Cosplay

GwiCosMo: Mutiara dan Ryadit, Cosplay Jangan Nyusahin Orang Lain

Published

on

GwiGwi.com – Hari ini kita ada sepasang cosplayer yang berdomisili di Jakarta, Mutiara dan Ryadit. Kebetulan tim GwiGwi bertemu mereka pada gathering HIKACOSIN (Himpunan Kameko dan Cosplayer Indonesia) beberapa waktu lalu. Uniknya mereka berdua menjadi sepasang karakter dari anime No Game No Life, Mutiara sebagai Shiro dan Ryadit sebagai Sora. Dalam cerita animenya, Shiro dan Sora merupakan sepasang kakak beradik yang selalu bersama menyelesaikan game yang mereka mainkan dicerita anime No Game No Life. Bagaimana keseruan kedua cosplayer ini? simak saja interveiw dan photo session GwiGwi dengan mereka.

Pertama-tama perkenalan dulu dong, siapa sih kalian?

Mutiara: Nama saya Mutiara Ramadanti, Lahir 23 januari, golongan darah A, chara kesukaan: cowok cantik dan cewek ganteng ;w;)/ kenapa fetish em… gatau juga ya, mungkin karena unik? Hahaha demen aja gitu liat cowok yang cantik tapi sikap sama badannya cowok (?) Contoh: Kanda yuu >w<

Ryadit: Nama saya Ryadit saya seorang karyawan, salah satu hobby saya, cosplay…

Kenapa bisa menyukai cosplay dan terjun didunia kostum ini?

Mutiara: Awalnya sih cuma suka liat orang cosplay di event, terus ajak foto aja. Nah tapi semenjak ketemu Reika secara langsung di AFAID jadi pengen ikutan cosplay. Berharap suatu saat bisa cosplay bareng Reika

Ryadit: Saya suka dengan cosplay karena saya tertarik dengan karakter-karakter yang ada di anime-anime sehingga suatu saat saya ingin mencoba menyerupai chara tersebut

Pertama kali cosplay menjadi siapa dan kenapa?

Ryadit: Pertama jadi anbu (pasukan ninja rahasia) dari anime naruto, karna suka dengan anime naruto dan bingung mau cosu apa, akhirnya kepilihlah 1 chara yaitu anbu dan karena belum bisa bermakeup jadi gampang deh pake topeng.. hehehe

Mutiara: Hee aku cosplay pertama (yang lumayan lengkap) ya ustad Rifa'i dari pesantren Al-Sekoting, karakter parodinya Levi Ackerman. Waktu itu akun roleplay Rifa'i dkk di twitter lagi rame terus aku coba cosplay jadi Rifa'i itu. Alasannya sederhana, buat seneng2 sama temen rp hehe. Pake sarung, baju koko dll. Lalu ikut costreet HF9 deh

Bagaimana kesan saat pertama kali bercosplay?

Ryadit: Kesan pertama.. Minder karena takut ga cocok dengan chara yang di cosuin… dan kesan yang paling membanggakan bisa menyenangkan para pengunjung yang datang ke event. Baru bercosplay sudah banyak yang minta foto bareng hehe

Mutiara: Sama, agak minder juga soalnya ga ada temen cosplay nah tapi pas ketemu temen twitter dan ternyata mereka ada cosplay langsung santai tapi waktu itu yang minta foto sedikit, mungkin karena chara nya kurang dikenal haha

Siapakah Cosplayer favorite kamu?

Mutiara: Cosplayer favorite aku Liui Aquino xD semenjak dia cosu hiccup, mirip banget soalnya, kostumnya juga detail.

Boleh tau nggak cosplan kamu bakal jadi siapa nih?

Mutiara: Abis shiro aku cosplay jadi Ranka Lee wedding ver, udah lengkap tapi belom dipake. Selanjutnya baru jadi Shinoa Hiiragi, menyambut anime Owari No Seraph yang akan tayang bulan april~

Ryadit: Cosplay selanjutnya mau jadi vincent valentine dari Final Fantasy 7 dan Bakura dari Yu gi oh.

Kalau cosplay biasanya ambil chara dari maan sih? Anime, Game atau yang lain?

Mutiara: Pertama karena suka, dan kedua disesuaiin sama penampilan ku. Kebetulan aja yang jadi dari anime semua, kemaren2 sempet pengen jadi hiro yang di bighero6 :>

Ryadit: Kebanyakan dari anime, sedangkan untuk yang dari game mungkin akan dibuat juga tunggu dengan chara yang cocok.

Ceritain dong persiapan kalian pas mau ngecosplay

Mutiara: Soal persiapan kalo aku biasanya bikin di tukang jahit hehe gak punya mesin jahit dan gak bisa. Aku cari bahannya dulu, terus baru ukur, abis itu diskusi sama tukang jahitku /halah/ terus kalo sepatu aku beli, wig juga beli di online shop. Pas semua udah siap aku cek terus costest dulu, untuk kostum yang susah aku langsung order ke online shop
untuk make up nya beli sendiri, nyicil + minjem punya emak haha

Ryadit: Pertama cari dulu chara yang ingin di cosukan tentunya chara yang cocok dengan karakter saya dan dari tubuh ini (maksudnya sesuai dengan fisik aye) hehehe, untuk wig costum dan acc lainnya di cari sesuai dengan charanya bisa di ol shop dan semacemnya, jasa jasa online yang bisa bikin costume sesuai keinginan kita sendiri.

Sudah pernah mengcosplay-kan apa saja nih?

Mutiara: Baru tigaaa hueeh Rifa'i, Shion (anime No.6), sama Shiro nogame no life

Ryadit: Kurang tau juga sudah berap chara yang di turunin, yang sudah di cosu kan dari anime naruto (anbu, minato/hokage 4, sasori dari versi hiruko puppet sampai sasori baling), sora, coby, satoshi, original chara, kaito, kenshin. Yang saya ingat itu hehe

Dari semua cosplay tersebut, yang maan yang paling berkesan untuk kamu?

Mutiara: Mungkin yang shiro, walau cosu-nya seadanya tapi dari mulai cosu itu aku mulai banyak temen baru, sebelumya cosplay tapi sama temen lama aja.

Ryadit: Yang paling berkesan Hiruko Puppet Sasori… Karena bisa memenangkan chara the best horror pada HF9

Bagaimana tangapan keluarga dan teman teman kamu tentang kamu sebagai seorang cosplayer?

Mutiara: Rata2 pada nganggep aneh, tapi cuma bercandaan sih, tapi sering ngindir kan lama2 bete juga ya seringnya sih bilang gini kalo aku lagi cosu “aduh untung anakku yang begini cuma satuu” tapi mereka tetep nganter sama bantu rapihin kostum sih 😀

Ryadit: Tanggepannya ya dibilang masih ke kanak2an.. haha kalo dari teman2 tak ada ya mereka tau ini hanya sekedar hobby saja.
Ya respon saya, saya tidak menanggapi itu… Apapun tanggapannya ya itulah hobi yang tak bisa di paksakan untuk di hentikan kecuali ada hal-hal yg memang harus berhenti dan itupun dari diri sendiri bukan dari kemauan orang lain. Ya menurutku cosplayer itu untuk bersenang senang. Cosplay is fun. Saya sebagai cosplayer hanya untuk kesenangan diri sendiri. Semacem refreshing dari kegiatan sehari2. Itulah hobi

Last question, Apasih arti cosplay itu bagi kamu?

Mutiara: Cosplay itu kan artinya costume play. Kita bebas bermain kostum jadi apa aja. Jadi gununng krakatau juga boleh. Buat iseng, seneng2, atau jadi profesi juga terserah. Yang penting jangan rugiin orang (/ovo)/

Ryadit: Cosplay itu dimana kita sebagai manusia menyerupai tokoh2 yang ada di anime/film2 tersebut. Selain itu cosplay membuat kita semakin kreatif, berimajinasi, dan yang pasti dengan cosplayer kita bisa mendapat banyak teman dan fans, hehehe

 

Itulah hasil interview kami GwiGwi bersama para gwicosmo kali ini yang gokil gokil diatas. Bagaimana menarik bukan?

“cosplay is for fun, because cosplay is fun, terserah kalian mau jadi apa saja dan melakukan aksi apa saja saat bercosplay, yang penting jangan nyusahin orang lain ya hahaha” -Ryadit & Mutiara-

Buat kalian yang ingin lebih kenal dengan Ryadit dan Mutiara, kalian bisa ikuti sosial media mereka dibawah ini.

Mutiara : FacebookTwitter, Instagram @Tiara_Muti_
Ryadit : Facebook

Trending

Exit mobile version