Connect with us
Maaf Anda Melihat Iklan

Published

on

Hari pertama “Lebaran” Wibu di Asia Tenggara. Rame amat yah …

Maaf Anda Melihat Iklan

 

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Advertisement
Click to comment
0 0 votes
Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Lokal

Liputan Ideafast 2022 Hari Terakhir

Published

on

GwiGwi.com – Di hari terakhir IDEAFEST 2022 saya baru tiba di sore hari. Bisa dibilang telat. Saat saya mengira isinya adalah tentang “dakwah” motivasi, networking, etc, ternyata memang ada, tapi yang melenceng jauuuh dari itu lebih dominan. Karena hari itu dikhususkan untuk LUCU FEST yang diselenggarakan Majelis Lucu Indonesia (MLI).

Maaf Anda Melihat Iklan

Saya melesat ke STAND UP COMEDY STAGE di mana komika Gautama di sesi KOMEDI CERDAS sedang berlangsung. Sebelumnya saya tidak pernah menonton langsung aksi stand up orang indonesia. Saya hanya pernah menonton spesial komedian AS di Netflix seperti Chris Tucker dan Dave Chapelle. Saya tak bisa bilang saya menikmati tapi saya jadi paham pesonanya dan sebenarnya cukup kaget melihat begitu baaanyak kursi terpenuhi penikmat komedi ini.

Di Ruang Cendrawasih sedang ada Cinta Laura yang sedang berbagi cara pandangan hidupnya seperti; harus berinvestasi pada diri sendiri juga lead a purposeful life/berkehidupan yang bermakna.

Dengan aksen rada englishnya yang khas, dia juga bercerita tentang bagaimana screen time penggunaan Handphone hanya berkisar 2,5 jam selama seminggu. Bangga dengan prestasinya ini, dia mengajak penonton untuk berbuat yang sama dan menikmati berbagai keindahan hidup di luar sana.

Saya kemudian berpindah ke NOICE PODCAST ROOM dan duduk menunggu sesi yang saya tak sangka ada dan selalu diam-diam berharap bisa melihat langsung, yakni sesi BERBEDA TAPI BERSAMA dengan Habib milenieal Husein Jafar Al Hadar yang sedang tren berkat konten PEMUDA TERSESAT (dakwah komedi Habib dengan tandem Coki dan Tretan Muslim).

Bertemakan Logika dan Agama, Habib mengobrol dengan Cania Citta Irlanie yang terkenal karena pandangan out of the box sekulernya. Cania berpendapat soal relativitas moral dan bagaimana orang baru bisa menerima fakta itu benar kalau ada bukti realitasnya.

Habib Jafar berkata orang yang berpegang pada logika salah satu tantangannya adalah berpikir kehidupan itu bebas sebebas-bebasnya.

“Padahal menurut gua, kebebasan itu akan dibatasi paling tidak oleh kebebasan orang lain agar tidak saling tabrak..,” tukasnya.

Dialog ini sesekali diselipi candaan nyentil khas Habib yang sepertinya belajar dari Coki dan Tretan Muslim. Seperti saat membahas sikap sok merasionalisasi hal tidak rasional dalam Islam dengan contoh atom yang dikira Zarah (partikel terkecil dalam bahasa Al-Qur'an),

“Terus orang-orang Islam yang sok-sok open minded, ‘Oh, Zarah itu berarti atom,' ketika yang terkecil itu atom. Tapi ketika perkembangan science kemudian berkembang dan yang terkecil bukan lagi atom, lu mau ke mana? Apa Al-Qur'an-nya salah? Bahaya kan? Jadi Cania gua,” canda Habib yang disambut gelak tawa penonton.

Baca Juga:  IdeaFest 2022 “Reality Re:defined” Acara Kolaborasi Akbar Ratusan Insan dan Komunitas Industri Kreatif Indonesia Resmi Digelar

Di akhir dialog, Habib menyampaikan tujuan tema dan mengundang Cania, “Makanya gua bilang kan, gua butuh orang seperti Cania sebenarnya. Untuk membersihkan mitos-mitos yang berkeliaran di sekitar gua yang mengatasnamakan agama. Di sana sebenarnya fungsi logika, fungsi science, itu di sana, membersihkan mitos-mitos yang mengatasnamakan agama..”

Dialog selesai, saya menghampiri Habib untuk berfoto. Beliau memang sehangat impresi saya dari berbagai video dakwahnya. Meskipun telat dan tak full nyemplung LUCU FEST ini, pertemuan kecil tersebut terasa worth it sekali.

Kemudian acara utama yang tampaknya paaling ditunggu fans MLI, SPECIAL NIGHT yang menampilkan Dodit Mulyanto, trio GJLS; Hifdzi, Rispo dan Rigen, Stand Up Perdana Deddy Corbuzier dan penutup ultimate-nya, show panggung terakhir Coki dan Tretan Muslim.

Sesi Dodit yang menghangatkan suasana membuat saya akhirnya tertarik stand up komika Indonesia, tapi follow up-nya oleh GJLS yang terkesan kacau mungkin mematikan rasa itu. Stand Up Deddy lebih ke curhat bukan berkomedi rasanya. Aksi panggung terakhir Coki dan Muslim? Gilani parah.

Dark jokes Coki dan celetukan lucu Muslim digas penuh. Puncaknya saat Muslim memanggil teman-teman cacatnya (mereka sudah berdamai dengan kondisi mereka kata Muslim) untuk beraksi. Its insane and i think everybody is losing it. Laugh like crazy.

Hal yang paling berkesan dari hari terakhir IDEA FEST ini adalah pentingnya bertemu offline. Beberapa kali saya ingin memotret atau merekam lebih banyak tapi saya tahan karena ingin menikmati langsung acaranya.

Dave Chapelle pernah bilang pada fans yang ingin berfoto, “Kita di sini bukan untuk berfoto tapi membuat memori.”

Melihat, mendengar dan meresapi langsung wejangan Habib Jafar tanpa melalui gadget adalah pengalaman yang tak tergantikan resolusi layar setinggi apa pun.

Para public figure ini yang punya keberanian lebih menghadapi orang banyak are human nonetheless. Bukan karakter fiksi di layar yang tidak hidup, manusia yang layak dihargai dan dihormati. Mungkin itu salah satu gunanya mendatangi acara offline begini dan mungkin saya bisa dapat manfaat lebih banyak kalau tidak telat.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Lokal

Liputan Ideafest 2022 Hari Ke-2

Published

on

GwiGwi.com – Sabtu 26 November padahal bermaksud menghadiri Ideafest namun tak disangka ada acara kampanye politik juga berlangsung di GBK pada hari yang sama sehingga lalu lintas ke JCC jadi super macet belum lagi banyaknya sampah di sekitaran GBK. Setelah penuh perjuangan, akhirnya penulis dapat masuk ke lokasi Ideafest 2022. Jadwal Ideafest pada hari itu penuh dengan Ideatalk yang topiknya bervariasi seperti branding, lingkungan, sosmed, seni, dll.

Maaf Anda Melihat Iklan

Penulis sempat menghadiri Talkshow “ Reimagining The Nation’s Food Sources and Its Potential” dengan narasumber: dr. Driando dari Tempe Movement dan Jonathan Kurniadi dari Leanlab. Talkshow ini membahas alternatif makanan pokok yang sehat, terjangkau semua kalangan, dan dapat dibudidayakan secara local. Salah satunya adalah pengembangan tempe dari kacang-kacangan selain kacang kedelai sehingga tidak selalu bergantung pada kedelai import. Namun tidak dapat dipungkiri masih banyak tantangan untuk mewujudkan impian ini karena kultur yang sudah lama melekat di masyarakat serta kepentingan politik dan ekonomi.

Baca Juga:  Pendaftaran Acara Young Talent Movie Festival Resmi Ditutup!

Pada talkshow lain yang tidak kalah seru adalah “Is Doomsday Really Coming ? Entering 2023 With Cautions” yang narasumbernya Pak Chatib Basri dan Raymond Chin yang membahas isu resesi 2023. Untungnya bagi kita semua ya Gwiple, Pak Chatib bilang bahwa kemungkinan yang terjadi adalah perlambatan ekonomi dan bukan resesi sehingga tidaklah perlu cemas berlebihan.

Pelaksanaan acara-acara termasuk lancar pada hari itu walaupun adanya kemacetan karena acara politik di GBK, pemeriksaan tiket QR juga minim kendala. Layout booth yang banyak menawarkan produk-produk sponsor sudah rapi dan tidak sampai mengganggu alur lalu lintas pengunjung.

Ideafest tahun ini amat menyenangkan dan banyak menambah wawasan, semoga pada tahun 2023 juga dapat terlaksana dengan baik.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Event

IdeaFest 2022 “Reality Re:defined” Acara Kolaborasi Akbar Ratusan Insan dan Komunitas Industri Kreatif Indonesia Resmi Digelar

Published

on

GwiGwi.com – Kembali tunjukkan komitmen untuk memberikan wadah kolaborasi transformatif untuk ide segar para insan dan komunitas kreatif, IdeaFest 2022 sebagai gelaran milik komunitas kreatif Indonesia hadir dengan beragam program kolaborasi yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Sesuai dengan tema “Reality Re:defined” yang diusung tahun ini, IdeaFest 2022 bekerja sama dengan lebih dari 180 pelaku kreatif, lebih dari 30 komika, dan lebih dari 30 tenant kuliner untuk menghadirkan lebih dari 100 sesi dan lebih dari puluhan experiential booth. Program IdeaFest 2022 meliputi Conference, IdeaTalks, Utopia Blok:verse, IdeaFest Music, Lucu Fest, Hall of Makers, Manual Food Market, Litter by Litter, Your Voice Matters, Berani Bacot, NexSpace pada 24-27 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Maaf Anda Melihat Iklan

Menyambut datangnya optimisme baru dalam fase transisi menuju masa endemi, IdeaFest mengedepankan berbagai peluang baru yang dapat berkontribusi dalam akselerasi ekonomi kreatif Indonesia. IdeaFest 2022 yang kembali dilaksanakan secara offline  membahas berbagai isu terkini melalui program-program inspiratif sebagai wadah untuk menghubungkan dan mengembangkan potensi masyarakat. Tak hanya itu, perhelatan ini akan menjadi fasilitator pelaku industri kreatif nasional maupun internasional untuk berbagi ide, wawasan, hiburan, dan aneka terobosan kreatif yang dapat meningkatkan kolaborasi yang impactful.

Co-Chairman IdeaFest 2022, Ben Soebiakto memaparkan bahwa IdeaFest 2022 percaya bahwa melalui kolaborasi, komunitas kreatif di Indonesia dapat bergerak bersama untuk menciptakan karya yang berdampak bagi ekonomi negara dalam jangka panjang. “Setelah berhadapan dengan pandemi selama lebih dari dua tahun, kini dunia perlahan pulih dengan sendirinya, dan kami sadar kemajuan teknologi saat ini menjadikan kolaborasi lebih bebas hambatan. IdeaFest 2022 bermitra dengan berbagai komunitas dan program partners dalam upaya memperkenalkan berbagai inovasi terkini yang diprediksi akan menjadi bagian penting dari kehidupan bermasyarakat sehari-hari kedepannya pasca pandemi. Sehingga setiap hal yang dihadirkan tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki daya guna dan manfaat secara sustainable.” ucap Ben.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia turut mengapresiasi IdeaFest sebagai collaborative platform untuk mendorong perkembangan industri kreatif yang saat ini memiliki persentase yang besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. “Saat ini, Kemenparekraf Indonesia memiliki 17 subsektor ekonomi kreatif yang sedang aktif berkembang. Kemenparekraf sendiri sedang mendorong upscaling, rescaling, dan yang paling penting newscaling. Kalau kita melihat dari data yang kita punya sekarang, sektor yang memberikan kontribusi terbesar ke ekonomi Indonesia, ekonomi kreatif menempati posisi ketiga. Oleh karena itu, gunakan IdeaFest 2022 untuk meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia sekaligus peningkatan taraf hidup masyarakat. IdeaFest menjadi platform yang dibutuhkan saat ini untuk menghadirkan inovasi, adaptasi, kolaborasi untuk generasi Indonesia.” ujar Sandiaga.

Diselenggarakan selama empat hari, IdeaFest 2022 akan menghadirkan pengalaman lebih intim dengan pengunjung secara langsung. Menyisiri spektrum-spektrum industri kreatif, perhelatan ini juga akan mengajak pengunjung untuk membahas Web 3 dan aplikasi blockchain dalam ekosistem industri di Blok:verse serta mempersembahkan hiburan dari nama-nama terkemuka dalam panggung IdeaFest Music dan Lucu Fest. Melalui sinergi yang terbangun, keseluruhan rangkaian acara diharapkan dapat membawa kegembiraan lebih jauh dengan memperluas jangkauan khalayak industri kreatif Indonesia.

Baca Juga:  IdeaFest 2022 “Reality Re:defined” Acara Kolaborasi Akbar Ratusan Insan dan Komunitas Industri Kreatif Indonesia Resmi Digelar

Pada gelaran tahun ini, IdeaFest 2022 memiliki jajaran tim Braintrust yang secara khusus mengkurasi berbagai isu dan fenomena spesifik, seperti Art, Women Interest, Fashion & Streetwear, Media & Advertising, Content, Urban & Culture, Wellness, Entrepreneurship, Music, Activism & ESG, Lifestyle, dan Design.

Berkomitmen untuk memberikan kolaborasi tak terlupakan, IdeaFest 2022 menggandeng sejumlah partner antara lain Double Deer Group, Indozone, Majelis Lucu Indonesia (MLI), Makna, Manual Jakarta, Pemimpin.id, TFR, Volix, Utopia, 11th Space dan lain sebagainya. Bersama para partner, IdeaFest mempersembahkan deretan program inspiratif untuk para pengunjung.

Tidak hanya itu, IdeaFest 2022 juga turut mengundang seniman kontemporer ternama asal Jepang, Takashi Murakami. Selain dikenal sebagai seniman dengan deretan karya dan kolaborasi bergengsi, Takashi juga merupakan pelopor dari Clone X – X Murakami. Pada gelaran IdeaFest tahun ini, IdeaFest menghadirkan sosok maskot metahuman bernama Drea sebagai host. Mulai hari ini, pengunjung akan disambut dengan teknologi mutakhir ini dan berkesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan Drea saat memasuki entrance utama dari IdeaFest 2022.

Selain berbagai program menarik di atas, IdeaFest 2022 juga mengajak pengunjung untuk re:cultivate potensi mereka dan re:connect dengan ratusan figur inspiratif melalui Conference dan IdeaTalks. Dalam gelaran Conference, IdeaFest 2022 mempersembahkan satu hari yang khusus mengajak pengunjung untuk untuk membahas berbagai fenomena terkini bersama para game-changer lintas industri di Indonesia seperti Aji Handoko, Cinta Laura Kiehl, Denica Flesch, Edward Tirtanata, Manoj Punjabi, Maudy Ayunda, Muhammad Sadad, serta puncak acara yang menghadirkan seniman kontemporer ternama asal Jepang, Takashi Murakami.

Pengunjung juga dapat menikmati beragam diskusi menarik yang penuh dengan ide dan terobosan mutakhir dalam IdeaTalks bersama Alamanda Shantika, Andra Matin, Ariel Tatum, Ario Pratomo, Erika Richardo, Ferry Irwandi, Iben M.A., Iyas Lawrence, Raymond Chin, WD Willy, Vidi Aldiano, Gita Wirjawan, Nadiem Makarim, dan Dwi Sasetyaningtyas, berbagai penampilan komedi oleh Tretan Muslim, Coki, Deddy Corbuzier, GJLS, dan Dodit Maulana, serta penampilan di IdeaFest Music oleh Aulion, RAN, dan Feel Koplo.

Melalui program dan pembicara yang dihadirkan, IdeaFest 2022 diharapkan dapat menjadi referensi terkini bagi insan kreatif dan menciptakan kolaborasi lintas industri. Kegiatan IdeaFest 2022 turut dimeriahkan oleh beberapa sponsor yang berpartisipasi pada penyelenggaraan tahun ini seperti official e-commerce partner Blibli, Unilever, Indomie, Pop Mie, Indomilk Susu Steril, Chitato Lite, BCA, dan masih banyak lagi.

IdeaFest merupakan salah satu Intellectual Property dari Samara Live. Untuk pembelian tiket dan informasi lebih lanjut perihal keseluruhan rangkaian acara IdeaFest 2022 silakan kunjungi website www.ideafest.id, serta akun media sosial resmi @ideafestid.

Maaf Anda Melihat Iklan
Maaf Anda Melihat Iklan
Continue Reading

Trakteer

Interview on GwiGwi

Join Us

Subscribe GwiGwi on Youtube

Trending

GwiGwi
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x