Connect with us

Event

Comeback usai setahun absen, Hellofest 2016 tampilkan kreativitas kaum muda Indonesia

Published

on

GwiGwi.com – HelloFest 2016 berhasil menjadi ajang unjuk gigi bagi kaum muda berbakat, dari para pembuat film pendek, pemusik, hingga pelaku cosplay. Inilah laporan pandangan mata Beritagar.id untuk acara yang digelar selama dua hari pada tanggal 24-25 September 2016 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

HelloFest kali ini membawa beberapa pengalaman baru bagi pengunjung. Alih-alih melakukan pemutaran film pendek di studio seperti bioskop, panitia menggunakan Plenary Hall di gedung Jakarta Convention Center (JCC).

Aula besar ini biasa digunakan universitas-universitas ternama di Jakarta sebagai tempat mahasiswanya diwisuda. Daya tampungnya mencapai lima ribu orang.

Menggunakan layar raksasa, suasana pemutaran film seperti layar tancap, hanya saja digelar di dalam ruangan. Dengan kata lain konsepnya seperti menggabungkan layar tancap dengan konser musik bertaraf internasional.

hellofest-movie-concert

Kenyamanan pun diperhatikan sebaik mungkin, panitia menyediakan puluhan bantal besar sehingga pengunjung dapat berleha-leha. Ada juga yang menggelar tikar. Betul-betul santai, tidak duduk kaku seperti di bioskop. Agak mirip bioskop premium, namun lebih ramai dan bebas.

Film-film pendek yang diputar terbagi dalam beragam genre, dari horor, komedi, animasi, dan drama. Beberapa pekan lalu, Wahyu Aditya, pendiri HelloFest menyatakan ada 501 film pendek itu memenuhi tiga kategori yang dibikin timnya yaitu kategori animasi dan kategori non-animasi dengan durasi maksimal 8 menit, serta kategori film super pendek dengan durasi maksimal 8 detik.

Tentu tidak semua dari 501 film itu ditayangkan di HelloFest, melainkan beberapa pilihan. Ada 25 film pendek dengan durasi maksimal 8 menit, tepatnya kategori “Animasi dan Non-Animasi”. Sementara di kategori “8 Detik Pas!” ada 80 judul.

Beberapa judul animasi seperti AQUIESCENCE (karya Fierrany Halita dari Tangerang), BIWAR (Haikal, Bandung), dan Outgrowth (Jason Kiantoro/Fruit Punch Productions, Tangerang) mampu membuat penonton terpana dengan animasi yang bagus dan kisah dengan kandungan pesan moral di dalamnya untuk menjaga lingkungan.

Sebelum film dimulai, panitia memang memperkenankan sineas pembuat untuk menampilkan pesan yang terkandung dalam filmnya.

Makmum (Riza Pahlevi, Yogyakarta) dan Friday 22nd (Keanji Kasyfulwarits, DKI Jakarta) mampu membuat suasana mencekam dengan aroma horor, terlebih lagi suhu Plenary Hall saat itu sangat dingin, mengingat Sabtu sore itu Jakarta diguyur hujan deras.

Baca Juga:  CREATORS SUPER STREAM Vol.2 Kembali di Akhir Juni Dengan Guest LINE UP Regional & Internasional

Ada yang mengocok perut penonton seperti Studi Banting – Rumus Perubahan Usaha (Sepulang Sekolah/Ferdian Feisal, Bogor), kisah para pelajar kocak yang berusaha menemukan arti dari perkalian matematika.

Namun yang paling berhasil mencuri perhatian penonton adalah kategori “8 Detik Pas!.” Delapan detik adalah durasi yang sangat singkat; iklan di televisi saja minimal 15 detik. Ketatnya durasi memungkinkan pembuat film mengeluarkan seluruh kreativitasnya secara maksimal.

Hasilnya, film super pendek dengan kandungan twist di dalamnya. Sebagian besar menggunakan unsur komedi dengan punchline yang menohok penonton, membuat mereka tertawa terbahak-bahak, meski ada juga yang garing.

Contoh yang cukup kocak adalah Windows (Salome Squad/M. Yusuf Anwar, DKI Jakarta). Kata-kata takkan cukup untuk menggambarkannya, namun kurang lebih seperti ini: Pria A bertanya kepada rekannya B: “Eh, elu ada Windows nggak?”

B menjawab: “Ada,” lalu B menunjuk ke jendela (window), diakhiri dengan A yang melongo, disertai tone penutupan Windows yang “kena banget” bagi penonton yang menggunakan sistem operasi komputer itu.

Film pendek juga ditampilkan dalam Movie Box, sensasi menonton film dalam keadaan sunyi. Penonton akan berkumpul dalam sebuah bioskop kecil dan menonton seperti biasa, namun suara dialirkan melalui headphone nirkabel, tidak menggunakan pengeras suara seperti bioskop konvensional.

Konsep yang bagus, namun sayangnya ruangan memiliki atap terbuka sehingga tidak kedap suara. Headphone yang digunakan juga bukan tipe close yang lebih kedap, sehingga suara luar masih masuk ke telinga.

Tak hanya film pendek

Selain menyuguhkan film pendek, HelloFest 2016 juga diiringi penampilan beberapa pemusik seperti Last Child, Chiki Fawzi, Pidi Baiq dan Bara Suara, hingga beberapa artis Youtube seperti Abracadabro, Cantika Putri, Peachy Liv, dan Karina Devi.

Mereka manggung di sela-sela pemutaran film pendek di Plenary Hall, juga di panggung satelit bernama Island Stage.

Ada juga acara KostuMasa untuk para penggemar cosplay, pameran dan jual beli industri kreatif, serta bincang-bincang mengenai konten kreatif di Indonesia.

Advertisements

Chief dan editor, suka nonton anime mainstream yang ga ribet, mulai mendalami yang namanya cameco (cameramen cosplay)

Event

Comiket 99 Resmi Dibatalkan, Dipindahkan Ke Golden Week 2021

Published

on

GwiGwi.com – Situs resmi Comic Market, dikenal sebagai Comiket, acara  penggemar terbesar di dunia, mengumumkan pada tanggal 12 Juli bahwa acara musim dingin, Comiket 99, akan dibatalkan karena coronavirus (COVID-19) dan kesulitan mengadakan acara setelah penundaan Olimpiade Tokyo 2020.

Di situs web, Komite Persiapan Pasar Komik menjelaskan bahwa mereka akan melewatkan acara musim dingin sebelum Tokyo Big Sight, di mana Comiket diadakan dua kali setahun, merilis ‘Protokol Kesehatan' coronavirus. Pedoman tersebut menjabarkan bagaimana acara dapat dijalankan selama pandemi, termasuk panduan jarak dan berapa banyak orang yang bisa berada di dalam aula pada satu waktu. Sebagai tanggapan, panitia mengadakan penelitian untuk melihat apakah mungkin untuk mengadakan acara di bawah pedoman baru dan sampai pada kesimpulan bahwa itu tidak, sehingga mereka maju membatalkan acara tersebut.

Selain itu, karena Halls Timur di Tokyo Big Sight saat ini dipasangkan untuk pertandingan Olimpiade, Comiket 99 akan diadakan selama empat hari, sama seperti Comiket 97 dulu. Tetapi acara tersebut tidak dapat dijamin ruang acara yang diperlukan karena mereka hanya memesan untuk acara tiga hari sebelum pandemi terjadi. Komite mencatat bahwa bahkan Makuhari Messe, yang berada di Chiba dan ruang acara terbesar kedua di Tokyo, tidak dapat mengakomodasi Comiket untuk hari-hari biasa yang diadakan pada bulan Desember.

Baca Juga:  Daftar Event Anime yang Dapat Kamu Hadiri Secara Online pada tahun 2020

Karena itu, sebuah ‘Air Comiket' direncanakan akan diadakan selama liburan akhir tahun di tempat acara fisik, dan Comiket berikutnya dijadwalkan selama Golden Week pada tahun 2021. Informasi lebih lanjut tentang acara berikutnya akan dirilis pada musim gugur 2020.

Dalam pernyataan itu, panitia Comiket juga telah meminta dukungan pemerintah Jepang untuk acara, tempat, dan panitia selama waktu ini untuk meringankan beban biaya pembatalan, perubahan biaya tempat, dan biaya lainnya yang mungkin timbul sehingga acara seperti Comiket masih akan ada setelah pandemi berakhir.

Sumber: Crunchyroll

Advertisements
Continue Reading

Event

Acara Tokyo Game Show 2020 Online Dijadwalkan Pada 23-27 September

Published

on

GwiGwi.com – Situs web resmi untuk acara Tokyo Game Show 2020 mengumumkan pada hari Kamis bahwa acara tersebut akan diadakan secara online mulai 23-27 September.

23 September akan menjadi hari kerja untuk diskusi bisnis saja. Acara ini menerima aplikasi untuk peserta pameran online. Acara ini berencana untuk menyelenggarakan aliran program, video, dan turnamen e-sports.

Staf konvensi mengumumkan pada bulan Mei bahwa acara fisik asli yang direncanakan 24-27 September dibatalkan karena pandemi penyakit coronavirus (COVID-19) yang baru. Acara ini dijadwalkan berlangsung di pusat Makuhari Messe Chiba.

Baca Juga:  Acara Tokyo Game Show 2020 Online Dijadwalkan Pada 23-27 September

Acara Tokyo Game Show terbaru berlangsung September lalu, dan diikuti 262.076 pengunjung selama empat hari. Itu kurang dari tahun 2018 sebesar 298.690 pengunjung, kehadiran tertinggi dalam catatan, tetapi lebih dari 2017 kehadiran 254.311.

Sumber: ANN

Advertisements
Continue Reading

Event

Vibetronic Gelar ‘Quarantune Fest: Times New Normal’

Published

on

By

GwiGwi.com – Setelah kurang lebih 4 bulan lockdown dan PSBB, Indonesia kini mulai bersiap menyambut fase new normal di tengah pandemi virus corona yang terus menginfeksi jutaan orang di dunia. Dengan harapan untuk membangkitan semangat yang mulai padam setelah PSBB, Vibetronic kembali menggelar Quarantune Fest dengan membawa tema “Times New Normal

Quarantune Fest: Times New Normal merupakan event online kedua yang diadakan oleh Vibetronic, Circle DJ and Producer. Tema “Times New Normal” yang artinya “Saatnya Kehidupan Normal yang Baru” dipilih untuk mengajak para penonton dan pendengar event ini untuk memulai dan tetap bersemangat menjalankan rutinitasnya di tengah pandemi virus corona.

Berbeda dengan Quarantune Fest sebelumnya, tidak hanya diadakan di Server Discord Vibetronic, event ini juga akan berlangsung secara live streaming dengan durasi masing-masing partisipan yang lebih panjang. Melalui event ini,  Vibetronic kembali mengajak para Produser Musik dan siapapun untuk ikut berpartisipasi membuat Mixtape dan menunjukan karya mereka kepada pendengar dan penonton.

Baca Juga:  Comiket 99 Resmi Dibatalkan, Dipindahkan Ke Golden Week 2021

Event ini akan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 27 dan 28 Juni 2020. Sebanyak 18 partisipan yang terpilih melalui proses audisi yang diadakan selama 2 minggu. Partisipan akan menunjukan perform mereka masing-masing baik secara live perform atau visual pada penonton di platform live streaming Twitch.tv. Selain itu, juga akan disediakan audio streaming di Server Discord Vibetronic bagi pendengar yang tidak dapat menonton di Twitch.

Yuk, mari kita sambut “New Normal” dengan terus bersemangat di event Quarantune Fest: Times New Normal, ajak teman-temanmu buat join di event ini!

Sosial Media Event

Website               : https://tnn.vibetronic.id
Discord Link        : https://vibetronic.id/discord
Live Streaming   : https://twitch.tv/vibetronic

Advertisements
Continue Reading

Trending