Connect with us

Travel

10 Etika Dasar Ketika Berkunjung ke Kuil Yang Harus Kamu Ketahui

Published

on

GwiGwi.com – Jepang adalah sebuah negara yang sangat menjunjung tinggi etika sosial. Tentunya kamu sudah tahu atau setidaknya pernah dengar bahwa naik kereta saja mereka memiliki etika tersendiri yang dipatuhi oleh setiap individu masyarakatnya. Berikut adalah beberapa etika dasar ketika berkunjung ke kuil yang harus kamu ketahui.

Advertisements

Etika Dasar Ketika Berkunjung ke Kuil

Terdapat sekitar 10 etika dasar yang harus kamu ketahui sebelum kamu memutuskan untuk mengunjungi sebuah kuil di Jepang, karena tidak lengkap rasanya kalau ke Jepang tapi tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu kuil terkenal di sana.

  1. Membungkuk setiap memasuki gerbang torii sebuah kuil.
  2. Jangan berjalan ditengah-tengah sando karena bagi penganut kepercayaan Shinto, bagian tengah sando yang disebut sebagai ‘seichuu’ adalah tempat dimana para dewa berjalan.
  3. Kumur-kumur dan cuci tangan di temizuya yang tersedia di depan setiap kuil sebelum masuk.
  4. Selalu bunyikan bel sebelum mulai berdoa, artinya kamu memberikan tanda kepada dewa bahwa kamu akan berdoa. Ingat jangan berdiri ditengah-tengah ketika sudah berada di kuil karena disanalah para dewa akan lewat.
  5. Jangan lupa untuk selalu memberikan sumbangan sebelum kamu mulai berdoa. Di setiap kuil akan terdapat kotak seperti kotak amal kalau di Indonesia. Jangan khawatir tidak ada jumlah tertentu yang harus kamu sumbangkan, seiklasnya saja.
  6. Cara yang paling umum untuk berdoa di kuil adalah dengan cara membungkuk dua kali, bertempuk dua kali baru kemudian membungkuk sekali lagi. Ingat ketika membungkuk tak hanya sekedarnya ya, kamu harus benar-benar membungkuk sampai punggungmu rata dengan pinggang.
  7. Jika ini adalah kali pertamanya kamu berkunjung ke kuil ada ketentuan yang harus kamu ikuti yaitu mulailah dengan memperkenalkan dirimu dan sampaikan rasa syukur bahwa kamu memiliki kesempatan untuk berdoa di sana.
  8. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengambil sebuah omikuji yaitu selembar kertas berisi peruntungan, jika baik bisa kamu simpan, jika buruk bisa kamu ikat kembali di tempat yang sudah disediakan untuk mengusir nasib buruk.
  9. Belilah sebuah ema yang banyak tersedia di kuil, tuliskan harapan dan doamu di sana kemudian gantung di tempat yang sudah disediakan.
  10. Ketika sudah selesai berdoa dan meninggalkan kuil jangan lupa untuk kembali membungkuk di gerbang torii.
Baca Juga:  Shinzo Abe Resmi Membatalkan Status Keadaan Darurat di 39 Prefektur Jepang

Jika kamu berkunjung ke Jepang, jadilah seorang turis yang menghargai etika tersebut terutama ketika kamu ingin berkunjung ke kuil dan berdoa.

Chief dan editor, suka nonton anime mainstream yang ga ribet, mulai mendalami yang namanya cameco (cameramen cosplay)

Japan

5 Tempat yang Wajib Kalian Kunjungi di Tokyo!

Published

on

By

GwiGwi.com – Kalian pasti udah tau lah yah tentang apa-apa saja yang bisa kalian lakukan di Jepang? Nah kali ini, kita mau bagiin informasi soal tempat-tempat yang wajib banget nih kalian kunjungi sewaktu di Tokyo, yang menjadi pusat kota dari Jepang. Disitu ada banyak hal yang bisa kamu explore, mulai dari budaya, kuliner, sampai hiburan, semuanya worth to try banget! Berikut 5 tempat yang wajib banget masuk ke daftar kunjunganmu kalau ke negeri sakura, khususnya ke Tokyo!

Advertisements
  1. Shibuya Crossing

Keramaian di zebra cross Shibuya cocok banget buat kamu yang pengen punya Instagram post keren. Perlu diinget kalau jalanan ini super ramai, jadi buat kamu yang nggak tahan berdesak-desakan, kamu bisa menikmati suasana Shibuya crossing dari café yang ada di gedung-gedung tinggi di daerah Shibuya.

