Connect with us

Travel

8 Hal Yang Kamu Harus Tau Sebelum Berkunjung ke Jepang

Published

on

GwiGwi.com – Jepang adalah salah satu negara modern yang walaupun secara teknologi paling maju namun masyarakatnya tetap menjunjung tinggi tradisi. Oleh karena itu penting bagi kamu sebagai pengunjung untuk juga ikut menghormati tradisi serta kebiasaan masyarakatnya, tidak hanya dalam hal etika tapi juga kebiasaan sehari-hari mereka. Berikut adalah 8 hal yang kamu harus tau sebelum berkunjung ke Jepang.

Membungkuk

Membungkuk memang cara orang Jepang saling menyampaikan salam penghormatan, namun saat ini masyarakat Jepang sudah mulai sedikit beradaptasi dan tidak menolak untuk berjabat tangan. Namun untuk memastikan sebaiknya tunggu mereka mengulurkan tangan terlebih dahulu.

Advertisements

Ucapan Terima Kasih

Terima kasih dalam bahasa Jepang yang kita tahu adalah Arigatou namun dalah keseharian masyarakat Jepang, kata arigatou justru jarang sekali digunakan, sebagai gantinya untuk mengucapkan terima kasih mereka menggunakan kata sumimasen yang artinya kurang lebih seperti ‘maaf sudah merepotkan’.

Saat Makan

Kebiasaan orang Indonesia adalah berdoa sebelum makan, setelah itu mulai makan. Di Jepang, sebelum makan mereka memiliki kebiasaan untuk mengucapkan itadakimasu yang artinya kurang lebih seperti ‘selamat makan’. Begitu juga setelah selesai makan ucapan seperti gochisou atau gochisousama sering dilontarkan sebagai ucapan terima kasih atau pujian kepada yang memasak makanan.

Pelayanan

Salah satu keuntungan ketika travelling ke Jepang adalah kamu tidak perlu meninggalkan tip kepada siapapun karena itu akan dianggap sebagai penghinaan. So, lumayan menghemat budget kamu kan?

Baca Juga:  Kyoto Neko Neko x eXcafe Kyoto Arashiyama Berkolaborasi Untuk Menu Sarapan Baru

Sumpit

Nah ini wajib buat kamu pelajari ketiak berkunjung ke Jepang, yaitu caranya makan menggunakan sumpit. Walaupun saat ini banyak pilihan restoran yang menyediakan sendok dan garpu tapi sumpit tetap merupakan alat makan paling utama di Jepang.

Alas Kaki

Kebiasaan yang satu ini mungkin tidak berbeda jauh dengan orang Indonesia yaitu membuka sepatu ketika masuk rumah tinggal dan tempat ibadah. Namun, di Jepang ada juga restoran-restoran yang mengharuskan pengunjungnya untuk membuka sepatu dan mengganti alas kaki dengan sandal yang sudah disediakan.

Menyetir

Orang Jepang menyetir di sisi yang sama kok dengan orang Indonesia yaitu pada sisi sebelah kiri dan stir mobil di sisi sebelah kanan.

Bahasa

Perlu kamu ketahui bahwa orang Jepang sangat jarang yang bisa berbahasa Inggris dan untuk petunjuk arahpun kebanyakan dalam bahasa Jepang, kecuali di daerah yang memang sudah sering dikunjungi oleh turis.

Jadi persiapan segala sesuatunya ya untuk mengantisipasi hal-hal di atas karena tentunya kamu nggak mau nyasar di Jepang sementara tidak seorang pun bisa membantu kamu karena tidak bisa bahasa Inggris. Pelajari bahasa Jepang dasar atau membawa bekal kamus untuk berjaga-jaga jika gadget kamu low bat atau tidak ada signal. Happy Travelling!

Advertisements

Chief dan editor, suka nonton anime mainstream yang ga ribet, mulai mendalami yang namanya cameco (cameramen cosplay)

Travel

Shibuya Bakal Punya Pusat Informasi Turis Baru ‘SHIBU HACHI BOX’

Published

on

GwiGwi.com – Shibuya siap menyambut wisatawan di pusat informasi turis baru SHIBU HACHI BOX yang akan dibuka pada 1 Oktober 2020.

Berlokasi strategis di luar Stasiun Shibuya di sebelah Scramble Crossing dan patung Hachiko Shibuya yang ikonik, SHIBU HACHI BOX, dikelola oleh PLAY! DIVERSITY SHIBUYA, akan bertindak sebagai hub untuk informasi wisata dan tamasya tentang acara, makanan, belanja, hotel, dan lainnya.

Pusat ini juga akan menampung ruang PR untuk mitra pendukungnya NTT Docomo yang akan menawarkan konten hiburan dan video terkait dengan teknologi terkini dan banyak lagi.

