Event
Keseruan Hari Pertama “The Jakarta Toys & Comic Fair 2015”
GwiGwi.com – Disaat mendengar kata Toys Fair, yang terlintas di pikiran saya hanyalah 1. “Time to get some more loots“. Hal itu memang benar-benar bahaya. Terlebih lagi dengan adanya acara The Jakarta Toys & Comic Fair 2015 yang sudah dimulai sejak hari Sabtu (07/03/2015) di Balai Kartini yang terletak di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.
Tentunya bukan Toys Fair apabila keseruan, kecerian, dan juga kesedihan yang bercampur aduk di dalamnya. Berikut laporan hari pertama “The Jakarta Toys & Comic Fair 2015”
Hal pertama yang terlihat saat masuk, kita disambut oleh antrian yang cukup panjang. Sangat disayangkan karena sangat rapat, saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memfoto keramaiannya. Namun perlu diketahui juga bahwa ada Line antrian item GoodSmile Company dan sayangnya tidak efektif terlebih lagi dengan hype untuk mendapatkan Exclusive Item.
Moving on, kita akan disuguhkan dengan IronMan Statue milik Marvel seperti gambar ini :
Untuk pembukaan, cukup menarik yah. Walaupun demikian, ini masih bukan tujuan saya mendatangi Toys Fair kali ini. Walau demikian, Let's save the best for the last 🙂.
Tidak cukup sampai disitu saja, melanjutkan kearah kiri dari pintu masuk, kita akan disuguhkan oleh lebih banyak booth dari company lainnya. Booth antara lain adalah (tidak berurutan) Lego, Multi, Funko, Tamashi, Hot Toys (masih multi) dan banyak yang lainnya. Banyak sekali pengunjung yang terlihat sangat senang saat saya sedang mengitari company booth ini. Bahkan kolektor-kolektor yang bermunculan bukan hanya kolektor individu dan komunitas saja. Saya menemukan beberapa keluarga yang turut hadir meramaikan acara ini. Baik ayah, ibu, maupun anaknya sangat antusias berkeliling mengitari hall Balai Kartini yang walau tidak seluas venue yang biasa ditempati acara lainnya di sekitaran Senayan. Berikut adalah gambar keluarga yang saya temukan di salah satu kasir perusahaan diatas.
Tidak cukup sampai disitu saja, LEGO pun menyediakan Kids Playground sehingga anak-anak-pun juga dapat menikmati serunya hari pertama Toys Fair ini yang mulai penuh sesak menjelang sore hari. Bahkan ada pula pengumuman kehilangan anak yang diumumkan diatas panggung.
Tentunya saya tidak mau hanya diam saja disalah satu spot. Saya-pun akhirnya meneruskan petualangan saya mengitari company booth lainnya. Semakin kedepan, maka keadaan-pun semakin ramai. Pastinya karena semakin sore, dan semakin sedikit item-item bagus yang bertebaran begitu saja.
Adapun acara pelelangan yang dilaksanakan disini. Namun melihat barang lelang yang bukan merupakan dari lini favorit saya, saya langsung saja melewatkan itu dan melanjutkan wara-wiri yang kemudian terpusat pada Community Booth. Tapi saat sedang berkeliling di daerah itu, saya melihat hal menarik!
Salah satu tayangan yang sedang hits karya Disney ini memang sangat menarik. Terlebih adanya cosplayer yang berperan menjadi Baymax dan juga Hiro dari film layar lebar berjudul “Big Hero 6“. Film ini salah satu film tersukses menyusul kesuksesan Pixar dan juga Disney dengan tayangan Frozen tahun 2014 lalu. Namun tidak sampai disini saja, ada salah satu tokoh yang baru-baru ini sedang Open Pre-Order untuk lini nendoroidnya !!
Darth Vader muncul!! Apakah semua toys disini akan dihabisi olehnya? Tolong sisahin yah om vader 😀 masih pengen beberapa item nih hahaha….
Loh loh, ternyata bukan cosplay-nya saja! Toys-nya pun ikut muncul dalam exhibition dekat dengan community booth lainnya! Baymax buatan POP yang sering saya sebut sebagai funko toys sangat imut sekali. Sayang dikarenakan budget yang terbatas untuk booth yang masih jauh dari gapaian ini, saya-pun enggan menanyakan harga ataupun stocknya. Kalau dilihat lihat, sepertinya itu tidak untuk dijual atau dijual sebagai event limited item.