  1. Tokyo Sky Tree Tower

Ke Tokyo belum lengkap kalau nggak ke Icon kota Tokyo! Kamu bisa beli tiket untuk naik ke ruang observasi dan lihat pemandangan menakjubkan kota Tokyo dari atas. Di sini, kamu akan beli tiket sesuai dengan ketinggian ruang observasi yang kamu mau. Tips kamu yang takut ketinggian,  beli tiket dari ketinggian yang paling “rendah” (350 m), kalau kamu sudah merasa terbiasa dan nggak takut, baru beli tiket untuk oral steroids ruang observasi yang letaknya lebih tinggi. Btw, di sini juga ada pokemon center yang menjual macam-macam merchandise pokemon. Sayang kalau nggak mampir kesana!

  1. Ginza
Baca Juga:  Jepang mensubsidi Traveling untuk mengembalikan Industri Pariwisata

Cari toko make up yang lengkap dan bagus? Pengen kuliner sushi enak? Ginza-lah tempatnya. Kamu bisa keliling untuk belanja make up berkualitas sambil cobain kuliner enak. Selain itu, di Ginza ada banyak banget tempat sewa kimono yang bisa dipakai untuk keliling kota.

  1. Akihabara

Pusatnya alat elektronik? Iya. Surganya para otaku? Iya juga! Jangan ngaku otaku kalau kamu belum ke Akihabara! Di sini kamu bisa nemuin koleksi komik, game, gundam, maupun souvenir AKB48 paling lengkap. Jangan lupa siapin uang saku yang banyak ya. Takutnya sampai banyak barang yang nggak kebeli karena uangnya kurang!

  1. Harajuku

Calling all cosplayer and fashion enthusiast! Di sini kamu bisa lihat remaja lalu-lalang dengan pakaian cosplay super keren. Kalau ke Jepang bareng trip Experia, kamu bisa ke Harajuku waktu weekend. Asiknya kalau weekend, para cosplayer ini nggak cuma cosplay aja, mereka juga menggelar show di jalan lho!

Menarik kan? Nah untuk perjalanan kalian ini, kalian bisa langsung deh atur tripmu bareng Experia TOKYO AUTUMN! Kalian bisa cek Instagram mereka di @experia.id atau WA +62812-9911-9090 dan cek penawaran cashback menarik buat trip ke Jepang! Tertarik buat tempat lainnya juga? Kontak aja langsung Experia.id dan ikutin Open Trip seru lainnya!



Continue Reading

Travel

Wajib Tahu! Aturan Menggunakan Eskalator di Negara Jepang

Published

on

By

GwiGwi.com – Bagi kamu yang hendak traveling ke Jepang sebaiknya ketahui dulu beberapa hal yang sudah jadi budaya dan aturan masyarakat setempat. Jangan sampai Anda malu sendiri atau melanggar aturan saat berada di sana.

Advertisements

Salah satunya adalah saat penggunaan eskalator Jepang. Di sana ada aturan yang harus Anda ketahui dan patuhi.

Pertama aturan ‘Hidari‘, artinya berdiri di sebelah kiri dan jalan di sebelah kanan. Jadi bagi mereka yang ada di sisi kanan mereka sedang terburu-buru dan dikejar waktu. Kedua adalah ‘Migi’, aturan ini biasanya diterapkan di beberapa kota saja seperti Nara, Kobe dan Osaka. Artinya adalah berdiri di sisi kanan dan berjalan di sisi kiri.

Biarpun sederhana namun aturan tersebut harus bisa kamu patuhi ya kalau sedang menginjakkan kaki di Negeri Sakura.

Baca Juga:  Jepang Mengangkat Status Keadaan Darurat di Prefektur Osaka, Kyoto, Hyogo

Continue Reading

Travel

Shirahone Onsen: Lokasi Wisata Musim Dingin Jepang dengan Pemandian Air Panasnya

Published

on

By

GwiGwi.com – Di daerah pegunungan Alpen Jepang terdapat satu kota bernama Shirahone, ini merupakan kota yang memiliki sumber pemandian air panas “secret spa.”  Shirahone sendiri merupakan daerah yang terbilang megah dan indah karena dikelilingi oleh nuansa alam yang amat subur.

Advertisements

Penamaan Shirahone sendiri bukanlah tanpa sebab, nama mengacu pada air Onsen yang memiliki warna krem sehingga menjadi ciri daerah tersebut, di mana Shirahone artinya “putih tulang.”

Memasuki musim dingin, lokasi ini dipenuhi banyak pengunjung. Apalagi di pemandian kota yang paling iconic yaitu Awanoyu. Uniknya tak ada batasan gender saat ingin masuk ke dalam pemandian tersebut, baik perempuan atau laki-laki diperbolehkan. 

Shirahone juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk menginap dan melakukan hiking pada musim dingin.

Continue Reading
Advertisements

Trending