Cosplay
GwiCosMo: Miyuki Eru, Cosplay itu seperti menghidupkan Karakter Favorit
GwiGwi.com – GwiCosMo kembali lagi setelah sekian lama tak bersuara, kali ini GwiGwi sempat bertemu dengan salah satu cosplayer, Miyuki Eru. Miyuki Eru yang baru berumur 13 tahun dan berulang tahun pada 20 Juli ini menekuni hobi cosplaynya ini sejak bulan Januari 2014 dan bercita-cita menjadi cosplayer sekaligus fashion designer. GwiGwi juga sempat melakukan interview dengan Miyuki dan juga sesi foto dengan Miyuki saat Comifuro beberapa waktu lalu.
Miyuki-chan coba perkenalkan diri dong.
Miyuki Eru : Aku Miyuki Eru, 13 tahun dan ulang tahun tanggal 20 Juli.
Miyuki kok bisa suka cosplay ?
Miyuki Eru : Iya, emang dari umur 3 tahun kan aku udah jadi otaku, dan selalu pengen coba ngecosplay tapi ga pernah dibolehin sama mama papa karna masih kecil, dan kesampean ngecosplay baru sekarang. Bener-bener pengen ngecosplay itu pas ngeliat Kaname di AFA, keren banget.
Menurut Miyuki cosplay itu apa ?
Miyuki Eru : Cosplay itu singkatan “Costume Play” yg artinya memakai kostum berdasarkan karakter animasi atau karakter dari film-film dan bisa juga karakter buatan sendiri, atau banyak bilang yang bilang cosplay itu menghidupkan karakter favorit dari film atau anime.
Miyuki udah berapa lama cosplay?
Miyuki Eru : Aku cosplay udah dari Januari tahun lalu, jadi udah setahun.
Sejauh ini, kira-kira udah berapa character yang Miyuki udah cosplay-kan ?
Miyuki Eru : Aku udah cosplay 5 karakter, tapi 1 karakter ada yang banyak versinya dan ada juga yang original character.
Boleh tau apa aja characternya ?
Miyuki Eru : Ada Hatsune Miku, Elizabeth Midford, Rukia Kuchiki, Enderman Minecraft dan original character
Dari semua character yang miyuki cosplay in yang paling berkesan buat Miyuki yang mana?
Miyuki Eru : Cosplay yang paling berkesan menurutku itu Hatsune Miku, karena dari dulu aku suka banget sama Miku dan selalu pengen cosplay Miku, pas kesampean cosplay Miku itu bukan main snenengnya sampe kegirangan, dan emang Miku itu cosplay pertama ku dan yg paling sering ku pake ke event, ditambah karakter Miku cocok pake costume apapun.
Gimana sih kesan Miyuki pertama kali ikutan cosplay ?
Miyuki Eru : Aku senang banget pas pertama kali cosplay karna aku sangat ingin cosplay, dan pas pergi ke AFA 2013 aku liat banyak cosplayer. Aku iri banget karna ga pernah kesampean ngecosplay, eh tiba-tiba papa lagi baiknya dan ngajak pergi nyari wig dan kimono, pas beli aku udah ga sabar pengen pulang langsung pengen coba. Dan aku yg tadinya benci makeup jd harus belajar makeup gara-gara cosplay, dan pas pertama kali ke event pake cosplay aku langsng berani karena aku orangnya emang percaya diri banget.
Kira-kira dari banyaknya cosplayer, cosplayer favorite Miyuki siapa nih ?
Miyuki Eru : Cosplayer favorite ku ada banyak, ada Kaname, Yuegene Fay, Touya Hibiki, pasangan Hana Baozi yg sweet abis, Reika dan Ying Tze
Yang paling Miyuki suka siapa ?
Miyuki Eru : yang paling ku suka Yuegene Fay
Kenapa Miyuki paling suka sama Yuegene Fay ?
Miyuki Eru : Karna pas baca biografi cosplaynya Yuegene aku tersentuh banget, dia dulu nya kutu buku yang ga ngerti apa-apa tapi setelah tau cosplay hidup nya jadi berubah, dia selalu menjadi motivasi cosplay ku. Dia udah cosplay 14 tahun dan kostum-kostume nya detail dan bagus banget, walaupun dia perempuan tapi keren karna bisa cosplay character laki-laki dengan bagusnya, aku aja sampe ketipu dan bingung tentang genre nya, ditambah makeup cosplay dia yang profesional, aku juga mulai ngejahit cosplay sendiri karena ngeliat kostum-kostum yg dia buat sendiri. Setiap kali aku down, pas ngeliat dia pasti aku langsung bangkit terus mulai kerjain project cosplay ku lagi, aku sampe pajang foto-foto cosplay dia di kamar bahkan ada yang sampe ku frame dan ku pasang di meja belajarku.
Boleh tau ga cosplan Miyuki setelah ini ?
Miyuki Eru : Aku mau cosplay “Eve” dari serial manga “07-Ghost” , dan aku juga ikut grup cosplay project “No Game No Life” yang nantinya aku akan jadi “Stephaine Dola”
Biasanya Miyuki kalau cosplay karakter dari mana?Apakah anime/game/manga atau original ?
Miyuki Eru : Karakter yang aku cosplay dari mana-mana, selama aku suka dan karakternya bisa di cosplay pasti ku cosplay, Misalnya kayak Enderman, aku juga cosplay anime versionnya karna gampang dan ga perlu wig untuk cosplaynya karna warna rambutku udah hitam.
Kalo persiapan cosplay kayak costume, wig, dll biasanya miyuki persiapannya bagaimana?
Miyuki Eru : Kalo kostum sekarang aku mulai belajar ngejahit dan bikin prop sendiri, kalo wig aku ngumpulin uang sendiri, dan biasanya kalo misalkan uang ku belum cukup atau baju nya belum lengkap aku pakai cosplay yang lama, dan kadang kalo properti nya susah aku cari properti lain yang si karakter pake tentunya yang lebih mudah atau kalo memang ga ada aku beli atau cari yg mirip atau bisa juga buat sendiri pake props lain yang pas sama karakter nya.
Miyuki ada pengalaman naik ke atas panggung buat tampil atau lomba ga? cerita dikit dong.
Miyuki Eru : Pertama kali aku ikut lomba itu sewaktu hellofest, aku tau dari temen ku kalo ada lomba cosplay,Waktu itu aku dan teman-temanku cosplay anime kuroshitsuji, dan bisa dikatakan penampilan kita yg paling sederhana dan singkat dibanding peserta lain yang lebih bermodal dan penampilannya keren, jadi hal ini aku buat sebagai pengalaman pertama kali ikut lomba agar lebih baik selanjutnya. Aku juga pernah ikut lomba Fashion Show dan juga jadi MC di SD ku. Dan aku sempat ikut Halloween Costume Photo Competition di SMS, walaupun ga menang tapi aku ga kecewa karna aku ingin coba cosplay di mall juga.
Bagaimana pendapat keluarga Miyuki tentang Miyuki yang sekarang menjadi cosplayer ?
Miyuki Eru : Jujur saja sebenarnya orang tua ku tidak mendukungku ikut cosplay, setiap kali aku ngomong tentang cosplay pasti mama marah karna bilang kalau cosplay itu ngabisin uang, tapi walaupun memang benar aku tetap mau mewujudkan impianku yaitu menjadi cosplayer pro dan international kayak Yuegene. Tentunya menjadi cosplayer itu bukan mimpiku satu-satu nya, aku juga ingin menjadi fashion designer yang masih ada kaitannya dengan cosplay. Jadi walaupun mau orang tuaku marah kayak apapun aku tetap berusaha karna ini impianku sendiri.
Kalau teman-teman Miyuki ?
Miyuki Eru : Kalo teman-temanku memang banyak yang nge-judge, biasalah teman-teman sekolah memang banyak yang frontal. Tapi aku ga peduli karna ini hobi ku dan mereka ga tau susahnya menjadi cosplayer, aku ga nanggepin komen mereka. Dan karena cosplay aku juga dapat temen baru yang sehobi, pengalaman baru, dan belajar hal baru. Buatku ga ada ruginya ngecosplay.
Miyuki yang masih berumur 13 tahun ini sudah mengejar impiannya di dalam dunia cosplay dan walaupun dia mendapat kesulitan. Tentunya pasti hal ini tidak akan mudah tetapi Miyuki tetap berusaha.
Wah, hebat sekali ya Miyuki-chan !
Bagaimana menurut kalian tentang cosplayer yang satu ini ?
Oh ya, untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut tentang Miyuki Eru kalian bisa mengikuti di social medianya :
Instagram : miyuki_eru
Facebook : Miyuki Eru
twitter: @MutiaraShafira2
Cure no: 372089
Blog: tatianaethren.wordpress.com