Connect with us

Event

Comic Frontier 17: Saatnya Kreator Doujinshi dan Komunitas Kreatif Unjuk Diri

Published

on

Comic Frontier 17: Saatnya Kreator Doujinshi Dan Komunitas Kreatif Unjuk Diri

www.gwigwi.com – Comic Frontier (Comifuro), ajang pameran kreatif yang diadakan dalam dua kali setahun kembali hadir pada tanggal 16-17 Desember 2023. Pada gelaran kali ini, Comifuro ke-17 bertempat di Hall 7-10 ICE BSD, Pagedangan, Tangerang. Selama dua hari, acara ini menjadi wadah tempat bertemunya para pegiat karya kreatif dan komunitas pop kultur.

Dihadiri oleh lebih dari 1.000 kreator Doujinshi

Sejak pertama kali diadakan pada tahun 2012, Comifuro menyediakan wadah ekspresi untuk para kreator Doujinshi. Dalam event ke-17 ini, ada lebih dari 1.000 (seribu) kreator Doujinshi baik perorangan maupun grup.

Apa itu Doujinshi?

Doujinshi sendiri adalah istilah bahasa Jepang yang mengacu kepada “karya yang diterbitkan sendiri (secara independen)”. Umumnya para Doujinshi Artist membuat karya secara kolektif dalam grup yang disebut sebagai Circle. Adanya kesamaan minat terhadap suatu jenis karya menjadi motivasi pendorong berkumpulnya para Circle yang berpartisipasi di acara ini.

Comic Frontier 17: Saatnya Kreator Doujinshi Dan Komunitas Kreatif Unjuk Diri

Web Catalog tersedia untuk mempermudah pengunjung.

Beragam Jenis Karya dirangkum dalam Web Catalog

Karya yang dibuat oleh para Circle ini juga cukup beragam. Mulai dari komik, ilustrasi, novel, musik, virtual content, hingga game dan animasi semua bisa ditemukan di acara ini. Sebagian besar Circle yang tergabung terlibat dalam pembuatan karya derivatif dari suatu fandom tertentu. Namun tidak sedikit juga yang membuat karya dari IP (Intellectual Property) orisinil mereka masing-masing. Daftar para Circle Doujinshi dan jenis karya yang dibuat dirangkum dalam Web Catalog yang bisa diakses melalui tautan catalog.comifuro.net.

Pembelian Tiket secara Online

Untuk masuk ke Comifuro 17 pengunjung harus memiliki tiket terlebih dahulu yang bisa dibeli secara online. Harga tiket masuk dijual sebesar Rp65.000 (belum termasuk biaya platform dan biaya transaksi). Tiket bisa dibeli melalui platform Ticket 2 U dengan mengakses tautan berikut: http://t2u.asia/e/33451

Comic Frontier 17: Saatnya Kreator Doujinshi Dan Komunitas Kreatif Unjuk Diri

Kali ini tiket secara keseluruhan hanya dijual melalui Online saja.

Pengunjung disarankan melakukan pembelian tiket sebelum hadir ke venue. Pada saat acara berlangsung tidak ada pembelian tiket secara langsung. Seluruh pembelian tiket dilakukan secara online melalui Ticket 2 U hingga acara berakhir dan selama persediaan masih ada. Setelah melakukan pembelian, harap simpan QR Code dengan mengunduh secara offline untuk mempermudah proses penukaran tiket di hari acara.

Diselenggarakan di Hall 7 hingga Hall 10 ICE BSD

Pada event Comifuro 17 ini area yang digunakan berjumlah 4 (empat) hall mulai dari Hall 7 hingga Hall 10. Pengunjung akan diarahkan masuk melalui pintu Pre-Function Hall 10 menuju ke dalam venue. Setelah masuk ke dalam venue, pengunjung bisa bebas berkunjung Hall 10 hingga Hall 7 tanpa ada pembatas di masing-masing hall.

Comic Frontier 17: Saatnya Kreator Doujinshi Dan Komunitas Kreatif Unjuk Diri

Peta lokasi Comic Frontier 17 atau dikenal juga sebagai COMIFURO 17

Area Corporate Booth dan Komunitas

Hall 10 akan menjadi area untuk Corporate Booth dan tempat komunitas pop kultur berkumpul. Ada berbagai perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif terlibat untuk hadir di acara ini. Mulai dari studio kreatif, toko hobi, hingga publisher dan developer video game dari dalam negeri berpartisipasi dalam Corporate Booth.

Selain mengunjungi pameran kreatif dari para Corporate Booth, pengunjung juga bisa bertemu dengan para komunitas di Hall 10. Beragam komunitas ikut berpartisipasi di acara ini mulai dari komunitas komik, game, hingga komunitas pengamat transportasi.

Area Circle Market

Setelah melewati Hall 10, pengunjung bisa memasuki area utama yaitu Circle Market di Hall 8-9. Di sinilah tempat lebih dari 1.000 Circle Doujinshi hadir untuk menampilkan karya kreatif mereka. Kegiatan transaksi di area ini berlangsung pada jam 09:30 hingga 18:00 WIB. Demi menjaga keamanan dan kenyamanan, pengunjung tidak diperbolehkan berkumpul hingga menutupi jalan di area ini. Peraturan ini berlaku juga untuk Cosplayer yang dilarang melakukan sesi pemotretan Cosplay di area ini.

Area Main Stage

Comifuro 17 juga menyediakan Main Stage yang menampilkan berbagai acara. Pengunjung akan dihibur dengan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah diskusi panel yang menjadi wadah diskursus terbuka bagi para pegiat pop kultur dengan berbagai topik menarik. Para kreator di bidang musik, komik, game, hingga animasi juga akan tampil menjadi bintang tamu di panggung ini.

Area Khusus Cosplay

Untuk mewadahi kegiatan cosplay, Comifuro 17 menyediakan area khusus Cosplay. Area ini berada di berbagai tempat mulai dari Loading Dock Hall 7-9, Pre-function area, dan area taman ICE BSD. Area ini disediakan sebagai ruang ekspresi bagi para Cosplayer yang lebih leluasa. Diharapkan dengan area khusus ini kegiatan Cosplayer tidak terganggu oleh kegiatan lain yang ada di dalam hall.

Comic Frontier 17: Saatnya Kreator Doujinshi Dan Komunitas Kreatif Unjuk Diri

Floor map event.

Fasilitas Ruang Ganti

Comifuro 17 mendukung kegiatan cosplayer dengan menyiapkan fasilitas tambahan. Fasilitas seperti Ruang Ganti bisa digunakan oleh semua pengunjung termasuk Cosplayer. Ada 2 (dua) Ruang Ganti yang tersedia yaitu di Loading Dock Hall 9 dan di dekat Main Stage. Ruang Ganti bisa digunakan dengan biaya tambahan sebesar Rp10.000.

Fasilitas penitipan barang

Penitipan Barang tersedia di berbagai lokasi yaitu di Loading Dock Hall 9, dekat Main Stage dan loket Hall 8. Pengunjung dikenakan biaya Rp10.000 untuk penitipan barang berukuran tas ransel. Sedangkan untuk barang berukuran besar seperti koper dikenakan biaya sebesar Rp20.000.

Tambahan Fasilitas Penunjang Lainnya

Selain menambahkan fasilitas untuk kegiatan cosplay, Comifuro 17 juga menyediakan fasilitas tambahan untuk pengunjung umum. Beberapa fasilitas tambahan yang disiapkan adalah toilet tambahan, mushola, serta Shuttle Bus.

Toilet Tambahan

Selain beberapa toilet yang tersedia di dalam Hall, Comifuro 17 juga menambahkan toilet tambahan. Fasilitas toilet tambahan ini ada di berbagai lokasi seperti di Loading Dock Area dan juga dekat pintu masuk Hall 8.

Mushola

Bagi para pengunjung yang membutuhkan Mushola, Comifuro 17 menyediakan 2 Mushola umum yang bisa digunakan. Kedua mushola ini berada di Loading Dock Hall 9 serta di dekat pintu masuk Hall 8.

Meja Informasi

Selain itu, di Comifuro 17 juga disediakan Meja Informasi yang tersebar di beberapa titik venue. Bagi partisipan yang membutuhkan bantuan panitia bisa mengunjungi Meja Informasi di berbagai titik. Meja Informasi ini juga bisa menjadi tempat pelaporan Lost and Found selama acara berlangsung.

Shuttle Bus

Bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan umum, Comifuro 17 menyediakan Shuttle Bus. Rute Shuttle Bus ini beroperasi dari Skybridge Terminal Intermoda, Cisauk menuju ICE BSD. Fasilitas ini bisa digunakan secara gratis oleh seluruh partisipan. Jadwal perjalanan Shuttle Bus akan diatur mengikuti jadwal kedatangan KRL di stasiun Cisauk.

Siapkan Perbekalan yang Cukup

Selama acara Comifuro 17 berlangsung, seluruh partisipan dihimbau untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. Kebutuhan perbekalan pribadi seperti obat-obatan, serta bekal makan dan minuman boleh dibawa masuk ke area acara. Untuk menghadapi kondisi cuaca ekstrim, partisipan juga dihimbau membawa payung atau jas hujan.

Bagi pengunjung yang membutuhkan bantuan medis, tersedia ruang medis dan ambulans. Ruang medis berada di area Loading Dock 9 dan area loket Hall 9. Sedangkan ambulans disediakan di area Loading Dock dan di dekat pintu masuk Hall 9.

Sekilas Tentang Comic Frontier

Comic Frontier merupakan perhelatan pasar kreatif yang telah diselenggarakan sejak 2012. Ketika pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu acara.

Perhelatan ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah acara yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Comic Frontier juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator profesional.

Website: comifuro.net
Facebook: facebook.com/comifuro
Twitter: twitter.com/comifuro
Instagram: instagram.com/comifuro
Discord: Comic Frontier Square –  https://discord.com/servers/comic-frontier-square-414798501625724949

Advertisement

Event

Bstation Anime Carnival 2023 Sukses Buka Tahun dengan Meriah

Published

on

Bstation Anime Carnival 2023 Sukses Buka Tahun Dengan Meriah

gwigwi.com – Pada tanggal 13 & 14 Januari 2024, BStation Indonesia mengadakan Bstation Anime Carnival 2023 yang bertempat di Atrium Mal Artha Gading. Festival tahun ini dimeriahkan oleh para bintang Cosplayer seperti Yukimo, Punipun, Haruna, dan masih banyak lagi; ada juga award untuk para creator terbaik yang telah bergabung di Bstation, kompetisi-kompetisi untuk bidang Cosplay, Anisong, serta Coswalk. Tidak ketinggalan juga penampilan-penampilan keren dari para performer seperti Shirai Metal yang mengcover Baby Metal, Easy, Akemi, Yugen, dan masih banyak lagi yang amat menghibur pengunjung.

Anime Festival tidaklah lengkap tanpa menonton bersama anime yang sudah dilisensi oleh Muse Indonesia sebagai salah satu official partner event ini yang salah satunya adalah episode 1 Sokushi Cheat ga Saikyou Sugite, Isekai no Yatsura ga Marude Aite ni Naranai yang tipikal genre isekai (MC terlalu OP) tapi penuh kekocakan.

Festival ini dapat berjalan lancar dengan dukungan official partner antara lain: Muse Indonesia, Gopay, Unipin, Mobile Legend, Lapak Gaming, Garena, dan Black Clover (mobile). Para official partner ini memberikan banyak door prize dan pengunjung juga dapat mengikuti stamp rally untuk mendapatkan kesempatan memperoleh aneka hadiah. Walaupun area festival cukup terbatas namun antusiasme pengunjung (baik para otaku maupun awam) amatlah tinggi. Satu masukan bagi panitia, kiranya pada festival berikutnya saat kontes anisong, display dapat menampilkan cuplikan anime dari lagu yang dibawakan.

Terima kasih kepada Bstation Anime Carnival 2023 yang telah membuka event awal tahun dengan meriah, semoga festival berikutnya Gwiples dapat kembali menghadiri festival Bstation ini sebagai salah satu platform anime besar di Indonesia.

Continue Reading

Lokal

Fuyu no Yukikaze Festival Jepang bertema Musim Dingin di Banjarmasin

Published

on

Fuyu No Yukikaze Festival Jepang Bertema Musim Dingin Di Banjarmasin

GwiGwi.comSukses menyelenggarakan acara Aki no Hajimari di tahun 2023, Diversity Project (DVST Project) kini kembali hadir untuk memberikan pengalaman yang tak terlupakan dengan acara Fuyu no Yukikaze. Fuyu no Yukikaze (冬の雪風) adalah Festival Jepang bertema musim dingin yang dirancang sedemikian rupa sehingga mampu membuat pengunjung merasakan langsung pesona musim dingin di Kalimantan Selatan. Berbeda dengan Aki no Hajimari, kali ini Fuyu no Yukikaze akan diselenggarakan di Hypermart KM.7, Kertak Hanyar, Kab. Banjar Lantai 2. Dijadwalkan 18 Februari 2024, acara yang digelar bersamaan dengan musim dingin di Jepang ini akan memanjakan pengunjung dengan pengalaman unik yang memadukan keindahan musim dingin ala negeri sakura Jepang. 

Acara ini akan menampilkan berbagai aktivitas dan konten-konten menarik seperti Bazaar Kuliner Jepang dan Merchandise, Snow Area, Photo Booth, Diversity Wall, Kingyo Sukui, Vocaholo, Performance dari Guest Stars, dan masih banyak lagi. Pengunjung juga dapat ikut serta dalam berbagai kontes menarik, seperti Cosplay Walk, Cosplay Competition, dan J-Song Contest.