Advertisements
Baca Juga:  Shibuya Bakal Punya Pusat Informasi Turis Baru 'SHIBU HACHI BOX'

SHIBU HACHI BOX akan siap menunggu untuk menyambut orang-orang di dunia ke Shibuya saat mereka keluar dari Pintu Keluar Hachiko yang terkenal di Stasiun Shibuya.

 

MoshiMoshi

Advertisements
Continue Reading

Travel

Kyoto Neko Neko x eXcafe Kyoto Arashiyama Berkolaborasi Untuk Menu Sarapan Baru

Published

on

GwiGwi.com – eXcafe Kyoto Arashiyama bekerja sama dengan Kyoto Neko Neko merilis pesanan menu sarapan baru pada 15 September 2020.

eXcafe Kyoto Arashiyama terletak di gang di jalan utama Arashiyama, salah satu tempat wisata paling terkenal di Kyoto. Kafe ini memiliki taman Jepang modern dengan luas 400㎡.

Set Hoku Hoku Dango

Advertisements

Kafe ini buka mulai pukul 10.00-18.00 dan sangat populer sehingga selalu ada antrean orang yang menunggu untuk masuk. Beberapa hidangan paling populer mereka termasuk “Hoku Hoku Dango Set” yang membuat Anda menggoreng dango sendiri menggunakan tradisional Jepang shichirin BBQ, dan kue gulung “Kuromaru Roll”.

Baca Juga:  Kyoto Neko Neko x eXcafe Kyoto Arashiyama Berkolaborasi Untuk Menu Sarapan Baru

Ikusu Cafe Sarapan | ¥ 1.280 (Sebelum Pajak)

Kolaborasi kafe dengan Kyoto Neko Neko hadir dengan roti berbentuk kucing yang dipotong tebal dan lucu yang Anda goreng di atas arang shichirin.

Topping roti termasuk pasta kacang merah, mentega, krim kocok, dan buah-buahan yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk membuat kombinasi topping Anda sendiri. Sarapan juga dilengkapi dengan dua mitarashi dango sebagai pencuci mulut.

MoshiMoshi

Advertisements
Continue Reading

Travel

Foto: Small Worlds Tokyo, Mengunjungi Surganya Pecinta Diorama dan Foto Makro

Published

on

GwiGwi.com – Taman hiburan miniatur ‘terbesar' di dunia, Small Worlds Tokyo, yang menampilkan pameran Sailor Moon dan Evangelion akhirnya dibuka pada 11 Juni 2020, setelah menunda pembukaannya selama lebih dari sebulan karena Covid-19.

Taman hiburan dalam ruangan ini terbentang di beberapa lantai, dengan model utama skala 1/80 dari objek yang tersebar di enam dunia berbeda termasuk Space Center, Bandara Internasional Kansai, Pretty Guardian Sailor Moon, Neon Genesis Evangelion Tokyo-III, Neon Genesis Evangelion Cage dan Global Village dengan lima negara dari Asia dan Eropa, semuanya berpusat di sekitar lantai 3.

Dunia yang berbeda ini dirancang dengan reproduksi skala kecil yang sangat akurat dari dunia nyata dan tempat fiksi, yang sepenuhnya dilengkapi dengan efek khusus seperti asap, kendaraan yang bergerak menggunakan motor bawah tanah dengan magnet, suara, dan bahkan siklus siang dan malam yang berbeda.

Advertisements

Kali ini Gwimin berkesempatan menjelajahi Small Worlds Tokyo. Berikut ini foto-fotonya.

Baca Juga:  Taman Hiburan Moominvalley Jepang Mengumumkan Acara Musim Gugur 'Harvest Special Week'

Neon Genesis Evangelion Tokyo-III

This slideshow requires JavaScript.

Space Center

This slideshow requires JavaScript.

Global Village

This slideshow requires JavaScript.

Kansai International Airport

This slideshow requires JavaScript.

 

Small Worlds Tokyo

  • Alamat: Ariake Butsuryū Center, 1-3-33 Ariake, Kōtō, Tokyo
  • Jam buka: 09:30 sampai 20:00 JST (masuk terakhir pukul 19:30)
  • Biaya masuk:
    • dewasa, ¥ 2.700;
    • remaja (usia SMP dan SMA), ¥ 1.900;
    • anak-anak (usia prasekolah dan sekolah dasar), ¥ 1.500;
    • anak di bawah 4 tahun, gratis.
  • Figure Program untuk daerah Sailor Moon dan Evangelion:
    • dewasa, ¥ 19.800;
    • usia sekolah menengah ke bawah, ¥ 17.600.
    • Area lain: dewasa, ¥ 12.630;
    • usia sekolah menengah ke bawah, ¥ 10.760.
  • Akses: 3 menit berjalan kaki dari Stasiun Ariake Tennis no Mori di Jalur Yurikamome. 11 menit berjalan kaki dari Stasiun Kokusai-Tenjijō di Jalur Rinkai.
Advertisements
Continue Reading

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending