mengundang berbagai bintang tamu dan menampilkan sesi studio lagu-lagu anime dari studio radio setiap minggu. Selain itu, program ini bekerja sama dengan media dan event seputar budaya anime Jepang dari berbagai negeri seperti “Anime News Network (Amerika Serikat)”, “Manga News (Prancis)”, “HYPER JAPAN (Inggris)”, “GwiGwi (Indonesia)” untuk mempromosikan berbagai konten seperti video YouTube dan juga rekaman sesi studio agar dapat dinikmati oleh penggemar lagu anime di seluruh dunia.

“JAPAN EXPO Paris 2022” merupakan acara yang di gelar setiap awal bulan Juli di Paris, Prancis . Acara ini juga merupakan salah satu festival Jepang (pameran yang menampilkan budaya Jepang) terbesar di dunia dengan 250,000 pengunjung dalam 4 hari.

Baca Juga:  ASUS ROG Hadirkan Jajaran Laptop Gaming Bertenaga Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Pertama di Indonesia

Yohei Onishi dan Singing Cosplayer Hikari, kedua MC dari ANIME SONGS PARTY! akan tampil di panggung JAPAN EXPO Paris 2022. Selain itu, Enzo Ratsito yang memerankan suara Kamado Tanjiro dari “Demon Slayer (Kimetsu no Yaiba)” dalam bahasa Prancis dan saat ini sedang memberikan direksi untuk anime “SPY×FAMILY” juga akan tampil pada segmen panggung yang sama.

Pada segmen tersebut, lagu cover anisong terbaru ANIME SONGS PARTY! oleh Enzo Ratsito akan ditampilkan untuk pertama kalinya dan 3 personil tersebut akan menampilkan anisong cover live bersama.

Yohei Onishi dan Singing Cosplayer Hikari, masing-masing dari mereka juga akan memberikan penampilan, menyanyikan lagu-lagu anime populer di panggung.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Event

Comic Market akan Mencabut Aturan Vaksinasi & Tes COVID-19

Published

on

GwiGwi.com – Penyelenggara acara Comic Market (Comiket) mengumumkan pada hari Sabtu bahwa acara Comic Market 100 tidak akan lagi mengharuskan pendaftar untuk menunjukkan bukti vaksinasi atau tes COVID-19 negatif karena “standar pemerintah saat ini mengabaikan inspeksi semacam itu” karena “stabilisasi baru-baru ini.”

Maaf Anda Melihat Iklan

Acara tersebut masih akan menggunakan “langkah-langkah pencegahan infeksi yang tepat,” dan masker akan diperlukan di dalam ruangan. Satu-satunya waktu berbicara yang diizinkan adalah saat makan atau minum, dan staf telah menyatakan bahwa mengobrol tidak diizinkan selama makan.

Selain itu, suhu tamu akan diambil untuk mendapatkan gelang untuk masuk. Peserta yang membeli tiket tetapi tidak dapat hadir karena berbagai keadaan, seperti gagal lulus pemeriksaan suhu, tidak akan dikembalikan uangnya.

Pihak penyelenggara menyatakan bahwa peraturan dapat berubah sewaktu-waktu.

Siaran langsung akan berlangsung pada 13 dan 14 Agustus. Alih-alih mulai pukul 10:00, itu akan dimulai pukul 10:30.

Baca Juga:  ASUS ROG Hadirkan Jajaran Laptop Gaming Bertenaga Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Pertama di Indonesia

Penyelenggara acara memperkirakan bahwa 80.000-90.000 orang akan hadir setiap hari, dan tiket akan diminta untuk hadir. Semua tiket akan dijual di muka, tanpa tiket tersedia di pintu.

Pada bulan Januari, acara tersebut bermaksud menggunakan sebagian dari Tokyo Big Sight untuk memeriksa bukti vaksinasi atau tes COVID-19 yang negatif, serta untuk mengukur suhu. Peserta, menurut staf, perlu memberikan bukti tiga suntikan imunisasi (termasuk suntikan booster) agar dapat diterima.

Saat Comic Market 99 berlangsung pada 30-31 Desember, kapasitasnya kurang lebih 55.000 orang per hari. Pada 4 Januari, dua karyawan Comiket didiagnosis dengan COVID-19. Empat orang lain yang terkait dengan acara tersebut kemudian dinyatakan positif COVID-19, menurut staf.

Source: ANN

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

ANIME SONGS PARTY! [GUEST:MADKID YOU-TA, LIN] PART1

Published

on

ANIME SONGS PARTY! https://www.joqr.co.jp/party/
Join and SING with us! #ANIMESONGSPARTY

Maaf Anda Melihat Iklan

This is the video of the guest talk with MADKID YOU-TA and LIN.
It was aired on May 15 (Sunday), 2022.

【MADKID Information】
https://columbia.jp/madkid/
https://lineblog.me/madkid/

https://www.instagram.com/madkid_offi…
https://www.facebook.com/Madkid-72995…
https://open.spotify.com/artist/1tofu…
https://www.youtube.com/channel/UCdNE…
https://fanicon.net/fancommunities/4450

– “Bring Back” (opening theme song of the TV anime “The Rising of the Shield Hero (Season 2)” has been available since May 18, 2022 (Wednesday).
https://columbia.jp/madkid/disco/brin…

– Radio archive of MADKID YOU-TA and LIN's guest appearances (radiko)
https://www.joqr.co.jp/timefree/party…
*Sunday, May 15 – Sunday, May 22, 20:30 (Japan time), JAPAN ONLY

“ANIME SONGS PARTY!”
This is a new fan-participation type program that connects the whole world with anime-songs.
We will invite guests every week and upload studio session videos from the Nippon Cultural Broadcasting's radio studio for the whole world!
Official website: https://www.joqr.co.jp/party/

[ We are looking for videos of cover songs of anime songs.]
The program is looking for your cover song videos and cover performance videos of anime songs!
You are welcome to participate as a soloist or in a band, or in a session uSING original karaoke material prepared by this program!

– Your Name on this radio program
– URL of video where we can watch your anime song covers
– Message to the program

Baca Juga:  ASUS ROG Hadirkan Jajaran Laptop Gaming Bertenaga Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Pertama di Indonesia

Please fill out the above and email your anime song cover to [email protected]
We will introduce it in our radio and YouTube programs. We look forward to hearing from you!
*Please upload your work with the hashtag #ANIMESONGSPARTY .
*Our staff will contact you before we introduce you.
*Please refrain from uploading any audio or video that infringes on any rights.

[ Program Information ]
ANIME SONGS PARTY!
Nippon Cultural Broadcasting FM91.6MHz/AM1134kHz/radiko.jp
Every Sunday 8:30pm-8:45pm(Japan time)

– Personality
Yohei Onishi
SING Cosplayer Hikari

– mail address
[email protected]
*If you'd like to make a guest appearance on this show, we'd love to hear from you!

[ Program Information ]
https://www.joqr.co.jp/party/
https://www.joqr.co.jp/timefree/party…
https://www.youtube.com/channel/UCeMY…

https://www.tiktok.com/@animesongsparty
https://www.instagram.com/animesongsp…

[ Overseas Partner Media Information ]
– ANIME NEWS NETWORK (North America)
https://www.animenewsnetwork.com/
https://www.youtube.com/c/animenewsne…

– HYPER JAPAN (UK)

Home


https://www.youtube.com/HYPERJAPANOff…

– manga-news (France)
https://www.manga-news.com/
https://www.youtube.com/c/manganews

– GwiGwi (Indonesia)

Pop Culture Digital Magazine | Anime & Manga


https://www.youtube.com/c/GwiGwiCom

[ YOHEI ONISHI Information ]
https://onishi-yohei.mystrikingly.com/
https://www.youtube.com/user/gaobe
https://www.instagram.com/onishi_yohe…

[ SING Cosplayer Hikari Information ]
https://www.youtube.com/c/SING
https://www.tiktok.com/@SING
https://www.instagram.com/SING

https://www.facebook.com/SING

© Nippon Cultural Broadcasting Inc. All rights reserved.

#ANIMESONG
#shieldhero
#MADKID_BringBack
#MADKID

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x