Festival kebudayaan jepang bertema musim dingin ini akan dipandu oleh Crenov dan Shiramui sebagai MC yang pastinya tidak kalah seru dengan Aki no Hajimari. Fuyu no Yukikaze juga menghadirkan pengisi acara yang terkenal di kalangan penggemar Jepang di Kalimantan Selatan seperti AFC48, Eve’s Lily, Audibellave x Magusdanev, NAAZEL, dan VIVID BANJAR SQUAD yang akan ikut serta dalam memeriahkan acara kali ini. Audibellave x Magusdanev juga akan berperan sebagai J-Song Judges. Tidak hanya itu, Majid Vincent, Picchan, dan Kyoo juga akan hadir dalam acara ini sebagai Cosplay Judges.

Terdapat berbagai macam pilihan tiket, mulai dari Pre-Sale, Premium hingga On The Spot. Rincian harga masing-masing tiket bisa dilihat di bawah ini:

  • Pre-Sale 1 – Rp 35.000 [SOLD OUT]
  • Bundle – Rp 100.000
  • Pre-Sale 2 – Rp 40.000
  • On The Spot – Rp 50.000

 

Continue Reading

Event

Membuka Tahun, UniPin Siap Meriahkan Gelaran Perdana Bstation Anime Carnival

Published

on

Membuka Tahun, Unipin Siap Meriahkan Gelaran Perdana Bstation Anime Carnival

www.gwigwi.com – UniPin, penyedia layanan hiburan digital terkemuka asal Indonesia, kembali mewujudkan komitmen mereka dalam mengembangkan ekosistem gaming di Asia Tenggara dengan turut berpartisipasi dan bekerja sama dengan pihak Bstation dalam Bstation Anime Carnival. Pada gelaran event yang digelar pada 13-14 Januari 2024 di Mall Artha Gading, Jakarta Utara ini, UniPin menggandeng Battle of Guardians (BOG) untuk memeriahkan Bstation Anime Carnival melalui beragam aktivitas menarik.

Seluruh pengunjung Bstation Anime Carnival berkesempatan mendapatkan bonus top-up seperti cashback UniPin Credits dan berbagai merchandise menarik di booth UniPin. Selain itu, UniPin juga akan membuka Test Play Battle of Guardians game sebagai support untuk mengenalkan dan mendukung pengembangan game fighting lokal. Selama dua hari, booth UniPin menghadirkan berbagai tawaran menarik yang tentunya sayang jika dilewatkan.

Bstation Anime Carnival adalah acara tahunan yang menjadi pusat bagi para kreator digital dan penggemar budaya pop Jepang. Selama pameran, Bstation akan mengumumkan anime teratas yang paling banyak ditonton oleh pengguna dan mengumumkan rilisan anime yang akan datang. Bstation Anime Carnival sendiri didukung oleh sejumlah penampil dan bakat terbaik dari Bstation seperti Yugen ID, Akemi, DJ Redshift, Hira Dazzle. Selain itu, ada pula beragam mini games dan kompetisi yang dirancang untuk menarik minat para cosplayer dan penggemar anisong.

Tim Bstation mengajak seluruh penggemar dan penonton untuk datang pada gelaran perdana Bstation Anime Carnival ini untuk bersama-sama merasakan keseruan dan kegembiraan di awal tahun 2024.

“Bstation sendiri sangat menantikan acara ini sebagai gelaran perdana untuk mengedukasi market tentang keseriusan Bstation beserta rekan partner kami mengenai dunia anime dan games di Indonesia. Ekspektasi event ini tentunya untuk menjadi salah satu event terbaik awal tahun yang ramai dan menjadi acuan untuk event anime Bstation di kemudian hari,” ujar mereka.

Alexander Lim selaku CEO Battle of Guardians menyebutkan kegembiraannya dapat berpartisipasi dalam Bstation Anime Carnival.

“Dengan bangga kami umumkan bahwa BOG akan hadir di Carnival! Kami harap, kehadiran BOG akan membakar semangat kompetisi bagi seluruh hadirin!” ujar Alex.

Marvin Yuliano selaku VP Marketing UniPin mengaku senang karena UniPin dapat hadir di gelaran Bstation Anime Carnival untuk bertemu para penggemar anime.

“UniPin bersama Battle of Guardians senang bisa menjadi bagian dari Bstation Anime Carnival, dan kami juga menantikan antusiasme yang masif dari para penggemar game, manga, komik, anime, dan budaya populer lainnya. Kami berharap dapat terus mendukung gelaran Bstation Anime Carnival yang akan datang untuk dapat memenuhi kebutuhan serta menghadirkan lebih banyak keseruan untuk para penggemar setia Bstation dan UniPin. Sampai bertemu di Mall Artha Gading!” ujar Marvin.

Continue Reading

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending