Connect with us

Travel

10 Etika Dasar Ketika Berkunjung ke Kuil Yang Harus Kamu Ketahui

Published

on

GwiGwi.com – Jepang adalah sebuah negara yang sangat menjunjung tinggi etika sosial. Tentunya kamu sudah tahu atau setidaknya pernah dengar bahwa naik kereta saja mereka memiliki etika tersendiri yang dipatuhi oleh setiap individu masyarakatnya. Berikut adalah beberapa etika dasar ketika berkunjung ke kuil yang harus kamu ketahui.

Maaf Anda Melihat Iklan

Etika Dasar Ketika Berkunjung ke Kuil

Terdapat sekitar 10 etika dasar yang harus kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk mengunjungi sebuah kuil di Jepang, karena tidak lengkap rasanya kalau ke Jepang tapi tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu kuil terkenal di sana.

  1. Membungkuk setiap memasuki gerbang torii sebuah kuil.
  2. Jangan berjalan ditengah-tengah sando karena bagi penganut kepercayaan Shinto, bagian tengah sando yang disebut sebagai ‘seichuu’ adalah tempat dimana para dewa berjalan.
  3. Kumur-kumur dan cuci tangan di temizuya yang tersedia di depan setiap kuil sebelum masuk.
  4. Selalu bunyikan bel sebelum mulai berdoa, artinya kamu memberikan tanda kepada dewa bahwa kamu akan berdoa. Ingat jangan berdiri ditengah-tengah ketika sudah berada di kuil karena disanalah para dewa akan lewat.
  5. Jangan lupa untuk selalu memberikan sumbangan sebelum kamu mulai berdoa. Di setiap kuil akan terdapat kotak seperti kotak amal kalau di Indonesia. Jangan khawatir tidak ada jumlah tertentu yang harus kamu sumbangkan, seiklasnya saja.
  6. Cara yang paling umum untuk berdoa di kuil adalah dengan cara membungkuk dua kali, bertempuk dua kali baru kemudian membungkuk sekali lagi. Ingat ketika membungkuk tak hanya sekedarnya ya, kamu harus benar-benar membungkuk sampai punggungmu rata dengan pinggang.
  7. Jika ini adalah kali pertamanya kamu berkunjung ke kuil ada ketentuan yang harus kamu ikuti yaitu mulailah dengan memperkenalkan dirimu dan sampaikan rasa syukur bahwa kamu memiliki kesempatan untuk berdoa di sana.
  8. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengambil sebuah omikuji yaitu selembar kertas berisi peruntungan, jika baik bisa kamu simpan, jika buruk bisa kamu ikat kembali di tempat yang sudah disediakan untuk mengusir nasib buruk.
  9. Belilah sebuah ema yang banyak tersedia di kuil, tuliskan harapan dan doamu di sana kemudian gantung di tempat yang sudah disediakan.
  10. Ketika sudah selesai berdoa dan meninggalkan kuil jangan lupa untuk kembali membungkuk di gerbang torii.

Jika kamu berkunjung ke Jepang, jadilah seorang turis yang menghargai etika tersebut terutama ketika kamu ingin berkunjung ke kuil dan berdoa.

Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement

Travel

Untuk Pertama Kali, JR East Rilis ‘Japan Rail Pass’ Untuk Penduduk Asing di Jepang

Published

on

By

GwiGwi.com – Japan Rail Pass, yang menyediakan perjalanan tak terbatas naik kereta JR (termasuk kereta cepat shinkansen) untuk jangka waktu satu, dua atau tiga minggu, adalah cara yang sangat nyaman dan hemat biaya bagi pengunjung untuk menjelajahi sebanyak mungkin negara selama mungkin selama mereka tinggal. Sampai saat ini, JR Rail Pass hanya tersedia untuk pengunjung asing, tetapi Perusahaan East Japan Railway akan segera merilis JR Rail Pass untuk penduduk asing di Jepang.

Maaf Anda Melihat Iklan

JR EAST Welcome Rail Pass 2020″ adalah tiket terbatas untuk mempromosikan perjalanan di sekitar wilayah Tohoku dan Kanto di Jepang dalam komunitas internasional negara tersebut. Selama periode yang tersedia, pemegang paspor asing (apa pun status visanya) dapat menikmati perjalanan tak terbatas di kereta JR East (termasuk shinkansen dan ekspres terbatas) selama tiga hari berturut-turut.

Berikut detailnya dari JR East:

  • Periode penggunaan: 16 Oktober 2020 (Jumat) – 28 Februari 2021 (Minggu)
  • Periode penjualan: 16 Oktober 2020 (Jumat) – 26 Februari 2021 (Jumat)
  • Harga: 12.000 yen (6.000 yen untuk anak-anak)
  • Kelayakan: Pelanggan yang memegang paspor yang diterbitkan oleh negara selain Jepang.
  • Masa berlaku : Perjalanan tak terbatas menggunakan Shinkansen, kereta ekspres terbatas, dan kereta lokal di jalur JR East di bawah yurisdiksi JR East selama 3 hari berturut-turut selama periode yang ditentukan.
  • Area Perjalanan Tak Terbatas : Tohoku, Yamagata, Akita, Joetsu, Hokuriku Shinkansen (antara Tokyo dan Joetsumyoko) Jalur JR East (termasuk BRT), Jalur Kereta Aoimori, Jalur Iwate Galaxy Railway (IGR), Jalur Kereta Sanriku, Jalur Kereta Echigo TOKImeki (antara Myoko-Kogen dan Naoetsu), Jalur Kereta Shinano

Kamu dapat menemukan detail lebih lanjut mengenai tiket dan ketersediaan pembelian di situs web resmi. Di bawah ini adalah peta area perjalanan tanpa batas dan jalur untuk referensi.

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Travel

Shibuya Bakal Punya Pusat Informasi Turis Baru ‘SHIBU HACHI BOX’

Published

on

GwiGwi.com – Shibuya siap menyambut wisatawan di pusat informasi turis baru SHIBU HACHI BOX yang akan dibuka pada 1 Oktober 2020.

Maaf Anda Melihat Iklan

Berlokasi strategis di luar Stasiun Shibuya di sebelah Scramble Crossing dan patung Hachiko Shibuya yang ikonik, SHIBU HACHI BOX, dikelola oleh PLAY! DIVERSITY SHIBUYA, akan bertindak sebagai hub untuk informasi wisata dan tamasya tentang acara, makanan, belanja, hotel, dan lainnya.

Pusat ini juga akan menampung ruang PR untuk mitra pendukungnya NTT Docomo yang akan menawarkan konten hiburan dan video terkait dengan teknologi terkini dan banyak lagi.

SHIBU HACHI BOX akan siap menunggu untuk menyambut orang-orang di dunia ke Shibuya saat mereka keluar dari Pintu Keluar Hachiko yang terkenal di Stasiun Shibuya.

 

MoshiMoshi

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Travel

Kyoto Neko Neko x eXcafe Kyoto Arashiyama Berkolaborasi Untuk Menu Sarapan Baru

Published

on

GwiGwi.com – eXcafe Kyoto Arashiyama bekerja sama dengan Kyoto Neko Neko merilis pesanan menu sarapan baru pada 15 September 2020.

Maaf Anda Melihat Iklan

eXcafe Kyoto Arashiyama terletak di gang di jalan utama Arashiyama, salah satu tempat wisata paling terkenal di Kyoto. Kafe ini memiliki taman Jepang modern dengan luas 400㎡.

Set Hoku Hoku Dango

Kafe ini buka mulai pukul 10.00-18.00 dan sangat populer sehingga selalu ada antrean orang yang menunggu untuk masuk. Beberapa hidangan paling populer mereka termasuk “Hoku Hoku Dango Set” yang membuat Anda menggoreng dango sendiri menggunakan tradisional Jepang shichirin BBQ, dan kue gulung “Kuromaru Roll”.

Ikusu Cafe Sarapan | ¥ 1.280 (Sebelum Pajak)

Kolaborasi kafe dengan Kyoto Neko Neko hadir dengan roti berbentuk kucing yang dipotong tebal dan lucu yang Anda goreng di atas arang shichirin.

Topping roti termasuk pasta kacang merah, mentega, krim kocok, dan buah-buahan yang dapat Anda gunakan secara gratis untuk membuat kombinasi topping Anda sendiri. Sarapan juga dilengkapi dengan dua mitarashi dango sebagai pencuci mulut.

MoshiMoshi

Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending