Connect with us

Travel

8 Hal Yang Kamu Harus Tau Sebelum Berkunjung ke Jepang

Published

on

GwiGwi.com – Jepang adalah salah satu negara modern yang walaupun secara teknologi paling maju namun masyarakatnya tetap menjunjung tinggi tradisi. Oleh karena itu penting bagi kamu sebagai pengunjung untuk juga ikut menghormati tradisi serta kebiasaan masyarakatnya, tidak hanya dalam hal etika tapi juga kebiasaan sehari-hari mereka. Berikut adalah 8 hal yang kamu harus tau sebelum berkunjung ke Jepang.

Maaf Anda Melihat Iklan

Membungkuk

Membungkuk memang cara orang Jepang saling menyampaikan salam penghormatan, namun saat ini masyarakat Jepang sudah mulai sedikit beradaptasi dan tidak menolak untuk berjabat tangan. Namun untuk memastikan sebaiknya tunggu mereka mengulurkan tangan terlebih dahulu.

Ucapan Terima Kasih

Terima kasih dalam bahasa Jepang yang kita tahu adalah Arigatou namun dalah keseharian masyarakat Jepang, kata arigatou justru jarang sekali digunakan, sebagai gantinya untuk mengucapkan terima kasih mereka menggunakan kata sumimasen yang artinya kurang lebih seperti ‘maaf sudah merepotkan’.

Saat Makan

Kebiasaan orang Indonesia adalah berdoa sebelum makan, setelah itu mulai makan. Di Jepang, sebelum makan mereka memiliki kebiasaan untuk mengucapkan itadakimasu yang artinya kurang lebih seperti ‘selamat makan’. Begitu juga setelah selesai makan ucapan seperti gochisou atau gochisousama sering dilontarkan sebagai ucapan terima kasih atau pujian kepada yang memasak makanan.

Pelayanan

Salah satu keuntungan ketika travelling ke Jepang adalah kamu tidak perlu meninggalkan tip kepada siapapun karena itu akan dianggap sebagai penghinaan. So, lumayan menghemat budget kamu kan?

Sumpit

Nah ini wajib buat kamu pelajari ketiak berkunjung ke Jepang, yaitu caranya makan menggunakan sumpit. Walaupun saat ini banyak pilihan restoran yang menyediakan sendok dan garpu tapi sumpit tetap merupakan alat makan paling utama di Jepang.

Alas Kaki

Kebiasaan yang satu ini mungkin tidak berbeda jauh dengan orang Indonesia yaitu membuka sepatu ketika masuk rumah tinggal dan tempat ibadah. Namun, di Jepang ada juga restoran-restoran yang mengharuskan pengunjungnya untuk membuka sepatu dan mengganti alas kaki dengan sandal yang sudah disediakan.

Menyetir

Orang Jepang menyetir di sisi yang sama kok dengan orang Indonesia yaitu pada sisi sebelah kiri dan stir mobil di sisi sebelah kanan.

Bahasa

Perlu kamu ketahui bahwa orang Jepang sangat jarang yang bisa berbahasa Inggris dan untuk petunjuk arahpun kebanyakan dalam bahasa Jepang, kecuali di daerah yang memang sudah sering dikunjungi oleh turis.

Jadi persiapan segala sesuatunya ya untuk mengantisipasi hal-hal di atas karena tentunya kamu nggak mau nyasar di Jepang sementara tidak seorang pun bisa membantu kamu karena tidak bisa bahasa Inggris. Pelajari bahasa Jepang dasar atau membawa bekal kamus untuk berjaga-jaga jika gadget kamu low bat atau tidak ada signal. Happy Travelling!

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement

Travel

Untuk Pertama Kali, JR East Rilis ‘Japan Rail Pass’ Untuk Penduduk Asing di Jepang

Published

on

By

GwiGwi.com – Japan Rail Pass, yang menyediakan perjalanan tak terbatas naik kereta JR (termasuk kereta cepat shinkansen) untuk jangka waktu satu, dua atau tiga minggu, adalah cara yang sangat nyaman dan hemat biaya bagi pengunjung untuk menjelajahi sebanyak mungkin negara selama mungkin selama mereka tinggal. Sampai saat ini, JR Rail Pass hanya tersedia untuk pengunjung asing, tetapi Perusahaan East Japan Railway akan segera merilis JR Rail Pass untuk penduduk asing di Jepang.