Setelah meleng beberapa kali, akhirnya saya fokuskan perhatian pada Community Booth. Booth ini berisi para kolektor-kolektor dan hobbyist lokal bersama dengan komunitas se-lini mereka, dan kemudian memperlihatkan keunikan-keunikan yang dimiliki toys mereka masing-masing. Seperti booth booth yang ada dibawah ini.
Selain ini masih ada banyak lagi community yang hadir pada acara ini. Karena keterbatasan waktu untuk ikut mengantri barang limited, akhirnya saya mempercepat proses fotonya. Singkat saja, beberapa komunitas yang turut hadir adalah Nendonesia, Chaff, SHF, Figmania, dan masih ada yang lainnya lagi. Setelah inipun saya bergegas langsung menuju antrian booth yang memang sudah saya impikan sejak mendengar announcement limited itemnya.
Dalam perjalanan menuju booth yang dekat itu, saya sering teralihkan oleh beberapa hal unik lainnya.
Akhirnya sampai juga di booth tersebut. Hanya ada beberapa orang yang sedang bersiap untuk “menjarah” Limited Item pada booth tersebut. Dari beberapa orang yang sudah mengantri, tentunya ada wajah-wajah familiar dari komunitas yang saya kenal cukup baik. Booth apa itu?
Yap, tentu saja booth Multi – GoodSmile Company adalah incaran utama saya. Mereka memiliki item WonFes 2015 yang bahkan apabila sudah preorder via web, kita masih harus menunggu hingga bulan Juli. Ternyata item ini masih dalam keadaan “sold out” dan diberitahukan bahwa akan “restock” sore nanti. Tidak ingin ketinggalan seperti yang terjadi pagi-nya dimana saya tidak bisa mendapatkan item apapun, saya bersiap standby selama 4-5 jam untuk mendapatkan salah satu dari item limited dibawah ini.
(maaf kualitas gambar yang kurang baik)
Aturan yang sudah ditetapkan Multi kali ini sangatlah saya acungi jempol. Peraturannya sangat ketat dan mewajibkan kita untuk tertib. Tidak boleh ada yang memotong, Line sudah ditentukan, dan apabila ada kecurangan atau masalah, semuanya murni akan diurus oleh tim multi. Selain itu, per orang hanya diperbolah membeli 1 item saja apabila itu adalah item limited. Sungguh keputusan yang sulit. Saya sangat ingin RE-Class dan juga SnowBell Miku (Snow Miku 2015) yang memang merupakan WonFes Limited Item yang sangat menarik.
Singkat cerita, saya wajib menantikan item tersebut hingga pukul 16.00 sore dimana stok item-pun ditambah.
Sambil menanti, saya-pun mengambil beberapa foto mengenai item yang tersedia pada booth GSC kali ini. Tidak banyak memang karena perlu diingat bahwa Multi memiliki stand lain seperti Tamashi Nation dan juga Hot Toys.
Berikut adalah pricelist dari Limited Item mereka. Untuk katalog item ready non-limited, pihak Multi tidak menyediakannya sehingga berubah menjadi what you see is what we sell and that is all.
Setelah ini-pun saya akhirnya mendapatkan salah satu item incaran, dan dengan senang hati membawanya pulang.
Tentu saja, acara tidak berakhir pada saat itu. Toys Fair ditutup pada pukul 22.00 malam, dan kembali dibuka pada pukul 10.00 pagi pada hari Minggu (08/03/2015).
Jadi, menarik bukan acara ini? Jangan kelewatan untuk mendatanginya pada hari terakhir karena banyak deal yang cukup oke dan menarik. Sangat disayangkan apabila melewati acara tersebut!
Sekian cuplikan-cuplikan tentang keadaan Toys Fair 2015 hari Sabtu.
Bersamaan dengan ini, harap nantikan segera Special Review untuk item diatas yah ~ 😀
Selain itu, pada tanggal 21-22 Maret 2015, kami akan hadir sebagai Media Partner untuk pertama kalinya!! Event itu adalah Bijac no Tanjoiwai yang diselenggarakan oleh Binus International Japanese Culture Club yang berletak di area Binus International Senayan! Disitu akan banyak keseruan yang dapat dirasakan yang tak kalah dengan “The Jakarta Toys & Comic Fair 2015”! Jangan lupa datang yah!!
FSP signing out~