Maaf Anda Melihat Iklan

JR EAST Welcome Rail Pass 2020″ adalah tiket terbatas untuk mempromosikan perjalanan di sekitar wilayah Tohoku dan Kanto di Jepang dalam komunitas internasional negara tersebut. Selama periode yang tersedia, pemegang paspor asing (apa pun status visanya) dapat menikmati perjalanan tak terbatas di kereta JR East (termasuk shinkansen dan ekspres terbatas) selama tiga hari berturut-turut.

Berikut detailnya dari JR East:

  • Periode penggunaan: 16 Oktober 2020 (Jumat) – 28 Februari 2021 (Minggu)
  • Periode penjualan: 16 Oktober 2020 (Jumat) – 26 Februari 2021 (Jumat)
  • Harga: 12.000 yen (6.000 yen untuk anak-anak)
  • Kelayakan: Pelanggan yang memegang paspor yang diterbitkan oleh negara selain Jepang.
  • Masa berlaku : Perjalanan tak terbatas menggunakan Shinkansen, kereta ekspres terbatas, dan kereta lokal di jalur JR East di bawah yurisdiksi JR East selama 3 hari berturut-turut selama periode yang ditentukan.
  • Area Perjalanan Tak Terbatas : Tohoku, Yamagata, Akita, Joetsu, Hokuriku Shinkansen (antara Tokyo dan Joetsumyoko) Jalur JR East (termasuk BRT), Jalur Kereta Aoimori, Jalur Iwate Galaxy Railway (IGR), Jalur Kereta Sanriku, Jalur Kereta Echigo TOKImeki (antara Myoko-Kogen dan Naoetsu), Jalur Kereta Shinano

Kamu dapat menemukan detail lebih lanjut mengenai tiket dan ketersediaan pembelian di situs web resmi. Di bawah ini adalah peta area perjalanan tanpa batas dan jalur untuk referensi.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Travel

Shibuya Bakal Punya Pusat Informasi Turis Baru ‘SHIBU HACHI BOX’

Published

on

GwiGwi.com – Shibuya siap menyambut wisatawan di pusat informasi turis baru SHIBU HACHI BOX yang akan dibuka pada 1 Oktober 2020.

Maaf Anda Melihat Iklan

Berlokasi strategis di luar Stasiun Shibuya di sebelah Scramble Crossing dan patung Hachiko Shibuya yang ikonik, SHIBU HACHI BOX, dikelola oleh PLAY! DIVERSITY SHIBUYA, akan bertindak sebagai hub untuk informasi wisata dan tamasya tentang acara, makanan, belanja, hotel, dan lainnya.

Pusat ini juga akan menampung ruang PR untuk mitra pendukungnya NTT Docomo yang akan menawarkan konten hiburan dan video terkait dengan teknologi terkini dan banyak lagi.

SHIBU HACHI BOX akan siap menunggu untuk menyambut orang-orang di dunia ke Shibuya saat mereka keluar dari Pintu Keluar Hachiko yang terkenal di Stasiun Shibuya.

 

MoshiMoshi

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Travel

Kyoto Neko Neko x eXcafe Kyoto Arashiyama Berkolaborasi Untuk Menu Sarapan Baru

Published

on

GwiGwi.com – eXcafe Kyoto Arashiyama bekerja sama dengan Kyoto Neko Neko merilis pesanan menu sarapan baru pada 15 September 2020.

Maaf Anda Melihat Iklan

eXcafe Kyoto Arashiyama terletak di gang di jalan utama Arashiyama, salah satu tempat wisata paling terkenal di Kyoto. Kafe ini memiliki taman Jepang modern dengan luas 400㎡.

Set Hoku Hoku Dango

Kafe ini buka mulai pukul 10.00-18.00 dan sangat populer sehingga selalu ada antrean orang yang menunggu untuk masuk. Beberapa hidangan paling populer mereka termasuk “Hoku Hoku Dango Set” yang membuat Anda menggoreng dango sendiri menggunakan tradisional Jepang shichirin BBQ, dan kue gulung “Kuromaru Roll”.

Ikusu Cafe Sarapan | ¥ 1.280 (Sebelum Pajak)

Kolaborasi kafe dengan Kyoto Neko Neko hadir dengan roti berbentuk kucing yang dipotong tebal dan lucu yang Anda goreng di atas arang shichirin.

Topping roti termasuk pasta kacang merah, mentega, krim kocok, dan buah-buahan yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk membuat kombinasi topping Anda sendiri. Sarapan juga dilengkapi dengan dua mitarashi dango sebagai pencuci mulut.

MoshiMoshi

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending